Cara Merawat Lovebird

  • Whatsapp

Lovebird merupakan sejenis burung yang banyak diminati dan sering dipelihara. Burung asal Afrika ini memang dikenal karena memiliki bulu yang berwarna-warni sangat indah. Jika Kamu termasuk salah satu pencinta burung, tak ada salahnya mencoba cara merawat lovebird di rumah.

Tak hanya dilihat dari warna dan bentuk bulunya yang bervariasi serta indah, ternyata burung yang satu ini juga mempunyai suara kicauan yang begitu nyaring dan merdu.

Mengenal Lovebird Lebih Dekat

Lovebird merupakan sejenis burung yang berparuh bengkok dengan bentuk fisik yang menarik serta banyak diminati orang. Di samping fisiknya menarik, lovebird mempunyai suara cukup unik, yang terdengar seperti ngekek panjang. Cara merawat lovebird juga cukup mudah, asalkan Kamu harus benar-benar teliti. Karena ketelitian merawat lovebird secara harian bisa berdampak terhadap mental dan dirasi lama ngekeknya.

Lovebird saat ini dipelihara peternak atau penghobi burung yang ada di seluruh kalangan. Bahkan banyak yang belum tahu terkait cara merawat lovebird secara harian supaya ngekek panjang. Apabila Kamu memiliki lovebird dengan durasi ngekek yang panjang, sehingga harga jualnya menjadi tinggi.

Cara Merawat Lovebird

Cara Merawat Lovebird
Tutorial Merawat Lovebird

Tutorial Merawat Lovebird

Kamu harus tahu bahwa burung lovebierd bisa dikatakan sebagai burung beo kecil dengan tubuh gempang yang berukuran sekitar 13-17 cm. Akan tetapi, mareka bisa dibilang termasuk burung beo sebab termasuk ke dalam jenis ordo Psittaciformes, mencakup seluruh burung beo.

Burung ini mempunyai bentuk paruh yang bengkok dengan kaki zygodactyl, yakni memiliki 2 jari mengarah ke bagian depan serta 2 poin ke belakang. Sementara kisaran hidup rata-rata sekitar 10-12 tahun, tapi beberapa burung lovebird dapat hidup dalam waktu yang lama.

Terkait:  Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

Berikut ini, ada beberapa cara merawat lovebird yang bisa Kamu lakukan diantaranya :

1. Perawatan Kandang Burung

Tak jauh berbeda dengan perawatan burung lainnya, Kamu juga harus memperhatikan kondisi kandang maupun sangkar burung lovebird. Tidak sedikit orang yang kurang rutin menjaga kebersihan kandang atau sangkar burung. Padahal menjaga kebersihan pada sangkar burung sangat penting, sebab jika tidak bisa mempengaruhi kondisi kesehatan burung lovebird itu sendiri.

Sebaiknya bersihkan kandang secara rutin, seperti merawat kebersihan alas untuk menampung sisa makanan, maupun kotoran burung. Sebab jika kurang memperhatikan kebersihan kandang, bisa memicu sang burung terkena penyakit snot atau mata.

Kebanyakan sangkar burung ini dikelilingi kawat dengan didasari plastik. Selain itu, Kamu bisa memberikan beberapa aksesoris pelengkap seperti tempat minum dan tempat pakan. Kamu juga harus memperhatikan tempat bertenggernya lovebird, pastikan ukurannya tidak terlalu besar serta menggunakan material kayu alami.

2. Pakan Lovebird

Hal yang tak kalah penting dalam cara merawat lovebird ialah harus memperhatikan pakan burung. Sebaiknya jangan sembarangan memberikan pakan lovebird, seperti memberikan pakan biji-bijian. Tambahkan pula sayuran seperti kangkung, apalagi saat lovebird dalam masa perkawinan, sangat disarankan untuk memberikan pakan jagung.

Hindari memberikan pakan berlebihan pada lovebird, sebab lovebird termasuk burung yang gemar atau doyan makan. Jika memberikan pakan berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan pada lovebird kesayanganmu.

3. Proses Pengembunan Lovebird

Biasanya proses pengembunan pada lovebird dilakukan di pagi hari pada jam 04.00 pagi tepat sebelum terbitnya matahari. Di pagi hari, Kamu tinggal menggantung lovebird di luar rumah supaya mendapatkan emmbun pagi dan udara segar. Lovebird yang mendapatkan udara segar bisa lebih rileks dan tenang serta tak membuatnya gampang stress.

