Cara Cek Garansi Xiaomi

Perjalanan Xiaomi sebagai salah satu brand gadget dari China nampaknya terus melenggang tanpa hambatan di tanah air. Terbukti dengan banyaknya peminat produk hp Xiaomi dari masyarakat Indonesia. Meskipun terkenal sebagai hp murah, tapi spek yang ditanamkan pada hp Xiaomi patut diacungi jempol. Meskipun demikian, ada saja oknum-oknum nakal yang menjual hp rekondisi, BM (Black Market) dan KW. Bahkan tak sedikit pula orang yang terjebak membeli produk-produk tersebut. Oleh sebab itu, Kamu wajib berhati-hati dan pastikan mengetahui cara cek garansi Xiaomi.

Pentingnya mengecek garansi Xiaomi sendiri, selain kita bisa mendapatkan ponsel legal yang diakui di negara Indonesia, juga akan diberi kemudahan saat klaim garansi hp. Inilah pentingnya informasi cara cek garansi Xiaomi terutama bagi masyarakat awam yang belum tahu apa-apa.

Read More

Tentang Garansi Resmi

Perangkat Xiaomi di Indonesia yang bergaransi resmi adalah yang telah disematkan stiker bertuliskan TAM di dalam box kardusnya. Kamu perlu tahu bahwa TAM ialah kependekan PT. Telemata Artha Mandiri, sebagai distributor resmi Xiaomi Indonesia.

Keunggulan yang didapatkan jika Kamu membeli hp bergaransi resmi ialah akan mendapatkan layanan after sales service atau purna jual. Bahkan peluncuran Redmi Not 7, diakui oleh Steven Shi, selaku Head of Xiaomi South Pacific Region and Country Manager Xiaomi Indonesia, garansi resminya menjadi 18 bulan.

Terkait:  Cara Cek Nomor Smartfren

Padahal sebelumnya hanya berlangsung 12 bulan, tapi mengingat pihak Xiaomi sendiri meyakini kualitas produknya, maka waktu garansinya pun ditambah lagi hingga 18 bulan. Di samping itu, perangkat Xiaomi dengan gaaransi resmi biasanya akan memperoleh kemudahan pelayanan dari Mi Service Center di seluruh Indonesia. Ini artinya, jika masa garansinya masih berlaku, maka pengguna tak perlu khawatir mengenai biaya servisnya.

Cara Cek Garansi Xiaomi

Cara Cek Garansi Xiaomi
Panduan Mengecek Garansi Xiaomi

Panduan Mengecek Garansi Xiaomi

Apabila Kamu membeli hp Xiaomi, sebaiknya lakukan pengecekan status IMEI di hp Xiaomi terlebih dulu sebelum fix membelinya, jika hp tersebut ialah hp bekas. Hal ini bahkan telah ditegaskan pemerintah, dengan menganjurkan pembelian hp secara legal yang sudh terdaftar IMEI. Berikut ini, cara cek garansi Xiaomi yang perlu Kamu ketahui :

1. Melalui Opsi Pengaturan Xiaomi

Cara cek garansi Xiaomi paling mudah ialah melalui pengaturan dengan mengecek kode IMEI-nya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Kamu lakukan :

  • Silahkan buka opsi pengaturan di hp, buka pengaturan hp di menu ‘Pengaturan’ pada hp Xiaomi. Selanjutnya cari opsi ‘Tentang Ponsel’ dan pilih opsi tersebut.
  • Informasi terkait ponsel Xiaomi tersebut pun akan muncul. Jika sudah, pilih ‘Status’. Langkah berikutnya, akan ada beberapa informasi hp, klik ‘Informasi IMEI’. Setelah itu, Kamu dapat mengecek IMEI di hp Xiaomi milikmu.

2. Cek Kemasan Produk

Menurut laman resmi dari Xiaomi, cara cek garansi Xiaomi juga dapat dilakukan dengan mengeceknya lewat kemasan produk. Dalam kemasan tersebut biasanya Kamu akan mendapatkan nomor IMEI dari perangkat Xiaomi yang dicek.

Di samping itu, Kamu bisa mengecek ulang kode IMEI lewat situs web resmi dari Xiaomi jika ingin mengetahui informasi lebih detail tentang hp tersebut. Silahkan akses situs web resmi hp Xiaomi dengan mengecek garansi di ponselmu, lewat https://www.mi.com/global/verify/#/en/tab/imei.

3. Melalui Panggilan Kode *#06#

Tak hanya kedua cara cek garansi Xiaomi di atas, pengecekan garansi hp Xiaomi juga dapat dilakukan lewat panggilan kode *#06# pada menu panggilan. Ini dia caranya :

  • Langkahnya cukup mudah, tinggal tekan saja *#06# pada tombol panggilan. Selanjutnya, Kamu bisa langsung menekan opsi ‘Telepon’ atau ‘Call’.
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan informasi tentang IMEI pada layar hp. Jika Kamu memakai Xiaomi dengan layanan dual XIM Card, akan muncul 2 nomor IMEI yang berbeda, yakni IMEI kartu SIM yang kedua dan yang pertama.
Terkait:  Cara Cek HP Disadap

Apabila nomor IMEI di hp Xiaomi tersebut belum terdaftar di Kemenparin, Kamu dapat menghubungi layanan hotline Xiaomi Indonesia di nomor 0800-140-1558. Selain itu, bisa juga dengan mengirimkan email di alamat [email protected], caranya persiapkan data jenis hp, nomir IMEI 2 dan IMEI 1.

