Cara Jadi Brand Ambassador

Dalam dunia marketing, merek atau brand adalah hal yang paling penting. Maka dari itu, banyak perusahaan yang memanfaatkan brand ambassador untuk mempromosikan produk mereka. Pemakaian duta merek dianggap cukup efektif dalam meningkatkan penjualan sebuah produk. Pertanyaannya, bagaimana cara jadi brand ambassador?

Sebelum kita membahas tentang cara menjadi brand ambassador, tentu saja harus memahami penjelasan tentang apa itu brand ambassador. Berikut ulasannya!

Apa Itu Brand Ambassador?

Brand ambassador adalah individu atau duta merek yang diandalkan oleh sebuah perusahaan sebagai ikon sebuah produk. Pengertian lainnya yaitu brand ambassadoradalah orang atau individu yang disewa perusahaan atau organisasi untuk dapat mewakili sebuah merek dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan branding produk itu sendiri.

Berdasarkan pengertian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa arti dari brand ambassador itu sendiri ialah seseorang atau individu yang memasarkan brand produk tertentu dengan tujuan guna meningkatkan penjualan produk dan brad awareness produk itu sendiri.

Seseorang yang berperan sebagai brand ambassador biasanya harus mempunyai visi, menggunakan dan mencintai produk yang mereka promosikan sebab citra brand produk tersebut telah melekat dalam dirinya, tak terkecuali dalam aktivitas sehari-harinya.

Misalnya saja, brand ambassador dalam bidang kuliner seperti restoran, ia harus mempunyai visi bagaimana agar restoran tersebut dapat memiliki image positif yang dikenal masyarakat sekaligus memikirkan bagaimana cara untuk meningkatkan penjualan kuliner yang ditawarkan di restoran tersebut.

Apa Saja Tanggung Jawab Brand Ambassador?

Jika Kamu tertarik menjadi brand ambassador, tentu saja harus benar-benar memahami tanggung jawab dari brand ambassador itu sendiri. Biasanya seorang brand ambassador ini bertanggung jawab pada produk yang telah dipercayakan kepadanya sekaligus perusahaan yang telah mempekerjakannya. Adapun tanggung jawabnya meliputi :

  • Memahami dan mengerti misi visi perusahaan yang telah memberikan tanggung jawab/tugas kepadanya.
  • Mewakili brand produk yang dipegangnya secara positif.
  • Dapat meningkatkan brand awarenes lewat sistem word of mouth marketing.
  • Bergabung bersama tim marketing dan sales membuat rencana strategi pemasaran terutama untuk branding produk yang efektif.
  • Dapat memasarkan brand produk yang dipegangnya lewat akun sosmed pribadiya.
  • Memberikan saran dan masukan kepada perusahaan mengenai layanan atau produk baru yang diperlukan konsumen beserta cara untuk meningkatkan marketing atau penjualan produk.
  • Biasanya melalui perjanjian tertentu, seorang brand ambassador wajib membantu proses pembuatan konten, semisal menulis konten artikel, melakukan review produk sekaligus membuat video untuk testimoni.
  • Ikut berpartisipasi pada acara-acara yang berkaitan dengan marketing perusahaan.
Terkait:  Cara Jadi Driver Gojek

Cara Jadi Brand Ambassador

Cara Jadi Brand Ambassador
Menjadi Brand Ambassador

Menjadi Brand Ambassador Handal

Seperti kita ketahui, selain influencer peranan brand ambassador saat ini memang sangat diminati banyak orang, karena sangat menjanjikan. Lalu, bagaimana cara jadi brand ambassador itu sendiri? Simak ulasannya berikut :

1. Populer Karena Prestasi

Apabila Kamu berniat menjadi duta merek, salah satu persyaratan utama yang wajib dimiliki ialah harus sudah dikenal masyarakat luas sebagai individu atau orang berprestasi. Jika tanpa poin yang satu ini, tentu saja sebuah perusahaan akan terasa sulit mengangkatmu sebagai brand ambassador. Jadi intinya Kamu harus menjadi artis terlebih dahulu atau selebgram dengan mengikuti cara jadi artis.

Oleh karena itu, mulai sekarang silahkan tekuni bidang atau bakat yang Kamu miliki, setelah itu tunjukkan prestasimu. Cara jadi brand ambassador ini penting sekali untuk dilakukan. Dengan begitu seiring waktu, Kamu bisa dikenal masyarakat luas hingga akhirnya ada perusahaan atau organisasi yang menawarkanmu sebagai duta merek produk mereka.

