Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan

Sebagai platform media sosial yang mendunia dan sudah populer sejak lama, Facebook selalu melakukan pembaharuan pada fitur-fitur yang dibawanya. Termasuk dalam hal keamanan, Facebook telah menerapkan kebijakan dan aturan kepada para penggunanya. Bahkan jika melanggar kebijakan Facebook, siap-siap saja akun kalian diblokir. Lantas, bagaimana cara mengembalikan akun Facebook yang dinonaktifkan?

Apa Penyebab Akun Facebook dinonaktifkan?

Sebelum beranjak lebih jauh, kalian harus pikir-pikir lagi, apa sih penyebab akun Facebook kalian dinonaktifkan? Karena dengan begitu, kalian bisa mengatasi masalah ini dengan baik. Sebenarnya, bukan tanpa alasan Facebook memblokir akun pengguna. Beberapa penyebab berikut dianggap telah melanggar aturan Facebook dan membuat akun kalian diblokir sepihak oleh Facebook :

  • Kiriman kalian ditandai sebagai postingan spam, kemudian dilaporkan oleh salah satu pengguna Facebook.
  • Melakukan tindakan penyalahgunaan sesudah mendapatkan peringatan dari pihak Facebook maupun organisasi lain.
  • Penyalahgunaan akun Facebook yang mengatasnamakan diri kalian.
  • Meretas akun dan menyebarkan pesan tidak pantas kepada pengguna lain, seperti melakukan pelecehan, media NSFW, iklan paksa, hingga penguntitan.
  • Perilaku kasar dan tidak pantas melalui postingan komentar grup Facebook.

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan

Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan
Mengembalikan Akun Facebook yang Dinonaktifkan

Ada beberapa cara mengembalikan akun Facebook yang dinonaktifkan sesuai dengan penyebabnya, yang bisa kalian coba. Cek ulasannya berikut :

Metode 1 : Memulihkan Facebook yang Dinonaktifkan Sendiri

Bagi kalian yang melakukan hal seperti ini dengan alasan tertentu, selama akun Facebook tidak dinonaktifkan secara permanen, maka kalian bisa memulihkan akun Facebook kalian kembali berikut ini :

Login ke Laman Facebook
  • Buka laman Facebook jika menggunakan browser di alamat : www.Facebook.com.
  • Apabila menggunakan aplikasi Facebook, buka terlebih dahulu aplikasinya pada perangkat hp.
  • Setelah masuk pada tampilan login, maka yang perlu kalian lakukan adalah login Kembali ke Facebook dengan menggunakan akun Facebook yang sebelumnya pernah dinonaktifkan.
  • Jika sudah login seperti biasa, maka akun Facebook milik kalian bisa Kembali seperti semula dan Facebook siap untuk digunakan Kembali.
Terkait:  Cara Masuk Instagram Lewat Facebook

Untuk mengaktifkan Kembali Facebook yang dinonaktifkan, maka yang wajib kalian ingat adalah alamat email atau nomor telepon yang biasa digunakan untuk login. Apabila kalian lupa passwordnya, maka bisa meminta pembuatan kata sandi baru yang tersedia pada halaman depan Facebook.

Ada beberapa hal yang perlu dipahami ketika ingin mengaktifkan kembali facebook yang kalain nonaktifkan sendiri, diantaranya sebagai berikut :

  • Kalian tetap dapat memulihkan akun Facebook, baik menggunakan perangkat sendiri atau memakai perangkat lain. Sebab untuk masalah ini, kalian bisa mengakses akun FB kembali dengan cara masuk seperti biasanya.
  • Apabila akun Facebook di nonaktifkan secara permanen, kemudian ingin mengembalikan akun FB tersebut kembali, maka kalian aka diberikan kesempatan selama 30 hari. Waktu tersebut dihitung sejak kalian menonaktifkan Facebook, sebelum akun Facebook kalian benar-benar dihapus permanen oleh pihak Facebook.

Metode 2 : Memulihkan Facebook yang Dinonaktifkan Sepihak

Alasan akun Facebook dinonaktifkan secara sepihak biasanya disebabkan oleh pengguna Facebook telah melanggar komunitas sehingga dengan terpaksa akun dinonaktifkan. Bagi kalian yang ingin mengaktifkannya kembali akun FB karena masalah ini, maka kalian bisa mengajukan banding ke pihak Facebook.

