Cara Cari Uang di Internet

Internet adalah jaringan komunikasi berbasis elektronik, sehingga memungkinkan siapapun bisa terhubung untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi lewat sistem transmisi sinyal tertentu. Perkembangan teknologi internet yang semakin massif, menuntut orang-orang kreatif untuk bisa melakukan cara cari uang di internet.

Internet memang media untuk bersosialisasi, berbagi dan berkomunikasi, lewat platform media sosial dan sejenisnya. Tetapi bukan hanya itu yang bisa Kamu andalkan dari internet, karena internet juga memungkinkanmu untuk bisa mendapatkan uang dengan cara yang praktis. Karena faktanya ada banyak potensi yang bisa digali lewat internet.

Read More

Jaringan internet sangat luas sekali, bahkan informasi yang tidak kamu fikirkan sebelumnya akan muncul begitu saja sehingga membuatmu menjadi lebih mudah tahu. Oleh karena itu, mungkin saja dengan mencari sedikit informasi, Kamu pun bisa mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Siapa tahu, kemampuan ini dapat dijadikan sebagai sumber usaha lainnya untuk mendapatkan uang dari internet.

Cara Cari Uang di Internet

Cara Cari Uang di Internet
Tutorial Cari Uang di Internet

Tutorial Cari Uang di Internet

Dibawah ini ada beberapa cara cari uang di internet sebagai referensi supaya Kamu berhasil mendapatkan uang lewat internet. Satu hal yang pasti adalah prioritas mendapatkan uang dari internet sesuai dengan hobi yang kamu sukai. Baru setelah itu, jika tidak ada yang cocok bisa mencari peluang usaha lain yang di anggap mudah melalui internet.

1. Freelancer

Sangat banyak di internet situs-situs yang menawarkan pekerjaan paruh waktu. Ada yang menawarkan untuk direkrut sebagai seorang copywriting, designer web, atau hal lainnya. Sangat banyak sekali yang bisa kamu kembangkan di internet menyesuaikan hobi yang kamu sukai. Dengan begitu, pekerjaan paruh waktu tidak terasa berat dan tidak mengganggu pekerjaan utama.

2. Buat Blog dan Monetisasi

Cara cari uang di internet selanjutnya ialah dengan memanfaatkan blog. Blog adalah sebagai salah satu media bagi kamu yang gemar menulis. Nah, menuis di blog tentu saja bukan menggunakan media kertas, melainkan secara online. Untuk selanjutnya, Kamu bisa menayangkan hasil tulisanmu di internet agar bisa dibaca oleh orang lain.

Semakin banyak orang yang melihat dan membaca tulisanmu, maka semakin cepat pula traffic blog yang kamu miliki untuk dapat dimonetisasi dan menghasilkan uang. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah memilih tema blog sebagai ciri khasnya. Sebagai contoh, jika kamu menyukai traveling ke luar daerah atau bahkan ke luar negeri, kamu bisa curahkan pengalamanmu dalam sebuah tulisan. Nah, tulisan ini nantinya bisa dipublikasikan pada blog yang Kamu Kelola dengan niche travelling.

Ada dua jenis platform yang bisa kamu gunakan untuk mempublikasikan tulisanmu secara online, yaitu lewat blogspot dan wordpress. Silahkan pilih salah satunya dan ikuti aturannya bagaimana caranya bisa sampai di monetisasi hingga bisa menghasilkan uang.

3. Dropshipping

Dropshipping adalah salah satu cara cari uang di internet tanpa mengeluarkan modal untuk menyetok barang-barang terlebih dahulu. Kamu hanya perlu modal pulsa dan perangkat PC/Hp saja untuk mulai berbisnis.

Langkah-langkah menjadi seorang dropshipping sangat mudah dilakukan, kamu hanya perlu mempublikasikan barang-baranga yang hendak kamu jual melalui media sosial saja. Selanjutnya jika ada yang ingin membeli barang yang kamu jual tersebut, kamu tinggal menghubungi pihak supplier agar segera dikirim ke alamat penjual.

Hal-hal yang perlu kamu tahu jika ingin terjun menjadi seorang dropshipper adalah persaingan yang ketat dan mendapatkan supplier yang bisa dipercaya. Selain itu, kamu hanya mendapatkan keuntungan yang tidak besar. Walaupun selisih keuntungan dari dropshipping cukup kecil, setidaknya kamu sudah mulai belajar berbisnis secara online.

