Cara Belanja di Tiktok Shop

Cara Belanja di Tiktok Shop

Berkat popularitasnya yang semakin meningkat lewat postingan konten-konten video yang menghibur, kini Tiktok telah memperluas fiturnya demi mempertahankan jutaan pengguna. Salah satunya yang terbaru adalah Tiktok Shop. Jadi, Tiktok Shop ini memungkinkan para penggunanya bertransaksi jual beli langsung lewat aplikasi TikTok. Bahkan cara belanja di Tiktok Shop juga cukup mudah.

Menariknya lagi nih, jika Facebook dan Instagram Shopping biasanya mengarahkan penggunanya menuju halaman web toko online yang bersangkutan. Berbeda lagi dengan Tiktok Shop, karena media ini memungkinkan para penggunanya dapat bertransaksi, melakukan chat sampai proses pembayaran dilakukan langsung lewat aplikasi Tiktok.

Read More

Jadi, penting juga nih bagi penjual yang ingin memperluas jaringan promosinya dengan berjualan di Tiktok. Oleh sebab itu, fitur Tiktok Shop secara tidak langsung memanjakan para pembeli maupun penjual online shop.

Apa Saja Sih Keuntungan Tiktok Shop Bagi Penjual dan Pembeli?

Kehadiran Tiktok Shop tentunya memberi angin segar bagi para pelaku usaha online. Karena fitur Tiktok Shop menawarkan banyak keuntungan jika dibandingkan marketplace atau apliaksi sejenisnya. Ingin tahu apa saja? Simak ulasannya berikut :

1. Media Hiburan Sembari Berbelanja

Tiktok banyak digunakan karena menyajikan konten-konten lucu, seru, menarik, dan kreatif. Selain itu, Kamu juga bisa memposting konten-konten keren di Tiktok. Dengan kata lain selain bermain media sosial, dengan adanya fitur Tiktok Shop ini, secara tidak langsung membuatmu bisa sambil cuci mata dan berbelanja produk yang diinginkan.

2. Nggak Perlu Repot Scrolling di Site e-Commerce

Aplikasi Tiktok menyajikan fitur Tiktok Shop dalam bentuk satu kesatuan. Maksudnya disini ialah Kamu nggak perlu ribet lagi haris scrolling di e-commerce atau marketplace sebab Tiktok sendiri telah menjadikannya ke dalam satu platform.

3. Jumlah Pengguna Aktif Melimpah

Menurut survey, aplikasi media sosial berbasis konten video singkat Tiktok ini telah menembus angka 800 juta pengguna. Wow, jumlah ini bukan main-main. Bahkan angka tersebut adalah jumlah angka pengguna aktif, yang kebanyakan diisi oleh anak-anak remaja dan seringkali mereka membuka aplikasi Tiktok hingga 8 kali dalam sehari.

Jadi wajar sekali jika platform sosial media ini memiliki peluang besar bagi para penjual untuk mendapatkan customer sebagai target pasar jasa maupun produk yang mereka tawarkan.

4. Melebarkan Pasar Bisnis

Nah, bagi Kamu yang sudah expert dalam berjualan online, dengan adanya Tiktok Shop tentu menjadi strategi dan cara baru dalam memperluas bisnismu. Mengingat banyaknya jumlah pengguna Tiktok, upaya untuk memperluas pasar pun semakin terbuka lebar. Imbas positifnya adalah Kamu bisa melejitkan omset untuk berjualan produkmu di sini.

5. Banyak Promo dan Gratis Ongkir

Se promo yang digaungkan di beberapa marketplace, ternyata Tiktok Shop juga kerap menyediakan promo harga menarik dengan gratis ongkos pengiriman. Jadi, jangan ragu lagi berbelanja di Tiktok Shop.

Jadi sebenarnya, baik bagi pembeli maupun penjual di Tiktok Shop sama-sama merasa diuntungkan. Bagi pembeli, bisa mendapatkan produk dengan mudah tanpa harus mengunjungi marketplace atau web online shop lagi. Sementara bagi penjual sendiri bisa dijadikan sebagai ajang promosi yang menarik.

Cara Belanja di Tiktok Shop

Cara Belanja di Tiktok Shop
Panduan Cara Belanja di Tiktok Shop

Bagaimana Cara Berbelanja di Tiktok Shop?

