Cara Jadi Seller Shopee

Kebanyakan masyarakat Indonesia tentu saja sudah pernah berbelanja online, bahkan sebagian besarnya masih menjadikan belanja online sebagai rutinitas gaya hidup yang tidak dapat ditinggalkan begitu saja. Dengan berbelanja online, membuat kita bisa lebih mudah, praktis dan simpel, karena hanya menggunakan PC atau smartphone saja kita tak perlu repot-repot berbelanja. Inilah kenapa banyak orang tertarik dengan cara jadi seller Shopee.

Shopee adalah salah satu marketplace ternama yang memiliki jutaan  pengguna. Bahkan tak sedikit seller yang bisa kita lihat di akun Shopee. Mengingat banyaknya pengguna Shopee ini, tentu saja para pebisnis online tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini dengan berjualan di Shopee. Selain cara dropship di Shopee, kita memang bisa membuka toko online dengan mudah di aplikasi marketplace online ini.

Selain itu, ada banyak keuntungan berjualan atau menjadi seller di Shopee yang bisa Kamu dapatkan. Jadi sebelum membahas cara jadi seller di Shopee, Kamu harus tahu keuntungan seller di Shopee terlebih dahulu.

Keuntungan Jadi Seller di Shopee

Keuntungan menjadi seller di Shopee ialah Kamu dapat berjualan berbagai macam produk karena Shopee memiliki kategori produk sangat luas, dari keperluan sehari-hari sampai barang-barang mewah. Di samping itu, marketplace yang satu ini juga memiliki program free ongkir hingga ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Adapun keuntungannya berikut ini :

1. Memiliki Fitur Live Chat

Shopee menawarkan layanan live chat, dan dapat dipakai oleh para penjual untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen. Jika stok produk yang dipesan telah habis atau menunggu stok baru. Kamu dapat langsung menanyakan ke pembeli apakah Kamu ingin menunggu produk atau mengganti jenis barang, sehingga tak langsung dibatalkan.

2. Dukungan Sistem Untuk Mempermudah dan Menguntungkan Para Penjual

Shopee telah menyediakan banyak panduan untuk para penjual yang dapat Kamu peroleh di help.shopee.co.id guna menjawab semua pertanyaan yang berhubungan dengan promo, fitur, serta tips berjualan.

3. Produk Dapat di “Up”

Shopee menawarkan fitur iklan untuk para penjualnya supaya produk ada di urutan teratas saat ada pembeli yang mencarai sebuah produk menggunakan keyword tertentu. Kamu dapat menggunakna fitur tersebut demi meningkatkan penjualan. Namun ada pula yang gratisan.

Layanan Shopee menawarkan fitur sundulan dengan maksimal sebanyak 5 produk sesuai kategorinya tiap 4 jam dalam satu kali. Sehingga semakin banyak para calon konsumen yang melihat barang/produk yang Kamu jual.

4. Menawarkan Potensi Transaksi Lebih Besar

Umumnya data yang diperoleh dari Harbolnas Shopee pada tahun 2017 telah menunjukkan hampir sebanyak 3 juta produk terjual, dan meningkat hingga 6 kali lipat jika dibandingkan pada tahun 2016. Dimana produk terbanyak yang dijual ialah produk kosmetik, perawatan, hingga aksesoris gadget. Kamu dapat menjadi bagian transaksi lyar biasa tersebut dengan mejadi seller di Shopee.

5. Layanan Gratis Ongkir

Shopee menawarkan gratis ongkir untuk para pembelinya. Hal tersebut juga sangat menguntungkan pembeli apabila ongkirnya gratis. Dengan demikian, jualanmu menjadi lebih laris karena diburu pelanggan.

6. Terhubung Oleh Sistem Pengiriman Paket

Setiap kali pembelian produk, Shopee biasanya secara otomatis terhubung langsung dengan pengiriman paket. Oleh karena itu, sebagai penjual Kamu hanya perlu menyertakan kode pengirimannya.

7. Modal Lebih Rendah

Melalui penjualan online di Shopee, maka Kamu tak perlu lagi harus menyewa toko untuk berjualan. Sehingga, Kamu dapat lebih menghemat uang. Seperti kita ketahui bahwa menyewa tempat jualan memerlukan dana yang tidak sedikit. Jika dibandingkan harus berjualan di tok, tentu saja mending berjualan secara online di Shopee.

