Cara Cek RAM HP Samsung

Warganet, pasti sudah tidak asing dengan merek asal negeri ginseng atau Korea Selatan satu ini. Samsung. Memproduksi berbagai alat rumah tangga dan ponsel selular yang canggih. Ini, bisa kamu temukan di berbagai platform online ataupun offline di Indonesia. Buat kalian, ada nih Galaxy A yang dijual dengan kisaran harga Rp 7 juta. Berikut cara cek RAM hp Samsung.

Ponsel Samsung Galaxy A, sudah terkenal akan kemewahan tampilan yang terlihat. Selain itu, keunggulan paling dominan yang jarang ditemukan di merk lainnya adalah anti air dan debu. Sangat cocok buat kalian yang memiliki segudang aktivitas bekerja di dalam maupun luar ruangan. Adpaun series Galaxy A73 5G, menawarkan kapasitas perangkat yang dibagi jadi 2.

Read More

Kapasitas pertama ada 6 GB, dan yang kedua adalah 8 GB. Paduan dari kedua pilihannya ada satu kesamaan, yaitu sama-sama memiliki kapasitas internal storage sebesar 128 GB. Baterai yang digunakannya adalah non-removable, Li-Po 5000 mAh. Sudah menggunakan kabel data type-C untuk charging. Selain itu, dilengkapi dengan sensor fingerprint, compass, gyro, dll.

Cara Cek RAM HP Samsung

Cara Cek RAM HP Samsung
Cara Cek RAM HP Samsung

Cara Cek RAM HP Samsung A12

Suka banget nih sama merk Samsung, termasuk smartphone yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. Tapi, punya budget kisaran 2 jutaan. Nah, kamu bisa pilih series Galaxy A12. Beli di official store Samsung melalui platform online terpercaya. Kalau mau beli di toko offline, mereka juga telah menyediakan outletnya di berbagai daerah di Indonesia. Jangan lupa dicek.

Cara cek RAM hp Samsung A12, termasuk kegiatan yang wajib dilakukan oleh kalian. Baik itu ketika sebelum membeli atau sesudahnya. Hal ini dikarenakan, pengecekan tersebut akan berdampak besar selama masa pemakaian. Apalagi, ketika kamu terus menerus menggunakan hp untuk berbagai kegiatan. Supaya ketahuan juga sisa memori yang masih bisa digunakan.

  1. Masuk ke menu “Pengaturan” yang terdapat di ponsel Samsung A12
  2. Lanjutkan dengan scroll ke bawah untuk melihat apakah ada opsi pengembang, bila belum muncul, lakukan langkah berikutnya
  3. Pilih “Tentang Ponsel, lalu tap “Informasi Perangkat Lunak”
  4. Cari tulisan “Nomor Versi”
  5. Klik tanpa jeda, kurang lebih sebanyak 7 kali dengan cepat
  6. Apabila sebelumnya, kamu telah atur pola, tinggal masukkan saja polanya
  7. Secara otomatis, opsi menu “Mode Pengembang” telah aktif
  8. Kembali lagi ke menu “Tentang Ponsel” untuk mencari “Mode Pengembang”
  9. Scroll ke bawah, lalu pilih “Mode Pengembang”
  10. Informasi lebih detailnya, klik opsi “Memory”
  11. Terlihat beberapa informasi seperti: “Penyimpanan, Baterai, Memori, serta Keamanan”
  12. Pilih opsi “Memory” untuk melakukan pengecekan kapasitas RAM ponsel
  13. Selanjutnya akan muncul tampilan yang memberitahukan informasi secara rinci terkait kapasitas RAM, hingga status dari penggunaannya
  14. Apabila memori yang kosong hanya tersisa sedikit lagi, pilih tombol “Clean Now” untuk memberikan ruang lebih pada storage

Sebenarnya, langkah-langkah di atas termasuk ke dalam salah satu cara klasik yang bisa user lakukan tanpa perlu menambahkan aplikasi baru lainnya. Namun, sebagai alternatif juga ada beberapa metode lain untuk kalian dapat melihat jumlah kapasitas RAM yang tersisa di hp. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Terkait:  Cara Kredit Hp di Samsung Store

1. Aplikasi AIDA64

Aplikasi bantuan yang dapat kalian manfaatkan sebagai pihak ketiga untuk pengecekan dari RAM ponsel Samsung, yaitu AIDA64. Aplikasinya bisa kamu pasang secara gratis tanpa ada tambahan biaya sepeserpun. Pencariannya sendiri, dilakukan melalui Google Play Store. Ini dia penjelasan selengkapnya:

  • Buka aplikasi AIDA64 yang sebelumnya sudah terpasang di ponsel Samsung
  • Di halaman utama aplikasi, langsung pilih opsi “System”
  • Mulai cari keterangan yang menunjukkan bagian instalasi RAM. Diikuti dengan info keseluruhan jumlah memori, serta memori yang tersedia
  • Kalian juga akan menemukan beberapa keterangan lainnya seperti: Internal Storage Total Space, Internal Storage Free Space, dan lain sebagainya.

