Cara Melacak Mobil

Cara Melacak Mobil

Bagaimana cara melacak mobil yang hilang agar cepat ditemukan? Ya, mobil adalah barang mewah yang bernilai sangat tinggi. Oleh karena itu, selain harus merawatnya kita juga harus menjaganya agar tidak sampai dicuri orang. Apalagi bagi Kamu yang menyediakan jasa sewa/rental mobil. Tentu saja Kamu harus sudah melengkapinya dengan sistem GPS.

Dengan melengkapi sistem GPS pada mobil Kamu, tentu saja Kamu tak perlu khawatir lagi untuk melakukan pelacakan keberadaan mobil tersebut. Jika sudah terlanjur hilang, Kamu tetap bisa mengupayakan untuk mengetahui keberadaannya melalui cara melacak mobil.

Read More

Cara Melacak Mobil

Cara Melacak Mobil
Melacak Mobil via GPS

Melacak Mobil yang Hilang

Setiap orang tentu akan merasa panik jika kehilangan benda berharga yang mereka miliki, apalagi jika kehilangan mobil. Namun daripada panik berlebihan tanpa menyelesaikan masalah, sebaiknya Kamu mencoba beberapa cara melacak mobil yang hilang berikut ini :

1. Melaporkan ke Polisi

Sebelum melanjutkan cara melacak mobil, tentu saja hal utama yang harus Kamu lakukan ialah harus melaporkan ke pihak polisi dengan segera. Pihak kepolisian biasanya akan langsung membuat laporan agar bisa melakukan pelacakan mobil secepat mungkin.

Dengan membuat laporan, tentu bisa memberikan peluang yang besar mendapatkan bantuan dari pihak kepolisian sebagai pihak yang mempunyai akses kamera di area lalu lintas. Lalu informasi berharga di lapangan bisa diberikan secara langsung.

Sehingga, peluang kendaraan roda empat Kamu untuk ditemukan bisa lebih besar. Inilah pentingnya kenapa harus melapor ke polisi langsung sejak musibah kehilangan mobil terjadi.

2. Menggunakan Plat Nomor Tanpa GPS

Sembari menunggu kabar dari pihak kepolisian, Kamu juga bisa berikhtiar mencari mobil kesayanganmu menggunakan plat nomor. Seiring perkembangan teknologi, kini ada banyak website dan aplikasi yang bisa dipakai untuk melacak posisi kendaraan.

Di samping itu, tak sedikit pula kita jumpai penyedia web layanan untuk melacak kendaraan yang semakin berkembang. Kebanyakan situs tersebut telah mengandalkan sistem GPS yang telah terpasang di motor atau mobil Kamu.

Tapi tahukah Kamu ada website atau situs yang terkenal di kalangan masyarakat khususnya Sumatera Barat, yakni website melacak motor/mobil yang hilang tanpa alat GPS. Inovasi ini telah diluncurkan pihak kepolisian tepatnya oleh Polres Payakumbuh, website ini sangat membantu pemilik kendaraan yang telah kehilangan kendaraannya.

Lewat website ini pihak kepolisian akan memberikan informasi terkait kendaraan yang hilang. Jika Kamu ingin mengecek informasinya, silahkan kunjungi website di polrespayakumbuh.org.

Metode pelacakan ini sebenarnya tidaklah sulit, jika kamu sudah berhasil memasuki situs resmi Polres Payakumbuh. Biasanya di pojok kanan bagian atas terdapat kolom pencarian, inputkan saja informasi kendaraan penting seperti nomor mesin, nomor kendaraan dan sebagainya di kolom tersebut.

Apabila kendaraanmu ada di wilayah tersebut, biasanya akan langsung muncul. Setelah itu, Kamu bisa menghubungi kepolisian langsung. Namun tak perlu khawatir, sebab untuk mengambil kendaraan memang tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Tapi website ini hanya berlaku untuk area Sumatera Barat sementara waktu. Sedangkan untuk area lainnya bisa dicek langsung lewat Polres setempat.

Memasang dan Melacak Mobil Dengan GPS Tracker

Seperti kita ketahui bahwa kejahatan bisa datang kapan saja dan tidak pernah pandang bulu. Oleh karena itu, sebaiknya Kamu melakukan antisipasi terjadinya kehilangan mobil sebelum terjadi. Salah satunya dengan memanfaatkan GPS Tracker.

