Cara Jadi Artis

Jika Kau tertarik di bidang seni, dan jika selalu di asah tentu saja ini bisa menjadi salah satu cara jadi artis. Untuk menjadi artis, hanya mempunya bakat saja sebenarnya masih belum cukup bisa mengantarkan seseorang dapat menyandang gelar sebagai selebritis ternama.

Setiap artis atau selebritis ternama yang sudah terkenal sekarang ini, mempunyai jalanya sendiri dalam menapaki karir mereka di dunia hiburan. Bahkan tak sedikit yang mengawali karir mereka lewat audisi dan ajang menari bakat dari sejak kecil. Dengan kata lain, ada beberapa cara jadi artis yang bisa ditempuh. Hal ini juga berlaku bagi Kamu yang memiliki buah hati dan berpotensi menggeluti bidan seni.

Tak sedikit pula selebriti populer yang memulai kariernya saat usia yang sudah idak muda lagi. Selama mempunyai jalan, usaha, bekal dan yang tak kalah penting adalah peruntungan maka seseorang bisa menjadi lebih mudah dikenal terutama di masa sekarang.

Bahkan berkat perkembangan teknologi digital dan pemanfaatan media sosial yang sudah semakin tak terbentung, tak sedikit profesi baru mulai bermunculan, serupa dengan selebriti, seperti halnya vlogger, selebtwit, selebgram dan lainnya melalui pemanfaatan teknologi. Jika Kamu berminat, bisa coba langkah cara jadi artis berikut!

Cara Jadi Artis

Cara Jadi Artis
Menjadi Artis Terkenal

Menjadi Artis Terkenal Itu Mudah

Jika Kamu tertarik di dunia keartisan dan ingin menjadi artis terkenal, sebenarnya cukup mudah asalkan Kamu memang benar-benar ingin jadi artis. Simak ulasannya di bawah ini :

1. Mendaftar Jadi Artis di Agensi

Dalam dunia hiburan, rasanya sering kita mendengar ada beberapa artis bernaung di satu agensi. Di Indonesia itu sendiri, ada beberapa agensi artis yang seringkali mencari bakat dan talenta baru.

Misalnya saja, salah satu agensi manajemen artis di tanah air seperti besutan Jusuf Long bernama 8 Management. Belum lagi Platinvm Indonesia, Twentyone Millimeters Management, Zema Managemen dan lain sebagainya.

Beberapa agensi tersebut biasanya mencari bakat yang baru lewat perekrutan bintang iklan atau sinetron. Jadi sebaiknya Kamu harus selalu mencari informasi update tentang waktu audisi serta casting yang dilaksanakan.

2. Mengirimkan Portofolio

Cara jadi artis selanjutnya yaitu dapat mengirimkan  portofolio yang menjelaskan bakat yang Kamu miliki. Sama seperti melamar pekerjaan, pada portofolio tersebut Kamu dapat menyertakan catatan-catatan tentang prestasi di bidang seni yang dilengkapi oleh identitas diri lengkap.

Agar lebih meyakinkan,  Kamu dapat menyertakan video rekaman ketika bernyanyi, video saat berakting dan foto ketika menjadi model.

3. Mengikuti Magang dan Mencoba Tampil Dengan Artis

Cara menjadi artis berikutnya ialah dengan mengikuti magang dan mencoba tampil bersama artis. Sebab dibutuhkan koneksi khusus publik figure supaya mereka bisa berkolaborasi atau bekerja sama.

Salah satu contoh artis yang mengikuti magang dan tampil dengan artis dan sudah dikenal saat ini seperti Billy Syahputra, artis ini awalnya ikut shooting bersama Alm sang kakak, yaitu Olga Syahputra di acara musik yang terkenal pada saat itu.

4. Ikut Ajang Pencarian Bakat

Jika mempunyai bakat terpendam untuk menjadi penyanyi, Kamu dapat mencoba mengikuti ajang pencarian bakat atau audisi menyanyi. Acara tersebut biasanya sering diadakan di beberapa televisi.Dari dulu, ada banyak yang menyelenggarakan kontes tersebut untuk usia anak-anak sampai dewasa, dari ajang pencarian bakat lagu pop sampai dangdut.

Selain bakat menyanyi, bagi yang mempunyai bakat seni selain menyanyi juga dapat mengikuti ajang untuk penarian bakat, salah satunya mengikuti IMB (Indonesia Mencari Bakat).

