Cara Cek IMEI Oppo

Oppo adalah merek smartphone asal China yang punya pasar penjualan cukup luas di Indonesia, para penggunanya terbilang banyak dan sebagian besar dari mereka pasti belum tahu cara cek IMEI Oppo yang benar.

Mengapa HP Oppo masih diminati? Hal ini dikarenakan popularitasnya mampu bersaing dengan merek smartphone Android lain yang berusaha menarik simpati pencinta gadget, terutama menawarkan ponsel pintar berkualitas dengan harga seimbang.

Tak bisa dipungkiri bahwa HP Oppo sama seperti smartphone lain yang punya replika alias barang palsu. Kalian tidak bisa membelinya sembarangan karena produk asli hanya bisa ditemukan lewat gerai resmi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Smartphone yang punya ciri khas berwarna hijau tersebut bisa dikatakan punya pasar penjualan secara global, alias bukan hanya di Indonesia saja melainkan negara lain seperti Malaysia, Singapura dan Thailand selama beberapa waktu terakhir.

Untuk memastikan HP Oppo yang kamu gunakan adalah produk asli, maka kamu bisa memeriksa nomor IMEI lewat metode berbeda. Pasalnya, semua smartphone pasti punya nomor IMEI yang berguna sebagai bukti identitas sebuah ponsel.

Kalian harus periksa nomor IMEI tersebut lewat bantuan website yang disediakan untuk mendata kode rahasia tersebut, serta memakai aplikasi ketiga untuk meyakinkan HP Oppo yang akan atau sudah dimiliki bukan barang ilegal.

Cara Cek IMEI Oppo

Cara Cek IMEI Oppo
Cara Cek IMEI Oppo

Kamu pasti ingin punya smartphone asli dan bergaransi resmi, bukan? Maka dari itu, kalian tidak boleh membeli produknya lewat Black Market yang dipastikan memasarkan barang ilegal yang merupakan barang replika.

Tak hanya itu, siapapun yang ingin membeli ponsel pintar seperti HP Oppo selalu disarankan mengunjungi gerai resminya di seluruh Indonesia. Kamu bisa menyambangi Service Center Oppo terdekat untuk membeli sekaligus mendapat masa garansi yang berlaku.

Ulasan ini bakal membantu anda untuk memastikan HP Oppo yang dimiliki adalah produk asli dan bergaransi. Kalian cukup menggunakan nomor IMEI dan memeriksanya lewat metode berbeda.

Tujuannya agar kamu dapat mengetahui identitas asli dari smartphone tersebut mengingat oknum tertentu selalu menawarkan ponsel pintar yang harganya di bawah standar pasar gadget, sedangkan kondisi itu harus diwaspadai lantaran masyarakat ingin punya smartphone canggih berharga murah.

Cara Cek IMEI HP Oppo Terpercaya dan Terupdate

Kalian belum tahu cara cek nomor IMEI HP Oppo, bukan? Pembahasan selanjutnya bakal membantu kamu untuk memeriksanya dengan baik dan benar lewat beberapa metode yang harus diperhatikan dengan seksama.

Hal ini bertujuan supaya kalian bisa mencegah pembelian bahkan pemakaian gadget palsu yang tidak boleh diedarkan. Maka dari itu, beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menganalisa nomor IMEI HP Oppo adalah :

1. Cek Nomor IMEI HP Oppo via Kode Rahasia

  • Buka menu Dial Phone atau Telepon dari HP Oppo kamu.
  • Ketik *#06#, tekan tombol OK/Call/Yes.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi pop up yang menampilkan nomor IMEI HP Oppo kamu.
  • Catat nomor IMEI HP Oppo kamu pada menu Note atau Catatan.
  • Selesai.

2. Cek Nomor IMEI HP Oppo via Menu Status Ponsel

  • Buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Oppo kamu.
  • Geser layar ke bawah dan tekan sub menu Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Pilih opsi Status dari sub menu tersebut.
  • Amati nomor IMEI yang muncul pada layar ponsel kalian.
  • Selesai.

