Cara Jualan Produk Digital di Tokopedia

  • Whatsapp

Setiap pengusaha online tentu ingin meningkatkan penjualan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Semuanya tentu ingin produknya laris manis. Terutama bagi Kamu yang sedang menjalankan usaha jualan produk digital. Cara jualan produk digital di Tokopedia adalah salah satu metode untuk meningkatkan keuntungan.

Tokopedia sendiri adalah marketplace yang telah didukung oleh sistem yang aman serta bebas penipuan. Hal ini pastinya sangat memikat para peminat di berbagai kalangan yang ingin mencoba keberuntungan dalam berjualan.

Berbeda dari bisnis konvensional, biasanya cara menjual produk digital sendiri lebih praktis, sebab tidak memerlukan proses produksi berjumlah banyak. Selain itu juga tak perlu mengurus ketersediaan tempat dalam penyimpanan stok produk. Belakangan ini, masyarakat Indonesia semakin memerlukan produk digital dalam mendukung kelancaran dalam beraktivitas, seperti bisnis, pekerjaan dan hiburan.

Cara Jualan Produk Digital di Tokopedia

 

Cara Jualan Produk Digital di Tokopedia
Berjualan Produk Digital di Tokopedia

Pengertian Produk Digital

Sederhananya, definisi dari produk digital ialah objek atau barang yang bisa diperjualbelikan serta dapat diakses lewat perangkat digital. Beberapa perangkat digital tersebut diantaranya laptop, smartphone, PC desktop, tablet PC dan lainnya.

Dimana produk tersebut biasanya tidak berwujud fisik serta umumnya dibuat dan didistribusikan via online. Ada beberapa contoh dari produk digital, diantaranya seperti video MP4/FLV dan musik MP3, aplikasi smartphone, tiket online, produk digital seperti infografis dan font, kursus online, ebook, dan memberships aplikasi/program tertentu.

Metode Jualan Produk Digital

Sebelum membahas cara jualan produk digital di Tokopedia, ada beberapa metode efektif untuk meningkatkan penjualan produk digital yang Kamu tawarkan. Berikut diantaranya :

Terkait:  Cara Jualan Laris di Facebook

1. Menentukan 3P Untuk Membuat Produk

Hal yang harus diperhatikan pertama kali saat hendak melakukan penjualan produk digital ialah menentukan 3P (Pricing, Packaging, dan Positioning). Adapun ketentuannya adalah sebagai berikut :

  • Packaging

Kamu harus menyediakan produk digital dengan isi yang bermanfaat dan menarik. Silahkan amati perkembangan digital terlebih dahulu di Indonesia agar dapat mempersiapkan produk yang diperlukan oleh banyak orang. Kemudian produk tersebut harus dikemas dengan cara menarik agar menggugah minat calon pembeli.

  • Pricing

Produk digital berharga terjangkau tentunya paling diminati. Inilah alasna kenapa Kamu harus benar-benar teliti dalam penentuan harga jualnya. Selain itu, Kamu juga dapat membuat diversifikasi terhadap harga jual tersebut agar target pasar usahamu dapat memilih dengan leluasa menyesuaikan anggaran yang dimiliki.

  • Positioning

Untuk dapat mempertahankan eksistensi dalam usaha jualan produk digital, tentukan posisi yang pas menurut brand awareness usahamu. Misalnya Apple identik dengan tampilan yang mewah dan eksklusif, sedangkan android dapat menjangkau seluruh kalangan masyarakat.

2. Menggunakan Media Sosial

Sebelum cara berjualan produk digital di Tokopedia, tentu saja Kamu bisa mencoba berjualan produk ini di media sosial terlebih dahulu. Melakukan penjualan produk digital menjadi lebih mudah apabila Kamu menggunakan media sosial dengan maksimal.

Kamu bisa mencoba cara jualan di Facebook atau Instagram. Caranya yaitu dengan membuat akun medsos untuk bisnis yang nantinya digunakan untuk memasarkan dan memperkenalkan produk digital. Setelah itu, lakukan hal berikut di bawah ini :

  • Upload berbagai konten menarik dengan teratur dalam platform media sosial guna membangun engagement bersama calon pembeli.
  • Buat penawaran yang menarik seperti cashback, diskon, maupun promo lainnya supaya netizen tertarik melakukan pembelian produk digital.
  • Mengenalkan produk yang inovatif, serta belum banyak dipasarkan oleh kompetitor. Selain itu, Kamu juga dapat menjelaskan manfaat dan penggunaannya kepada calon pelanggan.
  • Membangun komunikasi secara intensif dengan calon pelanggan lewat berbagai macam cara, seperti sigam menjawab DM (Direct Message) dan komentar yang masuk dan melakukan live.

