Cara Melacak Hp yang Hilang Dengan GPS

Sebagai salah satu perangkat wajib, smartphone harus selalu dibawa kemanapun saat penggunanya pergi. Karena penggunaannya lebih dari perangkat komunikasi biasa, dengan smartphone kalian bisa bekerja, berbisnis hingga berkomunikasi dan saling membagikan kabar. Lalu, bagaimana jika tiba-tiba kalian mengalami kejadian yang tidak diinginkan seperti smartphone hilang? Jangan khawatir, ada cara melacak hp yang hilang dengan GPS!

Untungnya smartphone-smartphone masa kini telah dibekali teknologi canggih dalam hal navigasi. Sejak adanya teknologi GPS yang disematkan pada perangkat hp, membuat penggunanya lebih mudah menemukan lokasi tertentu. Mulai dari menemukan rute perjalanan ke lokasi yang baru dilewatinya, menemukan lokasi keberadaan seseorang, hingga melacak hp yang hilang.

Read More

Adanya aplikasi navigasi ini, sudah seharusnya memberikan kenyamanan karena kita bisa lebih mudah mencari smartphone kesayangan yang hilang. Apalagi, jika harga smartphone tersebut cukup fantastis. Sudah pasti kalian merasa kecewa dan menyesal karena bertindak ceroboh.

Cara Melacak Hp yang Hilang Dengan GPS

Cara Melacak Hp yang Hilang dengan GPS
Melacak Hp yang Hilang dengan GPS

Melacak Hp yang Hilang Secara Akurat

Setiap orang tentu tidak menginginkan hal yang buruk terjadi, namun apa yang sudah terjadi tidak bisa disesali apalagi disalahkan. Hal ini juga berlaku ketika kalian kehilangan smartphone. Sebagai solusi atau langkah efektif, kalian bisa mencoba cara melacak hp yang hilang dengan GPS berikut!

1. Melacak HP yang Hilang dengan GPS Khusus Iphone

Selain android, iPhone menghadirkan fitur lacak aplikasi, Find My iPhone. Memiliki cara kerja yang sama persis seperti fitur Find My Device di android . Cek ulasannya berikut:

  • Masuk ke aplikasi Find My iPhone atau bisa juga mengunjungi situs webnya via peramban atau browser yang biasa digunakan.
  • Silahkan masukkan ID Apple yang sudah kalian buat dan terhubung pada iphone yang hilang.
  • Kalian bisa melihat beberapa lokasi dengan mengetuk ‘Directions‘. Selanjutnya akan ditampilkan titik pada peta yang menampilkan lokasi ponsel saat ini. Silahkan mendatangi lokasi yang tertera di layar tersebut untuk menemukan iPhone yang hilang.
  • Tekan ‘Play Sound’ untuk membunyikan iPhone.Namun ingat, agar fitur sound ini bekerja dengan baik, maka koneksi internet iPhone harus baik.
  • Hal ini juga sama dengan opsi ‘Amankan Perangkat‘ yang terdapat dalam aplikasi Find My Device. Kalian akan menemukan ‘Lost Mode’ pada aplikasi Find My iPhone yang dapat memberi pesan.
  • Setelah itu, kalian akan melihat lokasi di layar.
  • Jika ternyata perangkat iphone masih belum juga ditemukan, pilih ‘Erase This Device‘  agar semua data didalamnya terhapus dan aman dari penyalahgunaan.
Terkait:  Cara Cek IMEI Xiaomi

Setiap ponsel memang telah dibekali oleh fitur keamanannya tersendiri yang mumpuni, terlebih untuk pabrikan Apple yang menghadirkan Find My iPhone untuk melacak iPhone dengan mudah.

2. Melacak HP Android yang Hilang Menggunakan GPS

Perangkat hp saat ini telah disematkan fitur GPS. Hal inilah yang semakin memudahkan opsi pelacakan hp dengan akurat dan mudah. Ada cara melacak HP yang hilang dengan GPS yang bisa dicoba.

Untuk pengguna android, kalian bisa mengandalkan Find My Device. Caranya cukup mengunduh aplikasinya saja di Google Play Store. Find My device juga bisa kalian akses lewat browser.

  • Buka Find My Device melalui ponsel lain maupun browser.
  • Silahkan masukkan Gmail dengan akun yang sudah terhubung pada hp yang hilang.
  • Kalian akan ditampilkan titik lokasi ponsel saat ini pada layar hp kalian.
  • Silahkan datangi lokasi yang tertera di ponsel.
  • Apabila hp tidak aktif, maka hanya akan menampilkan lokasi terakhir ponsel sebelum hp mati.

