Cara Hemat Baterai Xiaomi

Cara Hemat Baterai Xiaomi
Cara Hemat Baterai Xiaomi

Penggemar Xiaomi, siap-siap sambut teknologi terbaru yang membuat HP Android kamu ini tidak kalah canggih dengan merek-merek flagship ternama. Apalagi, kalau bukan seri Redmi Note 11. Selain itu, kamu juga perlu mempelajari cara hemat baterai Xiaomi biar tetap awet. Memiliki kapasitas baterai hingga 5000 mAH, dan didukung Pro 33W biar isi dayanya cepat.

Menariknya lagi, kamu akan temukan teknologi Write Booster agar penulisan data bisa di HP jadi semakin cepat. Selain itu, ditemani oleh UFS 2.2 yang mempercepat loading dari aplikasi. Prosessor yang digunakan juga sudah bisa meningkatkan performa ponsel, tetapi tidak bikin ketahanan daya baterainya cepat menurun. Pengisian battery full hanya butuh waktu 60 menit.

Read More

Mode Hemat Baterai Xiaomi

Fitur mode hemat baterai Xiaomi satu ini, berfungsi untuk mengurangi penggunaan daya dari baterai yang berlebih. Selain itu, layanan tersebut mampu meningkatkan masa hidup battery  agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Akan tetapi, di sisi lain hal tersebut juga memicu timbulnya efek samping mode hemat baterai Xiaomi. Apa sajakah itu?

  • Kinerja atau performa ponsel kamu akan menurun selama mode hemat masih terus diaktifkan
  • Berbagai macam notifikasi atau pemberitahuan dari aplikasi tidak akan muncul di layar HP kamu, terutamaa saat kondisi ponsel dalam mode sleep
  • Tingkat kecerahan screen HP pastinya akan tampak lebih gelap demi mengurangi pemakaian daya baterai
  • Sistem MIUI otomatis akan melakukan pembersihan cache saat lock screen aktif.

Cara Hemat Baterai Xiaomi

Cara Hemat Baterai Xiaomi
Cara Hemat Baterai Xiaomi

Cara hemat baterai Xiaomi dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan kode hemat baterai Xiaomi. Dimana, caranya ini sangat mudah. Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh serbanesia.id, inilah langkah-langkah yang tepat untuk mengaktifkan saving mode battery via kode:

  1. Silahkan kamu menuju aplikasi Phone atau Telepon di HP Xiaomi
  2. Pilih ikon gagang telepon untuk menampilkan dial pad di layar
  3. Masukkan kode rahasianya, yaitu *#*#64663#*#*
  4. Tidak perlu klik tombol Enter atau Dial In
  5. Otomatis, akan muncul tampilan mode Engineering di HP Xiaomi 6a kamu
  6. Pengguna bisa langsung melakukan pengecekan kondisi kesehatan baterai.

Cara Hemat Baterai Poco X3 Pro

Cara hemat baterai Poco X3 Pro untuk produk keluaran Xiaomi yang sudah menggunakan sistem operasi MIUI 12. Begini penjelasan selengkapnya:

  1. Tarik layar dari bagian atas ke bawah untuk memunculkan panel fitur-fitur Xiaomi
  2. Klik ikon gear atau menu Pengaturan
  3. Scroll ke bawah, lalu temukan opsi Baterai & Performa
  4. Muncul tampilan Penghemat Baterai disertai keterangan detail lainnya
  5. Kemudian, klik ikon roda bergerigi yang terdapat di pojok kanan atas layar
  6. Beralih ke halaman Setelan
  7. Klik opsi Penghemat Baterai Apl
  8. Terlihat semua aplikasi yang sudah kamu install di perangkat HP
  9. Pilih Apl yang jarang sekali kamu gunakan, lalu ketuk Batasi Aktivitas Latar Belakang
  10. Ketuk tombol OK pada pop-up windows
  11. Lakukan hal yang sama, pada aplikasi lainnya.

Di samping itu, masih ada teknik lainnya yang bisa kamu terapkan untuk menghemat daya di baterai HP Xiaomi. Simak penjelasan cara agar hemat baterai Xiaomi berikut.