3. Berjualan Produk Digital di Tokopedia

Selain cara di atas, Kamu juga bisa mempromosikan produk digital di Marketplace. Salah satunya adalah cara berjualan produk digital di Tokopedia. Bahakan tak sedikit distributor dan produsen produk digital memanfaatkan situs marketplace Tokopedia dalam menjual produknya.

Terkait:  Cara Jualan Pulsa Online

Ada beberapa keunggulan cara jualan produk digital di Tokopedia, diantaranya :

  • Tokopedia adalah marketplace yang telah mempunyai segmen pasar yang luas sehingga membuat produk digital yang ditawarkan lebih cepat populer.
  • Usaha produk digitalmu memiliki peluang untuk mendapatkan lebih banyak ulasna positif dari pelanggan yang merasa puas. Dengan semakin banyak ulasan positif yang didapatkan, bisnismu pun bisa berpeluang semakin populer.
  • Dapat mencantumkan spesifikasi produk digital secara detail supaya calon pembeli dapat mencermatinya sebelum mereka membeli.
  • Memberikan peluang untuk membuat iklan lewat Tokopedia dengan anggaran khusus supaya prduk digitalmu ada di posisi teratar di halaman pencarian.
  • Berjualan produk digital di Tokopedia lebih aman, karena sistem pembayaran Tokopedia biasanya memakai rekening bersama. Di samping itu juga Tokopedia telah menyediakan fitur penjualan barang.

4. Menampung Saran dan Kritik Secara Terbuka

Sama halnya dengan bisnis yang lainnya, usaha jualan produk digital tentu saja harus bisa menampung saran dan kritik dari pelanggan. Pastikan harus menerima saran dan kritik pelanggan dengan terbuka serta lapang dada. Setiap penjual harus memiliki mental baja, begitupun dalam hal ini. Saat menerima kritikan jangan merasa tersinggung.

Hal ini dikarenakan masukan dan saran dari pelanggan harus dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam penyempurnaan produk digital yang Kamu jual. Jangan merasa kesal ketika Kamu mendapatkan ulasan negatif mengenai produk ini. Ini menunjukkan jika Kamu harus melakukan perbaikan secara berkesinambungan agar produk digitalmu lebih berkualitas.

Dengan jualan produk digital dapat dijadikan usaha sampingan yang bisa berpeluang untuk mendapatkan penghasilan lebih besar. Oleh karena itu, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan untuk memperoleh penghasilan tambahan lewat berbisnis jualan produk sampingam.

Terkait:  Cara Jualan Emas

Menjadi Agen Produk Digital di Tokopedia

Jika Kamu telah berjualan di platform Tokopedia, dan ingin meningkatkan penghasilan maupun bisnis yang Kamu jalankan. Maka selain cara jualan produk digital di Tokopedia, Kamu juga bisa menjadi agen produk digital di Tokopedia. Di samping memperoleh penghasilan dari hasil berjualan produk yang Kamu miliki, Kamu juga dapat memperoleh 1,5% sampai 7,5% dari total penjualan produk di Tokopedia.

Jika ingin bergabung sebagai agen, Kamu sebagai merchant di marketplace Tokopedia tak perlu mendaftar lagi sebab setiap merchant secara otomatis sudah terdaftar menjadi agen Tokopedia. Kamu dapat melakukan transaksi menjadi agen lewat TopSeller di aplikasi android.

Sesudah mempunyai aplikasi Topseller, Kamu tinggal melakukan langkah-langkah berikut ini untuk melakukan transaksi menjadi agen Tokopedia :

  • Pertama-tama install dan buka Topseller yang sudah Kamu unduh di Playstore, kemudian login ke tokomu.
  • Setelah itu, tekan ikon menu.
  • Jika sudah, ketuk “Produk Digital”.
  • Selanjutnya, pilih pembayaran maupun top up.
  • Lalu pilih produk yang akan dibeli, selesaikan transaksimu.
  • Jika transaksi sudah selesai, maka Kamu akan mendapatkan komisi yang langsung masuk ke aplikasi Tokocash milikmu.

Dengan mengikuti tips dan cara jualan produk digital di Tokopedia, dan melakukannya secara konsisten, tentu bisa berpeluang untuk mendapatkan penghasilan lebih besar. Kamu juga bisa membuat bisnismu lebih berkembang dan maju bersama Tokopedia.

Related posts