Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

Aplikasi pada handphone merupakan salah satu hal yang penting untuk mendukung kinerja dari smartphone baik itu smartphone Android maupun Ios. Sebab tanpa adanya aplikasi kamu tidak bisa melakukan berbagai aktivitas di smartphone. Terkadang aplikasi juga memiliki kendala seperti keluar sendiri, oleh sebab itu penting rasanya untuk mengetahui cara mengatasi aplikasi keluar sendiri.

Ada banyak aktivitas yang bisa didukung dengan keberadaan aplikasi pada sebuah smartphone seperti halnya aplikasi pesan untuk mengirim dan menerima pesan dari orang lain. Aplikasi telepon untuk melakukan panggilan, hingga aplikasi media sosial yang saat ini sudah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh pengguna smartphone.

Read More

Meskipun aplikasi-aplikasi ini sangat membantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari akan tetapi terkadang muncul juga permasalahan seperti aplikasi keluar sendiri saat kita sedang membukanya atau bisa disebut dengan istilah force close.

Jika aplikasi keluar sendiri tentunya akan sangat menganggu pengguna, apalagi jika aplikasi tersebut penting untuk menunjang aktivtas kita seperti untuk kepentingan pekerjaan atau bahkan untuk sekolah.

Faktor yang menyebabkan aplikasi keluar sendiri sebenarnya ada banyak seperti cache yang menumpuk, dan lain sebagainya. Sebenarnya cara untuk mengatasi permasalah aplikasi pada smartphone keluar sendiri mudah untuk dilakukan.

Akan tetapi untuk sebagian pengguna smartphone masih bingung mengenai langkah-langkah apa yang perlu dilakukan jika smartphone yang mereka gunakan mengalami permasalah aplikasi keluar sendiri.

Oleh karena itu pada pembahasan artikel kali ini akan dibahas mengenai acra mengatasi aplikasi keluar sendiri. Jadi jika kamu sedang mengalami permasalahan ini kamu bisa menyimak cara-cara yang dijelaskan pada artikel ini dengan cermat, dari awal hingga selesai.

Faktor Penyebab Aplikasi Keluar Sendiri

Sebelum melangkah ke pembahasan utama yaitu mengenai cara mengatasi aplikasi yang keluar sendiri di smartphone Android, ada baiknya jika kamu mengetahui faktor-faktor yang bisa menyebabkan aplikasi di smartphone menjadi keluar sendiri.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Telegram

Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan suatu aplikasi menjadi keluar sendiri, simak!.

1. Bug Pada Aplikasi

Penyebab pertama adalah karena adanya bug pada aplikasi tersebut. Jika ada bug maka hal ini bisa menyebabkan saat aplikasi terbuka maka aplikasi tidak beralan dengan stabil dan aplikasi akan menutup dengan sendirinya.

2. Memori RAM Penuh

Berikutnya jika kamu terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan maka aplikasi bisa berjalan tidak stabil. Dan pada handphone yang memiliki kapasitas RAM kacil akan menyebabkan aplikasi menjadi suka keluar sendiri secara tiba-tiva karena tidak kuat untuk menjalankan berbagai proses secara bersamaan.

3. Penumpukan Cache

Penumpukan cache juga bisa menjadi penyebab kenapa aplikasi bisa keluar sendiri. Untuk mengatasi atau mencegah hal ini terjadi kamu bisa secara rutin melakukan pemindaian dan pembersihan aplikasi di handphone milikmu.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan aplikasi menjadi keluar dengan sendirinya, jadi untuk mencegah aplikasi dihandphone kamu menjadi force close kamu bisa memperhatikan hal-hal yang telah dijelaskan tersebut.

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri

jika kamu sedang mencari cara untuk mengatasi permasalahan aplikasi di handphone kamu keluar sendiri maka kamu bisa mengikuti cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Ada beberapa cafa yang bisa menjadi pilihan kamu untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada handpone kamu yang satu ini. Seperti dengan melakukan restart handphone, melakukan update, hingga melakukan reset pabrik.

Berikut ini cara-cara yang bisa kamu pilih untuk mengatasi kendala aplikasi keluar sendiri di handphone Android, simak.

