Cara Jadi CEO

CEO (Chief Executive Officer) menurut bahasa Indonesia memiliki arti yaitu Direktur Utama atau Pejabat Eksekutif Tertinggi yang bertugas untuk memiliki tanggung jawab pentuh terhadap jalannya sebuah perusahaan. Biasanya CEO disamakan sebagai jabatan presiden direktir atau pimpinan perusaan. Bagaimanakah cara jadi CEO?

Meskipun identik dengan jabatan dari seorang pimpinan, namun tak jarang posisi CEO dan presiden direktur perusahaan berbeda di satu perusahaan. Dengan kata lain, presiden direktur memiliki peran menjadi pengiring valuasi terhadap jalannya sebuah perusahaan yang telah dikelola CEO.

Sebelum kita membahas cara jadi CEO, Kamu harus tahu pengertian, tugas dan tanggung jawab  seorang CEO terlebih dahulu.

Apa Itu CEO?

Dirangkum berdasarkan Wikipedia, CEO memiliki pengertian yaitu jenjang tertinggi sebuah perusahaan yang telah diberi tugas atau tanggung jawab dalam mengatur keseluruhan organisasi dan perusahaan itu sendiri. Dimana setiap keputusan CEO perusahaan harus dapat dipertanggungjawabkan, karena CEO memegang peranna penting bagi sebuah perusahaan.

Sebenarnya CEO sendiri adalah jabatan yang telah dipakai di berbagai negara yang ada di seluruh penjuru dunia. Dimana seorang CEO perusahaan harus dapat mengatur tingkat kestabilan perusahaan mereka. Di samping itu, CEO tak hanya memberikan tugas atau perintah berjalannnya sebuah perusahaan, melainkan juga harus mampu memimpin perusahaan yang dikelolanya dengan baik.

Tugas dan Tanggung Jawab CEO

Secara umum tugas CEO meliputi segala aspek kemajuan sebuah perusahaan seperti dalam menentukan strategi, membentuk misi dan visi, sekaligus menentukan manajemen perusahaan dengan cara menyeluruh. Adapun tugas dari CEO, selengkapnya ialah sebagai berikut :

1. Pengelola SDM Perusahaan

CEO bertugas menglola SDM (Sumber Daya Manusia) di lingkungan perusahaan supaya lebih berkompeten serta bisa ditempatkan dalam posisi yang tepat dan sesuai, sehingga bisa memaksimalkan kinerja sebuah perusahaan. Dimana pengelolaan tersebut tentu saja penting sekali untuk kemajuan perusahaan. Di samping itu, CEO wajib melakukan pengaturan pendanaan, bahan produksi dan proses pemasaran/marketing dengan sebaik mungkin untuk mencapai target.

2. Sebagai Eksekutor

Tugas dari seorang eksekutor ialah mengeksekusi sebuah gagasan atau  ide. Seorang CEO bisa mengambil berbagai langkah keputusan yang strategis dan bisa berdampak baik untuk sustainablitas perusahaan sesuai hasil analissi data, entah itu yang sudah menjadi track record perusahaan ataupun analisis berbagai lingkungan usaha. Oleh karena itu, CEO inilah yang antinya membuat sebuah keputusan strategis untuk mengintegrasi, investasi, divestasi, aliansi serta join venture.

CEO pada umumnya harus bisa memperhitungkan semua dampak negatif dan positif secara detail berikut langkah-langkah dari eksekusi gagasan yang tepat bagi perusahaan.

3. Sebagai Seorang Pemimpin

Tanggung jawab CEO lainnya ialah mengatur struktur organisasi perusahaan secara keseluruhan. Tugas CEO lainnya ialah dapat memmimpin perusahaan dengan sifat visionernya dalam mempertimbangkan setiap langkah yang diambil oleh perusahaan di masa mendatang.

Di samping itu, CEO wajib mempunyai gagasan yang inovatif dan kreatif bagi perkembangan perusahaan agar mengasilkan produk sesuai target pasar dengan tepat, dapat meningkatkan performa perusahaan dan dapat mengidentifikasikan dengan memotivasi divisi-divisi yang ada di sebuah perusahaan.

4. Mampu Menganalisis Dengan Baik

CEO dapat menganalisis semua permasalahan perusahaan sekaligus dapat mengkoordinasikan sebuah manajemen puncak untuk menyelesaikan permasalahan secara efisien dan efektif. Perencanaan dan pengelolaan proses penganggaran, lalu mengamati serta menganalisis jika ada kejanggalan pada prakteknya.