2. Install Aplikasi CPU-Z

Hampir mirip dengan aplikasi AIDA64. Hanya saja, di bagian tampilan awalnya akan tampak sedikit berbeda. Masih sama tempat untuk mengunduh aplikasinya, yaitu Google Play Store. Free charge. Berikut penjelasannya:

  • Buka aplikasi CPU-Z yang telah di install di hp Samsung
  • Pada tampilan awal, langsung pilih menu “Device”
  • Mulai muncul beberapa keterangan informasi hp di halaman selanjutnya
  • Cari penjelasan yang memberitahukan total dari RAM hp serta RAM yang tersedia atau “Available RAM”
  • Pengguna juga dapat menemukan tanggal perilisan dan keterangan lainnya secara detail mengenai hp Samsung kalian

Akan tetapi, kalian juga harus mengingat kalau penggunaan dari aplikasi pihak ketiga dapat menyita kapasitas atau ruang penyimpanan pada hp Samsung. Oleh sebab itu, disarankan untuk mencoba menggunakan pengaturan bawaan dari ponsel terlebih dahulu. Selain hemat storage, kamu tidak perlu terhubung langsung dengan jaringan internet. Offline juga bisa.

 Cara Cek RAM HP Samsung A32

Pengecekan RAM di hp Samsung, dapat kalian terapkan juga pada series A32. Tersedia versi 5G untuk kartu selular terbaru di Indonesia. Spesifikasi yang tertanam di dalamnya juga hasil pengembangan dari model 4G sebelumnya. Dibandrol dengan harga kurang lebih sekiar Rp 3 jutaan, kamu sudah dapat hp dengan kamera resolusi up to 64 MB. Layar panel, AMOLED.

Terkait:  Cara Cek Garansi Xiaomi

Cara cek RAM hp Samsung A32 supaya kamu tahu berapa lagi sisa memori yang bisa dipakai. Adapun keberadaan dari RAM ini, memiliki arti sebagai komponen dalam perangkat untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan data yang bersifat sementara. Setiap kali kamu membuka sebuah aplikasi, seluruh data tersimpan di bagian tersebut. Prosessor tetap lancar.

  1. Pilih menu “Pengaturan”, lalu scroll ke bawah
  2. Klik opsi “Perawatan Perangkat dan Baterai”
  3. Tunggu beberapa saat sampai ponsel selesai memindai
  4. Muncul tampilan yang berisi keterangan informasi seputar memori
  5. Tampak paling atas terlihat total memori yang dimiliki, dan berapa jumlah yang sudah terpakai
  6. Klik opsi “Memori” untuk melakukancara cek RAM hp Samsung
  7. Halaman berikutnya, kalian dapat melihat sisa memori yang bisa digunakan
  8. Selain itu, di bagian bawahnya akan terlihat daftar aplikasi yang menghabiskan ruang di RAM ponsel
  9. Pilih tombol “Hapus Sekarang” untuk membersihkan beberapa aplikasi yang beroperasi di latar belakang ponsel
  10. Terlihat hasil dengan perbedaan yang cukup signifikan dari kuota memori yang tersisa sebelum dilakukan pembersihan.

Kini, RAM di hp Samsung kalian sudah lebih besar daripada sebelum dilakukan pengecekan. Tahukah kamu, Kalau memeriksa ketersediaan RAM di Samsung A32 bisa juga melalui “Mode Pengembang”? Sama seperti ketika mempraktekan di series A12 dengan gunakan menu Pengaturan.  Tapi, ternyata ada sedikit hal yang lebih istimewa di model A32 tersebut.

  • Setelah muncul menu “Mode Pengembang” yang aktif
  • Klik menunya, dan pilih opsi “Memori”
  • Kalian dapat mengatur penggunaan RAM rata-rata dalam 1 hari
  • Pilih “Pemakaian Memori” untuk melihat secara rinci aplikasi yang ada di ponsel

Bagaimana? Sudah mulai lebih paham kan sekarang. Sekian informasi mengenai cara cek RAM hp Samsung di kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat. Tetap semngat dalam menjalani ibadah puasanya. Sehat selalu, dan sampai jumpa. Bye!

Related posts