Cara Cek Windows Ori

Bagaimana cara cek Windows ori? Ya, Windows adalah sistem operasi pada perangkat komputer. Pemakaian OS ini bahkan bisa dikatakan paling populer di Indonesia. Namun sayangnya banyak orang yang belum bisa membedakan antara Windows ori dengan yang bajakan.

Bahkan pemakaian aktivasi Windows secara ilegal sudah menjadi hal biasa, di Indonesia. Walaupun ada aturan yang menetapkan bahwa penyebar dan pengguna software bajakan akan mendapatkan sanksi hukum, tapi faktanya justru praktik pembajakan di Indonesia seakan telah membudaya.

Sayangnya lagi, tidak hanya berlaku bagi pengguna awam saja melainkan orang-orang yang paham dan berpendidikan pun banyak yang memanfaatkan software bajakan. Parahnya lagi, tak sedikit pula oknum yang ada di instansi, entah itu dari perusahaan swasta atau pemerintahan sendiri termasuk salah satu pengguna software abal-abal.

Selain penting sekali mengecek spek komputer, tantu Kamu juga harus mengecek produk Windows yang digunakan apakah ori atau bajakan.

Tentang Windows Ori dan Bajakan

Sebelum membahas lebih lengkap tentang  cara cek Windows ori, sebelumnya kita akan membahas beberapa informasi terkait Windows ori dan bajakan.

Poin pertama, sebenarnya Windows bajakan itu tidak ada. Sebab pihak Microsoft sendiri telah merilis Windows khususnya Windows 10 secara gratis. Namun fitur pada Windows gratis ini berbeda dari yang berlisensi alias berbayar.

Akan tetapi, Kamu tetap dapat menggunakan Windows gratis untuk mengerjakan tugas, bermain game, dan lainnya. Adapun yang membedakan antara Windows yang telah berlisensi dengan yang tidak ialah ada tulisan yang menyatakan activate Windows.

Jadi Windows bajakan sendiri lebih tepatnya ialah Windows yang lisensi key-nya ilegal.

Selain itu Microsoft telah merilis 3 macam lisensi yang dapat digunakan, sebagai berikut :

  • Lisensi Original, ialah lisensi yang langsung didapat dari web resmi Microsoft. Jadi singkatnya, apabila Kamu mengalami masalah saat memakai produk mereka, maka Kamu dapat menghubungi customer service Microsoft. Apabila Kamu mempunyai lisensi tersebut, maka biasanya sudah ada product key, kotak, dan CD. Jadi dapat dipakai jika sewaktu-waktu ingin menginstall ulang atau mengganti laptop dengan memaang lisensi Windows kembali.
  • Lisensi OEM, adalah lisensi yang diperoleh ketika Kamu membeli laptop atau PC. Lisensi ini adalah lisensi original, hanya saja kekurangannya Kamu tidak dapat memindahkannya ke laptop atau komputer lain. Mengingat lisensi tersebut sudah langsung menempel dengan perangkat keras atau hardware, jadi jika timbul masalah teknis maka pengguna wajib menghubungi manufaktur perangkat.
  • Lisensi Volum, adalah lisensi yang umumnya dipakai oleh perusahaan atau instansi yang mempunyai banyak PC atau komputer.

Apabila lisensi yang digunakan ialah jenis lisensi OEM atau retail, maka dapat dipatikan jika Windows 10 milikmu adalah ori, namun jika memakai lisensi volume sementara laptopmu bukan laptop milik perusahaan, dapat dipastikan jika Windows-mu adalah bajakan karena memakai lisensi perusahaan.

Windows bajakan biasanya memiliki lisensi yang harganya sangat murah dan jauh dari harga aslinya.

Cara Cek Windows Ori

Cara Cek Windows Ori
Mengecek Windows Ori

Mengecek Windows Ori atau Palsu

Cara cek Windows ori atau bajakan sendiri ada beberapa pilihan cara yang bisa Kamu gunakan. Jika Kamu baru saja membeli perangkat laptop bekas, atau baru dari tempat servis seperti melakukan install ulang, alangkah baiknya langsung cek keaslian Windows yang ada di perangkat terlebih dahulu.

1. Cek Windows Ori Menggunakan System Setting

Cara cek Windows ori pertama ialah dengan memanfaatkan menu system settings. Metode ini dapat dilakukan jika Kamu menggunakan OS Windows 10 di perangkatmu. Kamu hanya perlu memasuki menu “Activation” saja dengan mencarinya lewat start menu dan jalankan programnya.

