Cara Reset First Media

Cara Reset First Media

Bagaimana cara reset First Media? Ya, First Media adalah sebuah jasa yang melayani akses internet pita lebar, komunikasi data dan TV kabel yang semuanya dikenal dengan istilah “Triple Play”. Adapun jaringan First Media sendiri meliputi kota Surabaya, Medan, Jabodetabek, Malang, Bandung dan Batam.

Jika Kamu salah satu pengguna layanan internet First Media, dan tiba-tiba akses internet di rumahmu menjadi lomot, solusinya mungkin Kamu harus tahu cara reset First Media. Koneksi internet yang lemot, mungkin saja dikarenakan ada banyak orang nebeng untuk memakai jaringan internetmu. Padahal jaringan untuk setiap paketnya ada batasan beberapa jumlah perangkat saja yang tersambung.

Read More

Melakukan reset password wifi milikmu bisa menjadi solusi paling tepat. Dengan mengganti kata sandi wifi First Media yang baru, maka pengguna lain yang ikut nebeng ke wifimu secara otomatis langsung terputus koneksinya.

Cara Reset First Media

Cara Reset First Media
Reset Password First Media

Reset Password Wifi Firts Media

Sebagai penyedia layanan internet terpopuler di tanah air, tentu saja First Media telah menawarkan banyak kemudahan. Termasuk dalam cara reset First Media milikmu. Jika Kamu ingin me-reset password Wifi milikmu, berikut langkah-langkahnya :

1. Buka Web Browser

Langkah pertama, silahkan buka web browser yang Kamu pakai di komputer atau laptopmu. Kamu bisa memakai browser apapun, sesuai browser yang sudah diinstal.

2. Ketikkan IP 192.168.0.1

Jika web browser-mu sudah terbuka di PC atau perangkat laptop, cara reset First Media selanjutnya ialah dengan membuka IP Address di 192.168.0.1 di address bar.

3. Mengakses Halaman dengan Login

Langkah berikutnya, Kamu akan ditampilkan halaman login di web browser-mu. Selanjutnya Kamu bisa mengosongkannya lalu pilih login dan Kamu akan memasuki halaman wifi.

4. Masuk ke Setup dan Reset Password

Jika sudah memasuki halaman wifi, selanjutnya tinggal pilih tab setup, dari sana Kamu akan menjumpai berbagai pilihan settingan. Cara reset First Media selanjutnya,Kamu harus melakukan pengisian di kolom passphrase untuk mengganti password.

5. Simpan Pengaturan

Jika Kamu sudah mengisi kata sandi yang diinginkan, Kamu tinggal menyimpannya saja dengan klik opsi save settings. Setelah itu, password-mu akan langsung berubah sesuai yang ditulis atau dibuat. Sesudah reset password wifi dilakukan tapi ternyata koneksi tetap lemot. Bisa jadi laptopnya bermasalah.

Itulah beberapa langkah cara reset password Firts Media yang harus Kamu lakukan jika ingin mengubah password di First Media.

Cara Setting Wifi First Media

Ada beberapa langkah cara seting router TP-Link First Media, diantaranya :

  • Pastikan perangkat PC/laptop yang akan dipakai untuk melakukan konfigurasi router telah dikenal modem bawaan dari fastnet.
  • Silahkan cabut kabel UTP pada modem fastnet yang ada di PC atau laptop kemudian colok ke dalam port WAN pada router TP-Link.
  • Lalu colokkan kabel UTP dari bawaan TP-link ke dalam satu port LAN kemudian sambungkan pada PC/laptop tadi.
  • Silahkan buka browser lalu ketikkan pada addres bar alama IP di http://192.168.0.1.
  • Sesudah menekan enter pad alangkah sebelumnya, selanjutnya akn masuk ke halaman web berisi password dan usernam. Silahkan masukkan username menggunakan : admin dan password dengan : admin. Sementara pada router Dlink username diisi “admin” sedangkan password dikosongkan saja. Setelah itu, tekan login.
  • Pada opsi Set Up Wizard, tinggal pilih opsi Quick Setup dan ketuk Next.
  • Selanjutnya akan muncul opsi berikutnya dan pilih Dynamic IP, lalu ketuk Next.
  • Jika muncul opsi Clone Max Adress dan tekan “don’t clona MAC”, kemudian save. 
  • Konfigurasi wireless, pada beberapa kolm Kamu tinggal didiamkan kecuali mengisi SSID sesuai nama yang Kamu inginkan. Lalu pilih WPA2-PSK/WPA-PSK di wireless security, kemudian inputkan PSK password sesuai yang dikehendaki.
  • Pengaturan quick setup pun selesai dilakukan dan tekan finish.
  • Jika Kamu sudah menyimpan TP-Link, maka Kamu pun diminta reboot. Silahkan tekan reboot.
  • Selanjutnya router akan langsung melakukan restart, dan jika sudah selesai matikan lalu hidupkan lagi modem fastnet-nya.

