Cara Mengatasi Hp Xiaomi Panas dan Baterai Cepat Habis

Salah satu kendala yang sering dialami pengguna hp Xiaomi adalah hp yang mudah panas dan daya baterainya cepat habis. Inilah pentingnya merawat kesehatan baterai hp Xiaomi agar performanya tetap baik dan kalian bisa berselancar dengan leluasa. Namun jika kalian mengalami kondisi baterai hp Xiaomi cepat lowbat, bisa ikuti cara mengatasi hp Xiaomi panas dan baterai cepat habis disini.

Bukan tanpa alasan, hp Xiaomi cepat panas dan boros baterai biasanya dikarenakan pemakaian yang salah atau terlalu memaksakan kinerja ponsel untuk aktivitas-aktivitas yang berat.

Read More

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Panas dan Baterai Cepat Habis

Cara Mengatasi hp Xiaomi Panas dan Baterai Cepat Habis
Tutorial Mengatasi Hp Xiaomi Panas dan Baterai Cepat Habis

Langkah paling tepat untuk mengatasi overheat pada hp Xiaomi adalah dengan meminimalisir aktivitas yang berlebihan. Kita tahu pasti, bahwa setiap baterai hp memiliki limit temperatur tertentu agar dapat tetap bekerja. Jika pemakaiannya berlebihan, maka jangan heran jika hp baterai Xiaomi menjadi mudah boros.

Ini ada beberapa cara mengatasi hp Xiaomi panas dan baterai cepat habis yang bisa kalian lakukan :

1. Aktifkan Opsi Power Saving

Kalian bisa menyalakan atau mengatifkan pilihan power saving pada perangkat Xiaomi, agar baterai hp lebih hemat. Ketika mengaktifkan mode atau fitur ini, secara otomatis perangkat akan langsung menonaktifkan bluetooth, wifi dan GPS.

Selain itu, monitor layar hp Xiaomi secara otomatis juga akan diredupkan, bahkan hp akan langsung menutup program atau sistem yang sedang berjalan di latar belakang.

Aktifkan Fitur Power Saving
  • Akses menu pengaturan atau settings.
  • Tekan opsi battery, kemudian masuk ke Manage Apps Battery Usage.
  • Akan disuguhkan 2 pilihan yaitu off  atau on. Kalian harus mengakifkan layanan ultimate power saver mode terlebih dahulu.
  • Caranya silahkan tekan on hingga 7 kali, dan power saving akan muncul, bahkan akan langsug di setting secara otomatis pada perangkat kalian.
  • Namun ketika ingin menonaktifkan fitur ini kembali, cukup tekan on hingga tujuh kali dan nonaktifkan. 

Fitur power saving ini sebenarnya hampir mirip dengan mode pesawat, hanya saja perbedaannya jika perangkat menggunakan mode pesawat maka semua aktivitas akan off. Akan tetapi, berbeda dengan power saving kalian masih bisa beraktivitas.

2. Pertahankan Performa Baterai Xiaomi

Menggunakan hp Xiaomi secara terus menerus sampai perangkat mengalami overheat adalah perilaku yang salah dan sebaiknya jangan dijadikan kebiasaan. Karena hal ini secara perlahan bisa membuat baterai hp Xiaomi cebat boros, dan akhirnya rusak.

Maka dari itu, untuk mempertahankan performa baterai hp Xiaomi adalah dengan tidak terus menerus menggunakan hp Xiaomi sampai baterai habis. Apalagi jika memainkan game saat hp sedang dilakukan charge.

3. Nonaktifkan Screen Saver dan Mode Getar Pada Xiaomi

Cara mengatasi hp Xiaomi panas dan baterai cepat habis adalah dengan cara menonakifkan screen saver dan getar pada hp. Kalian wajib tahu bahwa screen saver sebenarnya menyedot daya baterai lebih besar. Hal inilah yang bisa membuat baterai Xiaomi kalian menjadi cepat habis.

Matikan Mode Getar

4. Matikan Ponsel Xiaomi Saat Charging

Salah satu penyebab hp Xiaomi panas dan baterai cepat habis adalah menonton video streaming sembari dicas atau memainkan game sembari dicas. Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya kalian harus mematikan ponsel Xiaomi terlebih dahulu ketika mengisi daya baterai.

