Cara Menghidupkan HP Samsung Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan HP Samsung Tanpa Tombol Power
Cara Menghidupkan HP Samsung Tanpa Tombol Power

Bagaimana cara menghidupkan HP Samsung tanpa tombol power ?. Metode yang satu ini mungkin banyak dicari oleh pengguna smartphone Samsung yang sedang mengalami kerusakan pada bagian tombol power mereka dan handphone dalam keadaan off.

Sebenarnya saat tombol power rusak, kemungkinan kamu bisa menyalakan handphone Samsung sendiri cukup kecil. Karena seperti yang kita tahu jika fungsi dari tombol power sendiri sangat penting bagi smartphone, supaya bisa menghidupkan ataupun mematikan handphone.

Read More

Ada banyak faktor yang bisamenyebabkan tombol power handphone Samsung menjadi rusak, seperti karet tombol power yang sudah aus, ataupun karena handphone pernah terjatuh.

Oleh sebab itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara menghidupkan HP Samsung tanpa tombol power, simak langkah-langkah yang akan dibahas pada artikel ini.

Cara Menghidupkan HP Samsung Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan HP Samsung Tanpa Tombol Power
Cara Menghidupkan HP Samsung Tanpa Tombol Power

Jika handphone kamu dalam keadaan mati dan kamu ingin menghidupkannya, akan tetapi tombol power HP Samsung milikmu rusak. Tentu akan menjadi permasalahan sebab tanpa tombol power, kecil kemungkinan handphone kamu bisa hidup.

Namun jangan khawatir karena ada beberapa metode menghidupkan handphone samsung tanpa menggunakan tombol power yang bisa kamu coba. Simak metode-metode yang akan dibahas berikut ini.

1. Dengan Restart ke Menu Boot

Metode pertama yang dapat kamu coba jika ingin menghidupkan smartphone Samsung tanpa harus memakai tombol power adalah dengan cara restart ke menu boot.

Akan tetapi yang perlu kamu ketahui jika metode ini hanya bisa kamu gunakan apabila tipe HP Samsung yang kamu gunakan yang memiliki tombol Home tersendiri, jadi selain tipe handphone ini maka tidak bisa mengikuti cara pertama ini. Simak penjelasan berikut ini :

  • Langkah pertama adalah tekan tombol Home + Volume Up + Volume Down secara bersamaan, tekan selama beberapa saat.
  • Setelah itu kamu akan dialihkan ke halaman menu Recovery.
  • Lalu langkah selanjutnya adalah pilih opsi Reboot System Now.
  • Untuk melakukannya kamu bisa menggunakan tombol Volume Up dan Volume Down untuk scroll dan tombol Home untuk klik OK.
  • Jika sudah memilih Reboot System Now maka tunggu hingga handphone Samsung kamu hidup kembali.
  • Selesai, kamu berhasil menghidupkan handphone tanpa harus menggunakan tombol power.

Itu dia metode pertama untuk menyalakan handphone Samsung tanpa harus menggunakan tombol power. Langkah-langkah tersebut hanya bisa diterapkan apabila HP Samsung yang kamu miliki memiliki tombol power. Jika tidak ada kamu bisa mencoba cara lain.

2. Menggunakan Android Debug Bridge

Selanjutnya ada juga metode ke dua yang dapat kamu pilih untuk menyalakan handphone Samsung milikmu apabila tombol powernya rusak. Namun cara kedua ini kamu memerlukan bantuan dari perangkat komputer ataupun laptop.

Metode ini adalah dengan menggunakan Android Debug Bridge. Untuk kamu yang belum mengenal apa itu Android Debug Bridge, ADB ini adalah alat yang diciptakan oleh pengembang Andriud supaya mempermudah pengelolaan perangkab Android. Untuk mendapatkannya kamu bisamengunduhnya di website resminya.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyelakan handphone Samsung menggunakan Android Debug Bridge (ADB). Simak :

  • Pertama-tama download dan install Android Debug Bridge di website resminya.
  • Setelah selesai mengunduh dan install maka langkah selanjutnya adalah buka Command Promt.
  • Kemudian samsungkan handphone ke perangkat komputer ataupun laptop.
  • Kamu bisa menggunakan kabel USB untuk menghubungkan HP ke komputer.
  • Lalu idupkan sistem menggunakan perintah ADلا, Setelah itu ketik adb devices di Command Promt. Catat ID handphone kamu.
  • Setelah itu ketik lagi adb -s (ID handphone) reboot.
  • Jika sudah klik Enter dan handphone akan secara otomatis melakukan restart.
  • Selesai. Handphone kamu sudah berhasil dinyalakan.

