Cara Dark Mode Chrome

Cara Dark Mode Chrome

Fitur dark mode atau mode gelap memang sudah familiar karena seringkali digunakan untuk menghemat penggunaan daya baterai dan menyehatkan mata. Google Dark Mode termasuk fitur pada tampilan desktop pencarian Google yang berarti keseluruhan tampilan interface menjadi berwarna gelap. Seperti tampilan homepage, halaman pada hasil pencarian dan berbagai macam fungsi pada menu pengaturan. Lalu, bagaimana cara dark mode Chrome?

Kamu harus tahu bahwa dark mode tak selalu tersedia di seluruh pengguna Google, jadi Kamu wajib memastikan dulu jika perangkat PC milikmu telah mendukungnya.

Read More

Mengenal Google Dark Mode

Fitur Dark Mode merupakan fitur terbaru yang diluncurkan oleh Google yang bisa Kamu nikmati di Google Chrome. Dimana fitur tersebut mulai diperkenalkan resmi sejak tahun 2020 bagi pengguna iOS maupun android. Menariknya lagi, pengguna PC atau laptop pun kini sudah dapat merasakan fitur mode gelap dari Google ini. Selain cara dark mode Chrome, Kamu juga bisa melakukannya di browser lain seperti Internet Explorer, Chrome atau Mozilla.

Dalam mode ini, umumnya hanya terjadi perubahan pada warna dasar menjadi warna gelap dari yang awalnya berwarna cerah. Dengan kata lain semua tools mempunyai fungsi yang sama layaknya dalam mode normal.

Sebenarnya perubahan tampilan antarmuka dengan tampilan mode gelap sendiri cukup meneduhkan mata. Oleh karena itu, aktivitas berselancar di PC lebih menyenangkan, apalagi saat malam hari di ruangan yang gelap.

Apa Saja Sih Kelebihan Memakai Dark Mode di Google Chrome?

Sebenarnya dengan mengaktifkan dark mode pada browser Google Chrome yang Kamu gunakan, ada beberapa kelebihan yang bisa Kamu dapatkan berikut ini :

1. Mata Lebih Nyaman Memandang Layar PC

Mode gelap atau dark mode dianggap memberikan kenyamanan yang berlebih saat memandang layar PC, serta tidak membuat mata gampang sakit. Kemungkinan besar hal tersebut disebabkan oleh pancaran cahaya dari layar yang lebih sedikit saat mengaktifkan mode gelap, ketimbang layar dalam kondisi mode normal.

2. Konsumsi Baterai Lebih Irit

Kelebihan memakai mode gelap pada PC yang paling utama yaitu membuat konsumsi daya baterai lebih irit. Sebab, mode gelap pada layar dapat mengurangi energi yang diperlukan saat menampilkan layar. Dark mode dapat memudahkan aktivitas pekerjaan saat malam hari melalui sistem penerangan minimal. Karena sinar LED yang dipancarkan lebih sedikit daripada saat memakai mode standar.

3. Membuat Tampilan Lebih Menarik

Dark mode yang diaktifkan pada browser Chrome juga memberikan tampilan lebih menarik. Melalui latar berwarna hitam, menjadikan tampilan dark mode mempunyai daya tarik tersendiri.

4. Tak Akan Menggangu Siklus Tidur

Dengan mengaktifkan mode gelap, ternyata dampak positifnya memungkinkan siklus tidur tetap normal. Sebab fitur ini bisa meminimalisir cahaya biru dari perangkat, sebagai penyebab insomnia pada seseorang.

Cara Dark Mode Chrome

Cara Dark Mode Chrome
Cara Mengaktifkan Dark Mode Chrome

Tutorial Mengaktifkan Dark Mode Chrome

Kamu bisa mengaktifkan dark mode pada Google Chrome dengan mencoba cara dark mode Chrome baik di PC maupun di android berikut ini :

