Cara Hemat Baterai Samsung

Kaum mendang mending yuk merapat! Kita akan bahas produk smartphone yang dirilis oleh perusahaan asal negeri ginseng atau Korea Selatan. Apalagi, kalau bukan Samsung. Kalian yang aktif di dunia K-Pop, tentunya sudah tidak asing dengan merek tersebut. Nah, kalau ada budget senilai 5 juta ke bawah, kalian bisa incar M23 5G.  Simak cara hemat baterai Samsung.

Sebelum kalian mengetahui cara menjaga battery health Samsung, kalibrasi baterai Samsung, dan lain sebagainya. Ada hal yang lebih penting untuk kalian ketahui, yaitu spesifikasi dari M23 5G. Dimana, ponsel ini sudah dilengkapi dengan kapasitas baterai 5000 mAh serta OS yang dipasangkan adalah Android 12. Chipsetn sudah Qualcomm Snapdragon 750G 5G. Fast.

Read More

Kenapa Baterai Samsung Cepat Habis?

Biasanya, para pengguna dari M23 atau series lain yang setara dengan kisaran harga 5 juta ke bawah akan mengalami keluhan kenapa baterai Samsung cepat habis. Sebenarnya, kalau dinilai secara universal justru merek satu ini menawarkan ketangguhan baterai yang optimal. Hampir bisa dibandingkan dengan ketahanan dari merek Nokia di zaman dahulu. Pasti awet!

Akan tetapi, antara satu konsumen dengan orang lainnya akan mengopersikan HP Samsung dengan penanganan yang berbeda. Alhasil, daya hidup baterainya juga tergantung kebiasaan dari diri kalian masing-masing. Oleh sebab itu, hindari pemasangan aplikasi yang berlebihan. Terutama, app berkategori games yang mampu menguras konsumsi dari daya baterai tersebut.

Terkait:  Cara Merawat Rambut Keriting

Cara Hemat Baterai Samsung

Cara Hemat Baterai Samsung
Cara Hemat Baterai Samsung

Cara hemat baterai Samsung biar long life untuk pemakaian hingga beberapa tahun ke depan. Dikutip dari laman resmi Samsung.com. Inilah beberapa hal yang harus kalian perhatikan di ponselmu biar baterainya tetap awet:

1. Atur Brightness Screen di HP

Tingkat intensitas dari cahaya HP yang terlampau tinggi, dapat mengganggu kesehatan panca indera penglihatan kalian. Disini, yang dimaksud adalah mata. Meskipun kalian bisa gunakan tools tambahan seperti pelindung layar atau sebagainya. Tetapi, lambat laun kecerahan layar akan membuat daya hidup baterai semakin berkurang. Disarankan untuk pasang di 50% saja.

Cara check battery health Samsung seperti ini, sangat umum dan sederhana untuk kalian bisa terapkan dalam aktivitas pemakaian ponsel sehari-hari. Kalau kondisinya di dalam ruangan, kalian bisa gunakan mode gelap atau paling redup agar penglihatan ke layar jadi terasa lebih nyaman. Sesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

2. Lakukan Penyesuaian Screen Timeout

Nah, tips berikutnya tidak lain adalah melakukan penyesuaian pada fitur screen timeout. Ya, kalian tentu memiliki ketentuan sendiri kapan sekiranya waktu terbaik ketika layar otomatis mengalami mode sleep. Itu artinya, screen di HPmu akan langsung terkunci. Umumnya, ada beberapa pilihan yang telah disediakan oleh perusahaan untuk screen timeout tersebut.

Cara menjaga battery health Android ini, sebaiknya kalian atur dalam kisaran waktu 10 atau 15 detik supaya layar tidak terlalu lama menyerap daya pada baterai. Selain itu, HPmu jadi lebih terjaga suhunya dan tidak mudah dilihat oleh orang lain terkait apa yang sedang kalian buka di HP Samsung tersebut.

3. Nonaktifkan Fitur Auto Sync dan Auto Update

Samsung juga sudah menyediakan layanan auto sync dan update untuk para pengguna yang memiliki lebih dari 1 perangkat smartphone. Berlaku untuk berbagai macam account medsos yang biasa kalian gunakan. Sehingga, server dapat dengan mudah terhubung ke aplikasi lain tanpa perlu repot-repot melakukan registrasi ulang. Namun kelemahannya, baterai jadi boros.

Terkait:  Cara Merawat Tas

Maka dari itu, kalibrasi baterai Samsung terkadang juga diperlukan dalam pengkondisian di komponen battery. Tapi, disarankan oleh Samsung, untuk mengurangi pengaktifan fitur auto sync maupun update demi menjaga kesehatan dari baterai tersebut.