2. Rekam Jejak Positif

Cara menjadi brand ambassador berikutnya ialah tentu saja Kamu harus dikenal positif di mata masyarakat. Kenapa? karena seorang duta merek biasanya akan menjadi wajah atau ikon dari sebuah produk atau brand tertentu. Jadi wajar jika brandmaupun perusahaa umumnya mencari individu yang mempunyai sikap positif. Apabila Kamu mempunyai keinginan menjadi seorang brand ambassador, sebaiknya mulai melakukan sesuatu yang bersifat positif.

Ada beberapa individu yang sukses menjadi brand ambassador tapi mempunyai sikap yang tidak baik alias “nakal”, tapi hal tersebut umumnya terjadi untuk produk-produk dewasa, baik berupa alkohol, rokok, dan seterusnya. Tentu saja biasanya jumlah produk seperti itu sangat sedikit.

3. Memiliki Track Record yang Baik

Sebenarnya untuk poin ini masih lanjutan dari yang sebelumnya, yaitu mempunyai sikap yang baik sehingga mempunyai track record yang juga baik. Terlebih di zaman serba digital seperti saat ini, seperti apa yang sudah kita tulis atau lakukan di 5 tahun yang lalu bisa saja menjadi masalah suatu saat nanti. Tidak sedikit artis yang tersandung masalah, hanya disebabkan oleh cuitan di akun media sosialnya beberapa tahun lalu.

Terkait:  Cara Jadi Importir

Oleh karena itu, penting menciptakan track record atau rekam jejak positif, jika Kamu awalnya orang yang sering berkata kasar di akun media sosial, sebaiknya Kamu hapus cuitanmu terlebih dahulu supaya tidak timbul permasalahan suatu saat nanti.

4. Dapat Berkompromi

Cara jadi brand ambassador lainnya yaitu tentu saja Kamu arus bisa diajak berkompromi. Karena diangkatnya seorang sebagai brand ambassador tentu saja karena satu alasan, namun yang pasti organisasi/perusahaan ingin jika produk yang ditawarkan lebih gampang dikenal masyarakat luas.

Ini artinya, Kamu harus memenuhi ketentuan dan syarat tertentu yang hharus diikuti jika ingin menjadi duta merk produk tertentu walaupun hal ini memang berlawanan dengan karakter dan idealisme yang Kamu miliki. Dimana sikap mampu berkompromi dapat mempermudahmu untuk melakukan representasi jiwa pada produk atau brand yang Kamu kenalkan.

5. Menjual Diri Sendiri

Sebuah brand atau merk biasanya mencari orang atau individu yang mampu mewakili kepribadian dan nilainya. Kamu harus memberi tau brand atau merk yang membuatmu merasa cocok. Misalnya saja jika ingin menjadi brand ambassador sebua produk bikini, maka Kamu memang harus sering menghabiskan lebih banyak waktu atau sering bepergian ke pantai, mempunyai fotografer yang benar-benar layak menjadi brand ambassador.

6. Selalu Berkarya

Apaka Kamu mempunyai pasion dalam bidang teknologi, musik atau menulis? Kamu bisa menekuni bidang yang Kamu sukai, selalu berkarya dan teruslah menginspirasi lebih banyak orang. Apabila hal tersebut dilakukan, maka bukan tak ungkin Kamu suatu saat akan diangkat sebagai duta merk sebuah produk sesuai bidang yang Kamu sukai.

7. Mempunyai Fleksibilitas

Cara jadi brand ambassador lainnya ialah Kamu harus lebih fleksibel saat bekerja. Jika ada event atau cara yang mengharuskannya hadir di suatu temmpat tertentu, maka duta merk tersebut harus berusaha untuk datang, dan jika ada event yang mewajibkanmu untuk terjun mempromosikan produk ke lapangan, tentu saja Kamu harus bersedia. Selain itu, tingkat fleksibilitas dalam bekerja juga dapat menunjang keberhasilan produk untuk dikenal masyarakat.

Terkait:  Cara Jadi Mitra Go Food

Ya, itulah beberapa cara jadi brand ambassador yang handal dan dipercaya oleh perusahaan agar Kamu bisa semakin dipercaya untuk mewakili produk atau brand perusahaan tertentu. Sementara bagi sebuah perusahaan sendiri, brand ambassador berguna untuk menjaga atau mempertahankan reputasi produk/brand yang Kamu miliki.

 

Related posts