Cara Dapat Token Gratis

Cara Dapat Token Gratis

Masih bisakah dapat token listrik gratis? Jika ingin mendapatkan token gratisan, maka Kamu bisa mencoba cara dapat token gratis. Sebenarnya, PT PLN (Persero) telah memberikan bonus gratis token untuk golongan daya 450 VA serta 900 VA bersubsidi. Pada pelanggan dengan golongan daya 450 VA, dapat mengakses token secara gratis lewat berbagai macamj platform.

Akan tetapi sayangnya, bagi golongan yang memiliki 900VA bersubsidi, gratis token baru dapat diterima sesudah membeli token listrik lebih dulu. Adapun jumlah subsidi dari pemerintah lewat PLN, diantaranya sebagai berikut :

  • Subsidi diskon sebanyak 100% bagi pelanggan golongan 450 VA.
  • Diskon sebanyak 50% untuk pelanggan golongan 900 VA yang bersubsidi dan telah terdata lewat DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) di Kemnsos.
  • Pengguna industri dan bisnis golongan 450 VA yang diberikan tarif diskon 100% tagihan listrik.

Dimana subsidi pelanggan pasca bayar PLN nantinya bisa langsung mengakses ke tagihan pelanggan.

Cara Dapat Token Gratis

Cara Dapat Token Gratis
Tips Mendapatkan Token Gratis

Mendapatkan Token Gratis

Ada beberapa langkah cara dapat token gratis yang bisa dicoba oleh pelanggan dengan kategori daya yang sudah disebutkan di atas. Berikut panduannya :

1. Lewat pln.co.id

Kamu bisa mengakses web resmi dari PLN jika ingin mendapatkan token listrik gratisan, dengan cara dapat token gratis berikut :

  • Silahkan masuk dan buka situs web resmi PLN di www.pln.co.id, lalu pilih Stimulus Covid-19 (Diskon/Token Gratis).
  • Inputkan IDPEL (ID Pelanggan) atau Nomor Meter.
  • Lalu Kamu akan ditampilkan Token Gratis pada layar.
  • Selanjutnya tinggal inputkan token gratis ke dalam meteran sesuai ID Pelanggan.

2. Lewat WhatsApp

Selain melalui web resmi PLN, Kamu juga dapat mencoba cara dapat token gratis melalui WhatsApp dengan lebih mudah. Simak ulasannya berikut :

  • Buka WhatsApp yang sudah terinstal di hp.
  • Silahkan chat WA ke nomor 08122-123-123, selanjutnya ikuti perintah dengan menginputkan ID Pelanggan.
  • Setelah itu, Kamu akan melihat token PLN gratis yang muncul pada layar.
  • Lalu Kamu hanya perlu menginputkan token gratis PLN ke dalam meteran sesuai ID pelanggan.

3. Aplikasi PLN Mobile

Dapatkan pula token gratis lewat PLN Mobile yang bisa diakses dengan mudah, ini dia ulasan cara dapat token gratis via aplikasi PLN Mobile :

  • Silahkan buka PLN Mobile Apps yang bisa didownload di hpmu.
  • Ketuk ‘PLN Peduli Covid-19’ di bagian Info.
  • Inputkan Nomor Meter atau ID Pelanggan
  • Setelah itu, akan muncul informasi Token Gratis.
  • Inputkan saja token gratis ke dalam meteran sesuai IDPEL milikmu.

Itulah 3 langkah mudah untuk mendapatkan token gratis stimulus dari Pemerintah lewat program listrik gratis. Untuk lebih jelas terkait informasi stimulus ini, cek infonya lewat https://stimulus.pln.co.id.

Mendapatkan Token Gratis Lewat Bonus Poin

Selain cara dapat token gratis di atas, sebenarnya Kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan token gratis lainnya melalui bonus poin yang diberikan oleh marketplace. Beberapa marketplace yang menawarkan bonus poin tersebut, diantaranya Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan lainnya. Kamu dapat menukarkan poin tersebut di marketplace yang Kamu pilih untuk ditukarkan ke dalam token gratis.

Cara Memasukkan Token ke Dalam Meteran

Meskipun sudah banyak masyarakat yang beralih dari meteran biasa ke token listrik, tapi pada kenyataannya tak sedikit pula yang masih bingung menginputkan token listrik ke dalam meteran. Ada beberapa langkah cara untuk memasukkan token listrik ke dalam meteran, berikut ini :

  • Silahkan ketik sebanyak 20 digit angka ke dalam token PLN.
  • Jika terjadi kesalahan ketika mengetikkannya, Kamu dapat memakai tombol ‘←’ atau ‘Backspace’.
  • Setelah yakin sudah benar angkanya, Kamu bisa tekan lagi tombol ‘enter’ tujuannya untuk mengaktifkan digit token yang telah diketikkan sebelumnya.
  • Jika sudah benar, di layar biasanya akan terlihat pemberitahuan atau ‘accept’.
  • Namun apabila gagal atau ternyata ada angka/nomor yang salah, biasanya akan tertera tulisan ‘reject’ di dalam layar.

