Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power
Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power

Cara menyalakan HP tanpa tombol power menjadi salah satu solusi terbaik jika kamu menemukan tombol power pada HPmu dalam keadaan yang rusak dan tidak bisa digunakan semestinya. Kamu jangan khawatir sebab terdapat beberapa metode mudah ketika kamu ingin melakukannya. Jika kamu penasaran bagaimana cara melakukannya, maka bisa langsung menyimak penjelasan pada artikel kali ini.

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power
Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power

Ketika kamu menemukan kerusakan pada tombol power, maka jangan khawatir ketika HP kamu mati dan ingin menyalakannya. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa metode yang dapat kamu gunakan untuk menghidupkannya. Bahkan metode-metode tersebut tergolong sangat mudah dan tidak ribet. Berikut penjelasan terkait beberapa metode yang dapat kamu pilih sebagai solusi terbaikmu.

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power Melalui Ejector SIM Card

Metode pertama yang dapat kamu gunakan untuk menyalakan HPmu jika kamu mengalami kondisi power rusak adalah dengan menghidupkannnya melalui Ejector SIM card. Biasanya , tray SIM card ini merupakan sebuah wadah untuk SIM Cardmu sehingga akan membuat Hp menyala atau aktif ketika kamu mengeluarkannya. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara menggunakan metode ini, berikut adalah rincian langkah-langkahnya.

  • Pertama, silahkan kamu ambil dan siapkan Ejector SIM Card atau benda lainnya seperti jarum pentul atau peniti
  • Kemudian, silahkan kamu tancapkan ujung lancip pada benda-benda tersebut ke lubang di bagian samping HP untuk mengeluarkan tray SIM Cardmu
  • Jika sudah, maka kamu bisa langsung mengeluarkan begitu saja SIM Cardmu
  • Setelah tray SIM Cardmu susah berhasil dikeluarkan, maka biasanya HP atau ponselmu akan menyala secara otomatis dan bisa langsung aktif tanpa perlu kamu menekan atau memencet tombol power
  • Jika HP kamu sudah berhasil hidup, maka kamu pasang lagi tray SIM Cardmu untuk memulai menggunakannya

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan metode ini, maka pastikan bahwa kamu melakukan hati-hati. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa tidak ada kotoran yang menempel pada SIM Cardmu ketika mengeluarkan Ejector. Jika kamu menghiraukan dan tidak memperhatikan kedua hal tersebut, maka bisa menyebabkan SIM Cardmu rusak dan tidak bisa dibaca oleh ponselmu.

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power Pakay Charger Ataupun Powerbank

Metode selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan bantuan charger ataupun powerbank untuk bisa menyalakan ponselmu tanpa harus memencet tombol power. Hanya saja, metode satu ini hanya dapat kamu gunakan jika memang tombol power ponselmu mengalami kerusakan dengan catatan bahwa HP kamu masih dalam kondisi aktif/hidup. Untuk melakukan metode kedua ini, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

  • Pertama, silahkan kamu ambil terlebih dahulu charger ataupun powerbank yang akan kamu gunakan
  • Jika sudah, maka sambungkan HP ke charger ataupun powerbank tersebut
  • Maka secara otomatis, HP kesayanganmu akan segera aktif
  • Setelahnya, maka kamu bisa melepas kembali charger dan menggunakan HP mu sebaik mungkin

Perlu kamu ingat kembali bahwa metode ini hanya akan bisa kamu gunakan saat kondisi HPmu masih aktif ataupun menyala. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu memastikan bahwa kamu menghemat penggunaan baterai handphonemu sebelum kamu menggunakan metode ini, agar kondisi HPmu tetap menyala dalam kondisi yang darurat.

