Cara Jadi Tiktokers

Tiktokers adalah sebutan bagi orang-orang yang gemar bermain Tiktok. Kamu tentu sudah familiar dong dengan aplikasi hiburan yang satu ini? Bagi generasi Z mungkin Tiktok termasuk aplikasi yang sudah lekat dengan gaya hidup mereka dan memang sudah sangat populer di Indonesia. Jika Kamu ingin menjadi Tiktokers yang populer dan mendapatkan banyak followers tentu saja harus tahu cara jadi Tiktokers populer.

Meskipun sempat menuai pro kontra, namun Tiktok tetap menjelma sebagai platform yang banyak penggemarnya. Karena platform yang satu ini memang menarik untuk diulik. Bahkan jumlah user Tiktok sendiri meningkat pesat sehingga wajar jika membuat aplikasi ini menjadi kompetitor Instagram atau Facebook.

Cara Jadi Tiktokers

Cara Jadi Tiktokers
Menjadi Tiktokers Populer

Menjadi Tiktokers Populer yang Banyak Followers

Untuk menjadi tiktokers populers sebenarnya tidak hanya sekedar membuat video lucu-lucuan semata, tetapi juga harus tahu trik-triknya dengan tepat. Ada beberapa langkah cara jadi tiktokers banyak followers dan populer yang bisa Kamu coba berikut :

1. Membuat Profil Menarik

Cara jadi tiktokers profesional pertama yaitu harus memperhatikan profil akun Tiktokmu. Halaman profil adalah hal pertama yang biasanya akan dilihat orang lain ketika tertarik dengan postingan video yang Kamu unggah di Tiktok. Oleh karena itulah, buatlah halaman profil menarik untuk meningkatkan jumlah followers.

Untuk pembuatan halaman profil inilah, kita dapat memulainya dengan cara memilih username singkat dan mudah diingat tentunya. Jika Kamu ingin memakai Tiktok melalui niche tertentu, Kamu dapat menambahkan kata kunci di nama pengguna itu sendiri. Selanjutnya, lengkapi terlebih dahulu halaman profil menggunakan foto beserta data lainnya yang dapat diisi.

2. Tautkan Link Tiktok Pada Akun Media Sosial Lain

Apabila Kamu mempunyai akun sosmed lain seperti Facebook atau Instagram yang telah memiliki banyak followers, maka cara menjadi Tiktokers populer paling efektif ialah dengan menautkan atau memasang link Tiktok di akun sosmed tersebut.

Selain itu, cara jadi Tiktokers ini juga bisa dibilang lebih efektif daripada harus menggaet followers yang baru karena sudah mempunyai fan base yang siap untuk mengikuti kemanapun Kamu pergi.

3. Memakai Metode Unfollow dan Follow

Cara paling ampuh untuk menambah followers di Tiktok yaitu dengan follow dan unfollow. Melalui cara yang satu ini, Kamu cukup memfollow akun dari orang lain. Lalu jika yang Kamu follow tidak melakukan follow back, Kamu hanya perlu meng-unfollow akun tadi.

Dengan mengikuti orang lain, maka secara tak langsung Kamu ikut mempromosikan Tiktokmu. Jadi, bila akhirnya mereka meng-unfollow akunmu, paling tidak Kamu telah memberitahukan pada orang lain tentang akun yang Kamu miliki.

Walaupun demikian, hindari hal-hal yang tak terpuci misalnya meng-unfollow akun sesudah mereka mengikuti atau memfollow akunmu. Di samping itu, perlu juga melakukan interaksi bersama Tiktokers lain supaya hubunganmu tak sebatas hanya follow maupun unfollow semata.

4. Mengikuti Tren Challange

Di akun Tiktok, kita seringkali menemukan banyak challanges yang sedang viral, dan ini bisa menjadi kesempatan baikmu. Dengan mengikuti tren challange tersebut bisa menjadi salah satu cara jadi Tiktokers populer yang secara langsung ikut menambah followers-mu. Namun paling tidak, videomu bisa muncul apabila ada orang yang tengah mencari tantangan serupa yang juga sedang viral. Apabila kontenmu banyak disukai orang lain, tentu bukan hal mustahil untuk mendapatkan followers yang baru.

5. Membuat Konten Menarik

Dengan banyaknya Tiktokers, tentu akan sulit untuk para pengguna baru bersaing mendapatkan tayangan dengan konten serupa dengan Tiktokers yang lain. Seringkali kita menyaksikan isi konten serupa walaupun dilakukan orang berbeda.