Terkait:  Cara Merawat Kaktus Koboi

4. Mandikan Lovebird Secara Rutin

Cara merawat lovebird selanjutnya ialah rutin memandikan lovebird. Sebenarnya ada banyak manfaat yang diperoleh apabila burungmu rutin dimandikan. Diantaranya membuat burung lebih sehat karena dapat terhindar dari paparan bakteri, bisa memicu stamina dan burung pun terlihat lebih bersih.

Dalam memandikan lovebird, Kamu bisa melakukannya setiap pagi serta siang hari. Di pagi hari, Kamu dapat memandikan lovebird di jam 07.00 pagi sampai jam 08.00 pagi. Sesudah dimandikan, jemur burung di bawah terik matahari dengan lama waktu mulai dari 15 menit sampai 1 jam, biasanya tergantung dari panasnya matahari.

Sesudah menjemur burung atau sesudah bulunya mengering, Kamu dapat mengangin-anginkan lovebird di teras rumah atau di bawah pohon yang tak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Selain itu, Kamu dapat memandikan burung di siang hari, pada kisaran jam 12.00 sampai jam 13.00. Cara memandikannya sama saja seperti di pagi hari, sesudah dimandikan Kamu bisa menjemurnya agar bulunya cepat kering.

5. Pemberian Vitamin

Cara merawat lovebird harian berikutnya ialah Kamu dapat memberikan vitamin. Tujuannya ialah demi menjaga kesehatan burung itu sendiri dan dapat menunjang kemampuan kicauan lovebird. Untuk pemberian vitamin ini, sebaiknya jangan dilakukan secara berlebihan.

Apabila Kamu memberikannya berlebihan, justru bisa berbahaya bagi burung itu sendiri. Sebaiknya vitamin hanya dipakai untuk menunjang atau membantu kesehatan, yang paling utama adalah menjaga kebersihan dan memberikan makan.

6. Perilaku Sosial Lovebird

Lovebird sebenarnya termasuk burung yang bisa dibilang sagat sosial. Umumnya, penting sekali menjaga kebahagiaan dan kesehatan mereka dengan cara memeliharanya dengan berpasangan. Apabila Kamu mempunyai satu lovebird, tentu saja Kamu harus membiarkan burung berinteraksi secara sosial. Pasalnya burung-burung tersebut mengembangkan kesetiaan kuat kepada pasangan atau penjaganya.

Terkait:  Cara Merawat Ikan Koi

Lovebird juga bisa lebih agresif dengan burung lain. Sebaiknya jangan menggabungkan spesies burung sejoli sebab mereka bisa berkelahi. Pasalnya pasangan terikat dengan cara kostan dapat merawat antara satu dengan yang lain. Selain itu, biasanya saling memberikan makanan pada tanamansaat musim kawin serta sepanjang tahun.

7. Aktivitas Burung Sehari-Hari

Burung lovebird biasanya gemar bangun pagi, umumnya mereka akan makan, minum, dan segera berkicau. Biasanya mereka akan merasa tenang menjelang waktu tengah pagi serta melanjutkan kicau pada sore hari. Pasalnya burung-burung tersebut sangat aktif, memanjat dan terbang, serta menggerogoti kayu, dan dapat merawat dirinya sepanjang hari.

Lovebird merupakan penghancur kertas secara alami, sehingga pastikan Kamu menyediakan kertas yang bebas pewarna. Biasanya burung yang ada di luar kandang, biasanya tak akan tinggal di dalam boksnya.

8. Cek Kesehatan Burung Lovebird

Cara merawat lovebird paling penting ialah harus menjaga kesehatan burung. Sebagai saran, sebaiknya bawa lovebird ke dokter hewan supaa terhindar dari penyakit dan virus berbahaya. Selain itu, bukan hanyasaat pemeliharaan pertama kali tetapi juga arus diperhatikan saat burung lovebird, tampak pasif, dan tak berkicau riang.

9. Lakukan Pemasteran Pada Burung

Jika tujuanmu merwaat lovebird adalah supaya mereka cepat gacor dan ngekek, maka lakukan pemasteran pada burung. Adapun caranya, bawa lovebird ke tempatsunyi kemudian Kamu bisa perdengarkan suara burung masteran. Tapi ingat, untuk tidak melakukannya terlalu sering setiap hari sebab burung bisa gampang kelelahan. Langkah yang satu ini paling tidak dilakukan setiap 2-3 kali sehari supaya ada jeda untuk bisa beristirahat.

Itulah 9 tahapan cara merawat lovebird yang harus Kamu lakukan agar burung lovebird kesayanganmu cepat gacor.

Related posts