Cara Menghemat Energi Yang Berupa BBM

Bagaimana cara menghemat energi yang berupa bbm ? Bahan bakar minyak atau yang biasa dikenal dengan istilah BBM merupakan salah satu sumber energi yang tidak dapat diperbarui.  Namun BBM adalah hal yang penting untuk Masyarakat khususnya bagi pengguna kendaraan.

Oleh karena itu penggunaan bahan bakar minyak harus dihemat, ada banyak cara untuk menghemat energi yang berupa BBM seperti dengan lebih memilih menggunakan kendaraan umum daripada kendaraan pribadi Menyalakan AC keefektif mungkin dan masih banyak lagi.

Read More

BBM atau bahan bakar minyak sendiri tidak hanya digunakan untuk kendaraan berupa motor ataupun mobil akan tetapi juga digunakan pada pesawat dan kereta api.

Langkah-langkah untuk menghemat BBM juga bisa kamu lakukan supaya kamu dapat menghemat pengeluaran sehari-hari khususnya pengeluaran untuk membeli BBM.

Cara Menghemat Energi Yang Berupa BBM

Cara Menghemat Energi Yang Berupa BBM
Cara Menghemat Energi Yang Berupa BBM

Apabila kamu sedang mencari cara menghemat energi yang berupa BBM kamu dapat menyimak penjelasan pada artikel ini.

Ada beberapa cara yang bisa kamu juga supaya penggunaan bahan bakar minyak lebih hemat sebab seperti yang telah diketahui bersama bahwa BBM merupakan salah satu sumber energi yang tidak dapat diperbarui.

Oleh sebab itu kamu bisa lebih bijak dalam pemakaiannya dengan cara menghemat penggunaan BBM. Berikut ini beberapa metode penghemat BBM yang dapat kamu ikuti, simak penjelasannya :

1. Dengan Menggunakan Kendaraan Umum

Metode pertama dan yang paling mudah untuk kamu coba supaya penggunaan BBM menjadi lebih hemat adalah dengan cara beralih ke kendaraan umum, jadi kamu tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktivitas seperti pergi bekerja, sekolah dan lain sebagainya.

Terkait:  Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Dengan menggunakan kendaraan umum kamu tidak perlu membeli BBM untuk motor atau mobil pribadi.

Selain bisa menghemat pengeluaran untuk membeli BBM metode ini juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.

Selain menggunakan kendaraan umum kamu juga bisa memilih untuk menggunakan sepeda atau berjalan kaki saja jika tempat yang kamu tujuhl cukup dekat, selain bisa menghemat bahan bakar minyak menggunakan sepeda atau berjalan kaki juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

2. Dengan Menggunakan AC Sewajarnya

Cara berikutnya apabila kamu pengguna kendaraan pribadi mobil kamu bisa melakukan langkah penghematan BBM dengan cara mengurangi penggunaan AC.

AC yang terdapat pada mobil bisa bekerja dengan baik menggunakan bantuan bahan bakar minyak yang ada pada mobil oleh karena itu mengurangi penggunaan AC dapat efektif menghemat penggunaan BBM.

Jika kamu merasa tidak nyaman dan panas apabila tidak menghidupkan AC maka kamu bisa mencoba untuk membuka saat di luar tidak terlalu panas, supaya suhu didalam mobil menjadi tidak terlalu panas.

Atau selain dengan mengurangi penggunaan AC kamu juga bisa mengoptimalkan kinerja AC dengan cara mematikan switch AC saat memerlukan engine power dan gunakanlah economy mode hal ini bisa mengurangi beban AC.

Gunakanlah AC ketika udara panas di dalam mobil sudah keluar sebab jika kamu menghidupkan AC ketika udara panas masih ada di dalam mobil maka kinerja AC akan menjadi lebih tinggi.

3. Dengan Menjaga Kondisi Mesin

Jika kondisi kendaraan pribadi milikmu tidak baik maka penggunaan BBM akan menjadi lebih boros.

Oleh sebab itu perhatikan kondisi kendaraan dengan cara melakukan servis kendaraan secara rutin.

Terkait:  Cara Menghemat Baterai Samsung

Selain menghemat BBM hal ini juga membuat kendaraan lebih nyaman saat digunakan, karena tidak beresiko macet di tengah jalan.