3. Cek Nomor IMEI HP Oppo via Body Fisik Smartphone

  • Buka body fisik (casing) bagian belakang HP Oppo kamu.
  • Apabila HP Oppo kalian pakai battery removable, maka kamu bisa membuka baterainya dan nomor IMEI bakal terlihat di bawahnya.
  • Jika HP Oppo kamu memakai battery non-removable (baterai tidak bisa dilepas), maka kalian bisa melihat langsung nomor IMEI tanpa membuka baterai seperti langkah sebelumnya.
  • Selesai.

4. Cek Nomor IMEI HP Oppo via Phone Box

Langkah terakhir memeriksa nomor IMEI HP Oppo kalian bisa menggunakan phone box alias dus ponsel yang menyimpan gadget saat dibeli. Seperti kalian tahu bahwa hampir semua merek smartphone selalu melampirkan nomor IMEI (IMEI 1 dan IMEI 2) di bagian belakang dusnya.

Namun, kalian juga bisa menemukannya lewat buku panduan ponsel yang berisi informasi spesifikasi dan masa garansi. Kamu harus jeli saat membaca nomor IMEI di belakang dusnya karena tulisannya cukup kecil. Nomor IMEI 1 atau IMEI 2 punya kegunaan yang sama dan kalian harus mencatatnya setelah diperiksa.

Bagaimana Cek Nomor IMEI untuk Ketahui Identitas Asli HP Oppo?

Apabila kalian sudah mengikuti salah satu panduan di atas, maka kamu bisa mencatat nomor IMEI terlebih dahulu. Kamu tidak bisa memvonis bahwa HP Oppo yang digunakan adalah produk asli dan bukan barang replika.

Pasalnya, semua pengguna smartphone harus memeriksa nomor IMEI ponselnya lewat website khusus supaya bisa memastikan gadgetnya terdaftar sebagai salah satu barang resmi, serta bergaransi resmi dari Oppo Indonesia. Langkah mudahnya antara lain :

  • Buka menu Note atau Catatan yang menyimpan nomor IMEI HP Oppo kamu.
  • Tekan nomor IMEI sampai muncul perintah Salin atau Copy.
  • Salin nomor IMEI tersebut.
  • Buka web browser (Google Chrome, Opera Mini, Firefox, dll) yang terpasang pada HP Oppo kamu.
  • Kunjungi website http://www.imei.info/ dan masukkan nomor IMEI pada kolom pencarian.
  • Gunakan reCaptcha untuk verifikasi diri kamu sendiri dan tekan tombol Check.
  • Apabila nomor IMEI sudah dimasukkan, tunggu hingga muncul beberapa menu.
  • Kamu bisa memilih menu Info and Country Check untuk tahu masa garansi dan lokasi pembuatan gadget.
  • Pilih menu Warranty and Country Check.
  • Tekan tombol Check Oppo Warranty and Country.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi soal merek, model, nomor IMEI, masa garansi hingga negara produksi.
  • Jika negara produksinya adalah Indonesia, maka bisa dipastikan HP Oppo kamu adalah smartphone resmi yang berlisensi Oppo Indonesia.
  • Selesai.

Kenapa Nomor IMEI Penting untuk HP Oppo?

Kamu sudah paham cara cek IMEI Oppo di atas, bukan? Kalian harus tahu bahwa nomor IMEI punya andil besar terhadap identitas asli sebuah smartphone. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh melihat keberadaannya sebagai 14 digit nomor yang tidak berguna.

Hal ini dikarenakan setiap orang akan butuh nomor IMEI bila terjadi hal-hal diluar dugaan, seperti peretasan sampai pencurian ponsel. Kondisi tersebut membutuhkan IMEI supaya HP Oppo kamu bisa dilacak dan ditemukan.Walaupun berwujud nomor biasa, tetapi setiap digitnya punya makna tersendiri yang harus diperhatikan semua pemilik HP Oppo.

Pasalnya, kamu bisa mengetahui keberadaan ponsel bila dicuri orang lain menggunakan software khusus yang mengandalkan nomor IMEI sebagai sensor atau pemindainya.

Jangan biarkan IMEI HP Oppo kamu dibaca orang lain dan rahasiakan dari siapapun agar ponsel kalian dapat terjaga keasliannya, serta kamu masih berhak dapat garansi dari Service Center Resmi Oppo Indonesia sesuai batas tempo yang berlaku.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...