Cara Mengisi Freon AC Mobil 🚘 (Ada Disini) Yang Mudah

Cara Mengisi Freon AC Mobil
Cara Mengisi Freon AC Mobil

Cara Mengisi Freon AC Mobil

πŸ› οΈTools:
  • Mobil πŸš—
  • Tabung Freon + Selang Perlengkapan 🧰
  • Kopi β˜•οΈ
🦢Langkah-langkah: Pengisian Freon AC Mobil Sendiri 
  • Siapkan dan ambil tabung freon beserta selang perlengkapannya
  • Hubungkan selang warna biru ke saluran tekanan rendah
  • Hubungkan selang warna merah ke saluran tekanan tinggi
  • Hubungkan selang warna kuning ke tabung freon
  • Kendorkan kran yang ada di tabung
  • Kendorkan juga saluran rendah (warna biru) sampai jarum menunjuk di angka 4 bar
  • Tutup kembali (kencangkan) saluran warna biru beserta tabung freonnya
  • Hidupkan mesin mobil
  • Nyalakan AC ke posisi (Fan: Angka Tertinggi, Temperature: Terdingin)
  • Lanjutkan pengisian, buka saluran dan tunggu hingga

Tekanan rendah: jarum menunjuk di angka 1,5 sampai 2 bar
Tekanan tinggi: jarum menunjuk di angka 14,5 sampai 15 bar

  • Pengisian Selesai, silahkan lanjut ngopi-ngopi cantik. Hehee
Gimana sudah bisa belum? Ingin lebih jelas dan detail?
Biar lebih paham lagi, bisa lanjutkan membaca artikel dibawah ini yaa…

WIGATOS.com | Cara mengisi freon AC mobil menjadi hal yang paling banyak dicari akhir-akhir ini di internet, mengingat bahwa AC mobil menjadi salah satu komponen penting dan bisa mempengaruhi kenyaman kamu saat berkendara. Bayangkan saja saat kamu mengendarai untuk jarak jauh dalam kondisi yang panas dan macet, namun AC mobil rusak sehingga tidak mampu mengeluarkan sensasi dingin pada umumnya. Apa yang akan terjadi? Apakah kamu tetap akan nyaman ada di dalam mobil?

AC mobil memang perlu kamu rawat secara berkala agar tetap dingin dan berfungsi dengan baik. Sama halnya dengan AC di rumah, freon AC di mobil juga perlu rutin diisi. Jika kamu masih belum paham bagaimana cara mengisi freon AC mobil, maka simak penjelasan pada artikel kali ini.

Hal Yang Akan Terjadi Jika Freon AC Mobil Telat Diisi

Jika kamu telat mengisi freon pada AC mobil, maka ada beberapa hal yang akan kamu alami pertama, suhu AC mobil tidak akan terasa dingin lagi karena tidak ada freon yang dapat mendinginkan suhu dalam mobil.

Selanjutnya adalah akan timbul suara berisik yang berasal dari kompresor AC ketika kamu menyalakan AC mobil. Hal ini juga kan memicu bau tidak sedap ke dalam kabin. Terakhir, adalah AC mobil-mu tidak akan bisa mentalai kembali atau mati. Hal ini berawal dari kata terlambat dan menjadi keterbiasaan yang dapat menyebabkan AC mobil menjadi rusak.

Intinya, jangan pernah sekali kamu telat mengisi freonnya jika kamu tidak ingin AC mobilmu mengalami kerusakan dan menggantinya dengan freon AC mobil yang baru. Hal inilah yang nantinya akan membuatmu rugi sendiri.

Persiapan Sebelum Menerapkan Cara Mengisi Freon AC Mobil

Sebelum kamu menerapkan cara mengisi freon AC mobil yang akan kami berikan, maka alangkah baiknya kamu mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan. Contohya adalah menyiapkan alat yang bernama manivold gauge yang berfungsi untuk membaca tinggi atau rendahnya tekanan pada refrigerant atau AC dan juga kulkas.

Selain hal itu, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal lain sebagai berikut.

  1. Kosongkan Sistem AC Mobil

Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah kamu harus memastikan bahwa sistem freon AC mobilmu memang benar-benar kosong. Apabila freon AC yang lama belum benar-benar kosong dan kamu memaksa untuk mengisi ulangnya, maka justru akan menimbulkan masalah pada kinerja AC mobil itu sendiri.

Cara mengeceknya, yaitu tutup katup alat pemeriksa tekanan freon dengan menggunakan selang sesuai angka tekanan yang sudah dicek sebelumnya. Tunggulah beberapa saat untuk memastikan bahwa tidak ada lagi freon AC yang tersisa.

  1. Vacuum Sistem AC Mobil

Setelah kamu berhasil memastikan bahwa freon pada AC mobil sudah habis dan tidak tersisa lagi, maka kamu harus memvakum sistem AC mobil kamu. Vacuum ini perlu kamu lakukan untuk memastikan, menghilanhkan, atau menghisap sisa-sisa uap air yang mungkin masih terjebak di dalam sistem AC mobil.

