Cara Check In Pesawat Terlengkap dengan 4 Metode

Cara Check In Pesawat
Cara Check In Pesawat

Baru pertama kali naik pesawat? Jika ya, kamu mungkin akan kebingungan saat mau check in pesawat. Jangan khawatir, di artikel ini kita akan bahas gimana cara check in pesawat dengan mudah!

Bepergian ke luar kota atau luar negeri, memang menawarkan pilihan transportasi udara seperti pesawat yang lebih praktis dan cepat. Dengan menggunakan pesawat, perjalananmu ke tempat tujuan tidak membutuhkan waktu lama, bahkan hanya dalam hitungan jam saja kamu bisa tiba di luar negeri.

Read More

Sayangnya, tidak semua orang langsung paham dengan cara check in pesawat pertama kali. Inilah yang buat kamu harus mencari informasi tentang chec in pesawat. Tapi tunggu dulu, sudahkah kamu memesan akomodasi di tempat tujuan? Jika belum, untuk yang pergi ke luar kota kamu bisa coba cara check in RedDoorz!

Kelengkapan Dokumen Untuk Proses Check-in Pesawat

Sebelum masuk ke cara check-in pesawat, kamu harus memperhatikan beberapa dokumen penting yang wajib kamu persiapkan. Sebab biasanya dokumen-dokumen tersebut akan dipakai ketika melakukan check-in di bandara sebelum naik pesawat.

Saat check-in, petugas maskapai penerbangan akan memeriksa dan memverifikasi dokumen kamu untuk memastikan bahwa kamu sudah memenuhi persyaratan perjalanan menggunakan pesawat. Berikut penjelasannya :

1. Paspor

Petugas check-in akan memeriksa paspor kamu untuk memastikan bahwa paspor tersebut masih berlaku dan tidak melewati batas masa berlaku yang diharuskan oleh negara tujuan. Petugas pun akan memeriksa identitas kau untuk memastikan bahwa paspor tersebut benar-benar milik.

2. Visa

Jika kamu memerlukan visa untuk tujuan perjalanan, maka petugas check-in akan memeriksa visa kamu untuk memastikan bahwa visa yang digunakan masih berlaku.

Selanjutnya petugas akan memverifikasi bahwa jenis visa yang kamu gunakan sesuai dengan jenis perjalanan yang kamu lakukan.

3. Tiket pesawat

Kamu harus menunjukkan tiket pesawat yang sah Ketika check-in. Petugas check-in memeriksa tiket kamu untuk memastikan bahwa tiket tersebut masih berlaku sesuai dengan penerbangan yang kamu tuju.

4. Dokumen tambahan

Jika ada persyaratan dokumen tambahan, maka petugas check-in akan memeriksanya untuk memastikan bahwa kamu sudah memiliki izin untuk melakukan perjalanan.

Itulah beberapa dokumen penting yang harus kamu miliki Ketika hendak melakukan check-in di setiap maskapai yang kamu gunakan.

Cara Check In Pesawat

Cara Check In Pesawat
Cara Check In Pesawat

Gimana, sudah paham dengan dokumen apa saja yang harus kamu persiapkan buat check in? Jika sudah, ikuti tahapan-tahapan cara check in pesawat di bawah ini :

1. Check-in di Bandara

Untuk metode pertama, kamu bisa check in langsung di bandara sebelum keberangkatan. Silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Datanglah ke bandara tepat waktu, yang wajib kamu perhatikan adalah waktu keberangkatan. Dari sini, pastikan kamu menyesuaikan petunjuk waktu check-in yang telah ditentukan oleh maskapai penerbangan.
  • Selanjutnya, cari konter check-in maskapai penerbangan kamu yang berada di terminal bandara.
  • Setelah tiba, silakan melakukan antri di konter check-in. Jangan lupa buat mempersiapkan dokumen identitas diri, tiket pesawat, dan juga paspor.
  • Ketika giliran kamu tiba, berikanlah semua dokumen yang diminta sesuai intruksi petugas untuk proses check-in.
  • Nantinya petugas akan memeriksa dokumen kamu secara rinci, selanjutnya petugas akan mendaftarkan kamu sebagai penumpang dari maskapai tersebut lalu mencetak boarding pass.
  • Terimalah boarding pass kamu, selanjutnya harap pastikan untuk menyimpannya dengan aman, karena boarding pass akan membutuhkannya pada saat boarding.
  • Jika kamu memiliki bagasi yang akan disimpan di bawah pesawat, maka petugas akan menandai bagasi kamu dan akan memberikan tanda terima.

