Cara Menghemat Baterai iPhone

  • Whatsapp

Apakah kamu sedang bermasalah dengan baterai iPhone milikmu? Bagaimana cara menghemat baterai iPhone? Artikel ini akan membantumu menghemat baterai iPhone dengan efektif.

Sekilas Tentang Baterai iPhone

Siapa di dunia ini yang belum tahu apa itu iPhone? Perangkat telepon genggam keluaran perusahaan teknologi “Apple” ini menjelma menjadi favorit banyak orang. Bukan hanya karena besarnya nama “Apple” sebagai produsen handphone ini, iPhone mampu menarik minat pembeli dengan fitur yang dimilikinya. Tampilan yang memanjakan mata, kamera yang sangat jernih dan proses yang lancar menjadi nilai jual produk ini di pasaran.

Read More

Menghadapi era modern, iPhone terus mengembangkan produknya. Termasuk dalam rangka memenuhi kebutuhan mutitasking manusia modern. Berbagai kegiatan yang dilakukan manusia sedikit demi sedikit mulai dialihkan melalui handphone, termasuk pada iPhone. Bertambahnya aktivitas pada iPhone akan memiliki berbagai dampak, termasuk pada daya tahan baterai iPhone.

Selayaknya sebuah perangkat telepon genggam, perangkat iPhone bekerja memanfaatkan tenaga dari baterai. Perangkat yang bekerja terlalu berat akan mengakibatkan baterai iPhone cepat habis. Hal ini sangat tidak baik apabila kamu sedang berada di luar ruangan bersama iPhone milikmu. Untuk itu, penting bagimu mengetahui bagaimana cara menghemat baterai iPhone.

Penyebab Baterai iPhone Cepat Habis

Semua kegiatan yang dilakukan dengan iPhone sejatinya selalu menguras daya dari baterai handphone. Namun, jumlah daya yang dikeluarkan berrbeda-beda untuk setiap kegiatan. Hal ini juga berlaku untuk kegiatan yang berjalan di latar belakang. Contohnya, misal kamu menggunakan iPhone milikmu untuk permainan, tentu akan memakan daya lebih besar daripada kamu yang menggunakan iPhone milikmu untuk berkirim pesan singkat.

Terkait:  Cara Cek iPhone Ori

Adapun beberapa hal yang menyebabkan baterai iPhone milikmu cepat habis adalah :

  • Kecerahan layar. Semakin tinggi kecerahan layar iPhone milikmu akan semakin menguras daya baterainya.
  • Sinyal buruk. Jika kamu berada di tempat yang susah menjangkau sinyal selulermu, iPhone mu akan bekerja lebih keras untuk menemukan sinyal. Hal ini bisa mengakibatkan bateraimu cepat habis.
  • Aplikasi berat. Beberapa aplikasi memerlukan daya baterai yang lebih banyak, seperti Youtube, Netflix, Zoom, Google Meet, dan lain lain.
  • Aplikasi masih berjalan. Hal ini terjadi jika kamu sering menutup aplikasi hanya melalui tombol ‘home’. Aplikasi yang ditutup melalui tombol ‘home’ akan membuat aplikasi masih berjalan dan menguras bateraimu tanpa kamu ketahui.
  • Usia baterai. Hal ini tentu tidak dapat dipungkiri. Baterai yang digunakan dalam waktu yang sangat lama berisiko mengalami penurunan kemampuan penyimpanan daya. Hal ini dapat memicu baterai iPhone mu cepat habis.

Berbagai penyebab baterai iPhonemu cepat habis tentu masih banyak lagi. Penggunaan layanan dan fitur yang ada di dalam handphone secara maksimal akan menguras daya bateraimu lebih banyak. Kamu harus selalu berhati hati dan mencari cara menghemat baterai iPhone milikmu.

Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara Menghemat Baterai iPhone
Cara Menghemat Baterai iPhone

Selagi kamu berada di luar rumah tanpa akses charge baterai, kamu tentu tidak ingin kehabisan daya bateri iPhonemu. Untuk menghemat baterai iPhone milikmu, kamu hanya perlu melakukan beberapa cara, yaitu :

  • Mengurangi kecerahan layar
  • Modus Low Power
  • Persingkat waktu auto lock
  • Matikan Reducing Motion
  • Menutup aplikasi yang tidak digunakan
  • Menghapus aplikasi boros baterai
  • Matikan aplikasi di Background App Refresh
  • Mematikan layanan yang tidak diperlukan
  • Kurangi notifikasi di layar kunci

Mengurangi Kecerahan Layar

Apabila kamu adalah orang yang selalu menyetel kecerahan layar maksimal, kamu harus memahami cara ini. Kecerahan layar yang semakin tinggi akan semakin menguras daya baterai iPhonemu. Untuk itu, jika kamu butuh sementara waktu untuk menghemat baterai, turunkan kecerahan layar seminimal mungkin yang bisa kamu gunakan. Dengan begitu, kamu tetap bisa menggunakan iPhone tanpa khawatir baterai cepat habis.

