Cara Jualan di Shopee

Cara Jualan di Shopee

Marketplace Shopee selalu menarik perhatian banyak pembeli dan penjual. Karena namanya yang semakin populer, membuat pebisnis online tertarik untuk bergabung menjadi seller Shopee. Karena itu, informasi cara jualan di Shopee banyak dicari.

Bagi yang merintis usaha online shop melalui marketplace Shopee, seringkali ada beberapa hal yang masih belum dipahami. Seperti ingin mengikutkan produk ke dalam program ongkir gratis, mengikuti program-program seller hingga event lainnya yang bertujuan meningkatkan penjualan. Tentu saja semua permasalahan tersebut harus kamu siasati supaya toko yang kamu rintis memasuki beranda atau halaman di Shopee.

Read More

Cara Jualan di Shopee

Cara Jualan di Shopee
Tutorial Jualan di Shopee

Tutorial Jualan di Shopee Supaya Omset Meningkat

Setelah mendaftarkan tokomu di Shopee, hal yang harus dipahami pertama kali yaitu cara kerja Shopee. Untuk merintis sebuah usaha di Shopee, ada beberapa trik cara jualan di Shopee supaya Omset meningkat berikut ini :

1. Daftarkan Akun di Shopee

Untuk memulai berjualan di marketplace Shopee, anggap saja kamu belum mempunyai akun. Jadi kamu harus mengunduh aplikasi Shopee terlebih dahulu di hp atau web resmi marketplace Shopee. Tapi jika kamu sudah memiliki akun seller, skip langkah pertama ini.

Registrasi akun yang baru dapat dilakukan dengan cara yang cepat dan mudah. Persiapkan nomor hp aktif, akun email berikut password untuk masuk ke marketplace Shopee. Jika semuanya sudah lengkap, secara otomatis akun milikmu sudah dapat dipakai.

Akun yang telah didaftarkan di Shopee adalah akun pribadi. Langkah berikutnya, kamu bisa melanjutkan menjadi akun seller di samping kiri bagian atas pada ‘My Store’ atau ‘Toko Saya’.

2. Buka Toko Online

Cara jualan di Shopee selanjutnya, setelah menekan opsi ‘Toko Saya’ pada menu Shopee, secara otomatis kamu sudah membuka tokomu di Shopee. Namun pastikan kamu telah melakukan beberapa hal berikut :

  • Nama online shop yang akan dipakai.
  • Mengisi deskripsi singkat terkait toko kamu.
  • Mengganti foto profil.
  • Melakukan verifikasi akun email.
  • Memilih metode pembayaran.
  • Melakukan sinkronisasi nomor akun rekening bank.

Untuk pengaturan toko dapat dilakukan lewat aplikasi atau website Shopee di hp kamu. Jika sudah membuka toko, sebaiknya pastikan klik fitur bertuliskan ‘Shopee Seller Centre’, kemudian isi seluruh informasi yang diperlukan.

Langkah berikutnya, kamu bisa mengisi alamat online shop milikmu dengan benar menyesuaikan titik lokasi. Kamu selanjutnya akan langsung diarahkan memilih jasa pengiriman yang nantinya dipakai di dalam opsi ‘Jasa Kirimku’. Namun sebelumnya,ikuti semua ketentuan dan syarat dari Shopee.

3. Unggah Foto Produk

Jika sudah mengikuti langkah cara jualan di Shopee di atas, kamu kini sudah memiliki toko yang siap dipakai di Shopee. Baru kemudian kamu bisa mengunggah foto produk-produk yang ingin dijual. Berikut caranya :

  • Silahkan cari, kemudian tekan menu ‘Saya’ tepat di samping kanan bawah.
  • Tekan ‘Toko Saya’ pada bagian ujung kanan atas.
  • Tekan opsi ‘Tambahkan Produk yang baru’/
  • Inputkan foto produk berikut rinciannya, baik deskripsi, variasi, stok, berat, kategori dan ongkir.
  • Apabila produk yang kamu jual tidak tersedia, aktifkan opsi Pre-Order yang memerlukan estimasi pengemasan mulai dari 7-15 hari.
  • Silahkan tambahkan dengan hashtag produk pada bagian deskripsi.
  • Tekan tanda centang bagi pengguna hp android, sementara bagi pengguna iOS bisa tekan ‘Simpan’.