Cara Melacak Hp yang Hilang Memakai Akun Khusus

Selain cara melacak hp yang hilang dengan GPS, kalian juga bisa menggunakan akun khusus. Metode ini hanya berlaku untuk ponsel dari pabrikan tertentu. Karena perangkat hp masa kini telah dipersenjatai pengamannya sendiri.

1. Pengguna Xiaomi

Bagi pengguna ponsel Xiaomi, kalian bisa mengakses Mi Account. Silahkan masuk ke web Mi Cloud di browser PC. Setelah itu, masuk menggunakan Mi Account memakai data sesuai data yang terdapat pada hp kalian yang hilang.

Silahkan inputkan password atau kata sandi, lalu pilih find my device, hapus data apabila hp sudah ditemukan. Di samping itu, kalian bisa memakai kondisi lost mode pada hp.

Terkait:  Cara Melacak Hp Oppo yang Hilang Dalam Keadaan Mati

2. Pengguna Samsung

Selain Xiaomi yang menggunakan Mi Account, Samsung juga memiliki akun khusus untuk melacak ponsel yang hilang. Kalian bisa melacak hp Samsung, caranya dengan masuk ke laman Samsung Find My Mobile. Kemudian masukkan ID hp yang hilang.

Silahkan setujui seluruh legal information dari Samsung, ketuk agree di layar. Jika sudah, aplikasi Find My Mobile selanjutnya akan menunjukkan keberadaan lokasi terakhir pada hp.

Di samping itu, Find My Mobile bisa mengetahui sisa dari baterai hp beserta informasi tentang jaringan yang tersambung. Setelah itu, kalian dapat melakukan penguncian perangkat, melakukan penghapusan data sekaligus membunyikan alarm.

3. Pengguna Apple

Kalian tentu mengetahui bahwa Apple memiliki sistem tersendiri untuk mengamankan ponselnya dari segala bentuk gangguan. iPhone memiliki iCloud yang bisa membantu penggunanya melacak keberadaan iPhone melalui situsnya. Setelah itu, kalian tinggal lakukan sign in memakai Apple ID di hp yang hilang.

Pilih opsi bertuliskan Skip Two Factor Authentication, dan tekan Find My iPhone. Kalian bisa temukan lokasi keberadaan hp yang hilang. Jika sudah ditemukan lokasinya, kontrol hp dengan cara mengaktifkan layanan lost mode, hapus data atau membunyikan alarm sebagai langkah antisipasi.

Aplikasi Pelacak Hp yang Hilang

Masih belum juga bisa menemukan hp yang hilang?Tenang, kalian masih bisa mencoba opsi terakhir selain cara melacak hp yang hilang dengan GPS, yaitu menggunakan aplikasi. Ingin tahu, apa saja aplikasinya? lets check it out, guys!

1. Find My Kids

Find My Kids memiliki fungsi utama yaitu untuk melacak hp anak. Namun, aplikasi ini juga cocok bagi kalian yang ingin melacak hp keluarga, hingga pacar. Ketika terkoneksi, kalian bisa melacak semua bentuk aktivitas penggunanya atau penemunya lewat hp ini.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Google di HP

Tidak hanya itu saja, kalian juga dapat mendengar suara yang ada di sekitar hp yang dinyalakan menggunakan sound around.

2. Phone Tracker By Number

Phone Tracker By Number adalah pilihan aplikasi lainnya yang bisa dipakai untuk melacak ponsel yang hilang. Aplikasi ini dapat melacak perangkat android sesuai nomor ponsel yang didaftarkan pada aplikasi. Selain itu, aplikasi ini juga telah ditanamkan aplikasi GPS untuk memudahkan pencarian hp.

Selain itu, penggunanya akan diberitahukan tentang lokasi hp terbaru yang sedang dicarinya. Bukan cuma itu, fitur history pada aplikasi Phone Tracker juga selalu memudahkan opsi pencarian dan mengetahui lokasi keberadaan hp dimana saja.

3. Find My Phone : Get Your Lost Phone Location

Ini menghadirkan tampilan fitur-fitur yang menarik dan modern. Aplikasi Find My Phone tidak hanya bisa melacak keberadaan hp saja, melainkan juga telah dilengkapi dukungan fitur keamanan yang sangat bermanfaat dan keren.

Salah satunya ialah kalian bisa menghapus gambar-gambar, dokumen penting, data, dan lainnya saat hp dicuri. Bagaimana, mudah kan?

Meskipun sudah melakukan cara melacak hp yang hilang dengan GPS dengan di atas, tapi hp belum juga ketemu? Sudahkah kalian menghubungi pihak kepolisian? Ini juga penting untuk melacak keberadaan ponsel secara resmi, apalagi jika ada banyak data penting di perangkat hp kalian. Semoga membantu!

 

Related posts