Terkait:  Cara Cek Garansi iPhone

Modus Low Power

Beberapa handphone saat ini memiliki opsi hemat daya. Begitu pula dengan iPhone yang memiliki modus low power. Dengan mengaktifkan modus low power, biasanya iPhone akan meminimalisir penggunaan hanya pada layanan yang penting saja. Dengan mengaktifkan modus low power, iPhone juga akan menurunkan kecerahan layar dan menonaktifkan beberapa trik tampilan.

Persingkat Waktu Auto Lock

Auto lock adalah fitur yang membuat iPhone mu melakukan kunci layar secara otomatis di luar kendalimu. Semakin singkat waktu auto lock yang kamu set, akan semakin menghemat penggunaan baterai karena durasi layar aktif akan semakin sedikit. Hal  ini dapat membantumu menghemat baterai iPhone dengan lebih baik.

Matikan Reducing Motion

Efek tampilan yang disajikan oleh iPhone benar-benar sangat memanjakan mata. Namun, kamu juga harus sadar bahwa efek tersebut akan menguras baterai iPhone mu. Dalam rangka menghemat baterai iPhone, kamu harus mematikan efek Reducing Motion melalui menu pengaturan.

Menutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan, sebaiknya benar benar kamu tutup melalui layar menu. Apabila kamu hanya menggunakan tombol ‘home’ untuk menutup aplikasi, aplikasi tersebut hanya ter-minimize. Kamu perlu menutupnya melalui tombol menu sehingga aktivitas iPhone tidak terlalu berat. Hal ini dapat membantumu menghemat baterai iPhone milikmu.

Hapus Aplikasi Boros Baterai

Perlu kamu ketahui bahwa semua aplikasi menguras baterai pada ukuran yang berbeda-beda. Sesekali kamu harus mengecek pada pengaturan untuk melihat aplikasi apakah yang memakan daya baterai terlalu banyak. Apabila kamu merasa aplikasi tersebut tidak terlalu diperlukan, tidak ada salahnya kalau kamu menghapus aplikasi tersebut untuk menghemat baterai iPhone milikmu.

Matikan Aplikasi di Background App Refresh

Aplikasi di Background App Refresh adalah aplikasi yang tetap berjalan meskipun kamu tidak membukanya. Aplikasi seperti perpesanan dan sosial media mungkin diperlukan untuk berjalan di Background App Refresh. Namun, aplikasi seperti game tidak perlu berjalan di Background App Refresh. Untuk itu kamu perlu mematikan beberapa aplikasi yang tidak perlu di Background App Refresh guna menghemat baterai iPhone mu.

Terkait:  Cara Hotspot Baterai

Mematikan Layanan yang Tidak Diperlukan

Layanan seperti Air Drop, Spotlight, dan GPS sebaiknya kamu matikan sementara untuk menghemat baterai iPhone milikmu. Terlebih jika kamu tidak sedang memerlukan layanan tersebut. Jika layanan tersebut masih aktif, secara tidak sadar daya bateraimu akan terus terkuras. Mematikan layanan yang tidak kamu perlukan bisa menghemat baterai iPhone mu lebih baik.

Kurangi Notifikasi di Layar Kunci

Yang terakhir, notifikasi di layar kunci juga menguras baterai iPhone mu. Notifikasi yang berlebihan membuat iPhone milikmu sering bekerja saat sedang dalam kondisi beristirahat. Guna menghemat baterai iPhone mu, kamu perlu mengurangi notifikasi yang tidak perlu pada layar kunci milikmu. Beberapa notifikasi seperti Youtube, Facebook, atau notifikasi dari browser dirasa tidak perlu kamu nyalakan di layar kunci. Mematikan notifikasi tersebut bisa membantumu menghemat baterai dengna lebih efektif.

Demikian artikel terkait cara menghemat baterai iPhone. Pastikan untuk menggunakan iPhone sewajarnya saja guna menjaga keawetan baterai agar tidak rusak. Semoga bermanfaat.

Related posts