4. Dengan Menjaga Tekanan Angin Pada Ban

Selain ketika metode yang telah dijelaskan sebelumnya ada juga cara lain yang bisa kamu coba jika ingin melakukan penghematan bahan bakar minyak atau BBM yaitu dengan cara menjaga tekanan angin pada ban.

Sebab apabila tekanan angin ban kendaraan rendah maka beban mesin untuk bergerak akan menjadi semakin besar.

Karena beban mesin yang bekerja secara ekstrak inilah akan membuat penggunaan BBM menjadi lebih banyak.

Jadi sebelum kamu menggunakan kendaraan sebaiknya cek tekanan angin pada ban terlebih dahulu, apabila tekanannya rendah segera tambah angin.

5. Matikan Kendaraan Apabila Berhenti Lama

Cara kelima yang bisa kamu lakukan supaya penggunaan BBM menjadi lebih hemat adalah dengan cara mematikan mesin kendaraan apabila berhenti lama.

Hingga saat ini masih banyak orang yang sering tidak mematikan mesin kendaraan pada saat kendaraan telah berhenti.

Meskipun kendaraan tidak bergerak Akan tetapi jika mesin terus menyala akan tetap menguras penggunaan BBM.

Oleh karena itu jika kendaraan telah berhenti segera matikan mesin supaya penggunaan BBM menjadi tidak boros.

6. Dengan Menggunakan Oli Sesuai Kendaraan

Langkah yang juga dapat kamu lakukan untuk melakukan penghematan BBM adalah dengan cara menggunakan oli sesuai dengan kegunaannya, contohnya Pilihlah oli yang sesuai dengan kondisi mesin dan juga cuaca.

Penggunaan oli ini dapat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak sebab oli berguna untuk mengurangi gesekan mesin. Sehingga apabila kamu menggunakan oli sesuai dengan yang diperuntukkannya maka kinerja mesin bisa menjadi lebih ringan, pilihlah oli yang terbaik untuk kendaraan milikmu.

7. Jangan Terlalu Banyak Menaruh Barang di Bagian Bagasi

Metode penting untuk menghemat energi berupa BBM adalah dengan cara menggunakan bagasi secara efisien.

Terkait:  Cara Menghemat Air

Yaitu gunakan bagasi secukupnya saja jangan menaruh terlalu banyak barang sebab semakin berat bobot yang harus dibawa oleh mobil maka akan semakin besar pula bahan bakar yang digunakannya.

Oleh karena itu sebelum kamu mengaruh barang dibagi pilihlah barang-barang yang hanya kamu perlukan seperti saat kondisi mobil dalam keadaan darurat dan lain sebagainya hal ini dilakukan untuk menghemat penggunaan bahan bakar.

8. Perhatikan Filter Udara

Cara yang ke delapan adalah dengan cara memperhatikan filter udara pada kendaraan. Sebab jika filter udara dalam keadaan yang sangat kotor maka akan membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

Karena jika filter sudah tersumbat dengan debu dan kotoran akan membuat kinerja mesin menjadi lebih berat untuk menghisap udara bersih. Oleh karena itu bersihkan filter udara setiap 2000-3000 km atau jika jangka pemakaiannya sudah cukup lama.

9. Lakukan Pengereman Yang Wajar

Hal yang menjadi penyebab BBM menjadi lebih boros salah satunya terkait dengan pengereman.

Bagi para pemula yang baru saja membawa kendaraan pribadi mungkin merasa kesusahan dalam hal pengereman yang baik.

Padahal menginjak rem kemudian jadi gas berulang kali saat menggunakan mobil akan menjadikan penggunaan BBM menjadi lebih boros.

Oleh karena itu saat kamu melakukan pengereman jangan langsung menginjak gas supaya penggunaan BBM menjadi lebih hemat. Oleh karena itu gunakan rem dengan sewajarnya saja yaitu sekitar 5 detik mencapai 20 km per jam secara halus dan tidak langsung penuh.

Demikianlah sedikit informasi seputar cara menghemat energi yang berupa BBM. Dari sembilan cara yang telah dijelaskan ikuti metode yang menurut kamu paling efektif untuk menghemat BBM pada kendaraan milikmu. Selamat mencoba.

Related posts