Cara Checkout Lazada COD

Cara checkout Lazada COD sebenarnya sangat mudah, karena hampir sama seperti cara checkout dengan transfer banyak hanya saja yang membedakan sistem pembayarannya. Bisa dikatakan cara bayar COD adalah cara paling praktis bagi Kamu yang tak terbiasa memakai metode pembayaran transfer bank, kartu kredit, internet banking, maupun ATM.

Apa Itu COD di Lazada?

Sistem pembayaran COD (Cash on Delivery) adalah metode pembayaran yang dilakukan oleh pembeli saat produk yang dipesannya sudah sampai di rumah. Jadi, pembayaran dilakukan langsung di tempat atau alamat pembeli. Selain itu, dengan metode ini para pembeli di Lazada tak perlu lagi harus pergi ke minimarket, ATM, atau mengakses internet/mobile banking untuk melakukan pembayaran.

Hampir semua e-commerce saat ini telah menambahkan layanan COD ke dalam metode pembayarannya, tak terkecuali Lazada. Bahkan metode pembayaran COD sudah menjadi layanan facorit bagi para pelanggan Lazada.

Keuntungan Berbelanja COD di Lazada

Sebelum membahas cara checkout Lazada COD, sebaiknya Kamu harus memahami pengertian COD lebih jauh dan alasan kenapa metode pembayaran COD ini harus dipilih. Walaupun terbilang masih baru, tapi metode pembayaran ini sudah banyak dipilih para pengguna aplikasi Lazada.

Ini karena sistem pembayaran Lazada mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan dengan metode lainnya. Selain itu, keuntungan memakai COD juga tak hanya dapat dirasakan para pembelinya saja, para penjual juga ikut merasakan keuntungan dengan memilih layanan COD.

Melalui adanya metode pembayaran COD ini, para seller di Lazada dapat merasakan keuntungan meningkatnya jumlah penjualan di toko mereka. Bahkan tak tanggung-tanggung, penjualan produk yang meningkat berkat layanan COD di Lazada bisa mencapai hingga 3 kali lipatnya.

Bukan tanpa alasan, karena sistem pembayaran COD sudah sangat populer di marketplace di kalangan pembeli Lazada. Sebab sebagian besar pengguna sekaligus orang yang sering berbelanja di situs belanja online ini memilih layanan COD untuk pembayarannya. Maka dari itu, apabila penjual mengaktifkan layanan COD, besar kemungkinan pengunjung toko menjadi meningkat. Sehingga tingkat penjualan pun menjadi lebih besar.

Keuntungan layanan COD di Lazada tentu bukan hanya berlaku bagi penjual saja melainkan juga bagi pembeli. Melalui metode yang satu ini, bisa meminimalisir terjadinya penipuan karena produk dapat langsung dicek sesampainya di tempat tujuan atau pembeli

Apabila produk yang dipesan tidak sesuai, pembeli pun dapat mengembalikan produk ke penjual kembali tanpa harus membayar ongkir. Selain itu, biasanya pembelian lewat sistem COD tidak membutuhkan ongkos kirim selagi tempat tujuan masih termasuk ke dalam jangkauan. Ini artinya, pembelian dengan cara ini bisa lebih menghemat budget.

Cara Check Out Lazada COD

Cara Checkout Lazada COD
Pembayaran COD di Lazada

Pembayaran COD di Lazada

Saat berbelanja di marketplace Lazada, pembeli biasanya akan dihadapkan dengan beberapa sistem pembayaran, salah satunya COD. Walaupun termasuk ke salah satu pilihan sistem pembayaran, namun sayangnya COD tidak dapat digunakan oleh semua produk.

Biasanya hanya produk-produk tertentu yang bertanda COD yang memungkinkan para pembeli melakukan pembayaran COD di Lazada. Berikut panduan cara check out Lazada COD yang harus Kamu ketahui saat akan berbelanja di lazada :

1. Pilih Produk yang Menyediakan Layanan COD

Seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa tak semua produk menawarkan layanan COD. Oleh karena itu, supaya Kamu bisa memilih layanan ini, hal pertama yang harus Kamu lakukan setelah membuka aplikasi Lazada atau website Lazada dan masuk ke akun Lazadamu ialah memilih produk dengan layanan COD.

Kamu hanya perlu melihat tanda COD pada produk yang akan dipilih. Penjual biasanya memberikan tanda “Bisa COD” yang dituliskan pada produknya.

