Cara Menghemat Energi Listrik

Cara Menghemat Energi Listrik
Cara Menghemat Energi Listrik

Apakah kamu sedang kebingungan dengan tagihan listrik yang tinggi? Bagaimana cara menghemat energi listrik? Artikel kali ini akan membantumu menghemat energi listrik dengan sangat efisien.

Sekilas Tentang Energi Listrik

Di zaman sekarang, energi listrik menjadi salah satu energi terpenti bagi kehidupan manusia. Bagaimana tidak, hampir setiap kegiatan manusia memerlukan energi listrik. Mulai dari kegiatan dasar seperti memasak, mandi, mencuci hingga kegiatan tambahan seperti berolahraga dan mencari hiburan. Berbagai kegiatan manusia tersebut kini dipermudah dengan alat yang memanfaatkan energi listrik.

Read More

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan manusia akn energi listrik pun semakin bertambah. Hal ini disebabkan semakin banyak diciptakannya alat atau mesin yang membutuhkan energi listrik. Sayangnya, energi listrik yang kita gunakan memerlukan biaya untuk menggunakannya. Dalam rangka penghematan, ada baiknya kamu mulai menghemat energi listrik yang kamu gunakan.

Kenapa Harus Menghemat Energi Listrik?

Ada beberapa alasan kuat yang membuatmu harus mulai menghemat energi listrik, yaitu:

  • Menjaga atmosfer bumi. Energi listrik yang kamu gunakan sekarang dihasilkan dari sebuah alat yang dinamakan pembangkit listrik. Alat ini bekerja sepanjang hari menyediakan listrik ke seluruh daerah. Sayangnya, dampak negatif dari penggunaan pembangkit listrik adalah pencemaran udara yang semakin tinggi. Dengan menghemat listrik, kamu dapat menjaga atmosfer bumi agar tidak semakin tercemar.
  • Menghemat pengeluaran. Biaya listrik merupakan salah satu biaya dari sekian banyak pengeluaran yang harus kamu pikirkan. Jika kamu tidak mulai menghemat energi listrik yang kamu gunakan, bukan tidak mungkin tagihan listrik akan membengkak. Hal ini akan berdampak pada kondisi keuanganmu.
  • Mengurangi beban pembangkit listrik. Betapa banyaknya penggunaan energi listrik di masyarakat membuat beban pembangkit listrik semakin besar. Hal ini akan menyebabkan berbagai hal, salah satunya adalah pemadaman listrik. Beberapa kasus pemadaman yang terjadi sangat merugikan banyak orang. Untuk itu, mulai lah menghemat energi listrik.
  • Mengurangi penggunaan energi fosil. Energi listrik yang terpasang di rumahmu saat ini masih memanfaatkan energi dari fosil. Sayangnya, energi fosil bukanlah energi yang dapat terbarukan. Menurut prediksi para peneliti, sumber daya fosil kita akan habis pada tahun 2050. Sementara sedang dikembangkan pembangkit listrik dengan energi terbarukan, jangan lupa untuk menghemat energi listrik.

Cara Menghemat Energi Listrik

Cara Menghemat Energi Listrik
Cara Menghemat Energi Listrik

 

Menghemat energi listrik dapat kamu lakukan dengan berbagai cara. Beberapa cara yang dapat kamu lakukan guna menghemat energi listrik adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan lampu LED
  • Menyalakan lampu seperlunya
  • Mengatur pemakaian alat elektronik
  • Mengatur ventilasi udara
Menggunakan Lampu LED

Lampu apakah yang kamu gunakan di dalam rumah? Apakah kamu sudah menggunakan lampu LED? Apabila belum, kamu harus mencoba untuk mengganti lampu di rumahmu dengan lampu LED. Hal ini dilakukan guna menghemat energi listrik.

Apa itu lampu LED? Lampu Light Emitting Diode atau lebih sering dikenal dengan nama lampu LED merupakan sebuah penemuan dalam bidang penerangan. Lampu yang menggunakan pancaran cahaya dari susunan diode ini memiliki usia dan efisiensi berkali lipat dibanding lampu pijar biasa maupun lampu neon. Dikatakan penerangan sebuah lampu LED 3 Watt setara dengan lampu pijar 40 Watt. Hal ini tentu dapat menghemat energi listrik di rumahmu.