5. Menjadi Foto Model

Para pesinetron sampai pemain film di tanah air yang terkenal banyak yang mengawali karirnya lewat bidang modelling. Mulai dari menjadi foto model majalah hingga foto untuk beberap produk. Biasanya seperti Paula Verhouven, Ardina Rasti, maupun Revalina S.Temat yang mengawali karirnya menjadi finalis Gadis Sampul.

6. Cara Jadi Artis Terkenal

Sudah bukan rahasia lagi jika sosial media kini dapat dijadikan sebagai salah satu peluang mata pencaharian menjanjikan, tak terkecuali dapat membuka jalan menjadi selebriti. Lewat sosial media ini, ada banyak yang bisa terkenal seketika.

Hal tersebut tentu saja menimbulkan pro dan kontra. Sebab jika diperhatikan, masih ada banyak yang melakukan hal-hal kurang terpuji atau kurang etis supaya memperoleh sanjungan dan terkenal.

7. Mencoba Jadi Artis Figuran

Salah satu cara jadi artis yang mungkin bisa dicoba ialah mencoba menjadi artis atau pemain figuran. Salah satunya adalah artis Nia Ramadhani dan sederet selebriti yang lainnya. Walaupun terlihat sederhana, artis figuran yang biasanya hanya sepintas saja tampil di televisi, jangan lewatkan jika ada kesempatan.

Cara Menjadi Artis Untuk Si Kecil

Jika Kamu memiliki si kecil dan ia tertarik di dunia keartisan atau paling tidak menjadi artis Youtuber, Kamu bisa mengikuti beberapa cara jadi artis untuk si kecil berikut ini :

1. Tentukan Minat

Sebelum Bunda mendaftarkan si kecil ke ajang pencarian bakat atau agensi, sebaiknya pastikan Kamu mengethaui cita-cita dan minat anak terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Bunda dapat mendukung sekaligus memberikan arahan sesuai keinginan.

Bunda juga bisa menanyakan kepada si kecil, apa yang mereka inginkan, apakah ingin menjadi model, bintang iklan, pemain film atua lainnya. Sehingga Bunda bisa mengerti sekaligus mendaftarkan si kecil sesuai minatnya.

Sebagai contoh, misalnya si kecil tertarik menjadi penyanyi, Bunda dapat mendaftarkan si kecil untuk mengikuti les vokal.

2. Membimbing Agar si Kecil Percaya Diri

Cara jadi artis berikutnya, sebelum tampil di layar televisi, si kecil harus mempunyai rasa percaya diri agar mereka bisa tampil dengan berani di depan kamera. Bunda juga bisa menjelaskan kepada mereka bagaimana cara mengekspresikan bakat si kecil dengan anak lainnya supaya mereka mempunyai mental kuat ketika audisi.

Supaya dapat menjadi artis sesuai yang mereka cita-citakan, anak tentu membutuhkan perjuangan. Membangun si kecil agar berjiwa jujur dan kmpetitif juga dibutukan.

Kamu juga dapat melatih keberanian si kecil agar memiliki kepercayaan diri tinggi dengan cara mendokumentasikan kegiatan mereka. Minta si kecil untuk bergaya serta mampu bercerita dengan baik di depan kamera.

Dengan begitu membuat si kecil terbiasa di depan kamera, jadi ketika sedang syuting mereka tak akan merasa malu dan canggung lagi.

3. Bersahabat Dengan Kamera

Tanam kebiasaan agar si kecil dapat tampil dengan baik atau tertarik direkam di depan kamera. Biarkan si kecil melihat video mereka sendiri seperti apa mereka ketika tampil di layar kamera. Hal ini bertujuan agar mereka mengetahui apakah penampilan mereka bagus ataukah tidak. Nah, dari sinilah si kecil akan mempelajari cara agar dirinya tampil baik di depan kamera.

Itulah beberapa cara jadi artis, baik bagi Kamu yang tertarik menjadi artis terkenal atau menampilkan bakat si kecil yang tertarik di dunia hiburan. Dalam dunia keartisan sebenarnya tidak mengenal usia, karena kita bisa masuk kapan saja. Asalkan Kamu memiliki talenta yang bisa ditampilkan di depan publik.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019