Cara Muka Tidak Kusam

Cara Muka Tidak Kusam
Cara Muka Tidak Kusam

Cara muka tidak kusam bisa kamu lakukan dengan cara yang alami cukup hanya memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitarmu tanpa harus datang ke salon ataupun ke spa kecantikan. Dengan menggunakan cara alami, maka dapat dipastikan kulitmu jauh lebih awet muda karena tidak menggunakan bahan yang sudah tercampur dengan zat kimia.

Jika kamu penasaran dengan bagaimana cara melakukannya, maka kamu bisa mengikuti semua tips atau cara yang akan kami sampaikan pada artikel kali ini.

Cara Muka Tidak Kusam

Cara Muka Tidak Kusam
Cara Muka Tidak Kusam

Jika kamu ingin kulit mukamu tidak terlihat kusam, tenang saja sebab terdapat beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit mukamu dengan hanya memakai bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu. Berikut adalah penjelasan bagaimana caranya yang bisa kamu ikuti.

  1. Cara Muka Tidak Kusam Pakai Minyak Kelapa

Cara pertama yang bisa kamu gunakan agar wajahmu tidak kusam secara alami yaitu dengan menggunakan minyak kelapa. Ya, minyak kelapa ini banyak sekali manfaatnya untuk kecantikan kulit muka sebab kandungannya yang bersifat anti radang, antioksidan, bahkan mempunyai efek pemulihan.

Untuk perawatan kulit muka dengan menggunakan minyak ini, maka berarti kamu menjadikannya sebagai pelembab yang bisa mendukung proses dehidrasi kulit muka. Berikut adalah langkah-langkah untuk memanfaatkan minyak kelapa ini.

  • Pertama, kamu oleskan minyak kelapa ini ke seluruh permukaan mukamu sambil memijat kulitmu secara perlahan dan lembut
  • Setelah itu kamu diamkan beberapa menit
  • Terakhir bilaslah sampai bersih mukamu dengan menggunakan sabun pembersih yang biasanya kamu gunakan

Meskipun minyak kelapa ini menjadi salah satu cara untuk membuat wajahmu tidak kusam, namun perlu kamu ingat bahwa minyak ini tidak bisa kamu gunakan untuk semua jenis kulit muka. Apabila kamu mempunyai riwayat alergi terhadap minyak kelapa, maka alangkah baiknya jika kamu tidak menggunakannya untuk mencegahnya kulit mukamu yang kusam.

  1. Cara Muka Tidak Kusam Pakai Lidah Buaya

Cara untuk mencerahkan kulit muka agar tidak kusam secara alami adalah dengan menggunakan lidah buaya. Ya, memang bahan alami satunini memang sangat cocok dan bagus untuk kulit dan kecantikan memang sudah tak perlu diragukan lagi. Hal ini dikarenakan lidah buaya mempunyai kandungan yang bisa memulihkan serta mampu merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Bahkan lidah buaya ini juga bisa membantu menenangkan dan melembapkan kulit wajah tanpa memicu terjadinya penyumbatan pori-pori. Selain bisa mencerahkan kulit muka, kandungan yang ada di lidah buaya juga bisa membuat wajahmu nampak lebih glowing.

Berikut adalah langkah yang bisa kamu gunakan ketika ingin menggunakan perawatan lidah buaya ini.

  • Pertama,  kamu ambil gel putih bening yang ada di bagian tengah lidah buaya
  • Selanjutnya kamu bisa mengoleskan gel putih tersebut ke semua permukaan wajahmu
  • Tunggulah beberapa menit sampai kering dan bilaslah dengan menggunakan air yang bersih

Sama halnya dengan minyak kelapa, kamu harus memastikan bahwa kulit mukamu tidak sensitif ataupun alergi dengan lidah buaya. Untuk mengetahui apakah kulitmu cocok dengan lidah buaya, maka kamu bisa mengoleskannya sedikit demi sedikit ke area kulit lengan dan tunggulah sampai 24 jam. Jika tidak ada reaksi, maka lidah buaya aman untuk kamu oleskan ke semua permukaan mukamu.