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power Pakai Tombol Volume

Mungkin beberapa di antara kamu, masih belum tahu bahwa selain dapat digunakan untuk mengatur volume, tombol volume pada bagian samping HP juga dapat digunakan untuk menyalakan HP tanpa harus menekan tombol power. Dengan demikian, tentu saja tombol volume ini akan sangat berguna dan membantumu ketika terjadi kerusakan pada tombol power. Jika kamu penasaran bagaimana langkah-langkahnya, berikut adalah penjelasannya.

  • Ketiam kondisi HP mu masih dalam keadaan hidup dan dan aktif, maka silahkan kamu mengunduh aplikasi power button to volume button yang suda tersedia di layanan google play store
  • Setelah kamu berhasil menginstalnya, maka silahkan saja kamu langsung membuka aplikasi tersebut
  • Selanjutnya, silahkan kamu mengatur dan mengaktifkan pengaturan enable/disable power sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
  • Proses pengubahan fungsi tombol volume pun sudah berhasil kamu lakukan

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka secara otomatis mulai sekarang kamu sudah bisa menyalakan HP dengan cukup menekan tombol volume up atau volume down. Sementara jika kamu ingin mematikan HP, maka silahkan kamu membuka panel notifikasi kemudian pilihlah turn off screen. Sangat mudah bukan, melakukannya?

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power Pakai Fitur Double Tap To Wake

Metode selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk mengaktifkan HP tanpa menekan tombol power adalah dengan menggunakan Double tap to wake yang merupakan fitur bawaan yang sudah ada di smartphone keluaran terbaru. Maksudnya adalah smartphone yang dikeluarkan di atas tahun 2017. Jadi jika ponselmu merupakan tipe masih lama, maka kamu harus melalukan root terlebih dahulu untuk bisa menggunakan fitur ini. Berikut adalah langkah-langkahnya

  • Pertama, silahkan kamu membuka dan masuk ke menu pengaturan
  • Jika sudah, maka silahkan kamu scroll ke bawa sehingga kamu bisa menemukan menu tentang ponsel
  • Kemudian kamu ketuk sebanyak 7 kali pada bulid number
  • Setelahnya, silahkan kamu kembali masuk ke menu pengaturan
  • Cari dan temukan fitur Double tap to wake setelah ketemu, maka kamu bisa langsung saja mengaktifkannya

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power Pakai Pengganti

Selain kamu menggunakan aplikasi power button to volume, kamu juga bisa menghidupkan HP tanpa tombol power dengan menggunakan aplikasi pengganti lainnya. Beberapa aplikasi tersebut antara lain adalah.

  • Power button to volume button
  • Gravity Screen yang bisa mengaktifkan HP dengan cara menggerakkan HP saja
  • Double tap screen yang berfungsi untuk Double tap to wake di HP
  • Auto screen on of yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan HP dengan menggunakan sensor jarak

Cara Menyalakan HP Tanpa Tombol Power Dengan Hubungkan Ke PC/laptop

Metode terakhir yang dapat kamu gunakan untuk menyalakan HP tanpa harus menekan tombol power adalah dengan menghubungkan HPmu ke PC ataupun laptop. Sebenarnya, cara melakukan metode ini hampir sama ketika kamu menghubungkan HP ke PC dengan menggunakan kabel data USB. Pada beberapa smartphone, maka secara otomatis akan hidup dan aktif saat kita menyambungkannya ke PC atau laptop. Tapi jika HP kamu belum mendukung hal ini, maka kamu bisa mencoba install driver terlebih dahulu untuk smartphone kesayangmu.

Kesimpulan

Perlu kamu ingat, bahwa ketika kamu menggunakan metode yang sudah ada di atas harus dengan secara perlahan-lahan agar tidak menyebabkan kerusakan pada bagian HP yang lainnya. Intinya, kamu harus harus mengikuti semua panduan tersebut dengan baik dan benar.

Itulah yang dapat kamu sampaikan terkait bagaimana cara menyalakan HP tanpa tombol power yang sangat ampuh dan paling alternatif. Semoga informasi di atas dapat membantumu dan semoga kamu berhasil melakukannya!

Related posts