Cara Bayar Pakai OVO

Cara Bayar Pakai OVO

Lupa bawa dompet, tapi Kamu udah di depan kasir? Repot kan, mana antrian Panjang! Hal ini tentu sangat menjengkelkan. Ini adalah salah satu kendala yang terjadi jika lupa bawa dompet. Kelemahannya memiliki dompet fisik harus dibawa kemana-mana, cukup merepotkan, belum lagi jika Kamu pelupa. Namun, lain halnya jika Kamu mencoba cara bayar pakai OVO. Semua pembayaran belanja di merchant OVO bisa terselesaikan dalam sekejap, meskipun Kamu lupa bawa dompet fisikmu. So, lebih simpel dan praktis!

Tak hanya menyajikan kepraktisan dan kemudahannya saja, memakai OVO juga memungkinkan proses pembayaranmu lebih nyaman dan aman. OVO bisa difungsikan sebagai dompet digital atau sering disebut e-wallet. Aplikasi inilah yang nantinya menyimpan uangmu yang sudah ditransfer atau diisikan ke OVO, salah satunya melalui cara top up OVO BCA.

Read More

Menariknya lagi, jika Kamu sering bertransaksi di OVO dalam jumlah yang besar dan jika beruntung, Kamu berkesempatan untuk mendapatkan cashback serta OVO point. Nah, OVO Point ini juga nantinya dapat dikonversi untuk pembayaran belanja di merchant OVO.

Apa Saja Fitur-Fitur di OVO?

Jika Kamu masih belum begitu famililar dengan OVO, Kamu harus tahu bahwa OVO menyajikan sejumlah fitur menarik, sebagai berikut :

1. OVO point

OVO Point nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai diskon yang ditawarkan di merchant OVO. Jika dalam cara bayar Grab pakai OVO sendiri, OVO Point dapat dikonversikan ke dalam rupiah untuk keperluan pembayaran layanan aplikasi Grab dan kekurangannya bisa diambil dari saldo OVO. Mengingat Grab termasuk salah satu merchant atau perusahaan yang telah bekerjasama dengan OVO.

Semakin besar transaksi yang kamu lakukan dengan dompet digital OVO, maka kesempatan mendapatkan point yang banyak tentunya lebih besar lagi. Namun jika kamu hanya melakukan transaksi seperlunya saja, maka point yang kamu terima tidak banyak.

2. Menawarkan Banyak Promo Menarik

OVO juga kerap membagikan promo bagi pengguna setianya. Salah satunya adalah denggan adanya cash back saat berbelanja di salah satu merchant. Bahkan Kamu akan memperoleh potongan hargaa cukup besar berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku.

3. Pembayaran Menjadi Lebih Cepat

Ini merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh OVO, dimana sistem ini merupakan sistem pembayaran tanpa kartu (cashless) yang lebih cepat dan sangat praktis.

Cara Bayar Pakai OVO

Cara Bayar Pakai OVO
Panduan Cara Bayar Pakai OVO

Panduan Cara Bayar Pakai OVO di Merchant OVO

Cara bayar pakai OVO sendiri menyediakan pilihan metode yang berbeda, biasanya tergantung dari ketersediaan layanan di merchant OVO terdekat. Berikut panduan transaksi

1. Transaksi Memakai QR Code

Jika kamu sedang pergi ke toko atau retail besar, apabila kamu jeli melihat ada QR Code Scan dekat kasir, sebenarnya QR Code tersebut bisa digunakan untuk transaksi pembayaran. Jadi jika Kamu pengguna OVO, Kamu bisa melakukan scan QR Code untuk menyelesaikan pembelian barang-barang di merchant.

Adapun caranya bisa kamu ikuti dibawah ini :

  • Buka terlebih dahulu aplikasi OVO yang sudah terinstal di smartphone milikmu.
  • Jika belum log in, silahkan log in dengan menggunakan username dan password yang sudah kamu buat sebelumnya.
  • Pada layar utama aplikasi tersebut, klik tombol ‘Scan’.
  • Kemudian kamu arahkan hp ke QR Code yang berada di dekat kasir.
  • Pada aplikasi OVO, nantinya akan muncul notifikasi terkait pembayaran.
  • Silahkan ikuti langkah-langkahnya hingga selesai melakukan pembayaran.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembayaran memakai QR Code yaitu, apabila transaksi belanjamu kurang dari Rp. 100 ribu, maka proses pembayaran akan dilakukan secara instan. Namun, jika pembayaran di atas Rp. 100 ribu maka kamu membutuhkan password OVO untuk menyelesaikan pembayaran.