Cara belanja di Tiktok Shop bagi pembeli sendiri, sebenarnya ada 2 metode yang dapat Kamu ambil. Metode pertama yaitu melalui unggahan produk di profil akun, sedangkan metode kedua ialah melalui live streaming atau siaran langsung. Berikut ulasannya :

1. Berbelanja di Tiktok Shop Melalui Unggahan Produk

Untuk cara belanja di Tiktok Shop ini cukup mudah, jika Kamu melihat ada unggahan produk, Kamu bisa langsung memesan produk tersebut dengan langkah-langkah berikut :

  • Buka Tiktok Apps di perangkat ponselmu lebih dahulu.
  • Masuk ke profil akun toko produk yang Kamu incar. Silahkan pakai kolom discover, lalu ketikkan nama online shop tersebut pada kolom pencarian.
  • Langkah selanjutnya, klik menu ‘Shop’ yang bergambar tas belanja pada profil toko, lalu cari barang yang diincar.
  • Setelah itu, tekan ‘Buy Now’ di samping kanan bawah pada laman produk yang Kamu incar.
  • Berikutnya, tinggal mengisikan detail pesananmu, dari alamat, warna, jumlah item barang yang dipesan, catatan, hingga metode pembayaran. Kamu perlu tahu bahwa Tiktok telah menyediakan 7 pilihan pembayaran, diantaranya GoPay, OVO, transfer antar bank, Indomaret, Alfamart, dan Kartu Kredit.
  • Selanjutnya, Kamu bisa menyelesaikan proses pesananmu dengan cara mengklik ‘Place Order’ lalu bayar pesanan sesuai metode pembayaran yang telah dipilih.
  • Langkah terakhir, cukup tunggu saja produk yang Kamu beli diantar dengan selamat sampai ke rumah. Silahkan lacak pengiriman dengan mengakses ‘Settings and Privacy’ dan pilih ‘Orders’.

2. Berbelanja di Tiktok Shop Melalui Siaran Langsung

Menariknya, jika Kamu berbelanja dengan metode ini, maka Kamu akan mendapatkan peluang memperoleh potongan harga. Apalagi di momen-momen tertentu, misalnya saat hari raya lebaran, hari natal, tahun baru, atau momen Harbolnas. Berikut langkah-langkah berbelanja di Tiktok Shop lewat siaran langsung :

  • Silahkan buka live streaming atau siaran langsung dari akun toko yang Kamu cari.
  • Tonton dulu tayangan tersebut sampai selesai. Karena biasanya, produk atau barang yang dijual ketika siaran langsung akan ditampilkan di bawah layar hpmu. Jika tertarik memboyong produk tersebut, langsung saja membelinya.
  • Klik tombol ‘buy’ di bawah ayar hp, saat produk yang diinginkan muncul. Kamu tinggal pilih opsi ‘buy now’.
  • Langkah selanjutnya, Kamu langsung diarahkan menuju laman lain dan isikan detail transaksi. Dari sini, tinggal isi saja alamat lengkap, warna, jumlah item barang yang diinginkan, catatan (bila perlu), dan pilih satu diantara metode pembayaran di Tiktok.
  • Selesaikan pembayaran pesanan menyesuaikan metode pembayaran yang Kamu pilih. Seperti halnya berbelanja melalui unggahan produk, di sini Kamu juga dapat melacak status produk yang Kamu beli di dalam opsi ‘Setting and Privacy’ kemudian tekan orders.

Nah, sangat mudah dan praktis kan berbelanja di Tiktok Shop? Tentu saja, kemudahan dan kepraktisan akan semakin terasa jika akses internetmu lancar.

Gimana Sih Daftar Jadi Seller di Tiktok Shop?

Sebagai bonus tambahan, bagi Kamu yang tertarik menjadi seller dan ingin mencoba peruntungan dengan berjualan di Tiktok Shop. Ini dia cara registrasi menjadi seller di aplikasi Tiktok :

  • Silahkan buka Tiktok melalui situs web resminya di alamat seller-id.tiktok.com.
  • Jika sudah, sign up akun Tiktok, apabila Kamu belum mempunyai akun resminya. Masukkan saja nomor hp atau akun email.
  • Setelah itu, Kamu akan ditampilkan laman otorisasi, silahkan baca dengan teliti. Jika Kamus udah menyetujui ketentuan dan syarat yang ditetapkan Tiktok, langsung ‘Otorisasikan’.
  • Selanjutnya verifikasi melalui email. Jika sudah, Kamu akan menerima kode, dan salin kodenya untuk verifikasi email.
  • Sesudah pembuatan akun Tiktok berhasil, Kamu tinggal mempelajari kembali akun Tiktokmu.
  • Silahkan lakukan pengaturan, misalnya editing profil, tambahkan produk jualan atau lainnya.
  • Setelah selesai, Kamu bisa berjualan secara onine melalui fitur ini.

Melalui pembahasan cara belanja di Tiktok Shop dan cara mendaftar jadi seller di atas, tinggal tentukan apakah ingin menjadi pembeli di Tiktok, penjual, atau justru keduanya? Karena semuanya bisa Kamu lakukan di aplikasi video singkat ini!

 

 

 

Related posts