Cara Bayar Shopee Pakai DANA

Cara Bayar Shopee Pakai DANA
Cara Bayar Shopee Pakai DANA

Bagaimana cara bayar Shopee pakai DANA? Apa saja langkah langkah untuk Bayar Shopee pakai DANA? Apa saja persyaratan Bayar Shopee pakai DANA?

Kembali kita membahas tentang layanan E-Commerce atau toko online yang bernama Shopee. Sebagaimana kita tau, shopee sendiri merupakan salah satu layanan atau tempat belanja online yang saat ini banyak dipakai para pengguna untuk melakukan aktivitas jual beli mereka.

Read More

Selain bisa berbelanja online, memang Shopee juga kerap digunakan para seller ataupun reseller untuk menjual produk yang mereka miliki. Namun kali ini kita tidak akan membahas tentang kedua hal tersebut, melainkan dari segi pembelinya terlebih dulu.

Nah, buat kamu yang sering kali berbelanja kebutuhan secara online lewat shopee, mungkin udah gak heran lagi dong, karena shopee memang kerap menawarkan beberapa penawaran dan juga event menarik untuk para penggunanya.

Mulai dari program Gratis Ongkos Kirim dengan atau tanpa minimum belanja, promo potongan harga, dan juga cashback serta XTRA Ongkir untuk para pengguna baru. Semakin sering kalian berbelanja online di Shopee, maka semakin besar kemungkinan kalian untuk mendapatkan Shopee Koin semakin meningkat.

Gak Cuma itu aja, kalian juga bisa kok masuk kedalam ROOM atau live streaming dari para penjual, yang juga menjajakkan produk mereka melalui Live Streaming Shopee. Tentunya, hal ini sangat menarik perhatikan para pembeli, apalagi ada saja para penjual yang melakukan live sembari membagikan koin gratis untuk para penontonnya.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara bayar shopee pakai DANA. Seperti yang sudah kita tau juga, DANA sendiri merupakan salah satu layanan Dompet Digital yang sering digunakan untuk aktivitas pembayaran.

Mulai dari melakukan pembelian pulsa, paket data, voucher listrik, voucher game, dan lain sebagainya, ternyata DANA juga bisa dipakai sebagai metode pembayaran yang sah didalam aplikasi Shopee.

Sebab, sistem dari Dompet Digital sendiri hampir mirip dengan ATM, yang mana para pengguna nya harus terlebih dulu melakukan Top Up untuk selanjutnya mereka bisa menggunakan saldo tersebut untuk transaksi keuangan mereka.

Dan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut soal bagaimana cara bayar Shopee lewat DANA, sebab walaupun saat ini banyak sekali pengguna Aplikasi DANA, tapi nyatanya ada saja pengguna yang belum mengerti cara bayar Shopee pakai DANA. Dan untuk lebih lanjutnya, kalin bisa menyimak artikel berikut ini sampai habis, ya.

Cara Bayar Shopee Pakai DANA

Cara Bayar Shopee Pakai DANA
Cara Bayar Shopee Pakai DANA

1. Buat Akun DANA Terlebih Dulu

Sebelum melakukan pembayaran atau pembelian produk dengan metode pembayaran menggunakan DANA, pastikan terlebih dulu kalian memiliki Akun DANA yang aktif. Jika belum, kalian bisa melakukan pendaftaran dengan menginstall Aplikasi DANA, lalu memasukkan semua data yang dibutuhkan.

Untuk prosess pendaftaran sendiri, DANA hanya membutuhkan kalian untuk memasukkan nomor telfon saja, baru setelah nya kalian akan diwajibkan untuk melakukan pelengkapan data dengan mengisi Nama, Email, Nomor Telfon yang aktif, dan juga Data Diri (untuk Upgrade ke Layanan DANA Premium).

Setelah melakukan prosess pendaftaran dan aktivasi akun, maka kalian sudah bisa menggunakan DANA untuk melakukan pembayaran ataupun membayar tagihan via DANA sendiri. Tapi jika kalian ingin membayar belanjaan menggunakan DANA, maka kalian harus dulu masuk ke step kedua, yakni

2. Lakukan Top Up Saldo DANA

Sebagai Dompet Digital, kalian harus terlebih dulu memiliki saldo yang nantinya bisa digunakan. Untuk itu, kalian sangat disarankan untuk melakukan Top Up DANA lewat berbagai cara. Baik dengan melalui Indomaret, Alfamart, atau bahkan Bank Transfer.