Cara Jadi CEO

Cara Jadi CEO
Menjadi CEO Perusahaan

Menjadi CEO Perusahaan

Menjadi CEO perusahaan tentu saja jauh berbeda dari cara jadi barista atau karyawan perusahaan lainnya. Karea CEO adalah orang yang harus menggerakkan sebuah perusahaan ini bisa dikatakan paling banyak diincar posisinya. Hal tersebut dikarenakan melalui jabatan CEO inilah, seseorang mempunyai kekuasan sekaligus memiliki saham yang besar di perusahaan.

Namun untuk menjadi CEO perusahaan memang bisa dikatakan cukup sulit. Sebab harus memiliki skill dan kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang CEO perusahaan. Dengan kerja keras dan semangat sekaligus prestasi yang selalu Kamu ukir, tentu saja bukan hal mustahil Kamu akan dilirik pihak manajemen perushaaan untuk ditunjuk sebagai CEO.

Bagi Kamu yang tertarik untuk menjadi CEO, ada beberapa kriteria dan persyaratan yang mesti Kamu miliki. Adapun persyaratan cara jadi CEO perusahaan selain berkewajiban memiliki jiwa kepemimpinan yang baik adalah berikut :

1. Harus Memiliki Pengetahuan yang Luas

Cara menjadi CEO perusahaan yang pertama ialah harus berpengetahuan luas. Dalam memimpin perusahaan tentu saja memerlukan pengetahuan dan wawasan yang luas. Selain mempunyai wawasan tentang manajemen perusahaan, finansial maupun marketing. Namun seorang CEO perusahaan juga wajib memiliki pengetahuan tentang proses pembuatan produk yang telah dilakuka karyawanya.

Lewat seluruh wawasan dan pengetahuan inilah, seorang CEO dapat memimpin sebuah perusahaan yang mereka kelola dengan baik. Agar bisa memiliki wawasan tersebut itulah, Kamu harus mempunyai karakter dan sifat yang tak pernah pantang menyerah, selalu menggali ilmu dan belajar. Jadi apabila Kamu sekarang masih menjadi karyawan atau staf, dan suatu saat ingin menjadi CEO, maka Kamu harus terus belajar, jangan pernah berhenti agar wawasanmu lebih luas.

2. Mengetahui Potensi Diri

Cara jadi CEO perusahaan lainnya ialah harus mengetahui potensi diri. Pengenalan akan potensi diri sendiri penting sekali bagi setiap orang. Khususnya bagi yang tertarik untuk menjadi CEO. Silahkan kenali dirimu sendiri, ketahui apa saja kekurangan dan kelebihanmu. Jika Kamu sudah dapat mengenali dirimu sendiri, tentu saja Kamu akan sadar apa yang seharusnya Kamu kejar agar memaksimalkan potensi dan bakat yangd imiliki oleh diri sendiri.

Dari sinilah, calon CEO perusahaan yang ingin mengenali diri sendiri bisa meraih kesuksesan yang mereka impikan. Oleh karena itu, Kamu yang tertarik menjadi CEO harus berlatih mulai dari sekarang agar dapat mengenali potensi diri.

3. Mempunyai Kecerdasan Emosi Dengan Baik

Kriteria dan cara jadi CEO perusahaan yang baik berikutnya ialah mempunyai kecerdasan emosi dengan baik. Di samping kecerdasan intelektual, calon CEO juga harus mempunyai tingket kecerdasan emosi tinggi. Nah, kecerdasan emosi tersebut dibutuhkan sebab ketika mengelola perusahaan, CEO perusahaan akan langsung berhadapan dengan banyak orang termasuk bawahan/karyawannya.

Melalui kecerdasan emosi dalam diri seorang CEO inilah, Kamu bisa memimpin bawahanmu atau karyawanmu dengan baik. Dari sini, Kamu yang tertarik menjadi CEO harus berlatih emosi.

4. Harus Melek Teknologi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat tentunya menuntut kita untuk mengikutinya. Tentu saja cara menjadi CEO perusahaan salah satunya ialah harus mengikuti perkembangan dari teknologi digital seperti saat ini. Walaupun Kamu bukan lulusan pendidikan informatika, Kamu harus tetap melakukan upgrade diri dalam memahami teknologi.

Hal ini diarenakan apabila seorang CEO selalu mengikuti perkembangan teknologi dan dapat menerapkan teknologi tersebut ke dalam perusahaanya, hal tersebut tentunya membuat bisnis semakin bergerak cepat ke arah lebih baik. Bagi Kamu yang tertarik menjadi CEO, dari sekarang harus mempelajari teknologi yang masih belum dikuasai dan dipahami.

Itulah beberapa kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam cara jadi CEO perusahaan yang handal dan profesional, sehingga mampu memimpin perusahaan dengan baik.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019