2. Transaksi Memakai Scan Barcode

Selain kamu scan barcode milik toko, kamu pun bisa menunjukkan barcode milikmu kepada kasir jika seandainya tidak ada barcode yang disediakan di depan kasir. Berikut cara bayar pakai OVO dengan scan barcode, diantaranya :

  • Buka aplikasi OVO milikmu.
  • Pada layar utama aplikasi, klik kembali tombol ‘Scan’.
  • Sesaat itu juga akan muncul barcode pada smartphone milikmu, lalu barcode tersebut berikan ke kasir untuk di proses.
  • Kasir akan memproses pembayaran dari barcode yang kamu berikan.
  • Tunggu notifikasi dari OVO, terkait pembayaran tersebut yang dengan notifikasi bahwa pembayaran tersebut telah selesai dilakukan.

3. Transaksi Memakai Nomor HP

Diantara ketiga cara yang ada, mungkin cara bayar pakai OVO menggunakan nomor hp adalah cara paling mudah dan praktis apabila tidak ditemukan QR Code. Berikut langkah-langkahnya :

  • Kasir akan meminta nomor ponsel yang terdaftar di OVO, kamu cukup berikan nomor hp tersebut.
  • Nantinya akan secra otomatis muncul sebuah notifikasi yang berasal dari OVO dimana notifikasi tersebut berisi transaksi pembayaran belanja yang akan kamu lakukan.
  • Sama dengan cara QR code, jika transaksi dibawah Rp. 100 ribu maka transaksi pembayaran secara otomatis sukses dilakukan. Namun, berbeda jika transaksi di atas Rp. 100 ribu dimana kamu membutuhkan password untuk konfirmasi pembayaran.

Itulah beberapa cara bayar pakai OVO yang bisa kamu lakukan apabila berbelanja di toko yang kebetulan pembayarannya melayani dompet digital OVO. Metode di atas juga bisa berlaku untuk cara bayar Indomaret pakai OVO. Namun, apa jadinya jika kamu membeli barang-barang secara online? Di bawah ini, kita akan menjelaskan panduan cara bayar Tokopedia pakai OVO.

Cara Bayar Tokopedia Pakai OVO

Jika kamu pengguna Tokopedia dan kebetulan sudah berlangganan dompet elektronik OVO, maka tak ada salahnya untuk membeli barang- barang di Tokopedia dengan menggunakan OVO. Berikut ulasannya :

  • Buka aplikasi tokopedia terlebih dahulu.
  • Log in memakai akun Tokopedia milikmu yang sudah terdaftar. Namun jika belum, install dulu aplikasinya dan langsung daftar akun Tokopedia.
  • Mulai pilih barang-barang yang ingin kamu beli dengan menggunakan kategori barang atau bisa langsung lewat opsi pencarian dengan mengetik langsung nama barang yang dimaksudkan.
  • Tentukan berapa jumlah item barang yang ingin kamu beli berikut dengan rincian barang jika ada, seperti ukuran atau warna.
  • Langsung klik tombol ‘Beli’ jika kamu sudah yakin ingin membeli barang tersebut.
  • Setelah itu, detil barang akan segera muncul. Kemudian disana akan dijelaskan mengenai barang tersebut, jumlah barang yang dibeli, hingga alamat tujuan.
  • Jika alamat tujuan barang belum kamu update, silahkan lakukan update alamat tujuan terlebih dahulu untuk antisipasi salah alamat.
  • Setelah yakin dengan barang yang dibeli, terakhir tinggal klik tombol ‘Lanjut’ untuk memulai pembelian barang.
  • Pada metode pembayaran, kamu langsung klik OVO Cash. Carilah OVO Cash diantara banyak metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia.
  • Selanjutnya kamu wajib membayarkan sejumlah uang berdasarkan harga barang tersebut, jika sudah yakin dan benar tinggal langsung klik tombol ‘Bayar’.
  • Pembelian barang kamu dengan metode pembayaran menggunakan OVO telah selesai.

Saat ini transaksi dengan menggunakan dompet digital OVO sudah cukup banyak, Kamu bisa menjumpai banyak merchant yang sudah bekerja sama dengan OVO baik online maupun offline. Untuk berbelanja di merchant offline sendiri, Kamu bisa menerapkan cara bayar pakai OVO dengan praktis tanpa harus membawa dompet atau bisa dijadikan solusi saat lupa membawa dompet!

 

 

Related posts