Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi

Bagaimana cara mengatasi baterai HP cepat habis Xiaomi ? Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone yang cukup popular dikalangan masyarakat. Sebab Xiaomi menawarkan smartphone dengan spesifikasi yang tidak kalah unggul dengan smartphone lain namun dengan harga yang terjangkau.

Saat kita menggunakan handphone, dan handphone tersebut sudah cukup lama tentu kamu akan menemui permasalahan baterai HP Xiaomi boros atau cepat habis. Tentunya tidak nyaman jika sedang asik menggunakan handphone untuk beraktivitas tiba-tiba baterai cepat habisnya.

Read More

Permasalahan baterai cepat habis ini tidak hanya terjadi dikalangan pengguna Xiaomi saja, akan tetapi semua pengguna smartphone pasti sudah pernah mengalami permasalahan ini.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menyebabkan baterai HP menjadi borot dan cepat habis. Namun kamu juga bisa mengatasi masalahan baterai handphone Xiaomi yang cepat habis ini dengan beberapa cara.

Cara mengatasi baterai HP Xiaomi cepat habis Xiaomi cukup mudah untuk dilakukan. Namun jika kamu masih bingung mengenai langkah-langkahnya kamu dapat menyimak cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi

Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi
Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Xiaomi

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi baterai HP cepat habis Xiaomi. Disini akan dibahas beberapa tips atau metode yang dapat kamu lakukan supaya baterai handphone milikmu tidak boros.

Berikut ini cara-cara untuk mengatasi masalah baterai boros, simak penjelasannya dari awal hingga selesai.

Terkait:  Cara Agar Baterai HP Awet Xiaomi

1. Menggunakan ROM Resmi Xiaomi

Metode pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara menggunakan ROM resmi dari Xiaomi. Seperti yang kita ketahui jika banyak handphone Xiaomi yang dijual dan dibawa oleh distributor tidak resmi hal ini menjadikan ROM yang terpasang di handphone tersebut menjadi abal-abal.

Dan hanya sebagian dari distributor resmi Xiaomi yang menginstal ROM resmi, ROM yang tidak resmi inilah yang dapat menjadi penyebab baterai handphone Xiaomi menjadi boros dan cepat habis.

Sebab jika menggunakan ROM tidak resmi maka akan rentan dengan malware dan juga memiliki banyak bug didalamnya. Oleh karena itu cara efektif mengatasi baterai cepat habis karena ROM adalah dengan menggunakan ROM resmi dari Xiaomi supaya bisa menghilangkan bug dan juga mendapatkan update resmi.

2. Mengaktifkan Mode Auto Close App

Cara berikutnya adalah dengan mengaktifkan fitur Auto Close App. Salah satu fitur bawaan dari smartphone Xiaomi adalah fitur Command Center. Dan didalam fitur ini terdapat berbagai layanan yang dapat digunakan oleh pengguna Xiaomi.

Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengoptimalkan baterai handphone Xiaomi milikmu supaya baterai tidak lekas habis. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan optimalisasi baterai di HP Xiaomi :

  • Langkah pertama adalah buka menu Setelan.
  • Kemudian kamu bisa memilih opsi Keamanan(Security).
  • Jika sudah maka kamu dapat menekan opsi Baterai.
  • Lalu pilih profile.
  • Setelah itu tekan tombol bersihkan cache saat perangkat terkunci.
  • Langkah berikutnya pilih 1 (satu) menit.
  • Selesai.

Jika kamu mengaktifkan fitur ini maka handphone milik kamu akan secara otomatis membersihkan memeori RAM setelah layar mati selamat satu menit. Jadi jika kamu tidak ingin suatu aplikasi ditutup secara otomatis maka kamu bisa mengunci aplikasi itu terlebh dahulu.

Terkait:  Cara Menghubungkan HP ke Televisi

Caranya adalah dengan tekan tombol resent app, lalu kamu bisa swipe kebawah dan pilih ikon gembok. Dengan begitu maka aplikasi tersebut akan terkunci.

3. Akifkan Mode Ekstrim Power Saving

Selain kedua cara diatas kamu juga bisa memilih cara ketiga ini untuk menghemat baterai supaya tidak boros. Caranya adalah dengan mengaktifkan mode ekstrim power saving, fitur ini tidak akan bisa muncul tanpa kamu mengaktifkannya.