Selain kelebihan tersebut, lampu LED juga memiliki beberapa keunggulan, yaitu :

  • Tahan banting. Lampu LED memiliki penutup dari bahan plastik. Berbeda dengan lampu bohlam atau neon yang memiliki tutup dari kaca yang mudah pecah. Hal ini membuat lampu LED lebih tahan banting dibanding lampu lainnya.
  • Tahan lama. Sering menjumpai lampu bohlam yang putus? Hal ini dikarenakan untuk bisa dinyalakan, lampu bohlam membutuhkan gas tertentu yang tersimpan di dalam penutup lampu. Sedangkan lampu LED tidak membutuhkan gas apapun. Hal ini membuat lampu LED memiliki daya tahan lebih lama 30 kali dibanding lampu pijar biasa.
  • Mudah diperbaiki. Jika kamu memiliki lampu LED yang sudah tidak bisa menyala, kamu tidak perlu membuangnya. Kamu bisa memperbaiki lampu tersebut atau membawanya ke tempat reparasi. Berbeda dengan lampu bohlam atau neon yang apabila tidak bisa menyala tidak bisa diperbaiki kembali.

Sayangnya, teknologi LED yang bagus ini harus diimbangi dengan tingginya harga jual. Hal ini yang membuat beberapa orang belum berpindah ke teknologi lampu LED ini. Namun, melihat banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan, mengganti lampu biasa dengan lampu LED dapat menjadi cara menghemat energi listrik yang harus kamu coba.

Menyalakan Lampu Seperlunya

Jika kita berbicara mengenai alat apa yang paling banyak menggunakan energi listrik, tentu jawabannya adalah lampu. Alat yang berfungsi sebagai alat penerangan ini memang menjadi pengguna energi listrik paling besar. Lampu menjadi pilihan utama dalam hal penerangan karena lampu memberikan cahaya yang lebih terang dibandingkan lilin dan lentera. Penggunaan lampu juga mampu mendukung pekerjaan yang dilakukan pada malam hari.

Namun, melihat kecilnya ukuran lampu, membuat beberapa orang lalai akan besarnya energi listrik yang digunakan oleh benda ini. Beberapa orang sering membiarkan lampu mereka menyala tanpa ada fungsi yang jelas. Guna menghemat energi listrik, kamu harus menyalakan lampu pada saat-saat tertentu saja. Beberapa tindakan membuang energi listrik dengan lampu adalah :

  • Menyalakan lampu sepanjang hari. Sebagai alat penerangan, sebaiknya lampu hanya menyala pada saat gelap. Apabila datang pagi hingga sore dimana cahaya matahari mampu menerangi ruangan, sebaiknya kamu mematikan lampumu. Hal ini dapat membantu menghemat energi listrik di rumahmu.
  • Menyalakan lampu di ruangan yang tidak dipakai. Jika sebuah ruangan sedang tidak kamu gunakan, kamu tidak perlu menyalakan lampunya.
Mengatur Pemakaian Alat Elektronik

Alat elektronik sudah menjadi pendamping kegiatan manusia saat ini. Mulai dari memasak makanan, mencuci baju hingga menonton hiburan semua memanfaatkan alat elektronik. Guna menghemat energi listrik, kamu harus mengatur pemakaian alat elektronik di rumahmu. Adapun beberapa cara mengatur pemakaian alat elektronik adalah:

  • Mencabut kabel yang tidak terpakai
  • Mematikan TV saat tidak ditonton
  • Mematikan AC dan kipas angin saat tidak digunakan
  • Menggunakan mesin cuci untuk mencuci baju dalam jumlah besar

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, kamu dapat menghemat energi listrik di rumahmu dengan lebih efektif dan efisien.

Mengatur Sirkulasi Udara

Pada sebuah rumah, sirkulasi udara merupakan sebuah komponen penting yang tidak boleh dilupakan. Rumah yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik akan menjadi panas dan membuatmu harus menyalakan kipas angin atau AC. Hal ini dapat membuat penggunaan energi listrik di rumahmu menjadi boros. Guna menghemat energi listrik di rumahmu, cobalah untuk membuka pintu dan ventilasi udara sehingga sirkulasi udara di rumahmu menjadi lebih lancar. Dengan begitu, kamu tidak perlu menyalakan pendingin ruangan dan lebih menghemat energi listrik di rumahmu.

Demikian adalah artikel mengenai cara menghemat energi listrik. Semoga bermanfaat.

Related posts