Paket Internet First Media

Bagi yang tertarik untuk berlangganan paket di First Media, Kamu tentu harus harus mengetahui paket-paket internet yang ditawarkan oleh First Media. Ini ulasannya :

1. Paket Internet Family Plus HD

Untuk family plus HD, ada banyak fitur menarik diantaranya layanan internet fiber optimk, dapat mendukung 2 sampai 3 perangkat dan gratis layanan 119 channel TV. Sementara itu, kecepatan paket internet Family Plus HD sendiri sampai 15 Mbps.

2. Supreme X1 4K

Paket Supreme X1 4K menawarkan banyak fitur, seperti tersedia sebanyak 179 channel TV, paket internet untuk fiber optik, dan mendukung 4-6 perangkat. Sedangkan kecepatan paket internet Supreme X1 4K 75 Mbps.

3. D’Lite HD

Untuk paket D’Lite HD terdiri dari banyak fitur, seperti 134 channel TV gratis, paket internet fiber optik, dan menunjang 2-4 perangkat. Sementara itu, kecepatannya sendiri mencapai 25 Mbps.

4. Maxima X1 4K

Layanan internet Maxima X1 4K sendiri, terdiri atas fitur-fitur berikut seperti adanya layanan internet fiber optik, menunjang 5-7 perangkat, dan ada 179 saluran channel Tv. Untuk kecepatannya sendiri sekitar 100 Mbps.

5. Ultima X1 4K

Ada beberapa layanan yang disajikan pada paket Ultima X1 4K diantaranya tersedia sebanyak 179 saluran channel TV, paket internet fiber optima, dan telah mendukung 5-7 perangkat.

6. Infinite X1 4K

Dalam paket Infinite X1 4k menawarkan beberapa fitur dan layanan, seperti tersedia sebanyak 179 channel TV, paket internet berupa fiber optik, dan mendukung sebanyak 5-7 perangkat. Untuk kecepatannya sendiri terdapat 300 Mbps.

Penyebab First Media Gangguan

Jika ketika Kamu menggunakan wifi First Media, namun ternyata mengalami gangguan, mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan First Media tersebut, diantaranya :

1. Ada Perbaikan atau Pemeliharaan Jaringan

Sebagai penyedia internet maupun TV kabel terkenal di Indonesia, First Media tentu selalu berusaha menawarkan kualitas dan layanan terbaik dalam produk mereka. Untuk mewujudkannya, First Media selalu melakukan pemeliharaan secara berkala dalam jaringan mereka. Tujuannya untuk mengetahui apabila ada masalah atau kerusakan yang membuat koneksi internet menurun, dengan begitu bisa dilakukan perbaikan.

2. Gangguan Pada Sistem Provisioning Modem

Salah satu penyebab koneksi internet mengalami gangguan pada pengguna First Media adalah karena terganggunya sistem provisioning modem. Ini artinya, ada gangguan dalam sistem pengaturan sehingga membuat modem tak bisa mendapatkan Internet Protocol.

Fungsi dari IP Firts Media adalah dapat menghubungkanmu ke dalam jaringan internet. Jadi, jika ada masalah dalam sistem, browser yang kamu pakai jadi percuma sebab tak dapat dipakai untuk mencari berbagai informasi.

3. Pemadaman Aliran Listrik

Terjadinya gangguan listrik, ternyat ajuga dapat mengakibatkan permasalahan dalam layanan internet atau TV kabel First Media. Ini sama halnya seperti yang telah dialami di wilayah Jabodatebek saat terjadi banjir besar di awal tahun 2020. Supaya tak menimbulkan kerusakan dan bahaya lebih lanjut, biasanya PLN akan memutuskan aliran listrik.

Itulah beberapa penyebab gangguan, cara setting wifi dan cara reset First Media saat ingin mengganti password wifi First Media milikmu. Semoga bermanfaat!

Baru Diulas:

Related posts