Untuk mengaktifkannya kamu dapat melakukan beberapa langkah, berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan mode ekstrim power saving :

  • Langkah pertama masuk ke menu Pengaturan (Settings).
  • Setelah itu maka kamu bisa memilih opsi Baterai.
  • Lalu pilih opsi kelola penggunaan baterai aplikasi.
  • Jika sudah kamu bisa tab beberapa kali pada bagian ON.
  • Kemudian akan muncul Ultimate mode on, dan akan muncul fitur mode ekstrim.
  • Selesai, dan untuk mematikan mode ekstrim power saving kamu bisa tab beberapa kali hingga mode ekstrim power saving itu hilang.

Yang perlu kamu ketahui jika kamu mengaktifkan mode ini maka kamu perlu membuka aplikasi yang berjalan dilayar belakang secara manual, contonya jika kamu ingin melihat notifikasi WhatsApp maka kamu dapat membuka aplikasi ini secara manual.

4. Aktifkan Fitur Tombol Back

Cara ini juga bisa kamu coba untuk mengatasi permasalahan baterai handphone Xiaomi yang cepat habis, yaitu dengan memanfaatkan fitur tombol back. Untuk mengaktifkannya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini, simak penjelasannya!.

  • Langkah pertama adalalah buka menu Setelan atau Pengaturan di handphone Xiaomi milikmu.
  • Jika sudah maka kamu bisa memilih opsi Setelan tambahan.
  • Langkah berikutnya klik opsi Tombol.
  • Lalu pada menu Tekan lama tombol navigasi, kamu bisa memilih tombol back dan tutup aplikasi.
  • Selesai.

Mengakifkan fitur yang satu ini sangat berguna untuk menutup suatu aplikasi hanya dngan menekan tombol back, apalagi jika aplikais tersebut kamu gunakan sesekali saja. Dengan mengaktifkan tombol back ini akan menghemat pemakaian baterai karena tidak banyak aplikasi di latar belakang.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Google di HP Xiaomi

5. Matikan Fitur GPS

Selanjutnya ada salah satu fitur yang bisa kamu matikan jika ingin menghemat baterai untuk mengatasi permasalahan baterai cepat habis. Fitur ini adalah fitur GPS, GPS atau singkatan dari Global Positioning System.

Jika kamu sedang tidak menggunakan fitur ini maka kamu bisa mematikannya karena jika GPS kamu selalu dalam keadaan ON maka baterai handphone Xiaomi milikmu bisa cepat habis sebab fitur ini selalu aktif untuk mendeteksi lokasi kamu.

Oleh sebab itu matikan fitur GPS jika sudah tidak terpakai, supaya baterai handphone Xiaomi milikmu tidak boros.

6. Mengaturan Kecerahan Layar

Seperti yang kita ketahui bersama jika kecerahan handphone bisa menjadi faktor yang utama untuk menghabiskan banyak baterai ponsel. Semakin cerah layar HP maka semakin cepat habis pula baterai yang kita miliki.

Oleh sebab itu kamu bisa mengatur kecerahan handphone kamu menjadi low, sebab dengan kecerahan low ini maka baterai handphone kamu bisa lebih hemat lagi. Kamu bisa menyesuaikan kecerahan supaya tidak merusak mata, seperti jangan terlalu cerah ataupun terlalu gelap.

7. Aktifkan Fitur Battery Saver

Berikutnya kamu bisa memanfaatkan salah satu fitur yang sudah tersedia di handphone Xiaomi yaitu fitur Battery Saver, dengan menggunakan fitur ini kamu bisa mengatasi masalah baterai yang cepat habis di handphone Xiaomi.

Simak langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan fitur Battery Saver :

  • Langkah pertama kamu bisa buka menu Setelan di handphone Xiaomi terlebih dahulu.
  • Jika sudah maka kamu bisa pilih opsi Keamanan.
  • Lalu pilih Baterai.
  • Langkah selanjutnya klik fitur Battery Saver.
  • Kemudian hidupkan fitur tersebut.
  • Selesai.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi baterai baterai HP cepat habis Xiaomi, dari tujuh cara yang telah dibahas kamu bisa mengikuti salah satu cara yang menurut kamu mudah. Selamat mencoba.

Related posts