Cara Menghemat Baterai Handphone

  • Whatsapp

Apakah kamu sedang bermasalah dengan baterai Handphone milikmu? Bagaimana cara menghemat baterai handphone? Artikel ini akan membantumu menghemat baterai handphone dengan efektif.

Sekilas Tentang Baterai Handphone

Menjadi bagian utama dari handphone, baterai memegang peran penting sebagai penyedia daya listrik bagi perangkat komunikasi tersebut. Dari awal penemuannya hingga sekarang, kapasitas baterai handphone berbeda-beda tergantung kebutuhan pada masanya. Namun, karena seiring berkembangnya zaman, kinerja handphone semakin beragam. Hal ini menyebabkan baterai handphone menjadi boros dan cepat habis.

Read More

Pada awal kemunculan handphone, tak banyak fitur yang tersedia. Baterai handphone pun mampu bertahan untuk waktu yang cukup lama. Semakin hari, sistem semakin dikembangkan, handphone memiliki berbagai fitur tambahan. Seperti permainan, tema, pemutar musik dan video dan kemampuan menjelajahi internet yang membuat beban baterai semakin besar. Hal hal inilah yang memicu para pemiik handphone untuk menghemat baterai handphone mereka.

Mengingat di zaman sekarang, hampir semua kegiatan manusia memanfaatkan peran handphone. Berkomunikasi, berbisnis, bertamasya, bahkan mencari hiburan semua dilakukan dengan bantuan telepon genggam. Hal ini membuat peran handphone di kehidupan sangat penting dan baterai yang cepat habis akan sangat merepotkan. Untuk itu, kamu harus mengetahui cara menghemat baterai handphone milikmu.

Penyebab Baterai Handphone Cepat Habis

Semua kegiatan yang dilakukan dengan handphone sejatinya selalu menguras daya dari baterai handphone. Namun, jumlah daya yang dikeluarkan berrbeda-beda untuk setiap kegiatan. Hal ini juga berlaku untuk kegiatan yang berjalan di latar belakang. Contohnya, misal kamu menggunakan handphone milikmu untuk permainan, tentu akan memakan daya lebih besar daripada kamu yang menggunakan handphone milikmu untuk berkirim pesan singkat.

Terkait:  Cara Keluar Akun Gmail di Android

Adapun beberapa hal yang menyebabkan baterai handphone milikmu cepat habis adalah :

  • Kecerahan layar. Semakin tinggi kecerahan layar handphone milikmu akan semakin menguras daya baterainya.
  • Wallpaper. Wallpaper dahulu hanyalah gambar yang dijadikan latar belakang. Sekarang, sudah banyak wallpaper yang berupa animasi bergerak yang berakibat menguras daya bateraimu lebih banyak.
  • Sinyal buruk. Jika kamu berada di tempat yang susah menjangkau sinyal selulermu, handphone mu akan bekerja lebih keras untuk menemukan sinyal. Hal ini bisa mengakibatkan bateraimu cepat habis.
  • Aplikasi berat. Beberapa aplikasi memerlukan daya baterai yang lebih banyak, seperti Youtube, Netflix, Zoom, Google Meet, dan lain lain.
  • Aplikasi masih berjalan. Hal ini terjadi jika kamu sering menutup aplikasi hanya melalui tombol ‘home’. Aplikasi yang ditutup melalui tombol ‘home’ akan membuat aplikasi masih berjalan dan menguras bateraimu tanpa kamu ketahui.
  • Usia baterai. Hal ini tentu tidak dapat dipungkiri. Baterai yang digunakan dalam waktu yang sangat lama berisiko mengalami penurunan kemampuan penyimpanan daya. Hal ini dapat memicu baterai handphone mu cepat habis.

Berbagai penyebab baterai handphonemu cepat habis tentu masih banyak lagi. Penggunaan layanan dan fitur yang ada di dalam handphone secara maksimal akan menguras daya bateraimu lebih banyak. Kamu harus selalu berhati hati dan mencari cara menghemat baterai handphone milikmu.