Di bagian “Activation” ini, Kamu bisa melihat keaslian Windows 10 di perangkatmu. Selain itu juga bisa mengecek apakah OS tersebut sudah diaktivasi ataukah belum berikut informasi tentang jenis lisensinya. Jika timbul pernyataan “Windows is not activated” ini artinya OS Windows di perangaktmu masuh belum dilisensi.

2. Cek Windows Ori Dengan Memakai CMD

Panduan mengecek Windows ori atau bajakan pertama bisa dilakukan dengan menggunakan CMD. Ada beberapa langkah cara yang bisa Kamu ikuti di bawah ini :

  • Silahkan tekan tombol kombinasi “Windows+R” dan Kamu akan masuk ke tab “Run”, kemudian silahkan ketikkan “CMD” lalu tekan enter. Selanjutnya tunggu sampai CMD (Command Prompt) terbuka.
  • Ikuti perintah pengecekan lisensi Windows atau ketik xpr/slmgr lalu tekan tombol enter. Setelah itu, akan muncul Windows Script Host. Kemudian jika Windows di PC atau laptopmu oori, biasanya akan terdapat pernyataan bahwa “The machine is permanently activated”.
  • Ketahui aktivasi Windows berikut key-nya atau ketik perintah ato/slmgr dan tekan enter.
  • Silahkan cek aktivasi OS Windows berikut partial product key atau ketik perintah dli/slmgr dan tekan tombol enter.
  • Lalu cek aktivasi Windows lengkap atau ketikkan perintah dlv/slmgr dan ketik enter.

3. Cek Windows Ori Menggunakan File Explorer

Cek Windows ori atau bajakan ketiga yang bisa Kamu ikuti ialah dengan memanfaatkan File Explorer. Sebenarnya caranya cukup mudah, Kamu hanya perlu mengakses File Explorer di PC-mu saja, lalu ikuti panduannya di bawah ini :

  • Silahkan buka menu “File Explorer” di perangkatmu, lalu klik kanan di “My Computer” atau “This PC” dan pilih “Properties”.
  • Setelah itu akan muncul tampilan “System”, silahkan gulir ke bawah sampai Kamu menemukan “Windows Activation”. Nah, di bagian inilah Kamu bisa melihat lisensinya.

Kekurangan memakai cara cek Windows ori atau bajakan dengan File Explorer ini hanya mengetahui aktivasi sistem operasi saja, tetapi tidak bisa mengetahui apakah Windows yang digunakan ori atau abal-abal/bajakan.

Adapun alasannya ialah fitur yang terdapat pada File Explorer sendiri hanya menyediakan informasi mendasar. Jadi artinya tidak dapat menampilkan informasi dengan spesifik tentang lisensi Windows yang dipakai.

Sementara banyak tool yang terkesan memaksakan agar Windows seolah terlihat original memakai program ilegal, seperti memakai KMS dan lain sebagainya.

Akan tetapi, pada kenyataannya justru pemakain program ilegal merupakan bukti bahwa OS Windows-mu adalah versi bajakan. Jadi untuk membuktikannya, silahkan ikuti panduan mengecek Windows ori atau bajakan di atas.

Cara Cek Product Key Windows

Jika Kamu ingin mengetahui product key Windows, maka bisa menggunakan panduan ini. Sebenarnya cara mengecek product key Windows sendiri telah dicoba pada Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Adapun langkah-langkah untuk mengecek serial number atau product key Windows ialah sebagai berikut :

  • Silahkan copas perintah ini : “wmic path softwarelicensingservicec get 0A3xOriginalProductKey” (tanpa tanda kutip) pada CMD lalu tekan enter.
  • Lalu Kamu akan menemukan lisensi aktivasi atau product key Windows. Dimana cara yang satu ini sangat berguna sebab Kamu dapat memakai lisensi tersebut saat hendak menginstall ulang PC atau laptop.

Ya, itulah panduan cara untuk mengetahui product key Windows yang Kamu gunakan di perangkat laptop atau PC-mu.

Panduan cara cek Windows ori atau bajakan di atas bisa Kamu pakai untuk mengecek apakah perangkat PC atau laptop ditempat kerjamu memakai Windows ori ataukah justru bajakan. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019