Trik Meningkatkan Omset Penjualan di Shopee

Sebenarnya untuk berjualan di marketplace Shopee cukup mudah, namun kamu tetap memerlukan strategi penjualan yang tepat. Sebab jika kamu tidak menentukan strategi penjualan ini, maka online shop yang kamu buat tidak bisa dilihat pengunjung. Ada beberapa langkah strategi cara jualan di Shopee yang wajib kamu tiru di bawah ini :

1. Tentukan Produk yang Tepat

Salah satu trik yang harus dipertimbangkan saat mulai berjualan produk di Shopee adalah harus memilih produk yang tepat. Pastikan untuk memilih produk yang banyak diincar konsumen atau bisa menyesuaikan kebutuhan konsumen. Silahkan riset pasar jika ingin mengetahui kebutuhan konsumen.

Di samping itu, pakai peluang yang memungkinkan. Contohnya dengan menjual barang/produk khusus wanita atau anak-anak misalnya. Dengan melakukan strategi marketing yang tepat, maka toko kamu dapat dijadikan opsi pertama para pengunjung atau pembeli di Shopee.

2. Penggunaan Fitur Live Chat

Cara jualan di Shopee berikutnya yaitu tidak terjadi interaksi langsung baik antara pembeli maupun penjual. Walaupun memakai komunikasi melalui chat, kamu tetap harus memberikan pelayanan yang terbaik. Marketplace Shopee telah menawarkan opsi live chat sehingga memungkinkan kamu untuk langsung berkomunikasi bersama calon pembeli.

Shopee telah menawarkan live chat, sehingga memungkinkan kamu untuk langsung berkomunikasi dengan calon pembeli. Pakai bahasa yang ramah dan sopan, tetap dimulai dengan menyapa, salam, mengucapkan permohonan maaf atau terimakasih.

3. Gunakan Layanan Produk Pilihan Toko

Shopee menawarkan banyak fitur lengkap untuk berjualan, kamu bisa menggunakan opsi produk pilihan toko selain live chat. Shopee telah mengembangkan fitur ini sejak tahun 2018 lalu. Fungsinya yaitu para seller bisa membuat katalog, teridir atas 4-8 produk. Untuk melakukan aktivasi fitur tersebut, bisa dengan cara berikut :

  • Masuk ke akun Seller Center, ketuk ‘Promosiku’.
  • Lalu pilih ‘Produk Pilihan Toko’, kemudian tekan ‘Tambah Koleksi’.
  • Isikan dengan nama koleksi sesuai keinginan, ketuk tanda ‘+’.
  • Kamu hanya perlu memasukkan 4 sampai 8 produk, tekan ‘Konfirmasi’.
  • Silahkan periksa ulang, kemudian tekan ‘Simpan’.
  • Di bagian bawah akan muncul opsi ‘Aktifkan Sekarang’, lalu tekan opsi tersebut.

4. Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir

Cara jualan di Shopee selanjutnya untuk meningkatkan omset penjualanmu yaitu dengan mengaktifkan fitur gratis ongkir. Pembeli biasanya langsung memburu produk-produk yang menawarkan program gratis ongkir, sebab mereka bisa membeli produk tersebut darimana saja, dengan tanpa dibebankan ongkos pengiriman.

Jika sudah membuka toko, pastikan kamu langsung melakukan registrasi untuk layanan free ongkir. Berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan masuk ke dalam pilihan ‘Toko Saya’.
  • Pilih layanan ‘gratis ongkir Xtra’ maupun ‘Gratis Ongkir’.
  • Ketuk ‘Daftar’ lalu isi kelengkapan data diri sesuai permintaan.
  • Silahkan centang ‘Syarat dan Ketentuan’.
  • Tekan ‘Kirimkan’.

Silahkan tunggu beberapa saat, sampai pihak Shopee menindaklanjuti permintaanmu.

5. Naikkan Level Toko ke Star Seller

Untuk meningkatkan penjualan, kamu bisa menaikkan level Tokomu menjadi Star Seller. Tentu saja, ada ketentuan yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan label ini. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan jika ingin mendapatkan label Star Seller :

  • Lakukan pengisian data diri lengkap, serta lakukan verifikasi identitas diri (KTP).
  • Persentase respon chat mencapai 100%. Caranya kamu wajib merespon chat dari pembeli dengan cepat.
  • Minimal rating toko harus bintang 4.5
  • Jumlah omset penjualan setiap bulannya harus 100 orderan.
  • Sudah melayani sebanyak 25 pembeli yang berbeda dalam satu bulan.

Satu lagi jika kamu ingin sukses dengan cara jualan di Shopee adalah pastikan untuk memiliki followers lebih banyak. Jika sudah memiliki banyak pengunjung di Shopee, tentu saja akan mempermudah kamu untuk mendapatkan pembeli. Karena secara otomatis notifikasi upload foto yang kamu lakukan langsung masuk ke akun pelangganmu.

Related posts