2. Check In Pesawat Online melalui Situs Web Maskapai

Cara check in pesawat yang kedua adalah dengan cara online lewat situs web maskapai penerbangan tertentu. Ini adalah cara termudah yang bisa kamu lakukan, sebab kamu hanya perlu mengunjungi website resmi dari maskapai penerbangan saja. Begini tahapannya :

  • Buka situs web maskapai penerbangan yang kamu gunakan untuk penerbangan.
  • Pada browser, silakan cari opsi “Check-in” atau “Online Check-in” yang berada di situs web maskapai penerbangan.
  • Klik opsi tersebut kemudian ikuti petunjuk yang diberikan.
  • Biasanya, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor penerbangan, kode pemesanan, atau nomor tiket. Isilah kolom-kolom yang wajib untuk diisi.
  • Setelah mengisi informasi yang diperlukan, lanjutkanlah ke Langkah berikutnya.
  • Verifikasi informasi penumpang mulai dari nama sesuai dengan identitas, tanggal keberangkatan, dan juga nomor paspor bila diperlukan.
  • Sekarang pilihlah kursi tempat kamu duduk atau tentukan preferensi tempat duduk kamu sesuai dengan ketersediaan kursi kosong di dalam pesawat.
  • Setelah menyelesaikan proses check-in secara online, kamu dapat mencetak boarding pass atau menyimpannya dalam bentuk digital di perangkat Hp kamu.
  • Jika kebetulan kamu memiliki bagasi yang harus disimpan di bawah pesawat. Sebaiknya pastikan untuk membaca petunjuk maskapai penerbangan, terkait penyerahan bagasi di bandara berikut ketentuannya.

3. Check In Pesawat lewat Aplikasi Maskapai Penerbangan

Metode ketiga yaitu check-in melalui aplikasi maskapai penerbangan di perangkat hp, sebab biasanya setiap maskapai punya aplikasi tersendiri. Berikut langkah-langkahnya:

  • Unduh dan instal aplikasi maskapai penerbangan yang kamu pilih, baik di Google Play Store maupun App Store.
  • Buka aplikasi tersebut lalu temukan opsi “Check-in” atau “Online Check-in”.
  • Sekarang tap opsi tersebut kemudian ikuti petunjuk yang diberikan yang muncul pada layar, mulai dari memasukkan nomor penerbangan, kode pemesanan, atau nomor tiket kamu.
  • Selanjutnya verifikasi informasi penumpang lainnya kemudian pilih kursi yang tersedia yang masih kosong untuk duduk kamu di pesawat maskapai penerbangan yang kamu pilih.
  • Setelah menyelesaikan proses check-in melalui aplikasi maskapai penerbangan tersebut, kamu dapat menyimpan boarding pass dalam bentuk digital di perangkat Hp kamu.
  • Jika kamu memiliki bagasi, maka bagasi milikmu wajib disimpan di bawah pesawat, bukan dibawa di dekat kursi penumpang. Oleh karena itu agar pastikan membaca petunjuk maskapai penerbangan mengenai Langkah-langkah penyimpanan dan penyerahan bagasi di bandara.

4. Check-in Pesawat Mandiri Menggunakan Mesin Check-in di Bandara

Kamu juga bisa mencoba cara check in pesawat dengan mesin check-in yang tersedia di setiap bandara. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kamu harus cari mesin check-in mandiri terlebih dahulu di terminal bandara. Biasanya mesin ini terdapat di lokasi strategis terutama di dekat dengan area keberangkatan.
  • Ikutilah petunjuk pada layar mesin kemudian pilih opsi “Check-in” atau “Self Check-in”.
  • Selanjutnya harap masukkan nomor penerbangan, kode pemesanan, atau nomor tiket kamu pada layar mesin.
  • Verifikasi informasi penumpang kemudian pilih kursi yang tersedia yang belum di booking oleh penumpang lain.
  • Jika kamu memiliki bagasi yang akan disimpan, maka wajib untuk mengikuti petunjuk pada layar mesin untuk menyerahkan bagasi dan mendapatkan tanda terima dari petugas.
  • Setelah menyelesaikan proses check-in secara mandiri, selanjutnya mesin akan mencetak boarding pass kamu. Selain itu, kamu juga dapat menyimpannya dalam bentuk digital di perangkat Hp agar bisa diakses dengan mudah.

Sebetulnya, mudah sekali kan cara check in pesawat? Dengan salah satu metode di atas, tentu saja bisa lebih menghemat waktu proses check in sebelum keberangkatan. Jadi pastikan kamu mengecek semua persiapan dan syarat-syarat maskapai penerbangan yang kamu pilih, demi memastikan tetap mengikuti prosedur yang tepat.

Related posts