Cara Jadi Barista

Barista adalah profesi yang sudah tak asing lagi di telinga para pencinta kopi. Semakin bertambahnya peminat kopi, kreasi kopi yang kita jumpai di kafe-kafe kopi juga semakin meningkat. Hal ini tentu saja semakin menambah peminat profesi menjadi barista kopi. Mereka juga tak segan untuk mencari cara jadi barista kopi.

Profesi menjadi seorang barista sendiri penting sekali bagi bar kopi, kedai kopi maupun coffee shop, mengingat kopi barista sendiri adalah sebuah kunci kesuksesan bagi kedai kopi. Ini disebabkan barista adalah pekerjaan yang berkaitan dengan keterampilan, yang mana seorang barista selalu melakukan pengukuran besar tekanan dan tinggi suhu pada pembuatan espresso.

Mengingat kesulitan pembuatan espresso manual tersebut itulah, tak heran jika banyak anak muda yang tertarik menjadi barista.  Selain banyak yang penasaran dengan cara jadi agen JNE atau ekspedisi lainnya, juga banyak yang ingin mencoba cara jadi barista terkenal. Simak ulasannya di bawah!

Cara Jadi Barista

Cara Jadi Barista
Menjadi Barista

Menjadi Barista Kopi Mudah

Sebelum daftar menjadi barista, tentu saja Kamu arus pastikan bahwa Kamu benar-benar mengenal dan mencintai dunia kopi. Sebab pekerjaan sebagai barista sebenarnya bukan sekedar profesi semata untuk menerima bayaran saja, tetapi Kamu juga harus jatuh cinta pada dunia kopi.

Berikut ada beberapa cara jadi barista kopi yang handal yang bisa Kamu coba :

1. Kenali Seluk Beluk Kopi

Informasi dan pengetahuan mengenai kopi wajib dimiliki setiap barista, mengingat kopi adalah titik poin yang harus dikuasai oleh seorang barista. Skill dan pengetahuan yang wajib dipelajari dari seorang barista tentang dunia kopi adalah jenis-jenis kopi, pembuatan kopi dan beraneka macam menu kopi sebagai sajian akhir.

Jika awalnya Kamu hanya bisa menikmati kopi bercampur krim dan gula, kini saatnya Kamu mulai mencoba menikmati cappucino atau kopi tanpa gula agar benar-benar menikmati cita rasa kopi yang sebenarnya. Jika pengetahuanmu tentang kopi sudah benar-benar terkuasai, selanjutnya Kamu siap melangkah ke tahap selanjutnya.

2. Mulai Berlatih Sendiri

Kopi berkualitas sebenarnya tidak akan hadir dengan sendirinya di tangan barista, dibutuhkan kesabaran tinggi dan komitmen yang dapat menumbuhkan rasa meracik kopi. Cara menjadi barista ini tentu saja tidak akan bisa diperoleh dalam sehari dua hari saja.

Dengan banyak berlatih dapat dijadikan sebagai kunci keberhasilan. Kamu dapat berlatih dan mempelajari ilmu barista dari internet, buku, atau bisa berdiskusi dan sharing bersama para pencinta kopi. Selain itu, jangan sungkan bertanya dan banyak berlatih/mencoba meskipun awalnya mungkin sulit bahkan seringkali gagal menyajikan kopi yang berkualitas.

3. Ikuti Kelas Barista

Cara jadi barista selanjutnya jika ilmu yang dimiliki mulai diterapkan dan kemampuan dan daya pikirmu mengenai kopi mulai terbentuk, Kamu pun dapat mencoba kelas barista. Kelas barista sendiri biasanya terbagi ke dalam 2 bagian yaitu kelas basic dan kelas latte art.

Di kelas basic, calon barista akan diajarkan tentang teori dasar kopi, seperti jenis-jenis kopi sampai proses penyeduhan kopi, dimana sesi akhir pada kelas ini nantinya menghasilkan sajian kopi espresso di percobaan pertamanya.

Sementara di kelas latte art sendiri, Kamu harus mempelajari seni kopi yang lebih mendalam. Jadi, Kamu bisa mencoba ikut kelas kopi dari kedai kopi ternama. Dengan demikian Kamu bisa mempelajari segala hal terkait dunia kebaristaan.

4. Terjun ke Lapangan di Kedai Kopi

Setiap ilmu yang didapat, jika tidak langsung terjun ke lapangan tentu tetap terasa kurang. Melaui praktek secara langsung, membuatmu bisa menjadi barista profesional. Dalam hal ini Kamu dapat mencoba peluang untuk mengikuti program latihan/magang di kedai kopi.