Supaya akunmu terlihat menonjol, tentu saja Kamua akn terlihat berbeda melalui tampilan konten orisinil dan kreatif. Apabila Kamu mempunyai keterampilan khusus, Kamu dapat membuat konten tentang skill atau kemampuan yang Kamu miliki. Akan tetapi, jika belum melakukannya, silahkan cari lalu pakai gayamu sendiri apabila Kamu ingin menciptakan konten seruap menggunakan konten lainnya.

6. Membagikan Konten Tiktok ke Medsos Lainnya

Apabila Kamu memakai banyak platform media sosial sekaligus. Kenapa tak memakai video Tiktokmu sebagai kontennya? Jika Kamu mempromosikan konten tersebut di sosial media, maka Kamu dapat memperbesar kesempatan konten tersebut supaya bisa dilihat oleh banyak orang. Apabila ada orang yang tertarik, maka bukan tak mungkin mereka menjadi followers-mu.

7. Membuat Kolaborasi

Cara jadi Tiktokers selanjutnya adalah melakukan kolaborasi bersama Tiktokers lainya. Walaupun ada orang yang menawarkan layanan atau jasa tersebut, ada pula Tiktokers yang ingin bekerja sama dengan gratis apabila followers-nya sama.

Melalui kolaborasi konten tersebut, maka kedua belah pihak dapat menjangkau penonton lebih luas lagi. Hal tersebut tentu saja berpotensi untuk menambah jumlah followers dari kedua pihak. Kamu juga bisa mencoba cara duet di Tiktok untuk berkolaborasi.

Menariknya lagi, melakukan kolaborasi konten juga tak perlu melakukan tatap muka. Karena Kamu dapat langsung merekamnya di lokasi masing-masing, kemudian menggabungkannya menggunakan video editing di Hp.

8. Unggah Video di Saat yang Tepat

Di samping harus rutin mengunggah video yang baru, Kamu juga harus menguploadnya di saat yang tepat sebagai salah satu cara menjadi Tiktokers yang populer. Lagipula tak mungkin jika videmu diposting saat tengah malam lalu tiba-tiba saja views-nya lebih banyak daripada video yang diposting dibandingkan siang hari.

Oleh karena itu, Kamu harus mengenali waktu atau jam tonton pemirsa dan postinglah di waktu yang tepat supaya videomu bisa terlihat oleh pengikut maupun calon pengikutmu.

9. Menyertakan Hashtag yang Sesuai

Seperti media sosial pada umumnya, Kamu dapat memakai hashtag jika ingin menandai konten video yang dibuat. Melalui hashtag ini, maka videomu bisa lebih mudah ditemukan orang yang sedang mencari konten serupa.

Oleh karena itu, selain followers-mu yang dapat melihat video yang Kamu posting, juga dapat ditemukan oleh orang atau pengguna yang sedang mencari video menggunakan hashtag serupa. Selain itu, jika mereka merasa tertarik pada konten video yang sudah Kamu buat, maka kemungkinan dari mereka menjadi pengikut barumu.

Walaupun demikian, jangan sampai memakai hashtag yang tidak tepat. Pakai sewajarnya, lalu pastikan sesuai konten yang diposting.

10. Belajar dari Orang Lain

Cara jadi tiktokers selanjutnya ialah dengan belajar langsung dari tiktoker lain. Mempunyai mentor mungkin lebih mengasyikan, tapi belajar dari orang lain atau tiktokers yang sudah sukses dapat dijadikan sebagai solusi.

Kamu dapat melihat akun Tiktok lain yang mempunyai banyak followers di niche Kamu. Lihat apa saja konten yang diposting, lalu pelajari cara membuatnya. Pakai konten mereka untuk dijadikan inspirasimu.

11. Unggah Konten Setiap Hari

Mengunggah konten video setiap hari tak selalu menjamin peningkatan followers secara masif. Tapi dengan mengunggahnya setiap hari, maka konten Tiktokmu mempunyai peluang lebih besar dilihat oleh orang lain. Bahkan bukan hal mustahil jika diantara banyaknya viewers tersebut, ada beberapa yang menjadi followers barumu. Tentu saja hal ini bisa dijadikan sebagai cara jadi Tiktokers yang profesional.

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019