Cara Cek Spek Komputer

Banyak pilihan cara cek spek komputer yang bisa Kamu gunakan, baik memakai tools tertentu di Windows maupun dengan memakai software tertentu. Pengecekan spesifikasi PC ini penting dilakukan agar Kamu bisa mengetahui seberapa besar performa yang dihasilkan dari komputer milikmu.

Seperti kita ketahui, bahwa tiap perangkat elektronik tentunya mempunyai beberapa komponen penyusun. Tak terkecuali bagi perangkat laptop atau komputer. Perangkat komputer terdiri atas 2 perangkat dasar, yakni software sebagai perangkat lunak dan hardware sebagai perangkat keras. Dimana tiap-tiap perangkat tersebut memiliki kapasitas/parameter/ukuran tertentu, entah itu berdasarkan merk, jenis, kapasitas, volume, kecepatan dan sebagainya.

Itulah yang dinamakan spesifikasi PC, yang intinya ialah standar/parameter/ukuran yang tak langsung mendefinisikan software dan hardware yang terdapat pada sebuah PC. Lalu, bagaimana cara cek spek komputer itu sendiri?

Cara Cek Spek Komputer

Cara Cek Spek Komputer
Mengecek Spesifikasi Komputer

Mengecek Spesifikasi Komputer

Bagi Kamu yang penasaran ingin mengecek spesifikasi komputer milikmu, ada beberapa metode yang bisa Kamu gunakan di bawah ini :

1. Cek Spesifikasi Komputer Melalui Operating System

Perangkat PC biasanya berisi software induk yang bernama sistem operasi atau biasa dikenal dengan istilah operating system. Nah, dari sinilah Kamu dapat menggali informasi system mengenai spesifikasi mendasar pada PC. Meskipun tidak begitu detail, tapi setidaknya Kamu dapat melihat spesifikasi dasar komputer yang digunakan. Ini dia ulasan caranya :

  • Jika sistem operasi komputer atau PC yang Kamu pakai ialah Windows 7, maka Kamu bisa memilih opsi “Start Button”.
  • Lalu langkah berikutnya silahkan pilih “Komputer”.
  • Selanjutnya Kamu bisa memasuki Windoows Explorer, lalu di direktori silahkan pilih “My Computer”.
  • Sesudah itu, silahkan klik kanan diterktori dan lanjutkan dengan memilih “Properties”.
  • Langkah berikutnya akan ditampilkan jendela baru pada layar komputer yang bertuliskan “View Basic Information About Your Computer”.
  • Berdasarkan keterangan yang ditampikan Kamu bisa mengetahui informasi OS yang dipakai, cek RAM PC, prosessor dan bite sistem pada komputermu.

Selain cara cek spesifikasi komputer di atas, Kamu juga bisa memakai opsi lainnya di bawah ini!

2. Cek Spesifikasi Komputer Melalui Device Manager

Cara cek spek komputer ini sebenarnya pengembangan cara pertama. Berdasarkan sistem tersebut, Kamu bisa menegtahui apa saja device yang terpasang di komputer. Selain itu, dari sini Kamu juga dapat mendeteksi hardware yang belum terpasang driver-nya di komputer. Untuk masuk ke Device Manager, sebenarnya caranya sama saja.

Hanya saja, Kamu cukup mengklik menu “Device Manager” di samping kiri, dan selanjutnya akan muncul tampilan device manager, yang terdapat banyak komponen terpasang pada komputer.

Selain itu, Kamu dapat mengecek rincian tiap-tiap perangkat yang terletak di PC-mu dengan mengklik ikon panah ke bawah di samping tulisan.

3. Cek Spesifikasi Komputer Melalui DirectX Diagnostic Tool

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengecek spesifikasi komputer ialah lewat DirectX Diagnostic Tool atau DXdiag. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan pilih “Start Menu” lalu di kolom pencairan bisa ketik “Dxdiag” dan tekan “enter” memakai keyboad PC untuk memunculkan atau menampilkan DirectX.
  • Kamu bisa tunggu sampai beberapa detik, sampai muncul tampilan jendela DirectX yang terdiri dari 4 buah tab. Diantaranya display, system, input, dan sound.

Di dalam tab system Kamu dapat melihat spesifikasi PC-mu secar alengkap, bahkan lebih lengkap dibanding cara cek spek komputer pertama. Sebab Kamu juga dapat mengecek data maufactur sekaligus serinya.

