Cara Mematikan Hp Xiaomi Tanpa Tombol Power

Tombol power pada HP Xiaomi kalian rusak? Kalian tidak perlu khawatir saat ingin mematikan perangkat, karena ada cara mematikan hp Xiaomi tanpa tombol power yang dapat dicoba!

Sebagai pengguna HP Xiaomi, terkadang pemakaian tombol power sangat jarang digunakan, bahkan dari saat awal pembelian bisa saja tidak pernah dimatikan. Perilaku tersebut sebenarnya cukup lumrah dilakukan, mengingat sekarang ini pemakaian hp sudah menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa ditinggalkan. Bahkan tidak dapat digantikan peranannya dengan perangkat lainnya.

Read More

Mengingat saat ini kita selalu mengandalkan smartphone untuk beraktivitas, tentu saja penggunaan tombol power sangat jarang sekali digunakan. Lain halnya dengan tombol volume yang sering dipakai untuk mendengarkan suara, baik itu suara percakapan, musik, bermain game, atau sekedar menonton film.

Namun tahukah kalian, bahwa tombol power walaupun sangat jarang digunakan, tetap memberikan efek yang cukup signifikan jika ada sesuatu yang mengharuskan menekan tombol power.

Fungsi Tombol Power Pada HP Xiaomi

Untuk lebih mengenal tentang fungsi dari tombol power pada HP Xiaomi, silahkan simak fungsi yang bisa kalian dapatkan dari tombol power Xiaomi :

1. Mematikan HP

Ini adalah fungsi standar dari tombol power. Tujuan mematikan HP yaitu jika kalian ingin mengganti kartu seluler atau menambah MicroSD supaya bisa menambah ruang memori untuk penyimpanan berbagai macam data.

Wajib diperhatikan, jika ingin memasukkan kartu seluler maupun microSD, maka HP Xiaomi kalian wajib dimatikan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan pada komponen yang ada di dalamnya. Dengan begitu, kalian akan terhindar dari kerusakan yang tidak semestinya.

Terkait:  Cara Mengatasi Hp Xiaomi Panas dan Baterai Cepat Habis

Adapun cara mematikan HP memakai tombol power sangat mudah dilakukan. Kalian hanya perlu menekan tombol power tersebut cukup lama sampai hp mati. Akan tetapi, pastikan kondisi perangkat smartphone Xiaomi kalian dalam keadaan standbye dan tidak sedang terkunci.

2. Menghidupkan HP

Fungsi tombol power kedua yaitu menghidupkan HP. Bagi yang baru pertama kali membeli HP, maka hal yang akan dilakukan pertama kali yaitu dengan menyalakan hp terlebih dahulu. Selain itu, menyalakan hp bisa juga dilakukan sesudah kalian memasukkan kartu seluler atau microSD ke dalam slot yang disediakan.

Caranya hampir sama ketika saat akan mematikan HP, yaitu cukup menekan tombol power cukup lama, selanjutnya hp Xiaomi kalian akan menyala. Ketika sudah menyala, lepaskan jari dari tombol power.

3. Screenshots

Ketika kalian sedang membuka sebuah dokumen, atau bahkan film yang sedang ditonton dan ingin menyimpan gambar yang menarik, maka cara yang bisa dilakukan yatu dengan screenshot atau tangkapan layar.

Untuk melakukan screenshots sangat mudah dilakukan, yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol power dan volume down dalam satu waktu. Simak cara screenshot dengan tombol power berikut :

  • Persiapkan tampilan yang akan di screenshots.
  • Setelah itu, tekan tombol power + volume bawah secara bersamaan.
  • Tunggu hingga ada suara seperti sedang memotret.
  • Hasil screenshot berhasil di buat, dan kalian cukup masuk ke menu galeri untuk melihat hasilnya.

Ketiga fungsi di atas tentunya sangat dibutuhkan bagi siapa saja, walaupun sangat jarang dilakukan, akan tetapi tombol power memang sangat diperlukan. Namun, jika tombol power bermasalah dan kalian ingin mematikan hp Xiaomi, bisa coba cara mematikan hp Xiaomi tanpa tombol power.

Cara Mematikan HP Xiaomi Tanpa Tombol Power

Cara Mematikan Hp Xiaomi Tanpa Tombol Power
Tutorial Mematikan Hp Xiaomi Tanpa Tombol Power

Keadilan tombol power tidak berfungsi tentu saja menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Ketika tombol power rusak namun ada momen tertentu yang mengharuskan untuk menekan tombol power. Dengan tujuan agar HP Xiaomi bisa dimatikan untuk mengembalikan sistem ke performa terbaiknya.