4. Posisikan Off pada Beberapa Fitur Saat Tidak Digunakan

Cara menghemat baterai Samsung S10 Plus melalui penonaktifan sementara beberapa fitur berikut. Diantaranya:

  • GPS
  • WiFi
  • Bluetooth
  • Vibrasi

Dimana, fitur-fitur di atas dapat mengurangi masa hidup dari baterai HP kalian. Oleh karena itu, disarankan untuk memposisikannya ke OFF atau matikan saat pengguna merasa tidak membutuhkan tools tersebut. Sehingga, konsumsi dari dayanya jadi jauh lebih irit lagi.

5. Aktifkan Fitur Bawaan Power Saving Mode

Cara hemat baterai Samsung A32 dapat kalian praktekan melalui power saving mode. Karena, fitur tersebut menyediakan alat untuk mengatur konsumsi daya baterai selama digunakan. Itu artinya, bateraimu bisa lebih tahan lama. Adapun layanan satu ini, hanya bisa kalian temukan di perangkat Samsung yang sudah support One UI.

Selain itu, kalian juga bisa dengan mudah menonaktifkan penggunaan baterai terbatas telah diaktifkan untuk Whatssapp. Termasuk, cara menonaktifkan mode hemat baterai Samsung di menu Setelan smartphone kalian.

Cara Check Battery Health Samsung

Cara check battery health Samsung ini, ternyata bisa kalian sertakan juga dengan cara setting persentase baterai Samsung. Pengguna hanya perlu mengaturnya melalui menu utama di HP. Berikut tahapan selengkapnya:

  1. Klik menu Pengaturan di HP Samsung
  2. Scroll ke bawah, dan temukan opsi Baterai
  3. Pilih menu Selengkapnya yang diwakili dengan ikon titik tiga vertikal
  4. Kemudian, pilih Aplikasi Nonaktif
  5. Lanjutkan dengan memilih ikon Tambah yang terdapat di bawah layar
  6. Beralih ke halaman Aplikasi, kalian pilih beberapa app yang akan dihibernasikan
  7. Selesai memilh Aplikasi, lanjut ke tombol Tambah.
Terkait:  Cara Hemat Listrik AC

Aplikasi pilihanmu yang sudah berhasil dinonaktifkan, nantinya tidak akan beroperasi di latar belakang HP kalian. Kelemahan lainnya dari fitur tersebut, pengguna sulit mendapatkan notif atau pemberitahuan terkait update atau informasi baru yang masuk ke akun. Bisa langsung saja kalian cek dengan menjalankan aplikasinya secara manual tanpa lewat panel notification.

Cara Aktifkan Fast Charging Samsung

Cara aktifkan fast charging Samsung tidak perlu lagi customize melalui menu Pengaturan. Ya, karena teknologinya sudah otomatis berjalan di HP kalian ketika melakukan pengisian daya. Tapi, kalau mau optimalisasi bateri, caranya seperti ini:

  1. Buka menu Pengaturan atau Settings
  2. Cari dan klik opsi Perawatan Perangkat (Baterai, Penyimpanan, Memori, Kemanan)
  3. Beralih ke laman berikutnya di Perawatan Perangkat, lalu ketuk tombol Optimalkan Sekarang
  4. Otomatis, HP kalian kini sudah berhasil dioptimalkan untuk masalah baterai, penyimpanan, memori, hingga keamanannya.

Cara Menonaktifkan Mode Hemat Baterai Samsung

Selanjutnya, ada cara menonaktifkan mode hemat baterai Samsung dapat menurunkan masa hidup dari baterai HP kalian. Akan tetapi, terkadang penonaktifan ini perlu dilakukan oleh user. Berikut langkah-langkah selengkapnya:

  1. Masuk ke menu Pengaturan , lalu temukan opsi Perawatan Perangkat dan Baterai
  2. Setelah itu, pilih opsi Baterai di laman berikutnya
  3. Kemudian, geser toogle ke posisi OFF untuk menonaktifkan fitur Mode Daya.

Pengguna yang ingin melakukan hal sebaliknya, yaitu mengaktifkan fitur Mode Daya supaya dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Maka, cukup geser toogle hingga berubah warna. Itu artinya, kalian telah berahsil mengubah status OFF menjadi ON.

Fitur Mode Daya tersebut, diaktifkan demi mempertahankan kelangsungan dari masa hidup baterai. Sehingga, kalian tidak perlu khawatir harus mengganti baterai setiap setahun sekali. Cukup lakukan tips yang sudah dijelaskn di atas!

Sekian pembahasan mengenai cara hemat baterai Samsung kali ini. Baca juga informasi terkait seputar cara hemat baterai iPhone. Semoga informasinya bermanfaat. See you on the next topics, and bye bye!

Related posts