Itulah cara yang juga bisa kamu pilih untuk menghidupkan handphone Samsung, jika kamu memiliki komputer atau laptop ikuti metode kedua ini.

 3. Dengan Double Tab Screen

Apabila handphone Samsung milikmu masih dalam keadaan menyala, dan kamu hanya ingin menghidupkan layar.

Maka kamu bisa menggunakan aplikasi double tab, dengan aplikasi ini kamu tetap bisa menghidupkan layar hp tanpa harus menggunakan tombol  power.

4. Menggunakan Sensor Biometrik

Jika kamu ingin menghidupkan handphone dari off ke layar hidup, selain menggunakan metode ke 3. Kamu juga dapat memanfaatkan sensor biometrik, seperti finger print.

Untuk HP Samsung keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur sensor biometrik, seperti sensor wajah ataupun finger print. Manfaatkan sensor ini untuk menghidupkan handphone Samsung milikmu.

5. Menggunakan Charger

Jika kamu merasa tombol power HP kamu tidak bermasalah, akan tetapi HP tidak menyala. Maka kemungkinan handphone mati karena kehabisan baterai.

Untuk menghidupkannya kamu bisa menggunakan charger untuk menghidupkannya.

Caranya adalah dengan sambungkan handphone ke charger dan tunggu beberapa saat sampai muncul indikator pengisian baterai.

Dengan demikian maka handphone kamu akan secara otomatis hidup tanpa kamu harus menekan tombol power. Cukup mudah bukan ?.

6. Melepas dan Memasang Kembali Baterai

Selain kelima cara yang telah dibahas sebelumnya. Ada juga metode mudah untuk menghidupkan HP Samsung yang mati tanpa tombol power.

Yaitu dengan cara melepas dan memasang kembali baterai ponsel. Penyanyi topi ini handphone Samsung kamu akan secara otomatis itu ketika baterai kembali dipasang.

Akan tetapi metode ini hanya bisa dilakukan pada smartphone Samsung yang masih menggunakan baterai biasa bukan baterai tanam. Jika saat ini handphone Samsung yang kamu gunakan sudah menggunakan baterai tanam maka metode ini tidak bisa kamu coba.

Supaya bisa menghidupkan smartphone Samsung tanpa harus menggunakan tombol power kamu bisa mencoba cara yang menurut kamu sesuai dengan tipe HP Samsung yang kamu gunakan sekarang ini.

7. Dengan Menggunakan SIM Card Ejector

Ada juga langkah-langkah lain untuk menyalakan smartphone Samsung tanpa kamu harus menekan tombol power yaitu dengan menggunakan SIM card ejector.

Biasanya untuk smartphone keluaran sekarang ini ketika pengguna ingin melepaskan kartu SIM ataupun kartu SD dari HP kamu perlu menggunakan SIM card ejector yang didapatkan saat membeli HP baru.

Dan untuk smartphone Android biasanya saat kamu melepaskan kartu SIM dari HP dengan menggunakan SIM card ejector HP akan secara otomatis menyala. Oleh karena itu tidak ada salahnya mencoba menghidupkan HP menggunakan SIM card ejector.

8. Dengan Menekan Bagian Dalam Tombol Power Menggunakan Benda Lain

Solusi lain jika handphone kamu masih belum bisa menyala setelah kamu mencoba berbagai metode yang telah dijelaskan disebabkan karena tombol power Handphone kamu rusak dan handphone Samsung milikmu dalam keadaan mati total.

Maka kamu bisa mengikuti metode ke-8 ini yaitu dengan cara menekan bagian tombol power menggunakan benda lain seperti tusuk gigi ataupun SIM card ejector.

Biasanya ketika tombol power rusak Maka tidak bisa di tekan sama sekali, Oleh karena itu kamu bisa mencoba menekannya menggunakan bantuan benda lain. Akan tetapi apabila tombol power handphone Samsung milikmu benar-benar sudah rusak sebaiknya segera bawa ke tempat service HP. supaya dapat segera dibenarkan.

Demikianlah cara menghidupkan HP Samsung tanpa tombol Power yang bisa kamu coba lakukan pada handphone milikmu. Selamat mencoba.

Related posts