1. Mengaktifkan Dark Mode Chrome di PC

Kamu bisa mencoba cara dark mode Chrome di PC dengan mudah. Metode ini dapat dilakukan baik di Windows 7, 8 maupun 10 dengan langkah-langkah berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka Google Chrome browser di perangkat laptop/PC lebih dulu.
  • Jika sudah, kunjungi Chrome Web Store dan download ekstensi fitur Dark Mode.
  • Silahkan kunjungi Chrome Web Store melalui link ini.
  • Setelah itu, cari kemudian unduh ekstensi yang menyedikan fitur Dark Mode. Kamu bisa memakai ekstensi Dark Reader.
  • Apabila pilihan ekstensi tersebut tidak ada di halaman utama, silahkan cari di kolom pencarian dengan cara menuliskan nama tema.
  • Jika sudah menemukan ekstensi, tekan tombol bertuliskan ‘Tambahkan ke Google Chrome’.
  • Setelah itu, Google Chrome langsung menampilkan popup notification demi memastikan Kamu tertarik memasang ekstensi di Chrome.
  • Dalam tahapan ini, silahkan pilih ‘add extension’.
  • Jika sudah, Dark Reader ekstensi pun telah sukses terpasang pada Chrome milikmu. Tapi jika Kamu belum melihat perubahan, silahkan refresh terlebih dahulu.
  • Setelah berhasil, biasanya tampilan Google akan terlihat berwarna gelap.

2. Mengaktifkan Dark Mode Chrome di Android

Setelah mengetahui cara dark mode Chrome di PC, Kamu juga harus mengetahui cara mengatifkan fitur mode gelap di android dengan langkah-langkah berikut :

  • Langkah pertama, silahkan masuk ke Google Chrome lewat perangkat androidmu.
  • Setelah itu, Kamu akan masuk ke daam menu pengaturan opsi Chrome Flags, caranya dengan mengetikkan lnk chrome://flags tepat di kotak URL Google.
  • Selanjutnya, tinggal ketikkan keywordDark Mode’ di pencarian, maka Kamu akan ditampilkan beberapa opsi pengaturan dengan keyworddark mode’ di bawahnya.
  • Lalu aktifkan pengaturan ‘Android Chrome UI Dark Mode’, kemudian pilih ‘Relaunch Now’ pada pojok kanan bagian bawah.
  • Jika sudah, Kamu akan langsung keluar dari Google Chrome dan buka lagi aplikasi Google Chrome.
  • Selanjutnya, jika Kamu sudah kembali masuk ke Google Chrome, Kamu bisa memasuki menu ‘settings Chrome’.
  • Di dalam menu themes, silahkan aktifkan ‘Dark’. Selamat, kini mode gelap pada tamplan Chrome milikmu sudah aktif!

Mengaktifkan Dark Mode di Platform Lain

Tak hanya di Google Chrome saja, fitur mode gelap juga dapat Kamu aplikasikan pada beberapa platform berikut :

1. Google Play Store

Google pun turut meluncurkan opsi dark mode untuk Play Store. Aplikasi utama dari Google ini terlihat memakai tone gelap keabu-abuan alias dark AMOLED. Kamu dapat mengaktifkan dark mode tersebut dengan catatan perangkat smartphone-mu telah mengusung OS Android 10.

2. Gmail

Aplikasi Gmail juga kini telah mempunyai tampilan fitur dark mode. Kamu dapat mengaktifkan mode ini dengan mengupdate Gmail ke dalam versi tetrbaru lebih dulu.Tapi sebelumnya, Kamu harus memastikan perangkat smartphone-mu telah berjalan dalam sistem OS android 10. Berikut mengaktifkan mode gelap di Gmail :

  • Pertama, silahkan buka Gmail terlebih dahulu, kemudiaan klik ikon hamburger tepat di samping kiri atas.
  • Klik Tema.
  • Silahkan arahkan toggle dark.

3. Youtube

Platform streaming video, Youtube memanag sudah tak asing lagi terutama bagi Kamu yang gemar streaming video. Menariknya lagi, kini Kamu bisa menikmati fitur dark mode di Youtube untuk membuat tampilan layar lebih nyaman.

Mode gelap padaplatform Youtube dapat diaktifkan dengan cara mengupdate aplikasi Youtube versi terbaru. Kemudian pilih pengaturan di Youtube, pilih profil dan pilih dark mode, nyalakan ke toggle on.

Mode gelap tak hanya diusung oleh perangkat android dan Google saja, tetapi juga bagi pengguna Mac OS dan iOS. Meskipun pemakaian ditur dark mode ini menawarkan banyak manfaat untuk pengguna PC atau gadget, tapi bukan berarti Kamu bisa memakainya setiap waktu.

Misalnya saja di siang hari, ketika kondisi pencahayaan sedang terang, maka sebaiknya jangan mengaktifkan dark mode. Sebab konten atau tampilan layar justru tidak mudah terbaca. Jadi aktifkan fitur dark mode dengan cara dark mode Chrome di atas di waktu yang tepat, seperti saat malam hari.

 

Related posts