1. Tutup Semua Aplikasi Yang Berjalan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Melakukan langkah ini berguna untuk mengurangi penggunaan RAM pada handphone secara berlebihan, yang menjadi faktor penyebab aplikasi keluar dengan sendirinya.

Terkait:  Cara Mengatasi HP Bootloop

Setelah kamu menutup semua aplikasi yang sedang berjalan, kamu bisa mencoba menjalankan kembali aplikasi yang sebelumnya keluar sediri. Jika masih belum bisa teratasi maka kamu bisa mencoba cara berikutnya.

2. Bersihkan Cache Aplikasi

Seperti yang kamu ketahui jika salah satu penyebab aplikasi bisa keluar sendiri adalah karena adanya penumpukan cache. Hal ini bisa kamu atasi dengan cara menghapus atau membersihkan cache pada aplikasi yang sudah menumpuk.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus cache yaitu dengan membersihka chache pada aplikasi yang bermasalah dan yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih. Namun kali ini akan dibahas mengenai langkah-langkah untuk menghapus cache pada aplikasi yang bermasalah, berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti :

  • Langkah pertama buka menu Setelan atau Pengaturan pada handphone kamu.
  • Jika sudah kamu bisa memilih opsi Kelola Aplikasi.
  • Lalu cari aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya.
  • Apabila sudah ketemu, klik aplikasi tersebut lalu pilih hapus data.
  • Kemudian pilih bersihkan cache.
  • Setelah itu konfirmasi dengan klik Oke.
  • Selesai, aplikasi kamu akan dibersihkan chache-nya.

3. Restart Perangkat Android

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan cara melakukan restart handphone kau. Hal ini karena bisa jadi terdapat service sistem yang tidak berjalan dengan stabil yang menyebabkan aplikasi menjadi keluar sendiri.

Untuk mengatasinya kamu bisa menekan tombol Power selama beberapa dekit hingga muncul opsi Reboot atau Mulai Ulang untuk Restart handphone Android milikmu.

4. Dengan Melakukan Update Sistem dan Aplikasi

cara keempat yang bisa kamu coba untuk memerbaiki permasalahan aplikasi keluar sendiri adalah dengan cara melakukan update atau pembaruan sistam mauoun aplikasi supaya menjadi lebih stabil.

Terkait:  Cara Cek Layar Samsung

Karena dengan melakukan update maka akan ada perbaikan bug dan penambahan fitur pada aplikasi. Untuk memperbarui sistem Android kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama-tama buka aplikasi Setelan atau Pengaturan.
  • Jika sudah scroll dan cari opsi Tentang Ponsel.
  • Lalu pilih Pembaruan Sistem.
  • Setelah itu jika sudah tersedia versi terbaru dari sistem perangkat lunak maka kamu bisa melakukan update.
  • Lalu tunggu hingga proses update selesai.
  • Selesai.

Berikutnya jika kamu ingin melakukan update aplikasi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Langkah pertama buka aplikasi Google Play Store pada handphone kamu terlebih dahulu.
  • Jika sudah kamu bisa tab ikon profil.
  • Setelah itu pilih kelola Aplikasi dan Game.
  • Lalu pilih aplikasi yang bermasalah.
  • Dan klik Update.
  • Selesai

Itu dia cara yang juga bisa kamu pilih jika ingin melakukan perbaikan aplikasi yang keluar sendiri.

5. Hapus Data Aplikasi

Langkah terakhir yang bisa kamu coba untuk mengatasi permasalahan aplikasi keluar sendiri adalah dengan cara menghapus data aplikasi. Berikut penjelasannya :

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan atau Setelan pada handphone kamu terlebih dahulu.
  • Jika sudah maka kamu bisa scroll dan pilih opsi Kelola Aplikasi.
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu hapus datanya.
  • Lalu pilih Hapus data.
  • Setelah itu pilih Hapus Semua Data dan konfirmasi dengan klik Oke.
  • Selesai.

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara mengatasi aplikasi keluar sendiri, kamu bisa mencoba salah satu cara yang telah dijelaskan yang menurut kamu paling cocok untuk kamu coba.

 

Related posts