Dimana selama program latihan/magang ini Kamu akan mempelajari lebih banyak hal tidak hanya mengenai kopi saja tetapi juga mengenai tanggung jawab, rekan kerja, suasana kantor dan jenjang karier. Di samping itu, Kamu pun akan mempelajari cara menghadapi konsumen dan bagaimana cara menciptakan berbagai macam menu minuman kopi yang dapat dinikmati para penikmat kopi.

5. Bergabung Dengan Komunitas Kopi

Cara jadi barista handal dan profesional selanjutnya ialah mencoba bergabung dengan komunitas pencinta kopi. Agar ilmumu tetap berkembang jadi tidak ada salahnya untuk mencoba bergabung ke komunitas kopi di kotamu. Selain itu, kamu juga dapat tergabung ke dalam KPKN (Komunitas Pencinta Kopi Noesantara), dari sini Kamu akan mempelajari pengetahuan kopi lebih mendalam yang mungkin tidak akan bisa Kamu dapatkan ilmunya di internet maupun di buku.

Hal ini dikarenakan, diskusi biasanya menjadi lebih menarik jika Kamu bterkumpul langsung bersama orang-orang dengan passion sama mengenai kopi. Selain itu, komunitas kopi yang lainnya seperti Kopikoe juga bisa Kamu ikuti. Komunitas tersebut dapat memberikan edukasi seputar manfaat kopi kepada masyarakat.

Kriteria Menjadi Barista yang Diinginkan Manajer Kedai Kopi

Seiring dengan bermunculannya kedai kopi yang ada di Indonesia, tentu saja profesi menjadi barista mulai banyak diminati pencari kerja. Akan tetapi, bagaimana jika kita belum berpengalaman sebagai barista? Kini tak perlu khawatir, sebab masih banyak jalan yang bisa Kamu lalui untuk menjadi barista walaupun tanpa pengalaman.

Kamu harus tahu, apa yang sebenarnya dicari coffee shop. Dimana kebanyakan coffee shop lokal menginginkanmu untuk mengirimkan surat pengantar dan resume untuk posisi barista.

Ada beberapa kriteria yang biasanya dibutuhkan oleh manajer kedai kopi. Selain itu, kriteria tersebut juga dapat dijadikan referensi dalam cara menjadi barista kopi handal :

1. Memperhatikan Eksekusi dan Detail

Banyak pengusaha yang tertarik dan ingin tahu jika Kamu ingin membuat cappucino dan latte yang tak hanya terlihat hebat saja, melainan rasanya juga sangat enak. Selain itu, tekankan bahwa Kamu benar-benar berorientasi terhadap detail sekaligus ingin menciptakan sajian kopi sempura bagi setiap pelanggan.

2. Selalu Ramah dan Ceria

Pastikan untuk terbiasa memberikan senyum terbaikmu, sebab hal ini akan membantumu menjadi barista sekaligus dapat meningkatkan peluang agar konsumen kembali ke kedai kopi tempatmu bekerja.

3. Bekerja Dalam Tim

Seorang barista tentu saja harus bisa berkomunikasi dan bekerja bersama staf lain maupun para pelanggan. Bagi seorang barista, teamwork merupakan suatu keharusan.

4.Bisa Diandalkan dan Fleksibel

Kebanyakan orang yang bekerja menjadi barista biasanya harus beroperasi dalam waktu lama, terkadang di akhir pekan. Jadi sebelum melamar menjadi barista, Kamu harus sudah siap lembur dan harus datang lebih pagi/awal.

Menjadi barista memang membutuhkan ketelatenan dan kemampuan yang handal untuk menyeduh atau menciptakan kopi bercita rasa tinggi. Selain itu, Kamu bisa memulainya dengan menjadi pelanggan terlebih dahulu. Coba dekati para staf bahkan pemilik kedai kopi. Jika sudah mengenalinya, beritahukan kepada mereka jika Kamu benar-benar tertarik untuk bekerja di sana.

Jika Kamu ingin benar-benar menjadi barista, dan kebetulan kedai kopi yang Kamu impikan memerlukan barista berpengalaman, maka Kamu dapat menawarkan pekerjaan di kedai kopi tersebut secara gratis. Hal tersebut tentu saja akan semakin menunjukkan hasratmu yang serius untuk menjadi barista. Semoga cara jadi barista di atas berguna dan selamat mencoba!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019