Matikan Hp Xiaomi Saat Charging

Walaupun hal ini mudah dilakukan dan sederhana, pada kenyataannya pengguna banyak yang mengabaikan hal tersebut. Jika kalian sudah terbiasa melakukan hal ini, sekarang ubahlah kebiasaan dengan mematikan hp Xiaomi saat dicharging terlebih dahulu. Biarkan hp baterai hp terisi lebih dulu, baru kemudian cabut kabel charger dan gunakan kembali ponsel kalian untuk beraktivitas setelahnya.

5. Minimalkan Tingkat Kecerahan Layar Xiaomi

Penyebab baterai hp Xiaomi cepat habis dan panas lainnya juga dapat dikarenakan tingkat kecerahan layarnya maksimal. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya kalian harus mengurangi tingkat kecerahan pada layar hp, agar pemakaian baterai Xiaomi tidak terlalu besar.

Minimalkan Tingkat Kecerahan Layar Xiaomi

Akan tetapi, hal tersesuaikan dengan kebutuhan, apakah pada malam atau siang hari. Biasanya jika di siang hari memang dibutuhkan kecerahan layar cukup tinggi. Sedangkan di malam hari, tingkat kecerahan layarnya dapat diatur menjadi lebih rendah.

6. Update Sistem MIUI ke Versi Terbaru

Cara mengatasi hp Xiaomi panas dan baterai cepat habis selanjutnya adalah dengan mengupdate sistem MIUI ke dalam versi terbaru. Melalui versi MIUI yang terbaru, maka baterai hp bisa lebih awet dan tahan lama. Sebab MIUI terbaru bisa membuat performa hp dapat bekerja lebih baik dan efisien.

Kalian bisa update sistem MIUI ke dalam versi terbaru dengan menguduh ROM MIUI terbaru terlebih dahulu, atau ikuti seluruh langkahnya di bawah ini :

Update MIUI Xiaomi ke Versi Terbaru
  • Silahkan download ROM MIUI di sini!
  • Akses pengaturan atau setelan, kemudian klik tentang ponsel dan tap opsi pembaharuan system.
  • Klik tiga titik di sebelah kanan atas.
  • Ketuk pake pembaharuan, selanjutnya ketuk berkas.
  • Kini kalian akan menemukan opsi penyimpanan internal dan kartu SD.
  • Kalian bisa memilih file ROM MIUI terkini yang sudah diunduh lalu tekan Ok.
  • Selanjutnya tekan hapus dan perbaharui.

7. Atur Opsi Pengembang di hp Xiaomi

Mengatasi baterai hp Xiaomi yang overheat juga dapat dilakukan dengan mengatur opsi pengembang di hp Xiaomi. Ini adalah langkah untuk menghemat baterai agar leih efisien. Kalian bisa mengatur opsi pengembang ini dengan tutorial berikut :

Mengatur Opsi Pengembang Hp Xiaomi
  • Masuk ke setelan perangkat xiaomi.
  • Tekan tentang ponsel atau about phone.
  • Jika sudah, tap 7 kali pada versi MIUI yang tertera.
  • Setelah itu, kalian akan menerima pemberitahuan bahwa kalian sudah jadi pengembang.
  • Jika sudah, buka setelan tambahan dan tekan opsi pengembang.
  • Di bagian atas, tinggal switch saja pilihan opsi pengembang jika ingin mengaktifkannya.

8. Nonaktifkan Bluetooth , GPS dan Wifi

Supaya baterai hp Xiaomi lebih hemat, maka cara yang bisa kalian lakukan adalah nonaktifkan fitur wifi, GPS dan bluetooth yang seringkali dibiarkan menyala. Ketiga fitur inilah yang seringkali menjadi penyebab baterai mengalami overheat.

Mematikan Fitur GPS, Bluetooth dan Wifi

Silahkan mematikan ketiga fitur tersebut jika diaktifkan secara bersamaan tanpa disadari untuk memaksimalkan performa baterai hp Xiaomi kembali.

9. Memakai Opsi Auto Close Program

Cara mengatasi hp Xiaomi panas dan baterai cepat habis terakir adalah dengan menyalakan opsi auto close program. Jadi, dengan opsi ini kalian dapat menghapus beberapa program yang tidak digunakan secara otomatis.

Melalui fitur ini juga, ketika kalian sudah meninggalkan program tersebut dalam waktu yang lama, pada saat itu juga hp langsung menonaktifkan program tersebut.

Mengatasi masalah hp Xiaomi yang mengalami overheat kini tidak perlu repot lagi, karena kalian hanya perlu memilih satu atau beberapa dari 9 cara mengatasi hp Xiaomi panas dan baterai cepat habis yang efektif di atas.

 

Related posts