8. Pangsa Pasar yang Lebih Luas

Toko online seperti di Shopee menawarkan lebih banyak keuntungan daripada toko offline. Adapun salah satunya yaitu dapat menjangkau pasar lebih luas, dari seluruh wilayah Indonesia sampai ke luar negeri. Tak hanya itu, dengan berbisnis online di aplikasi Shopee tentu saja dapat dijalankan selama 24 jam. Sehingga, customer-mu masih dapat melakukan pembelian meskipun di luar waktu kerja.

9. Resiko Kerugian Minim

Menariknya lagi, Kamu dapat meminimalisir terjadinya kerugian dengan seminimal mungkin. Terlebih lagi apabila Kamu mungawali usaha tersebut dengan menjadi reseller atau dropshipper. Cukup dengan pembelian produk secukupnya saja, Kamu pun sudah dapat berdagang serta mendapatkan keuntungan.

Cara Jadi Seller Shopee

Cara Jadi Seller Shopee
Menjadi Seller Shopee

Menjadi Seller  Shopee

Ada beberapa tahapan cara menjadi seller Shopee yang bisa Kamu lakukan menggunakan HP. Kamu hanya perlu mempersiapkan ponsel pintar iOS atau android menggunakan koneksi internet.

1. Install Aplikasi Shopee

Cara jadi seller Shopee yang pertama ialah instal aplikasi Shopee. Bagi pengguna Hp android, Kamu dapat menginstall Shopee di Play Store. Baru kemudian klik install atau pasang untuk proses instalasi.

Sesudah selesai instalasi, Kamu dapat membuka langsung aplikasi SHopee untuk pendaftaran akun Shopee-mu. Cara registrasi Shopee sebagai pembeli maupun penjual sebenarnya sama saja, yakni dengan melakukan pendaftaran pada akun Shopee yang sama.

2. Melakukan Registrasi Akun

Cara jadi seller di Shopee selanjutnya ialah proses pendaftaran akun Shopee. Ada beberapa hal yang harus dilakukan, berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan tekan “Daftar” di pojok kanan bagian atas.
  • Kamu akan diberikan opsi pendaftaran, dari nomor ponsel, melakukan pendaftaran via email, Facebook, atau Line. Kamu tinggal pilih saja salah satunya.
  • Inputkan username beserta password. Adapun password ini bisa berupa gabungan huruf kecil dan huruf besar. Jika sudah, tekan tombol “Daftar”.

Dari sini proses pembuatan username di akun Shopee sudah selesai dilakukan.

3. Setting Akun Shopee

Jika sudah melakukan proses registrasi atau pendaftaran, kini saatnya Kamu melakukan pengaturan. Untuk mengatur akun, sebenarnya prosesnya mudah sekali. Namun Kamu harus melengkapi semua data yang tersedia dengan benar.

  • Pertama-tama, silahkan masuk menuju akun Shopee. Kemudian tekan “Pengaturan Akun” di samping tengah atas layar.
  • Setelah itu, tinggal mengisikan data akun di halaman Shopee dengan benar.
  • Berupa akun rekening bank atau data alamat yang harus diisi untuk mempermudah pengiriman produk dan pembayaran.

Sesudah Kamu mengatur akun, tinggal siap berjualan produk di Shopee.

4. Berjualan di Shopee

Cara menjadi seller Shopee terakhir ialah tinggal upload barang/produk yang ingin dijual di akun Shopee. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan masuk ke dalam akun Shopee, kemudian tekan “Mulai Jual” di samping kiri bagian atas.
  • Tekan tombol bertuliskan “Tambah Produk” jika ingin mengunggah produk yang ingin Kamu jual.
  • Jika sudah, inputkan semua data barang/produk yang ingin dijual seperti deskripsi produk dan nama, harga, kategori, berat, kondisi produk, variasi dan stok produk. Silahkan tekan “centang” setelah selesai.

Kini Kamu sudah berhasil berjualan produk di Shopee untuk pertama kali. Teruslah mengunggah produk dengan berkala di online shop dan aktifkan notifikasi sehingga Kamu akan menerima notifikasi apabila ada pembeli atau buyer yang ingin menanyakan stok produk via chat dan lain sebagainya.

Cara jadi seller Shopee yang menguntungkan lainnya, yaitu pastikan Kamu selalu mengupdate foto produk secara rutin dan selalu membalas chat konsumen tepat waktu agar mereka merasa nyaman berinteraksi.

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019