1. Cara Instalasi GPS Tracker Mobil

Seiring perkembangan teknologi digital yang kian pesat, kini Kamu bisa merasakan banyak manfaatnya hingga untuk kebutuhan aspek keamanan kendaraan. Melalui keberadaan GPS inilah, para pemilik kendaraan bisa selalu mengecek keberadaan kendaraan saat terjadi kehilangan. Sebelum melakukan cara melacak mobil, ketahui cara instalasi perangkat GPS tracker mobil terlebih dahulu :

  • Silahkan menghubungkan hardware ke dalam catu daya.
  • Kamu bisa memakai aki atau baterai.
  • Jika memakai baterai, Kamu sebaiknya terus mengontrolnya.
  • Sedangkan jika menggunakna aki, proses pemasangan biasanya menjadi lebih rumit.
  • Silahkan sesuaikan kebutuhan.
  • Letakkan GPS mobil di area yang tersembunyi.
  • Silahkan hubungkan alat GPS ke perangkat hpmu.
  • Daftarkan mobil Kamu ke server GPS.
  • Jika sudah terpasang, silahkan test drive.

Kamu dapat mencari server untuk mendaftar kendaraann agar proses pelacakan menjadi lebih mudah. Seperti menyertakan nomor IMEI dan plat nomor mobil yang telah dipasangkan oleh GPS Tracker.

2. Melacak Mobil Dengan GPS Tracker

Jika Kamu sudah memasang GPS tracker mobil, ada beberapa langkah cara melacak mobil dengan alat GPS Tracker yang bisa dicoba. Tujuannya ialah supaya software GPS tracker pada kendaraan dapat bermanfaat lebih baik. Ini dia ulasannya :

  • Pertama-tama, pastikan perangkat GPS sudah terpasang pada kendaraan roda empat.
  • Unduh aplikasi GPS langsung di perangkat smartphone.
  • Kamu bisa mendaftarkan server terlebih dahulu.
  • Jika sudah, inputkan username berikut password-nya.
  • Silahkan pilih kendaraan yang sudah Kamu daftarkan.
  • PIlih dan cari plat nomor kendaraan dan IMEI.
  • Ketuk di pilihan “Plat Nomor” kendaraanmu.
  • Kamu pun akan mendapatkan informasi terkait mobilmu secara otomatis.
  • Adapun informasi ini biasanya tentang kondisi serta mobil melaku.
  • Menariknya lagi, Kamu dapat mematikan mesin kendaraan.
  • Silahkan tekan off atau on saja.
  • Lalu Kamu pun akan melihat riwayat lokasi mobil.

Kecanggihan teknologi GPS tracker bisa membantumu melacak mobil atau kendaraan yang hilang. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Kmau terus mengaktifkan alat GPS di mobilmu. Tujuannya ialah untuk berjaga-jaga agar keamanan mobilmu tetap terjaga.

3. Apa Saja Manfaat Memakai GPS Tracker di Mobil?

Agar Kamu lebih yakin menggunakan GPS tracker tentu saja harus tahu manfaat memakai GPS Tracker itu sendiri. Ada beberapa manfaat dan keuntungan memakai GPS tracker yang bisa Kamu dapatkan berikut :

  • Dapat memberikan sistem keamanan pada kendaraan dengan lebih baik. Sekaligus sebagai antisipasi kehilangan pada mobil.
  • Bisa mengetahui kondisi pada mesin kendaraan secara realtime.
  • Mengontrol penggunaan kendaraan dengan baik.
  • Dapat melacak keberadaan kendaraan roda empat.
  • Mengecek riwayat penggunaan kendaraah.
  • Dapat mematikan mesin mobil saat lupa.

Manfaat utama pemakaian GPS tracker pada dasarnya ialah untuk memberikan sistem keamanan yang ekstra. Apalagi Kamu juga bisa mengontrol penggunaan kendaraan jika mobil tersebut sedang dibawa keluarga atau saudara. Bahkan ini penting sekali jika Kamu menyewakan mobilmu. Dengan demikian Kamu bisa mengetahui kondisi mobil.

Cara Melacak Mobil Dengan Aplikasi Lainnya

Selain GPS tracker, Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi GPS lainnya seperti aplikasi ID track. Dimana aplikasi yang satu ini memiliki fitur cukup lengkap seperti bisa melacak keberadaan motor atau mobil, mematikan mesin mobil dalam jarak jauh maupun sebagainya. Apabila Kamu berminat memakai aplikasi ini, sayangnya Kamu harus mengeluarkan budget dengan kisaran Rp. 700 ribu hingga Rp. 800 ribu.

Selain ID Track, Kamu juga bisa mencoba one stop GPS. Dimana aplikasi ini bisa dipakai untuk melacak lokasi kendaraan roda empat yang hilang. Jika ingin memakai aplikasi ini, Kamu juga perlu menyediakan budget 1 jutaan.

Itulah kiranya pembahasan tentang cara melacak mobil baik menggunakan aplikasi maupun secara langsung dengan meminta bantuan pihak yang berwenang. Semoga bermanfaat!

Related posts