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Cara menghemat baterai HP Xiaomi tanpa aplikasi tentunya harus diiringi dengan cara setting hemat baterai Xiaomi. Tidak rumit pastinya. Kamu tinggal ikuti saja tahapan-tahapan di bawah ini:

  1. Buka menu Setelan di HP Xiaomi kamu
  2. Pilih setelan sistem Baterai & Performa
  3. Geser toogle yang terdapat di samping kanan tulisan Penghemat Baterai hingga berubah warna atau ON
  4. Lakukan pengecekan baterai melalui klik ikon gear di pojok kanan atas layar
  5. Halaman setel, kamu pilih Penghemat Baterai. Nanti, akan terlihat apa saja hal yang akan berdampak ke pengaktifan dari mode tersebut
  6. Selain itu, kamu bisa geser toogle ke posisi ON di bagian Matikan Saat Diisi Daya
  7. Kembali ke tampilan Baterai & Performa, lalu pilih tombol Optimalkan untuk membersihkan cache yang terperangkap di perangkat,

Pengguna Xiaomi juga bisa melakukan cara mematikan mode hemat baterai Xiaomi dengan menggeser toogle Penghemat baterai ke posisi OFF. Selanjutkan, kita beralih ke pembahasan cara membuat HP Xiaomi hemat baterai.

Cara Menjaga Battery Health Android

Cara menjaga battery health Android di berbagai macam merek smartphone. Biar kamu tidak pusing dengan pengeluaran untuk membeli komponen baterai HP yang baru. Maka dari itu, sebaiknya lakukan tips berikut agar kesehatan baterainya tetap terjaga. Ini tips selengkapnya:

1. Istirahatkan HP Xiaomi

Bagi kamu yang ingin terlepas dari rasa kekhawatiran mengganti baterai HP Xiaomi dalam kurun waktu dekat. Biasakan dirimu mengistirahatkan ponsel minimalnya sehari selama satu minggu. Apabila tidak memungkinkan, bisa dilakukan alternatif lainnya melalui sela-sela kegiatan break kamu. Contoh, saat tidur, ketika sedang sakit, atau berada di daerah terpencil.

Dampak dari perilaku ini, akan membantu meningkatkan masa hidup baterai. Terlebih, kamu bisa lebih menikmati aktivitas lainnya selain berkutat dengan ponsel. Misalnya, mencoba hal baru seperti menggambar, berjalan-jalan menikmati pemandangan sekitar, atau menulis diary.

2. Nonaktifkan Beberapa Fitur Bawaan Pabrik

Tip selanjutnya, memang cukup sulit untuk dipraktekan oleh para pengguna smartphone. Hal ini disebabkan, segala kegiatan yang berkaitan dengan operasional ponsel pasti butuh tools notifikasi sebagai alat bantunya. Supaya, ketika ada informasi update aplikasi dari developer atau sekedar chat baru yang masuk. Maka, pemilik HP dapar segera mengetahuinya.

Akan tetapi, dampak dari tools notifikasi membuat daya baterai terkuras selama adanya info baru yang masuk ke dalam ponselmu. Maka dari itu, kamu bisa mensiasatinya dengan setting di menu Setelan HP untuk menonaktifkan beberapa aplikasi yang sekiranya dianggap terlalu sering menampilkan pemberitahuan. Meskipun kamu nonatifkan notifnya, pesan tetap masuk.

3. Uninstall Aplikasi Digital Wellbeing dari Ponsel

Menghapus pemasangan aplikasi dari Digital Wellbeing ini, juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara hemat baterai Xioami Redmi 2. Tetapi, kamu juga dapat mempraktekan cara ini ke seri Xiaomi lainnya. Simak selengkapnya di bawah ini:

  1. Masuk ke menu Setelan, kemudian klik opsi System App
  2. Temukan aplikasi Digital Wellbeing, lalu jalankan aplikasinya
  3. Pilih Disable atau bisa juga Uninstall agar aplikasi tersebut tidak dapat berjalan lagi di sisetem pengaturan ponsel kamu.

Aplikasi Penghemat Baterai Xiaomi

Selain dari Digital Wellbeing yang bisa memicu pemborosan daya baterai. Kalian juga dapat menemukan aplikasi penghemat Baterai Xiaomi melalui MI Store. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya adalah:

  • DU Battery Saver
  • Avast Battery Saver
  • Greenify
  • MAX Battery
  • Kaspersky Battery Life

Namun, metode penggunaan aplikasi tambahan untuk meningkatkan kesehatan baterai seperti ini tidak disarankan. Sebab, adanya aplikasi baru selain bawaan ponsel justru meningkatkan konsumsi dari daya baterai itu sendiri. Sebaiknya, gunakan saja tools bawaan ponsel Xiaomi.

Itulah beberapa cara hemat baterai Xiaomi di kesempatan kali ini. Baca juga informasi terkait seputar cara hemat baterai iPhone. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Have a nice days, and bye bye!

Related posts