Cara Google Docs Voice Typing

  • Whatsapp

Bagaimana cara Google Docs voice typing? Ya, selain menawarkan kemudahan cara edit Google Form sebagai salah satu produk Google. Google Docs juga turut hadir sebagai platform gratis dari Google yang bisa dimanfaatkan sebagai program untuk pengolah data, presentasi, spreadsheet dan penyimpanan daya berbasis web. Platform ini juga memungkinkan Kalian dapat mengubah beberapa file online saat berkolaborasi dengan pengguna lain.

Google Docs menawarkan berbagai macam fitur, dan salah satunya ialah fitur bernama vouce typing yang kini banyak dimanaatkan sebagian orang agar memudahkan aktivitas mereka saat memakai layanan ini. Melalui voice typing ini, maka Kalian bisa menuliskan artikel atau naskah hanya menggunakan suara.

Mengenal Fitur Voice Typing  Pada Google Docs

Sama seperti Microsoft Word, Google Docs juga menawarkan spreadsheet untuk pengetikan. Hanya saja layanan ini bisa diakses dengan cara online. Sementara itu, voice typing sebagai salah satu fitur andalan Google Docs, memudahkan pengguna untuk  bisa mengetik hanya melalui suara atau dengan cara mendiktekan tanpa memakai keyboard.

Hal tersebut tentu saja lebih menghemat waktu ketika kita menggunakannya untuk mengetik. Dengan demikian, membuat pekerjaan lebih cepat selesai, lebih produktif dan waktu yang dihabiskan lebih efisien.

Terkait:  Cara Connect Netflix ke TV

Layanan dikte atau voice typing ini biasanya lebih terkenal di kalangan mahasiswa atau para penulis.  Melalui fitur tersebut, para penulis cukup mengucapkan setiap kata, dengan begitu teks tersebut secara otomatis akan dituliskan. Contohnya untuk pembuatan tugas, makalah, maupun skripsi.

Cara Google Docs  Voice Typing

Cara Google Docs Voice Typing
Mengaktifkan Google Docs Voice Typing

Mengaktifkan Google Docs Voice Typing

Sebenarnya fitur ini sudah ada dari dulu di platform Google Docs. Selain itu, tersedia lewat berbagai pilihan bahasa, salah satunya bahasa Indonesia. Jika Kalian ingin mengaktifkan Google Docs Voice Typing, simak panduan lengkapnya di bawah ini!

Cara Mengaktifkan Google Docs Voice Typing di PC

1. Masuk Memakai Akun Gmail

Pertama-tama silahkan masuk memakai akun Gmail lalu buka sistem Google Docs. Kemudian silahkan pilih tools yang terletak di panel bagian atas layanan Google Docs. Lalu klik Voice Typing. Selanjutnya Kalian akan menemukan panel Voice Typing memakai bentuk microphone.

2. Mengaktifkan Microphone

Langkah cara Google Docs voice typing berikutnya ialah pastikan untuk mengaktifkan microfon. Izinkan layanan Google Docs agar dapat mengakses microphone. Kalian bisa klik Voice Typing, setelah itu akan muncul pemberitahuan perizinan untuk microphone. Apabila tidak muncul, silahkan klik panel yang bergambar kamera pada kolom situs, lalu izinkan platform Google Docs agar bisa memakai microphone.

3. Pilih Layanan Bahasa yang Dipakai

Kalian bisa pilih layanan bahasa yang ingin dipakai. Ada beberapa jenis bahasa yang tersedia. Untuk mempermudah proses, silahkan klik layanan bahasa Indonesia.

4. Lakukan Uji Coba

Jika semuanya sudah selesai, Kalian bisa mencoba voice typing secara langsung dengan cara mengucapkan kata demi kata atau kalimat. Apabila kata atau kalimat yang keluar tidak cocok, pastikan layanan bahasa yang dipakai sudah tepat. Selain itu, jangan lupa pula untuk memastikan microphone berfungsi baik. Apabila microphone di laptop Kalian kurang berfungsi, silahkan pakai earphone dengan kelengkapan mic eksternal.

Silahkan berbicara dengan intonasi yang jelas, melalui kecepatan dan volume yang sedang. Selanjutnya kata-kata tersebut akan ditampilkan pada layar sesuai yang diucapkan.

Terkait:  Cara Daftar Maxim Mobil

Jika perlu, ucapkan beberapa istilah bahasa Inggris untuk menambahkan baris baru dan tanda baca. Seperti period untuk titik, Question mark untuk tanda tanya, New paragraph untuk paragraf baru, new line untuk baris baru, exclamation point untuk tanda seru, dan comma untuk koma.

