Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

  • Whatsapp

Apakah HP mu sudah tidak memiliki tombol power? Bagaimana cara menghidupkan HP tanpa tombol power? Artikel kali ini akan membantumu menghidupkan HP tanpa tombol power.

HP dan Tombol Power

Seberapa pentingkah keberadaan tombol power pada sebuah handphone? Melihat namanya saja, sudah terbayang seberapa penting tombol ini bagi HP mu. Tombol power, secara umum berfungsi untuk memberikan aksi berupa menyalakan, mematikan, hingga merestart handphone. Fungsi tersebut menunjukkan seberapa penting tombol ini. Yang artinya, akan sangat terganggu kinerja sebuah HP tanpa tombol power.

Namun dalam beberapa kasus, memang sudah ditemui beberapa HP dalam kondisi tanpa tombol power. Biasanya handphone-handphone tersebut kehilangan tombol power karena sebuah kecelakaan atau tombol power yang lepas. Yang akhirnya menjadi pertanyaan, bagaimana cara menghidupkan HP tanpa tombol power? Bagaimana bisa HP bertahan tanpa tombol power? Apa saja penyebab tombol power di HP hilang?

Penyebab Tombol Power Tidak Berfungsi

Melihat seberapa sering aktivitas manusia bersama handphone, meningkatkan risiko rusaknya beberapa bagian dalam handphone. Kerusakan pun merambah ke segala bagian, tak terkecuali tombol power. Adapun beberapa penyebab tombol power pada HP tidak berfungsi adalah :

  • Penggunaan terlalu keras. Perlu diketahui bahwa tombol power di kebanyakan handphone merupakan tombol plastik yang berisi karet. Oleh karena itu, penggunaan yang terlalu keras dapat merusak karet di dalam tombol power. Hal ini berakibat tombol power tidak bisa berfungsi sehingga pemilik harus mencari cara menghidupkan HP tanpa tombol power.
  • HP mengalami benturan. Sebagai sebuah perangkat yang selalu dibawa kemanapun, tak heran bila HP mengalami berbagai macam perlakuan. Masuk ke dalam kantong, tertindih berbagai barang di dalam tas atau yang lebih parah terjatuh atau terbentur dengan benda keras. Benturan yang terlalu keras dapat menyebabkan rusaknya bagian handphone. Bisa jadi, tombol power mu lah yang menjadi korban kerusakan.
  • Tombol power hilang. Terkadang, sering dijumpai tombol power yang masih melekat pada handphone namun sejatinya sudah lepas. Hal ini dikarenakan tombol power masih tertahan dengan case handphone tersebut. Apabila kamu secara tidak sengaja membuka case dan menjatuhkan tombol power, kamu akan kehilangan tombol power tersebut. Untuk itu, kamu harus memikirkan bagaimana menghidupkan HP tanpa menggunakan tombol power.
Terkait:  Cara Download Video TikTok

Hal-hal tersebut adalah beberapa penyebab rusak dan tidak berfungsinya tombol power pada sebuah handphone. Apabila kamu masih memiliki handphone dengan tombol power yang berfungsi, harap selalu berhati-hati dari kejadian di atas. Namun jika tombol power milikmu sudah tidak berfungsi, kini saatnya membahas bagaimana menghidupkan HP tanpa tombol power.

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power
Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Tak perlu panik dan terlalu takut apabila tombol power milikmu tiba-tiba tidak berfungsi. Sebenarnya, untuk menghidupkan HP tanpa tombol power bukanlah hal yang sulit. Kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini :

  • Menggunakan tusuk gigi. Meskipun terdengar agak aneh, namun tusuk gigi dapat menjadi pilihan alternatif bagi kamu yang kehilangan tombol power.
  • Menyambungkan ke aliran listrik. Dengan menyambungkan handphone ke aliran listrik dapat menghidupkan HP tanpa tombol power.
  • Membuat tombol lain menjadi tombol power. Kamu tentu bisa melakukan hal ini dengan bantuan aplikasi tambahan.
  • Menggunakan gesture. Tak usah khawatir, karena fitur ini tersedia di pengaturan setiap handphone.
  • Menggunakan sensor sidik jari. Apabila kamu menggunakan handphone dengan fitur fingerprint, manfaatkan fitur itu untuk menghidupkan HP tanpa tombol power.
  • Menghidupkan HP menggunakan PC. Jika kamu berada di situasi dimana HP mu sedang mati, kamu bisa mencoba cara ini.
Menggunakan Tusuk Gigi