4. Membuat Toko Online

Jika cara cari uang di internet sebelumnya, Kamu bisa memilih menjadi dropshipper. Nah,pada poin ini Kamu bisa mencoba menghasilkan uang dengan berjualan sendiri. Adapun caranya ialah Kamu bisa membuka toko online sendiri.

Untuk memulainya, langkah pertama Kamu  bisa daftar terlebih dahulu ke salah satu e-commerce yang sudah eksis di Indonesia. Beberapa diantaranya seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, atau e-commerce lainnya. Nantinya kamu akan diarahkan apakah ingin melakukan registrasi hanya sebagai pelanggan saja atau registrasi untuk mendaftarka diri membuka toko online.

Sebelumnya yang perlu kamu siapkan adalah menentukan barang apa yang akan dijual, kemudian kamu mempersiapkan produk tersebut dan mulai upload foto agar bisa dibeli oleh orang lain secara online.

5. Mencoba Survey Online

Selanjutnya, Kamu bisa mendapatkan uang dari mengisi beberapa survey yang diselenggarakan oleh beberapa perusahaan. Biasanya survey tersebut berupa riset pasar dan analisis terhadap perilaku konsumen, sehingga perusahaan penyelenggara bisa menentukan keputusan bisnisnya.

Memang beberapa orang tidak terlalu menyukai mendaptkan uang melalui survey online ini, pasalnya dibayar dengan harga yang cukup rendah dan itupun harus mengumpulkan point terlebih dahulu. Langkah selanjutnya, barulah Kamu bisa mendapatkan uang dari hasil survey dan uang tersebut bisa ditarik dari rekeningmu.

Kendati demikian, tidak selamanya pekerjaan ini dijadikan sebagai pekerjaan utama mencari uang melalui internet. Kamu bisa saja mengikuti program survey online yang diselenggarakan oleh perusahaan dalam keadaan santai sehingga tidak merasa terbebani dengan bayaran rendah.

Ada website khusus yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang secara online melalui cara survey yaitu Swagbucks, Survey Junkie, dan Harris Poll Online. Cobalah salah satunya dan ikuti petunjuknya agar kamu bisa mengikuti survey online dengan segera. Setidaknya ini bisa dijadikan sebagai cara cari uang tambahan alternatif untukmu.

6. Content Creator

Cara cari uang di internet berikutnya ialah menjadi content creator. Kamu bisa mengandalkan media sosial untuk mendapatkan penghasilan di internet. Apabila kamu menyukai editing video dengan menghasilkan video yang menarik, Kamu pun bisa menayangkannya di salah satu media sosial atau beberapa media sosial sebagai pendukungnya.

Contohnya, dengan menggunakan Youtube kamu bisa mendapatkan uang dalam jumlah banyak apabila video yang kamu hasilkan sangat menarik minat orang lain untuk menontonnya. Sudah  banyak Youtuber-Youtuber sukses yang bisa meraup penghasilan puluhan hingga ratusan juta rupiah dari media ini.

Selain Youtube, aplikasi TikTok pun dapat Kamu jadikan platform untuk memposting video-video kreatif berdurasi pendek, dengan demikian  bisa cepat mendorong orang lain melihat video yang kamu buat.

7. Jual Foto dan Video

Saat ini siapapun bisa menjadi fotographer dadakan, pasalnya hampir semua orang memiliki smartphone yang bisa digunakan untuk memotret obyek dengan kualitas yang mumpuni. Mungkin bagi kamu yang sudah berpengalaman, tak sulit untuk menghasilkan gambar yang bagus hanya dalam sekali jepretan saja. Namun berbeda dengan pemula yang membutuhkan beberapa kali jepretan, baru bisa mendapatkan foto yang hasilnya sesuai harapan.

Selain foto, cobalah untuk belajar membuat video. Video tersebut bisa berupa video pendek atau video jenis lainnya. Jika dirasa sudah bagus maka kamu sudah memiliki modal yang dapat dijadikan sumber penghasilan.

Untuk menjual foto dan video yang kamu hasilkan, bisa kamu jual ke berbagai marketplace khusus atau bisa saja membuat website sendiri. Nah, bagi yang baru terjun menekuni usaha di bidang ini bisa mencoba upload ke marketplace yang sudah terkenal seperti Shutterstock, Getty Images, CideHive, dan Dissolve.

Nah, itulah 7 cara cari uang di internet yang berpotensi untuk memberikanmu penghasilan tambahan yang menggiurkan. Jika tertarik, Kamu bisa coba dan buktikan sekarang juga!

Related posts