Cara Mengaktifkan ShopeePay Yang Dinonaktifkan

Cara Mengaktifkan ShopeePay Yang Dinonaktifkan
Cara Mengaktifkan ShopeePay Yang Dinonaktifkan

Cara mengaktifkan ShopeePay yang dinonaktifkan dapat dilakukan dengan mudah dan tentunya praktis. Jika kamu pengguna ShopeePay cara ini sangat bermanfaat untuk kamu khususnya jika kamu dengan mengalami permasalahan ShopeePay dinonaktifkan.

ShopeePay sendiri adalah salah satu fitur yang ada pada platform belanja online Shopee. Fitur ini merupakan fitur keuangan elektronik yang menawarkan berbagai kemudahan bertransaksi secara digital.

Read More

Dengan menggunakan fitur ShopeePay ini, kamu bisa melakukan pembayaran kapan saja, dimana saja dengan mudah. Selain itu untuk top up saldo terdapat berbagai cara yang bisa kamu pilih seperti melalui Alfamart, Indomart, transafer bank, dan masih banyak lagi.

Jadi jika kamu sering menggunakan aplikasi belanja online Shopee kamu juga bisa memilih metode pembayaran menggunakan ShopeePay ini. Akan tetapi ada kalanya pengguna ShopeePay mengalami permasalahan akun ShopeePay diblokir ataupun dinonaktifkan.

Salah satu penyebab ShopeePay bisa dinonaktifkan adalah karena kesalahan memasukan PIN atau Password saat melakukan transaksi. Jadi saat kamu memasukan PIN, kamu perlu memasukannya dengan benar supaya akun ShopeePay milikmu tidak dinonaktifkan oleh pihak Shopee.

Jika akun ShopeePay sudah diblokir ataupun dinonaktifkan, maka kamu sudah tidak bisa melakukan transaksi menggunakan fitur dompet digital ini. Dan saldo yang ada didalamnya tidak bisa kamu gunakan.

Meskipun cara mengaktifkan kembali akun ShopeePay yang dinonaktifkan cukup mudah, namun masih banyak pengguna Shopee yang kebingunan saat mengalami hal tersebut.

Untuk itu kamu dapat mengikuti cara-cara yang akan dibahas pada artikel ini, supaya kamu bisa menggunakan akun ShopeePay kamu yang sebelumnya telah dinonaktifkan oleh pihak Shopee.

Apa Itu ShopeePay ?

Sebelumnya kamu juga perlu mengenal terlebih dahulu, mengenai apa itu ShopeePay ?. Shopee sendiri adalah situs belanja online atau e0commerce terbesar di Taiwan dan di Asia Tenggara. E-commerce yang satu ini cukup popler dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat.

Dan ShopeePay adalah salah satu fitur dari Shopee yang memberikan kemudahan pembayaran transaksi secara online, baik transaksi yang dilakukan melalui aplikasi Shopee maupun transaksi lainnya di merchandise Shopee.

ShopeePay ini, hampir sama dengan dompet digital lainnya yaitu untuk membayaran berbagai transaksi yang dilakukan penggunanya secara non-tunai.

Syarat Mengaktifkan ShopeePay Yang Dinonaktifkan

Sebelum kamu bisa melakukan aktivasi kembali akun ShopeePay yang sudah diblokir atau dinonaktifkan ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Berikut ini penjelasannya, simak!.

1. Kartu Identitas (KTP)

Syarat pertama adalah kartu identitas seperti halnya KTP, dan jika kamu tidak memilikinya kamu bisa menggunakan kartu identitas lainnya seperti Paspor, SIM, KITAP, ataupun KITAS.

Kartu identitas ini sebagai bukti jika kamu benar-benar pemilik akun ShopeePay yang dinonaktifkan.

2. Nomor Handphone Aktif atau Email Aktif

Berikutnya ada juga syarat Nomor HP ataupun email aktif. Nomor HP ini harus yang sudah tertaut dengan akun Shopee milikmu, dan pastikan jika nomor tersebut bisa dihubungi karena akan digunakan untuk melakukan verifikasi data.

3. Alasan Aktivasi

Yang ketiga kamu juga harus membuat alasan kenapa ShopeePay milikmu harus diaktifkan kembali, alasan ini harus bersifat valid dan bukan hasil manipulasi atau karangan.

4. Bukti Foto atau Video

Kamu juga bisa menyertakan bukti pendukung seperti foto transaksi dan lain-;ain sebagai bahan acuan pihak Shopee untuk mengaktifkan kembali ShopeePay milikmu.

Itulah beberapa persyaratan untuk aktivasi kembali ShopeePay yang sudah dinonaktifkan, kamu perlu mempersiapkan syarat-syarat tersebut sebelum melangkah ke tahap mengaktifkan akun ShopeePay yang telah dinonaktifkan.