Pada kasus tombol power yang sudah hilang atau terlepas, kamu bisa menggunakan cara ini untuk menghidupkan HP tanpa tombol power. Menggunakan tusuk gigi dapat menjangkau tombol kecil di dalam mesin HP mu yang berfungsi sebagai power. Caranya cukup mudah. Cukup masukkan tusuk gigi ke dalam lubang yang ditinggalkan oleh tombol power di HP mu. Hingga kemudian kamu menemukan tonjolan kecil di mesin HP. Tekan tonjolan tersebut, dan HP mu berhasil dihidupkan.Perlu kamu ingat tusuk gigi disini bisa kamu ganti dengan benda lain, seperti ujung bolpoin, jarum, atau benda lain yang memiliki ketebalan serupa.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Gojek
Menyambungkan ke Aliran Listrik

Cara kedua yang bisa menghidupkan HP tanpa tombol power adalah menyambungkan HP ke aliran listrik. Hal ini berfungsi untuk membangunkan HP mu saat sedang dalam keadaan terkunci. Menyambungkan HP ke aliran listrik tak melulu harus ke stop kontak. Kamu bisa menyambungkan HP mu ke Power Bank atau menyambungkan HP ke PC/Laptop. Hal ini bermanfaat jika HP mu belum benar-benar mati.

Membuat Tombol Lain Menjadi Tombol Power

Bisa jadi, cara ini adalah lanjutan dari cara sebelumnya. Setelah membangunkan HP mu yang terkunci, kamu harus memikirkan alternatif untuk tombol powermu. Perlu kamu ketahui bahwa kamu bisa menghalihkan fungsi tombol power ke tombol lain. Caranya adalah dengan mendownload aplikasi Power Button to Volume Button disini.

Menggunakan Gesture

Setelah membangunkan HP yang terkunci dengan menyambungkan ke aliran listrik, kamu perlu mencari cara lain untuk membangunkan HP mu. Salah satu alternatif untuk menghidupkan HP tanpa tombol power adalah dengan menggunakan gesture. Beruntungnya, fitur ini sudah tersedia di beberapa handphone. Kamu hanya perlu membuka pengaturan untuk mengaktifkan fitur ini. Namun bila di handphone mu belum ada fitur ini, kamu bisa mendownload aplikasi Double tap screen on/off.

Menggunakan Sensor Sidik Jari

Beberapa HP keluaran terbaru memiliki fitur fingerprint di belakang perangkatnya. Sensor sidik jari selain berfungsi untuk membuka kunci di HP, juga bisa dimanfaatkan untuk menyalakan HP tanpa tombol power. Hal ini dilakukan dengan membuka pengaturan, kemudian aktifkan penguncian menggunakan fingerprint. Dengan begitu, setiap kali layarmu terkunci, kamu bisa menempelkan jarimu pada sensor fingerprint untuk menyalakannya. Menggunakan sensor fingerprint dapat membantumu menghidupkan HP tanpa tombol power.

Terkait:  Cara Mengunci Profil Facebook
Menghidupkan HP Menggunakan PC

Beberapa cara di atas sebenarnya adalah cara yang dilakukan ketika HP belum dalam kondisi mati. Lalu, bagaimana cara menghidupkan HP tanpa tombol power jika HP dalam kondisi mati? Tenang saja, kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan PC/Laptopmu. Sebelum melakukan proses penghidupan, kamu perlu mendownload dan install aplikasi Minimal ADB Fastboot di PC/Laptopmu. Setelah itu, ikuti langkah berikut :

  • Tekan dan tahan tombol volume down pada HP mu.
  • Sambungkan HP ke PC menggunakan kabel.
  • Buka software Minimal ADB Fastboot.
  • Untuk melakukan restart, masukkan perintah “fastboot reboot” lalu tekan [Enter].
  • Setelah itu HP akan restart dan berhasil dihidupkan.

Demikian adalah cara menghidupkan HP tanpa tombol power. Tak perlu panik apabila sewaktu-waktu tombol power di HP mu rusak dan tidak berfungsi. Karena banyak jalan yang bisa kamu pakai untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Related posts