5. Klik Mikrofon Kembali Sesudah Selesai Berbicara

Setelah selesai melakukan cara mengaktifkan Google Docs Voice Typing di PC di atas. Selanjutnya Kalian tinggal menonaktifkan mikrofon jika sudah selesai, dan kata-kata Kalian pun tak akan muncul lagi di dokumen.

Cara Mengaktifkan Google Docs Voice Typing Untuk Segmen Catatan Pembicara Google Slides

1. Aktifkan Mikrofon

Cara Google Docs Voice Typing yang pertama, silahkan aktifkan mikrofon Kalian di PC.

  • Kalian hanay dapat memasukkan teks lewat suara di segmen speaker note da bukan salindia.

2. Buka Web Google Chrome

Silahkan buka Google Chrome yang terletak pada folder “Applications” di komputer Mac, sedangkan “All Apps” di menu “Start” pada PC.

3. Masuk ke Google Drive

Silahkan kunjungi Google Drive di https://drive.google.com. Kalian bisa mengikuti petunjuk yang ada di layar apabila belum masuk ke dalam akun Google.

4. Tekan Salindia yang Akan Disunting

Sesudah itu, file Salindia bisa dibuka supaya bisa langsung disunting.

5. Pilih Menu Tools

Jika sudah, cara mengaktifkan fitur Google Docs Voice Typing selanjutnya dengan mengklik tools yang terletak di bagian atas pada Google Slides.

6. Pilih Voice Type Speaker Notes

Silahkan tekan voice type speaker notes, dan panel kecil beserta tombol mikrofon pun akan terbuka. Tekan ikon mikrofon ketika Kalian sudah siap berbicara.

7. Ucapkan Beberapa Kata

Ucapkan beberapa kata yang Kalian inginkan. Silahkan berbicara dengan pelafalan yang jelas. Selanjutnya kata-kata Kalian akan muncul di layar.

8. Klik Mikrofon Sesudah Selesai Berbicara

Jika sudah selesai berbicara, silahakn klik lagi mikrofon. Sehingga kata-kata Kalian tidak akan ditampilkan pada dokumen kembali.

Terkait:  Cara Freeze di Google Sheet

Cara Memunculkan Tombol Voice Typing di Google Docs

Setelah membahas cara Google Docs voice typing di atas, kini kita akan membahas cara memunculkan tombol voice typing. Karena terkadang tombol dikte ini tidak berfungsi. Jika Kalian mengalaminya, silahkan coba tutorial di bawah :

1. Login Gmail

Untuk menampilkan tombol tersebut sebenarnya sangat mudah, Kalian hanya perlu melakukan login ke akun email masing-masing. Silahkan buka link URL dari Google Docs ini!

2. Pilih Resume

Setelah itu, Kalian akan masuk ke halaman bagian depat Google Docs. Silahkan pilih resume. Jadi, ketika Kalian mengalami masalah tombol dikte voice typing tidak muncul, ketika membuka halaman yang baru, tinggal pilih resume.

3. Hapus Semua Tulisan Pada Resume

Kemudian silahkan hapus seluruh tulisan yang terdapat dalam resume. Atau bisa menekan tombol kombinasi Ctrl+A pada keyboard. Kemudian tekan delete di keyboard.

4. Pilih Tools

Langkah cara memunculkan tombol voice typing pada Google Docs berikutnya ialah, cukup klik tombol pada alat lalu klik dikte atau untuk penggunaan bahasa inggris, pilih tools dan tekan voice typing.

5. Tombol Voice Typing Akan Muncul

Jika sudah masuk ke tahapan ini, Kalian akan ditampilkan ikon voice typing atau dikte di Google Docs dan tinggal menggunakannya saja

Itulah informasi cara memunculkan tombol voice typing apabila Kalian mengalami masalah tombol dikte/voice typing yang tidak muncul.

Dengan adanya fitur voice typing tentu saja sangat mempermudah mahasiswa maupun penulis untuk menggunakannya. Kalian cukup menyebutkan atau mengucapkan kata-kata saja dan semua kata-kata tersebut akan tertuang dalam bentuk teks dengan mudah tanpa mengetikkannya.

Menariknya lagi, sistem pada Google Docs terssebut juga dapat mengenali berbagai jenis bahasa. Bahkan ada sebanyak 40 bahasa termasuk bahasa Indonesia. Inilah pentingnya mempelajari cara Google Docs Voice Typing!

Related posts