Terkait:  Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi

Jika kalian tidak tahu triknya untuk mengantisipasi tombol power rusak, mungkin saja kalian langsung menjual HP Xiaomi.

Tapi jangan khawatir, karena kalian masih tetap bisa mendapatkan alternatif cara mematikan hp Xiaomi tanpa tombol power, hal ini tidak jauh berbeda dengan cara mematikan hp Samsung tanpa tombol power. Simak ulasannya di bawah ini :

1. Mematikan HP Xiaomi Menggunakan Menu Pengaturan

Secara umum, untuk HP Xiaomi ataupun HP dengan merek lainnya,jika ingin melakukan berbagai macam pengaturan, maka harus masuk pada menu settings. Pada menu tersebut semua pengaturan yang berhubungan dengan sistem pada HP bisa dilakukan. Begitupun dengan cara mematikan HP Xiaomi tanpa tombol power.

Ok, langsung saja praktekkan tutorial mematikan hp Xiaomi tanpa memakai tombol power di bawah ini :

  • Selanjutnya carilah opsi ‘More settings’ yang berada di antara opsi-opsi lainnya.
  • Lalu, pilih opsi lanjutan dimana kalian harus memilih opsi ‘pengatur waktu tugas’ tepatnya berada di bawah tulisan ‘tanggal dan waktu’.
  • Pastikan slider berada pada posisi ON sambil mengatur waktu yang tepat kapan ingin mematikan HP Xiaomi kalian.
  • Simpan pengaturan tersebut lalu kalian bisa kembali ke halaman lain.

Perlu diketahui, untuk cara ini hanya bisa di atur sedemikian rupa dalam rangka mematikan HP Xiaomi seperti hendak tidur. Misalnya jika biasanya tidur jam 22.00, kemudian pengaturan mematikan HP diatur pada jam yang sama 22.00. Sehingga pada jam 22.00 otomatis hp akan mati.

2. Menggunakan Aplikasi Double Tap To Wake

Cara mematikan hp Xiaomi tanpa tombol power berikutnya adalah dengan memakai aplikasi Double Tap To Wake yang sangat mudah dilakukan. Kalian bisa mencoba aplikasi Double Tap to Wake berikut :

  • Buka aplikasi Google Play untuk melakukan penginstalan aplikasi tersebut.
  • Agar aplikasinya mudah di cari, maka kalian cukup klik kolom pencarian lalu tulis nama aplikasinya : Double Tap To Wake.
  • Setelah aplikasinya ditemukan, install aplikasi tersebut dan tunggu beberapa saat hingga aplikasinya berhasil terinstal pada HP Xiaomi.
  • Masih pada tampilan Google Play, klik tombol Buka untuk membuka aplikasi Double Tap To Wake.
  • Pada layar utama aplikasi tersebut, pilih dan aktifkan opsi ‘double tap to screen on’. Tujuannya adalah agar apliaksinya tetap standbye pada HPuntuk digunakan sewaktu-waktu.
  • Jika ingin mengaktifkan fitur mematikan HP Xiaomi tanpa tombol power, maka aktifkan pada fitur Screen Off.
  • Untuk mematikan HP, silakan klik tombol tersebut pada aplikasinya.
Terkait:  Cara Cek Kerusakan Hp Xiaomi

3. Menggunakan Aplikasi Restart/Reboot Power Menu

Aplikasi lainnya yang bisa kalian gunakan untuk mematikan HP Xiaomi ketika tombol power rusak adalah dengan menggunakan aplikasi Restart/Reboot Power Menu. Aplikasi yang hanya berukuran 3,3 MB ini bisa dibilang apilkasi yang sederhana namun sangat efektif. Terlebih tidak menggunakan sistem root dalam menjalankannya. Silahkan simak ulasannya berikut :

  • Install terlebih dahulu aplikasi Restart/Reboot Power Menu pada Google Play Store.
  • Cari aplikasi tersebut pada kolom pencarian agar bisa segera di instal.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.
  • Buka aplikasinya, jika ada perizinan untuk mengakses semua kebutuhan aplikasi tersebut, klik ‘izinkan’.
  • Pada halaman utama, akan ada beberapa tombol yang bisa kalian pilih seperti Mode Pesawat, Getar, Mulai Ulang, dan Matikan Daya. Karena tujuan utamanya ingin mematikan daya, maka tinggal klik tombol Matikan Daya.
  • Selesai.

Dengan cara mematikan hp Xiaomi tanpa tombol power di atas, kalian kini tidak perlu repot-repot lagi ketika tombol power hp mati. Silahkan praktekkan dan pilih metode di atas!

 

Related posts