Tapi biasanya jika tidak ada kesalahan angka, Kamu akan langsung sukses memasukkan kode token ke dalam meteran. Jika sudah, tinggal gunakan saja listrik yang sudah diisi tokennya tersebut.

Alasan Memilih Token Listrik

Jika Kamu sudah memahami cara dapat token gratis dan memasukkan token listrik ke meteran, selanjutnya Kamu harus tahu bahwa token listrik memiliki beberapa kelebihan. Adapun kelebihan menggunakan token listrik adalah sebagai berikut :

1. Pemakaian Listrik Dapat Terkendali

Sistem listrik prabayar tak memungkinkan Kamu untuk memakai energi listrik berlebihan. Biasanya pulsa token akan cepat habis apabila pemakaian listrik melebihi penggunaan biasanya. Inilah alasan menggunakan token listrik bisa lebih hemat. Kamu tentu tidak bisa secara leluasa memakai peralatan elektronik seperti biasanya.

2. Meminimalisir Pemutusan Sambungan Listrik

Biasanya PLN akan membrikan sanksi kepada para pelanggan listrik prabayar saat tidak mengecek tagihan listrik untuk melunasinya yaitu terjadinya pemutusan sambungan listrik. Sehingga, Kamu harus rela gelap-gelapan akibat terlambat melunasi tagihan listrik. Hal ini tentu berbeda dengan menggunakan listrik prabayar alias token yang tak akan pernah dilakukan pemutusan sambungan listrik saat telat melakukan pelunasan.

Hal tersebut dikarenakan tak ada yang namanya tanggungan penagihan pada akhir bulan. Semua pembayaran sudah dilakukan sebelum dipakainya energi listrik. Jadi, pemutusan sambungan hanya terjadi apabila pulsa token listrik di rumahmu habis.

3. Jaringan Pembayaran Luas

Kamu bisa membeli token listrik dimana saja, saat ini tak sedikit minimarket yang melayani penjualan token listrik dengan nominal yang berbeda sesuai keinginan. Selain itu, Kamu juga dapat melakukan pembelian token listrik lewat ATM, minimarket dan lainnya. Tak hanya itu saja, nominal pembelannya pun dapat ditentukan sendiri. Pembelian token biasanya dimulai dari nominal Rp. 20 ribu. Sehingga Kamu tetap dapat membeli listrik prabayar walaupun hanya memiliki uang Rp. 20 ribu saja.

4. Dapat Disesuaikan

Saat membeli pulsa seluler, Kamu tentu tahu berapa kebutuhan nominal pulsa yang harus dibeli. Hal ini tak jauh berbeda dari pembelian pulsa listrik prabayar yang dapat menyesuaikan kebutuhan. Dengan kata lain, Kamu tak perlu melakukan pembayaran tagihan sampai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per bulannya.

Biaya Untuk Memasang Token Listrik

Jika Kamu belum memasang token listrik di rumah karena masih mempertimbangkan biayanya, maka ada beberapa jenis biaya pemasangan token yang akan dibebankan, diantaranya :

1. Biaya Untuk Menyambung Daya

Tentu saja PLN tak memberikan layanan pemasangan untuk listrik prabayar secara gratisan kepada masyarakat. Kamu harus melunasi biaya sambung daya sebelum benar-benar menggunakan listrik. Adapun biaya sambung daya tersebut ditetapkan sesuai besarnya sambungan daya di rumah dengan perhitungan yang berbeda. Dimana biaya untuk penyambungan daya sebelumnya sudah ditetapkan, yakni tarif sebesar Rp. 421 ribu untuk daya 450 VA, dan untuk daya 900 VA akan dibebankan biaya Rp. 843 ribu.

2. Biaya Untuk Pengurusan SLO

Selain biaya sambung data, Kamu juga harus mengeluarkan biaya pengurusan SLO. Dimana SLO adalah persyaratan dokumen yang wajib diserahkan oleh pemohon saat mengajukan proses pemasangan listrik prabayar. Adapun untuk nominal SLO terendah sebesar RP. 40 ribu per 450 VA dan Rp.60 ribu per daya 900 VA, sedangkan yang tertinggi yaitu Rp.95 ribu untuk daya 1.300 VA.

Itulah pembahasan tentang cara dapat token gratis, kelebihan dan tarif pemasangan sambung daya listrik prabayar. Semoga bermanfaat!

 

Related posts