2. Pilih Produk yang Dibeli

Cara check out Lazada COD selanjutnya ialah pilih produk yang dibeli. Jika Kamu sudah menyortir produk-produk yang menawarkan fitur COD, maka maka Kamu tinggal pilih produk yang Kamu inginkan. Untuk bisa memakai metode ini, pembeli tentunya harus membeli barang atau produk bertanda COD.

Silahkan periksa kembali produk yang Kamu ingin beli setelah berbelanja. Saat berbelanja di marketplace Lazada, maka pembeli dapat langsung membeli produk di seller atau toko berbeda. Ketika ingin melakukan pembayaran, silahkan tekan “Tambahkan ke Troli”. Selanjutnya semua produk di Lazada yang Kamu beli bisa digabungkan ke dalam satu keranjang.

3. Pilih Sistem Pembayaran COD

Jika Kamu sudah menyelesaikan belanja di Lazada, silahkan  pilih pembayaran COD di Lazada dengan menekan “Check Out” tepat di samping kanan bawah. Jika sudah, Kamu akan langsung diarahkan menuju halaman checkout. Para pembeli nantinya diminta menuliskan alamat lengkan berikut metode pembayarannya.

Silahkan tekan “Tambah Metode Pembayaran” di menu pilih istem pembayaran. Silahkan tekan “Bayar di Tempat” apabila Kamu ingin memakai layanan COD. Apabila produk yang Kamu beli ternyata tidak menyediakan layanan COD, pembeli pun tidak dapat memilih metode tersebut. Jika semuanya sudah diisi dengan benar, tinggal klik “Buat Pesanan” yang terletak di kanan bawah.

4. Tunggu Pesanan Tiba

Jika Kamu sudah menyelesaikan cara checkout Lazada COD di atas. Kini saatnya Kamu tinggal menunggu pesanan datang. Sebelum produk tiba ke alamat tujuan, Kamu tak perlu membayar pesananmu.

5. Periksa Produk dan Lakukan Pembayaran

Apabila produk sudah sampai, sebaiknya Kamu mengecek kondisi produk yang Kamu pesan terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan untuk mengecek apakah produk sesuai ataukah tidak. Jika pembeli sudah mengecek produk yang dipesan dan sudah merasa puas, maka Kamu tinggal lakukan pembayaran. Silahkan beri uang ke kurir sejumlah total pesanan yang tertera pada aplikais Lazada sebelumnya.

Kenapa Pembeli Tidak Dapat Memilih COD di Lazada?

Seperti sudah kita singgung sebelumnya di atas, bahwa COD ialah sistem pembayaran yang menguntungkan, tidak hanya bagi pembeli juga bagi penjual. Akan tetapi, ada kalanya konsumen di Lazada tidak dapat memilih sistem pembayaran COD saat berniat membayar produk pesanan mereka.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebaban konsumen di Lazada tidak dapat memakai fitur COD. Adapun faktor pertama ialah tidak ada jasa ekspedisi yang dapat mengirimkan pesanan. Dimana hal tersebut dapat terjadi karena bisa saja ekspedisi yang telah diakomodasi oleh penjual memang tidak disediakan. Bisa juga karena tidak bermitra dengan Lazada.

Alasan lain kenapa pembeli tidak dapat memilih metode pembayaran COD lainnya ialah dikarenakan penjual yang tidak mengaktifkan layanan ini. Sebab layanan COD sendiri biasanya harus diaktifkan oleh penjual secara mandiri, dan tidak ditentukan oleh pihak Lazada. Jadi jika penjual di Lazada tidak mengaktfikan fitur COD, pembeli pun secara otomatis tidak bisa menggunakan metode pembayaran COD.

Selain itu, pesanan COD gagal kirim serta pembeli yang menolak paket cash on delivery juga dapat mengakibatkan pihak Lazada untuk menghilangkan pilihan metode pembayaran tersebut. Walaupun begitu, pembeli tetap bisa memakai metode lainnya selain COD. Kamu juga harus tahu bahwa layanan COD tidak dapat dilakukan apabila wilayah pembeli tidak termasuk ke dalam jangkauan layanan pembayaran di tempat.

Ya, itulah ulasan cara checkout Lazada COD yang dapat Kamu pilih untuk menghindari pembelian produk abal-abal atau penipuan dari seller Lazada. Jika ada masalah tentang pesananmu di Lazada, jangan sungkan untuk melakukan cara chat CS Lazada!

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019