Cara Mengaktifkan ShopeePay Yang Dinonaktifkan

Cara Mengaktifkan ShopeePay Yang Dinonaktifkan
Cara Mengaktifkan ShopeePay Yang Dinonaktifkan

Pada saat Shopee melihat adanya berbagai aktivitas mencurigakan pada akun ShopeePay, maka pihak Shopee akan secara otomatis menonaktifkan atau bahkan memblokir akun ShopeePay.

Salah satu aktivitas yang diangap bisa menyebabkan akun diblokir adalah dengan kesalahan memasukan PIN ShopeePay saat melakukan transaksi yang ada. Jadi untuk mencegah akun ShopeePay milikmu dinonaktifkan karena kesalahan PIN kamu harus membuat PIN yang sekiranya bisa kamu ingin ataupun catat PIN tersebut ditempat lain.

Akan tetapi jika akun ShopeePay milikmu sudah terlnjut diblokir oleh pihak Shopee. Maka kamu bisa melakukan langkah-langkah untuk mengaktifkan kembali akun Shopee.

1. Dengan Menghubungi Customer Service Shopee di 1500702

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk aktivasi kembali akun ShopeePay yang sebelumnya dinonaktifkan adalah dengan cara menghubungi customer service Shopee.

Jika akun ShoeePay milikmu diblokir ataupun dinonaktifkan karena kesalahan memasukan PIN sebanyak 5 kali. Maka cara aktivasinya adalah dengan menghubungi customer service Shopee di nomor 1500702.

Apabila kamu sudah terhubung dengan customer service Shopee maka sampaikan permasalahan yang kamu alami, dan nantinya kamu akan diarahkan untukĀ  melakukan aktivasi kembali akun Shopee. Jika informasi yang kamu berikan sudah valid maka customer service Shopee akan mengaktifkan kembali akun ShopeePay milikmu.

2. Dengan Melalui Shopee ID Help Center

Cara berikutnya yang juga dapat kamu ikuti saat akun ShopeePay milikmu diblokir adalah dengan melalui Shopee ID Help Center. Cara ini juga dengan menghubungi customer service Shopee namu tidak dengan menelepon.

Jika kamu menggunakan cara kedua ini, lebih baik jika kamu menggunakan komputer ataupun laptop untuk melakukannya. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti, simak penjelasannya :

  • Langkah pertama adalah buka halaman Contact Us Shopee di https://help.shopee.co.id/s/contactusform.
  • Jika kamu sudah masuk ke halaman tersebut maka kamu bisa mengisi formulir yang ada.
  • Lalu isikan juga permasalahan yang baru kamu hadapi yaitu mengaktifkan akun ShopeePay yang telah dinonaktifkan.
  • Setelah itu supaya mempermudah proses aktivasi kamu juga perlu melampirkan foto KTP, screenshot akun ShopeePay yang telah dinonaktifkan, dan juga lampiran bukti lainnya yang akan mendukung proses aktivasi kembali akun ShopeePay.
  • Apabila semua formulir yang ada sudah kamu isi dengan benar, maka kamu bisa centang pada bagian saya bukan robot.
  • Kemudian tekan tombol Kirim.
  • Jika sudah kamu bisa menunggu hingga pihak customer service Shopee akan menghubungi kamu terkait aktivasi kembali ShopeePay.
  • Selesai.

Untuk bukti-bukti yang diperlukan saat melakukan cara yang kedua ini adalah sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu sebagai berikut:

  • Nama ibu kandung.
  • Alamat sesuai dengan yang ada di KTP.
  • Userbame akun Shopee.
  • Screenshot masalah atau kendala yang kamu alami.

Itu dia cara kedua yang bisa kamu pilih untuk aktivasi kembali akun ShopeePay yang telah diblokir selain dengan menghubungi nomor customer service Shopee.

3. Dengan Melalui Email Shopee di [email protected]

Cara untuk mengaktifkan kembali akun Shopee yang telah dinonaktifkan oleh pihak Shopee adalah dengan melalui Email Shopee. Kamu bisa mengajukan permohonan aktivasi kembali akun ShopeePay dengan cara mengirimkan emalm ke pihak Shopee yaitu di [email protected],id.

Cara ini cukup mudah kamu hanya perlu menuliskan alasan kamu mengaktifkan kembali akun ShopeePay tersebut dan juga tuliskan kronologi akun ShopeePay kamu diblokir.

Kamu juga perlu menyertakan informasi data diri seperti nama, username akun Shopee, dan juga nomor handphone aktif yang terhubung dengan Shopee. Setelah itu kirim email tersebut dan tunggu balasan dari pihak Shopee.

Demikianlah sedikit informasi seputar cara mengaktifkan ShopeePay yang dinonaktifkan. Dari ketiga cara yang telah dijelaskan tersebut cukup memilih salah satu cara yang menurut kamu paling efektif.

 

Related posts