Cara Menghemat Baterai Samsung

Cara menghemat baterai Samsung adalah salah satu hal yang wajib diketahui oleh pengguna smartphone Samsung. Sebab smartphone merupakan salah satu hal yang primer dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Dan baterai adalah hal yang sangat penting untuk sebuah smartphone Karena tanpa adanya baterai maka Smartphone tidak akan bisa digunakan.

Read More

Mungkin kamu pernah mengalami saat menggunakan handphone Samsung baterai handphone kamu cepat habis.

Penyebab baterai Smartphone cepat habis bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti karena terlalu banyak menggunakan aplikasi yang berat, terlalu lama bermain game, ataupun karena handphone yang sudah lama.

Oleh sebab itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara menghemat baterai Samsung, simak penjelasan pada artikel ini.

Penyebab Baterai HP Samsung Cepat Habis

Sebelum melangkah ke topik utama pada artikel di bawah ini yaitu mengenai cara menghemat baterai Samsung ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan yaitu penyebab baterai Samsung menjadi boros.

Faktor-faktor penyebab baterai handphone menjadi lebih boros dan cepat habis bisa disebabkan karena hal-hal berikut ini :

1. Terlalu Sering Menggunakan HP Secara Berlebihan

Penyebab utama yang bisa membuat daya baterai di handphone kamu menghitung lebih cepat habis karena terlalu sering memakai HP secara berlebihan dan juga menggunakan  aplikasi berat secara bersamaan.

Terkait:  Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

Karena Hal inilah kinerja HP menjadi lebih berat sehingga memakan lebih banyak daya baterai.

2. Tingkat Kecerahan HP Yang Tinggi

Penyebab yang kedua adalah karena identitas cahaya yang terlalu terang. Jika kamu sedang berada di tempat yang terang mungkin pencahayaan yang terang akan membantu kamu dalam melihat handphone akan tetapi hal ini membuat penggunaan daya baterai yang lebih besar sehingga menguras baterai menjadi lebih cepat habis.

3. Tidak Menggunakan Charger Original

Berikutnya ada juga faktor penyebab baterai cepat habis yang ketiga yaitu karena tidak memakai charger yang sesuai dengan bawaan HP atau charger original. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap proses pengisian ulang baterai, oleh karena itu gunakan charger bawaan sesuai dengan merk HP dan tipe HP supaya pengisian daya menjadi lebih optimal.

4. Terlalu Sering Bermain Game

Penyebab keempat yang sering terjadi adalah karena menggunakan HP untuk bermain game online terlalu sering. Hal ini akan membuat baterai menjadi cepat habis karena game dengan tingkat grafik yang tinggi dan penuh gerakan animasi membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit.

Oleh karena itu saat kamu bermain game terlalu lama baterai kamu jadi lebih cepat habis.

Itulah 4 penyebab baterai HP Samsung menjadi boros. Hindari keempat faktor penyebab baterai HP menjadi boros tersebut supaya daya baterai handphone kamu menjadi lebih hemat.

Cara Menghemat Baterai Samsung

Cara Menghemat Baterai Samsung
Cara Menghemat Baterai Samsung

Jika saat ini kamu sedang mengalami permasalahan baterai HP Samsung yang boros atau cepat habis maka artikel ini cocok untuk kamu.

Ada beberapa cara menghemat baterai handphone Samsung yang bisa kamu pilih dan terapkan pada handphone kamu supaya baterainya menjadi lebih awet.

Simak penjelasan pada metode-metode berikut ini :

1. Matikan Fitur yang Tidak Selalu Digunakan

Metode pertama yang bisa kamu coba untuk menghemat baterai adalah dengan cara mematikan fitur yang tidak selalu dibutuhkan seperti Wi-Fi, GPS, bluetooth dan fitur-fitur lain yang jarang kamu gunakan.

Terkait:  Cara Hemat Baterai Samsung

Meskipun fitur-fitur tersebut memiliki banyak manfaat Akan tetapi jika kamu tidak membutuhkannya sebaiknya matikan fitur-fitur tersebut, sebab terlalu banyak mengaktifkan fitur bisa membuat daya baterai menjadi lebih boros.

2. Sesuaikan Tingkat Kecerahan Layar

Seperti yang sudah dijelaskan jika kecerahan layar sangat berpengaruh terhadap konsumsi daya baterai pada smartphone.