Namun tak sampai di sini, masih terdapat 3 tab yang lainnya. Tab kedua berisi display, dari sini Kamu dapat mengetahui system display di perangkat komputer.

Dalam tab selanjutnya, Kamu juga bisa mengetahui informasi tentang sistem sound PC. Adapun yang berperan ialah Sound Card atau kartu suara. Di tab terakhir Kamu dapat mengecek apa saja device input yang dipakai di komputer. Jika Kamu hanya memakai keybard dan mouse maka akan langsung terlihat pada tab tersebut.

4. Cek Spesifikasi Komputer Melalui Properties

Untuk mengecek spesifikasi komputer lewat properties ini, Kamu bisa membuka File Explorer lalu cari “This PC”, selanjutnya pilih menu “properties”. Selanjutnya Kamu akan ditampilkan tentang spesifikasi komputer, mulai dari seri Windows yang dipakai, jenis operating system yang digunakan, domain, RAM, workgroup setting, komputer name dan informasi lainnya.

5. Cek Spesifikasi Komputer Melalui Command Prompt

Cara cek spesifikasi komputer berikutnya ialah bisa memakai command prompt windows. Silahkan tuliskan di “Search Box” atau kotak pencarian dengan tulisan “cmd”, lalu tunggu sampai terlihat pop up command prompt.

Selanjutnya Kamu bisa memasukkan instruksi “system info” lalu tekan enter. Kamu pun akan langsung ditampilkan informasi spek komputer, dan jika memerlukan data lebih lengkap silahkan scroll layar ke bawah.

6. Cek Spesifikasi Komputer Melalui Software CPU-Z

Software CPU-Z juga dapat digunakan sebagai salah satu software pengecek spesifikasi PC/komputer. Kamu hanya perlu mengunduh CPU-Z terlebih dahulu. Setelah itu install aplikasi, mengingat software ini biasanya tidak ada pada sistem OS Windows.

Kamu bisa unduh software CPU-Z dengan klik link download CPU-Z. Jika sudah, pilih “Download Now”. Lalu tunggu sampai proses unduhan selesai. Lalu install software tersebut hingga selesai. Jika sudah, Kamu bisa cari tampilan shortcut aplikasi CPU-Z di desktop. Lalu silahkan buka, kemudian tunggu prosesnya sampai selesai.

Adapun informasi dan data yang terdapat pada CPU-Z sendiri lebih lengkap bila dibandingkan cara lainnya. Ada beberapa informasi spesifikasi PC yang tersedia, mulai dari CPU, Memory, Mainbard, Caches, Bench, Graphic, SPD, dan About.

7. Cek Spesifikasi Komputer Melalui Software Speccy

Software lain yang bisa digunakan untuk mengecek spesifikasi komputer ialah Speccy. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Kamu harus unduh software speccy pada Ccleaner dan sesudah itu, silahkan install program.

Namun jika masih bingung tentang penggunaan Software ini, Kami akan bagikan ulasan informasi tentang Software ini terlebih dahulu. Speccy adalah sebuah utility yang berukuran ringan dan bisa menampilkan berbagai informasi tentang spesifikasi komputer yang Kamu miliki.

Software ini memiliki desain dan tampilan yang user friendly, sehingga mudah diikuti oleh orang awam atau pemula sekalipun yang baru menginstallnya pertama kali. Sesudah menginstall aplikasi, Kamu bisa jalankan programnya langsung.

Setelah itu, tunggu beberapa lama dan selanjutnya Kamu akan memperoleh informasi tentang spesifikasi komputer atua laptop yang Kamu miliki. Beberapa informasi tersebut meliputi CPU, RAM, operating system, summary, audio, hard drives, motherboard, peripherals, dan network.

Di dalam menu summary, Kamu bisa mengecek informasi spesifikasi komputermu. Sedagkan dalam operating system saat diklik Kamu akan melihat perangkat OS yang dipakai.

Selain itu, Kamu bisa mengecek menu tersebut satu per satu, selanjutnya akan mendapatkan data atau informasi tentang spek komputer lengkap.

Nah, itulah ulasan panduan cara cek spek komputer lengkap yang bisa Kamu pahami dan pelajari untuk mengetahui apa saja spek yang tersimpan di dalam perangkat komputermu. Semoga bermanfaat!

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019