  1. Cara Muka Tidak Kusam Pakai Perasan Lemon

Buah lemon juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu cara untuk membuat wajahmu tidak kusam secara alami. Hal ini dikarenakan buah lemon mengandung vitamin C dan asam askorbat yang tinggi sehingga bisa membuat kulit mukamu menjadi lebih cerah dan tidak terlihat kusam. Selain itu, buah lemon juga mengandung antioksidan dan antipigmen yang bisa membuat kulit mukamu menjadi lebih segar dan bercahaya.

Berikut ini adalah cara muka tidak kusam secara alami dengan menggunakan perasan lemon.

  • Pertama,  kamu peras buah lemon yang sudah kamu persiapkan sebelumnya
  • Setelah itu ambil perasaan tersebut dan campurkan dengan tetesan air dengan perbandingan 1:2
  • Kemudian, kamu oleskan campuran perasaan lemon tersebut ke seluruh permukaan muka
  • Diamkan selama 10 hingga 15 menit dan jika kering maka bilaslah mukamu dengan menggunakan air hingga bersih

Apabila kamu merasakan kulitmu serasa seperti terbakar setelah mengoleskan perasaan lemon tadi, maka segeralah untuk membersihkannya dengan air sampai bersih dan hentikan penggunaannya.

  1. Cara Muka Tidak Kusam Pakai Madu

Madu juga bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit mukamu yang kusam. Hal ini tentu dikarenakan madu mengandung banyak vitamin yang bisa meremajakan kulit mukamu, bahkan bisa membuat kulit muka menjadi tampak lebih awet muda. Berikut adalah cara menggunakan bahan alami madu ini untuk perawatan kulit mukamu.

  • Pertama, silahkan kamu olehkan madu pada permukaan kulit mukamu yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu
  • Setelah itu diamkan selama 10 hingga 15 menit
  • Terakhir, bilaskan permukaan kukaanmu dengan menggunakan air hingga bersih

Apabila kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, maka kamu bisa mencampurkan madu dengan beberapa tetes perasaan air lemo sehingga melipatgandakan manfaat dari kandungan yang ada pada keduanya.

  1. Cara Muka Tidak Kusam Pakai Mentimun

Kamu juga bisa menggunakan mentimun di rumahmu sebagai salah satu cara alami untuk mencerahkan kulit mukamu yang kusam. Hal ini dikarenakan mentimun yang mempunyai kandungan dan efek yang mampu mendinginkan kulit yang berasal dari kandungan vitamin C serta senyawa.lain di dalamnya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, silahkan kamu haluskan mentimun yang akan kamu pakai dengan menggunakan blender
  • Jangan lupa untuk memasukkan satu sendok makan gel lidah buaya sehingga hasilnya bisa maksimal lalu aduklah sampai rata
  • Oleskan campuran kedua bahan alami tersebut pada permukaan mukamu yang sudah dibersihkan sebelumnya
  • Diamkan selama 10 hingga 15 menit
  • Terakhir, bilaslah permukaan mukamu dengan menggunakan air yang bersih
  1. Cara Muka Tidak Kusam Pakai Kunyit

Kunyit kita bisa dijadikan sebagai cara alami yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit mukamu yang kusam. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung antioksidan dan antiradang sehingga bisa membuat kulitmu menjadi lebih kenyal, lembab, dan cerah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama,  kamu campurkan 1 sendoo teh kunyit, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok makan yogurt
  • Aduk hingga campuran bahan alami tersebut sampai tercampur rata dan oleskan pada bagian mukamu yang ingin dicerahkan
  • Diamkan selama 15 menit dan bilas mukamu dengan menggunakan air yang hersih
  1. Bersihkan Wajah

Cara terakhir yang bisa kamu pakai untukencerahkan kulit mukamu adalah dengan membersihkan wajah sehingga terhindar dari banyak kotoran yang menyumbat pori-pori. Lakukan pencucian wajahmu secara lembut dan hindari pakai scrub yang kasar atau sabun yang membuat mukamu kering.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara muka tidak kusam secara alami yang bisa kamu gunakan agar mukamu terlihat jauh awet muda. Semua tips atau cara di atas sangat aman untuk digunakan asalkan kamu sudah menyesuaikannya dengan jenis kulit mukamu. Selamat mencoba ya!

 

Related posts