4. Melalui Web Mi Registration

Brand Xiaomi sendiri sudah memiliki situs web khusus yang dapat Kamu pakai untuk melakukan pengecekan garansi. Dimana alamat web tersebut di http://buy.mi.com/id/registration. Ketika Kamu mengakses web ini, maka Kamu akan langsung melihat pada kolom IMEI. Dari sana, Kamu dapat menginputkan nomor IMEI. Masukkan nomor IMEI dan selanjutnya akan muncul pilihan nama distributor pemberi garansi. Jika yang muncul adalah Erajaya, ini artinya hp tersebutt resmi. Akan tetapi, jika tulisannya adalah tulisan China, berarti hp Xiaomi tersebut ilegal.

Ketentuan Garansi Resmi Xiaomi

Setelah mengetahui cara cek garansi Xiaomi di atas, tentu saja Kamu harus mengetahui ketentuan garansi hp Xiaomi. Berikut penjelasannya :

1. Berlaku Hanya Untuk Produk Xiaomi Legal

Garansi resmi hanya berlaku bagi perangkat Xiaomi resmi saja. Dimana piha Xiaomi akan langsung memberikan penggantian atau perbaikan produk gratis. Asalkan masa garansinya masih berlaku serta sesuai kebijakan perusahaan.

2. Produk yang Diberikan Garansi

Pada ponsel Xiaomi, biasanya produk yang mendapatkan garansi ialah baterai bawaan dan perangkat keras dalam jangka waktu 15 bulan, produk Xiaomi Redmi Note hingga 18 bulan, charger beserta aksesoris bawaan hingga 6 bulan. Untuk klaim, biasanya diperlukan dokumen kartu garansi, nomor seri, IMEI, atau dokumen bukti pembelian hp.

3. Garansi Dimulai dari H+1 Produk Diterima

Garansi Xiaomi yang diberikand imulai dari hari pertama Kamu membeli atau menerima produk hp. Selama berlakunya masa garansi, biasanya tiap kerusakan hp yang terdaftar dalam list kerusakan tablet atau hp, harus diperbaiki pihak Xiaomi secara gratis.

Terkait:  Cara Cek Ongkir JNE

4. Ruang Lingkup Garansi

Adapun ruang lingkup dari garansi sendiri ialah suku cadang dan ongkos kerja. Dokumen penunjang garansi yang dibutuhkan ialah nomor pembelian atau pesanan. Biasanya garansi akan dimulai ketika pelanggan mendapatkan produk pertama kali. Saat berlangsungnya masa garansi, jika terjadi kerusakan aksesoris yang telah diperiksa serta dikonfirmasi pusat Service Center Xiaomi, biasanya akan mendapatkan perbaikan atau penggantian gratis.

5. Daftar Kerusakan Dengan Garansi

Ada beberapa daftar kerusakan hp Xioami yang akan mendapatkan garansi dari pihak Xiaomi, diantaranya sebagai berikut :

  • Kerusakan layar, misalnya tampilan menjadi tidak muncul atau tidak adanya tampilan.
  • Tablet atau hp yang Kamu beli tidak menyala.
  • Perangkat hp tidak berdering atau bergetar.
  • Hp atau tablet tak dapat dipakai untuk mencatat atau membuat panggilan.
  • Koneksi buruk saat memakai kartu SIM.
  • Hp Mati dalam keadaan tidak normal.
  • Tombol rusak.
  • Retak akibat struktur material atau faktor material.
  • Suara tidak muncul.

Kamu juga harus mengecek kerusakan hp Xiaomi sebelumnya dengan cara cek kerusakan hp Xiaomi.

6. Kerusakan Lainnya

Selain kerusakan terkait sistem perangkat hp di atas, ada beberapa kerusakan lain yang dapat diklaim garansinya oleh pihak Xiaomi. Berikut ini :

  • Baterai tidak dapat diisi
  • Charger tidak berfungsi sebagaimana mestinya
  • Kabel data tidak berfungsi

Nah, jika Kamu ingin menghubungi layanan service center Xiaomi, maka Kamu dapat mengeceknya lewat https://www.mi.co.id/service/repair/. Kamu juga dapat menghubungi nomor Call Center Xiaomi, di 0800-1-401558.

Bagaimana, informasi cara cek garansi Xiaomi dan ketentuan garansi Xiaomi di atas sudah jelas, kan? Kini Kamu bisa leluasa membeli ponsel Xiaomi, karena sudah bisa mengecek garansi resmi lewat panduan cara di atas. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts