Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi
Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Bagaimana cara menghemat baterai HP Xiaomi. Sebagai sebuah smartphone baterai merupakan salah satu komponen terpenting termasuk HP Xiaomi.

Sebab tanpa adanya daya dari baterai handphone tidak akan bisa digunakan untuk berbagai aktivitas seperti menjadi pesan telepon internet dan lain sebagainya.

Read More

Permasalahan yang sering dialami oleh pengguna smartphone khususnya handphone Xiaomi adalah baterai yang cepat habis. Penyebab baterai cepat habis bisa karena beberapa faktor seperti bermain game menghidupkan data internet secara terus-menerus.

Oleh karena itu supaya baterai handphone Xiaomi cepat habis, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk menghemat baterai simak penjelasan pada artikel ini.

Faktor Penyebab Baterai Handphone Cepat Habis

Sebelum melangkah buku pembahasan utama yaitu mengenai cara menghemat baterai ada baiknya jika kamu mengetahui faktor-faktor yang bisa menyebabkan baterai smartphone Xiaomi cepat habis.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang bisa menyebabkan baterai menjadi lebih cepat habis, simak :

1. Pengaturan Layar HP Yang Kurang Optimal

Penyebab apa saja cepat habis salah satunya adalah karena pengaturan layar HP yang kurang optimal. Seperti semakin cerah layar handphone maka semakin cepat pula baterai cepat habis, karena konsumsi daya yang cukup besar.

2. Aplikasi di Latar Belakang

Faktor kedua yang juga menjadi penyebab baterai handphone Xiaomi cepat tapi adalah karena layanan dilatar belakang yang terus berjalan.

Beberapa aplikasi memiliki layanan yang akan berjalan latar belakang seperti aplikasi chatting WhatsApp, Messenger, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu pastikan untuk selalu menutup aplikasi di widget ketika kamu sudah tidak menggunakan aplikasi tersebut.

3. Fitur GPS, Wi-Fi dan Bluetooth Selalu Dalam Keadaan Hidup

Penyebab ketiga adalah karena fitur GPS wi-fi dan juga fitur bluetooth yang ada di handphone selalu dalam keadaan hidup. Ketiga fitur ini jika di aktifkan secara terus-menerus akan membuat konsumsi daya yang besar, oleh sebab itu matikan fitur tersebut jika kamu sedang tidak menggunakannya.

Itulah tiga penyebab baterai handphone cepat habis yang biasanya sering terjadi pada pengguna smartphone.

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi
Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Jika saat ini kamu sedang mengalami permasalahan baterai handphone Xiaomi yang cepat habis maka kamu bisa mencoba metode-metode untuk menghemat baterai di handphone Xiaomi.

Beberapa cara yang bisa kamu pilih simak penjelasan berikut ini :

1. Matikan HP Jika Sedang Tidak Digunakan

Metode pertama yang dinilai cukup efektif untuk menghemat baterai handphone Xiaomi adalah dengan cara mematikan handphone Jika kamu sedang tidak menggunakannya.

Hal ini bisa kamu terapkan seperti saat hendak tidur ataupun saat kamu berada di area yang memiliki sinyal minim, tetap apabila handphone terus-menerus mencari sinyal maka konsumsi daya akan semakin tinggi.

2. Matikan Fitur Notifikasi Pada Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara kedua yang juga bisa kamu terapkan untuk menghemat baterai adalah dengan cara mematikan notifikasi dari aplikasi yang jarang digunakan.

Notifikasi yang terlalu banyak akan menguras daya baterai sebab notifikasi yang muncul akan secara otomatis tetap berjalan di latar belakang selama kamu tidak menghapusnya.

Oleh karena itu matikan fitur notifikasi pada aplikasi-aplikasi yang jarang kamu gunakan. Hal ini berguna untuk menghemat konsumsi daya baterai.

3. Mematikan Fitur Kecerahan Otomatis atau Auto Brightness

Yang ketiga seperti yang sudah dibahas pada faktor penyebab baterai handphone Xiaomi cepat habis bahwa kecerahan layar sangat berpengaruh terhadap konsumsi baterai.

Oleh karena itu untuk menghemat penggunaan baterai kamu bisa mematikan fitur Auto brightness. Sebab pada fitur ini secara otomatis layar akan menyesuaikan dengan intensitas cahaya yang ada, karena cara kerjanya inilah fitur ini cukup memakan baterai handphone Xiaomi.

4. Menyalakan Fitur Battery Saver

Selanjutnya kamu juga bisa menyalakan fitur penghemat baterai otomatis yaitu Baterai Saver yang sudah tersedia di handphone kamu.

Dengan mengaktifkan fitur Baterai Saver ini, maka akan secara otomatis mematikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang dan juga menurunkan performa smartphone supaya baterai bisa menjadi lebih hemat.

5. Menggunakan Fitur Fix Battery

Jika baterai handphone Xiaomi punya kamu cepat habis disebabkan karena adanya kerusakan pada baterai. Maka kamu bisa mencoba menggunakan fitur fix baterai yang terdapat pada pengaturan handphone.

Caranya adalah dengan masuk ke menu pengaturan kemudian pilih opsi baterai and  performance, lalu Pilihlah tombol Fix Battery Usage Issue.

6. Matikan Mode Getar dan Suara

Metode keenam adalah dengan cara mematikan mode getar dan suara pada handphone Xiaomi. Karena yang perlu kamu tahu bahwa getaran dan suara bisa membuat konsumsi baterai menjadi lebih boros.

Karena itulah untuk menghemat baterai kamu bisa mematikan mode getar dan suara menjadi Mode silent. Dengan begitu konsumsi daya di handphone kamu menjadi lebih hemat.

7. Membersihkan Cache Pada Handphone

Jika handphone kamu memiliki terlalu banyak file sampah atau cache. Maka bisa juga menjadi penyebab baterai handphone kamu menjadi cepat habis apalagi apabila memori internal handphone penuh.

Jika memori internal smartphone penuh maka performa smartphone akan menurun oleh karenanya kamu bisa menghapus file sampah atau cache. Supaya memori penyimpanan tidak penuh dan baterai tidak cepat habis.

9. Menggunakan Charger Original

Charger adalah hal yang sangat penting dan berpengaruh untuk umur baterai. Jika kamu menggunakan charger yang tidak original atau murahan bisa berpotensi merusak merusak smartphone karena tegangannya yang tidak stabil.

Oleh karena itu, supaya umur baterai kamu menjadi lebih awet selalu gunakan charger yang original.

10. Menggunakan Fitur Dark Mode

Fitur Dark mode dinilai bisa membuat baterai handphone menjadi lebih hemat. Selain menggunakan fitur Dark mode kamu juga bisa mengganti wallpaper menjadi hitam.

Karena wallpaper yang berwarna-warni bisa membuat konsumsi daya menjadi lebih banyak dibandingkan dengan wallpaper yang berwarna hitam oleh karenanya aktifkan Dark mode supaya baterai handphone kamu menjadi lebih hemat.

11. Kurangi Penggunaan fLFitur yang Tidak Diperlukan

Cara ke-11 yang bisa kamu coba untuk menghemat penggunaan baterai di handphone Xiaomi adalah dengan cara mengurangi penggunaan fitur yang tidak diperlukan.

Seperti mematikan koneksi Wi-Fi, GPS Bluetooth dan lain sebagainya jika kamu tidak sedang menggunakan fitur tersebut. Sebab seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika fitur Wi-Fi, GPS dan Bluetooth bisa mengkonsumsi daya yang lebih tinggi.

12. Dengan Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Selain ada sebelas cara untuk melakukan penghematan baterai di smartphone Xiaomi kamu juga bisa menghemat baterai dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai.

Aplikasi-aplikasi ini dapat dengan mudah kamu akses di aplikasi Google Play Store. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu pilih untuk menghemat baterai seperti berikut ini.

  • Aplikasi AccuBattery
  • Aplikasi Battery Saver
  • Aplikasi Smart Battry Saver
  • Aplikasi Avast Battery Saver

Itulah beberapa contoh aplikasi penghemat baterai yang tersedia di Google Play Store untuk membantu kamu dalam menghemat penggunaan daya bateri.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara menghemat baterai HP Xiaomi, kamu bisa mengikuti metode yang telah dijelaskan untuk menghemat penggunaan baterai. Selamat mencoba.

Related posts