Apabila sisa-sisa uap air tersebut masih ada dan tidak hilang, maka akan mempercepat proses pembekuan freon sehingga mengakibatkan ada gumpalan es yang dapat merusak sistem pendingin pada AC mobil.

Vacuum ini juga kamu bisa menggunakan manifold gauge ataupun manometer tekanan yang ada pada kran tekanan. Kamu bisa menunggu kurang lebi 15 menit sampai indikator di manifold gauge menunjukkan angka 758,4 mmHg atau setara dengan 20 psi.

  1. Lakukan Pelumasan Pada Kompresor AC Mobil

Persiapan terakhir yang harus kamu lakukan adalah pelumasan pada kompreosr AC mobil. Hal ini perlu kamu lakukan untuk mengurangi resio kerusakan pada kompresor ACl. Caranya, yaitu melumaskan oli sebanyak 5 hingga 10 cc ke dalam kompresor AC dengan menggunakan gelas ukur. Jika sudah, jangan lupa untuk menutup kran tekanan rendah.

Cara Mengisi Freon AC Mobil

Cara Mengisi Freon AC Mobil
Cara Mengisi Freon AC Mobil

Setelah kamu berhasil menyiapkan sistem kompresor AC mobil dengan mengosongkan sisa freon lama, hingga pelumasan oli, maka sistem kompresor AC sudah siap untuk kamu isi ulang. Namun sebelum kamu melakukan proses pengisian, pastikan terlebih dahulu isi freon yang sesuai dengan AC. Mengapa demikian? Sebab ada berbagai jenis freon yang beredar di pasaran.

Lantas bagaimana cara mengisi freon AC yang baik dan benar? Nah, untuk pengisian ini terdapat dua metode yang dapat kamu lakukan, mulai dari pengisian freon AC tekanan rendah hingga tekanan tinggi.Β  Berikut adalah penjelasna kedua metode tersebut.

Cara Mengisi Freon AC Mobil Tekanan Rendah

Metode pertama yang dapat kamu pilih adalah pengisian freon pada saluran tekanan rendah. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  • Pertama, silahkan kamu nyalakan terlebih dahulu mesin mobil pada putaran 2000 hingga 3000 RPM dan hidupkan juga AC mobil dengan temperature maksimal
  • Lakukanlah pengisian freon pada saluran hidap di kompresor AC
  • Pasanglah manifold gauge, bukalah kran tabung freo dan jangan lupa tutup rapat saluran kran tinggi
  • Bukalah kran tekanan rendah secara perlahan-lahan agar freonnya tidak masuk ke saluran kompresor AC
  • Perhatikan juga bahwa tabung freon jangan sampai terbalik sebab dapat menyebabkan freon masuk ke dalam sistem kompresor berbentuk cair. Hal ini bisa menyebabkan kompresor lebih cepat rusak
  • Perhatikan juga tekanan freon AC mobil yang kamu miliki. Pastikan bahwa angka kisaran 105 hingga 2 bar dan indikator tinggi menunjukkan kusaran 14,5 hingga 15 bar
  • Setelah pengisian freon berhasil, pastikan juga tidak ada kebocoran pada saluran AC dengan menggunakan alat berupa AC Leak Detector
  • Proses pengisian freonpun sudah berhasil kamu lakukan.

Sebelum lanjut, udah ada yg tau cara mengisi freon Kulkas?

Cara Mengisi Freon AC Mobil Tekanan Tinggi

Metode ini sangatlah cocok bagi kamu yang masih belajar bagaimana cara mengisi freon AC mobil sendiri karena selama proses pengisian, kompresor tidak bekerja menekan zat pendingin berbentuk cair. Tak hanya itu saja, pengisian dengan cara ini dapat membuat katup dan bagian lain tidak bekerja terlalu keras.

Berikut ini adalah langkah-langkah pengisian freon tekanan tinggi yang dapat kamu ikuti.

  • Pertama, naikkan terlebih dahulu tekanan freon dengan memanaskan freon dalam alat pengisian khusus
  • Pastikan bahwa kondisi AC mobilmu dalam keadaan mati atau off
  • Pastikan juga bahwa alat manifold gauge sudah terpasang pada kran dengan tekanan rendah ditutup dan kran tinggi dibuka
  • Untuk bisa mengisi freon ke dalam siste, kompresor AC dalam bentuk cair, maka kamu harus membalikkan tabung freon terlebih dahulu
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses pengisian selesai

Terkait: Cara Mengisi Freon AC Rumah

Nah, itulah beberapa cara mengisi freon AC mobil yang dapat kamu lakukan secara mandiri tanpa harus memanggil tukang service. Langkah-langkahnya sangat mudah untuk kamu lakukan bukan? Perawatan AC mobil ini memang terlihat sepele namun mempunyai dampak yang besar pada kenyamanan berkendara. Jangan sampai penumpang di mobilmu merasa tidak nyaman ketika berada di dalam mobil kesayanganmu. Selamat mencoba!

 

Related posts