Oleh sebab itu sesuaikan tingkat kecerahan layar sesuai dengan apa yang kamu butuhkan sebab intensitas cahaya yang terlalu tinggi kurang baik untuk mata dan juga membuat baterai lebih cepat habis.

Gunakan pengaturan intensitas cahaya yang standar seperti 50% atau kurang, dengan begitu penggunaan baterai menjadi tidak terlalu banyak.

3. Jangan Menggunakan Wallpaper Bergerak

Berikutnya yang bisa kamu coba untuk menghemat baterai adalah dengan tidak menggunakan wallpaper animasi atau wallpaper bergerak.

Sebab dengan menggunakan wallpaper akan membuat handphone terus bekerja untuk memproses  grafik wallpaper yang ditampilkan di layar handphone.

Karena itulah baterai handphone akan cepat habis untuk menghindari hal tersebut dan supaya baterai handphone hemat maka lebih baik kamu menggunakan wallpaper statis yang memiliki warna gelap, hal ini berguna untuk mengurangi produksi cahaya yang bisa menyebabkan handphone menjadi panas.

4. Gunakan Fitur Power Saving Mode

Bagi kamu pengguna HP Samsung tentunya sudah tidak asing dengan fitur Power saving mode. Fitur ini merupakan fitur bawaan yang berguna untuk menghemat baterai smartphone.

Kamu bisa memanfaatkan fitur power saving mode ini dengan cara mengaktifkannya untuk menghemat penggunaan baterai.

5. Matikan Auto Sync dan Update

Metode berikutnya adalah dengan cara mematikan fitur auto sync dan update. Karena fitur ini akan membuat smartphone terus-menerus mengakses server akun media sosial email dan lain-lain, hal ini akan lebih cepat menguras daya baterai menjadi boros.

Oleh karenanya matikan fitur Auto sync dan update Jika kamu tidak memerlukannya.

6. Atur Screen Time Out Supaya Tidak Menyala Terlalu Lama

Jika handphone kamu memiliki pengaturan screen time out yang terlalu lama maka HP kamu akan menjadi cepat panas dan baterai akan lebih cepat habis.

Terkait:  Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Oleh sebab itu atur waktu screen time out maksimal 15 detik setelah layar dikunci. Dengan begitu maka layar hp kamu tidak terlalu lama menyala. Langkah untuk mengatur screen time out adalah sebagai berikut ini :

  • Langkah pertama buka menu setting atau pengaturan yang ada di handphone Samsung.
  • Jika sudah kamu bisa Scroll ke bawah dan pilih opsi display atau tampilan.
  • Langkah berikutnya pilih opsi screen time out.
  • Setelah itu kamu bisa mengatur waktu menjadi 15 atau 30 detik.
  • Selesai dengan begitu waktu layar handphone kamu setelah 15 detik atau 30 detik akan langsung mati.

Itu dia langkah-langkah untuk mengatur screen time out menjadi 15 detik atau 30 detik supaya waktu layar hidup tidak terlalu lama yang akan menghabiskan baterai ponsel.

7. Kurangi Penggunaan Warna Putih Pada Smartphone

Jika saat ini kamu menggunakan smartphone Samsung yang memiliki layar Super AMOLED. Kamu bisa mengurangi penggunaan wallpaper yang menggunakan warna putih atau cerah.

Sebab kalau banyak warna putih atau cerah pada wallpaper akan menyebabkan penggunaan baterai Smartphone menjadi lebih meningkat, Oleh karena itu gunakan wallpaper yang memiliki warna gelap seperti Navy, hitam dan lain sebagainya.

8. Matikan Data Seluler dan Gunakan WiFi

Metode yang cukup ampuh untuk menghemat baterai HP Samsung adalah dengan cara mematikan data seluler dan menggunakan wi-fi untuk jaringan internet.

Cara ini sudah banyak digunakan oleh pengguna ponsel sebab menggunakan koneksi data seluler, handphone akan bekerja keras untuk selalu mencari sinyal agar signal bar tetap terisi penuh hal tersebut akan memakan cukup banyak daya baterai.

Demikianlah informasi seputar cara menghemat baterai Samsung yang dapat kamu ikuti dari ke delapan metode di atas kamu bisa mencoba cara yang menurut kamu paling cocok. Selamat mencoba.

Related posts