Dan untuk cara Top Up nya sendiri terbilang mudah kok, kalian hanya perlu memberikan nomor ponsel yang terdaftar di DANA ke kasir, lalu memberikan uang tunai sejumlah nominal Top Up yang akan dilakukan. Setelah itu, kalian akan menerima notifikasi di Aplikasi DANA, apabila sudah melakukan Top Up.

3. Buat Pesanan di Shopee

Setelah melakukan pendaftaran dan juga Top Up pada saldo DANA, barulah kalian bisa mulai mencari barang atau produk yang akan dibeli di Shopee. Jika kalian belum memiliki Akun Shopee, kalian bisa melihat dan membaca artikel sebelumnya tentang cara bayar Shopee di Indomaret ataupun cara bayar Shopee lewat Indomaret, yang mana didalam artikel tersebut sudah kami jelaskan untuk cara membuat akun Shopee.

Nah, kalian bisa memilih produk / barang yang akan dibeli sesuai dengan kategori yang tersedia di Shopee itu sendiri, mulai dari Fashion, Kebutuhan Primer, Elektronik, Otomotif, Kecantikan, dan masih banyak lagi.

Pastikan kalian memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kalian, dan juga memiliki harga yang cukup terjangkau, dan juga sesuai dengan nilai saldo DANA yang kalian miliki. Kalian juga bisa kok mencari produk yang mungkin memiliki penawaran menarik, seperti misalnya Gratis Ongkos Kirim, Promo, potongan harga, atau bahkan Cashback.

Dan setelah itu, kalian bisa langsung menambahkan produk yang akan dibeli tadi kedalam keranjang, dan barulah masuk kedalam menu Check Out, setelah itu kalian bisa langsung masuk ke step berikutnya, yaitu

4. Ubah Metode Pembayaran

Menu Ubah Metode Pembayaran sendiri bisa kamu temukan dalam laman Check Out atau pembayaran. Biasanya, didalam menu checkout juga kalian akan diminta untuk melengkapi data yang diperlukan, seperti

  • Alamat penerima (alamat lengkap)
  • Nama Penerima
  • Nomor Telpon (nomor telfon yang bisa dihubungi kurir)
  • Opsi Pengiriman (pilih jasa ekspedisi yang akan digunakan)
  • Jumlah Produk (jika produk lebih dari 1)
  • Kode Voucher (jika memiliki kode voucher)
  • Metode Pembayaran
  • Gunakan Shopee Koin (opsional)

Klik pada menu pembayaran, dan kemudian ganti metode pembayarannya dengan pilihan DANA. Setelah itu, barulah kita akan masuk ke tahapan terakhir. Yaitu

5. Lakukan Pembayaran lewat DANA

Pada tahapan terakhir, setelah berhasil mengisi data dan juga mengubah metode pembayaran menjadi DANA, maka kalian bisa langsung mengklik tombol BUAT PESANAN, dan nantinya kalian diarahkan langsung ke Aplikasi DANA yang sudah terinstall sebelumnya.

Kemudian setelah aplikasi DANA terbuka, nantinya kamu akan melihat tampilan konfirmasi pembayaran sejumlah harga produk yang tertera, beserta ongkos kirim. Jika dirasa semua sudah benar, langsung saja masukkan PIN DANA kalian, dan klik pada BAYAR.

Tunggu beberapa saat, sampai akhirnya prosess pembayaran dari DANA sudah selesai, dan kalian akan menerima bukti transaksi dari DANA yang bisa disimpan pada perangkat Android ataupun iOS kalian.

Setelah itu, kalian bisa menutup aplikasi DANA dan melakukan pengecekan di Shopee untuk mengetahui Status pembayaran yang kalian lakukan sudah berhasil atau belum.

Nah, untuk mempermudah prosess pembayaran, kalian bisa mendownload struk atau bukti pembayaran dari DANA tadi, dan mengirimkan chat kepada seller / penjual untuk melakukan konfirmasi bahwa pembayaran produk kalian sudah selesai diprosess.

Nah, itulah tadi Cara Bayar Shopee lewat DANA yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

 

Related posts