Cara Menghemat Baterai Handphone

Cara Menghemat Baterai Handphone
Cara Menghemat Baterai Handphone

Selagi kamu berada di luar rumah tanpa akses charge baterai, kamu tentu tidak ingin kehabisan daya bateri handphonemu. Untuk menghemat baterai handphone milikmu, kamu hanya perlu melakukan beberapa cara, yaitu :

  • Menurunkan resolusi layar
  • Mengurangi kecerahan layar
  • Mematikan konektivitas
  • Mode gelap
  • Mode hemat daya
  • Menggunakan aplikasi Lite
  • Matikan trik tampilan
  • Menutup aplikasi yang tidak digunakan
  • Mematikan layanan yang tidak diperlukan
Terkait:  Cara Cek Data Smartfren

Menurunkan Resolusi Layar

Layar dengan resolusi tinggi dinilai mampu menguras baterai. Resolusi yang terlalu tinggi seperti 4K, 2K atau HD sebaiknya kamu turunkan dalam rangka menghemat baterai handphonemu. Konsekuensi yang harus kamu terima jika menurunkan resolusi layar adalah grafis di HP akan terlihat lebih buruk dari biasanya. Namun tak perlu khawatir, karena kamu hanya harus melakukan ini sementara sampai menemukan akses charging.

Mengurangi Kecerahan Layar

Apabila kamu adalah orang yang selalu menyetel kecerahan layar maksimal, kamu harus memahami cara ini. Kecerahan layar yang semakin tinggi akan semakin menguras daya baterai handphonemu. Untuk itu, jika kamu butuh sementara waktu untuk menghemat baterai, turunkan kecerahan layar seminimal mungkin yang bisa kamu gunakan. Dengan begitu, kamu tetap bisa menggunakan handphone tanpa khawatir baterai cepat habis.

Mematikan Konektivitas

Cara ini dirasa cukup efektif, terlebih jika kamu berada di tempat yang sangat susah menjangkau sinyal. Atau kamu sedang berada dalam situasi yang membuatmu tidak memerlukan konektivitas, seperti bekerja, berkendara, dan lain sebagainya. Hal ini akan membantumu menghemat daya baterai. Kamu hanya perlu menghidupkan konektivitas sesekali untuk melihat apakah ada pesan atau panggilan masuk untukmu.

Mode Gelap

Perlu kamu perhatikan, cara ini tidak bisa kamu lakukan di sembarang handphone. Hanya handphone dengan layar LED, OLED dan AMOLED yang bisa menghemat baterai menggunakan mode gelap. Sebaliknya, untuk handphone dengan layar LCD, penggunaan mode gelap justru lebih menguras baterai dibandingkan mode biasa.

Mode Hemat Daya

Beberapa handphone saat ini memiliki opsi hemat daya. Fitur hemat daya ini bisa kamu andalkan untuk menghemat daya baterai milikmu. Dengan mengaktifkan mode hemat daya, biasanya handphone akan meminimalisir penggunaan hanya pada layanan yang penting saja. Layanan tersebut meliputi perpesanan, telepon, dan bervariasi setiap handphone. Bahkan, di beberapa handphone memiliki tingkatan yang berbeda beda untuk mode hemat daya. Dari mulai mode hemat daya biasa hingga mode hemat daya ultra yang benar benar menghemat baterai handphone milikmu.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Gmail di Android

Menggunakan Aplikasi Lite

Apa itu aplikasi lite? Aplikasi lite adalah versi ringan dari sebuah aplikasi aslinya. Beberapa aplikasi yang memiliki versi lite yakni Facebook (FB Lite), Youtube (Youtube Go), Twitter (Twitter Lite) dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan aplikasi Lite, penggunaan baterai milikmu lebih kecil dibandingkan dengan aplikasi aslinya. Dengan begitu kamu dapat menghemat baterai handphone milikmu lebih efektif.

Mematikan Trik Tampilan

Jika handphone milikmu memiliki berbagai widget dan trik tampilan di layar depan, sebaiknya kamu mematikan trik tampilan sementara. Hal ini dikarenakan penggunaan trik tampilan berpotensi menguras baterai handphone mu. Dalam rangka menghemat baterai handphone milikmu, alangkah lebih baik mematikan widget dan trik tampilan sementara.

Menutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan, sebaiknya benar benar kamu tutup melalui layar menu. Apabila kamu hanya menggunakan tombol ‘home’ untuk menutup aplikasi, aplikasi tersebut hanya ter-minimize. Kamu perlu menutupnya melalui tombol menu sehingga aktivitas handphone tidak terlalu berat. Hal ini dapat membantumu menghemat baterai handphone milikmu.

Mematikan Layanan yang Tidak Diperlukan

Layanan seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS sebaiknya kamu matikan sementara untuk menghemat baterai handphone milikmu. Terlebih jika kamu tidak sedang memerlukan layanan tersebut. Jika layanan tersebut masih aktif, secara tidak sadar daya bateraimu akan terus terkuras. Mematikan layanan yang tidak kamu perlukan bisa menghemat baterai handphone mu lebih baik.

Demikian artikel terkait cara menghemat baterai handphone. Semoga bermanfaat.

Related posts