Cara pengajuan banding cukup mudah, yang paling utama adalah persiapkan terlebih dahulu identitas diri dan alasan kenapa kalian ingin mengaktifkan akun FB kembali lewat formulir yang tersedia.

Untuk kemudian, pihak Facebook selanjutnya akan menentukan apakah akun kalian layak untuk diaktifkan kembali ataukah tidak. Berikut ulasannya :

1. Pastikan Akun Facebook Benar-Benar Dinonaktifkan

Account Disabled

Untuk mengecek masalah ini, silakan kunjungi situs www.Facebook.com lalu masuklah dengan nama akun dan password sendiri. Apabila telah dicoba muncul tulisan ‘Account Disabled’, maka akun kalian dipastikan diblokir sepihak dan kalian harus mengajukan banding agar akun bisa Kembali.

Terkait:  Cara Tutup Akun FB

2. Pengisian Formulir

Selanjutnya adalah pengisian formulir permohonan pengembalian akun Facebook. Caranya adalah dengan masuk pada url terlebih dahulu yaitu : https://www.Facebook.com/help/contact/260749603972907 Langkah ini bisa dilakukan jika kalian sudah yakin bahwa akun kalian dinonaktifkan secara sepihak oleh Facebook karena adanya kekeliruan atau galat.

3. Rincian Pengisian Formulir

Langkah selanjutnya adalah dengan memulai mengisi rincian formulir yang tertera di layar. Berikut kolom yang harus diisi :

Formulir Banding Facebook
Formulir Banding Facebook
  • Akun email atau nomor telepon. Kalian perlu memasukkan salah satu dari 2 opsi tersebut agar bisa terhubung pada akun Facebook yang sebelumnya dinonaktifkan.
  • Memasukkan username. Ini merupakan kolom kedua setelah kolom email atau nomor telepon. Nama yang harus dimasukkan adalah nama yang selalu digunakan di akun Facebook. Dengan demikian, ada kemungkinan nama yang harus diisikan berbeda dengan nama asli yang sesuai dengan Kartu identitas seperti KTP.
  • Upload Kartu Identitas. Pada bagian ini, kalian diwajibkan untuk upload kartu identitas seperti Kartu SIM, KTP, kartu pelajar, hingga paspor. Silakan pilih salah satu. Adapun cara upload kartu identitas yaitu ambil foto kartu identitas telebih dahulu, baik bagian depan maupun bagian belakang, selanjutnya silakan pindahkan berkas foto dari hp ke komputer. Lalu, pilih tombol ‘Choose Files’ atau pilih berkas tempat foto KTP tersebut disimpan pada direktori komputer.
  • Penjelasan situasi. Pada kolom ini, kalian harus memberikan informasi tambahan mengenai penjelasan situasi yang harus kalian isi secara singkat, jelas dan padat. Informasi ini bisa diisi sebagai bentuk komplain atas tindakan Facebook yang telah menonaktifkan akun FB kalian secara sepihak.
  • Klik tombol Send.

Setelah semua kolom terisi dengan lengkap, pada bagian bawah terdapat tulisan ‘Send’. Silakan klik tombol send, selanjutnya formulir pengajuan untuk komplain akan langsung terkirim ke pihak Facebook untuk segera ditindaklanjuti. Apabila mereka memutuskan untuk membatalkan pemblokiran, maka pihak Facebook akan mengirimkan pesan yang memberitahukan jika akun Facebook telah diaktifkan Kembali.

Terkait:  Cara Live PUBG di Facebook Android

4. Informasi Tambahan

Informasi ini bersifat kondisional, artinya jika dibutuhkan oleh Facebook maka kalian wajib menjawabnya. Dengan tujuan agar Facebook segera mengambil keputusan terkait akun FB kalian yang dinonaktifkan. Biasanya pihak Facebook akan menghubungi kalian melalui pesan email atau melalui pesan singkat SMS.

Kalian akan diberikan kesempatan membalas tanggapan dari Facebook paling lama 30 hari, semenjak menerima email atau pesan singkat dari Facebook. Apabila selama 30 hari tidak ada tanggapan, maka akun Facebook kalian akan dinonaktifkans secara permanen.

Simpan Data Akun Facebook Kalian

Berikut ada beberapa hal yang wajib kalian simpan atau setidaknya mengingat data-data di bawah untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini :

  • Username

Username di sini bisa nama yang digunakan pada profil, atau bisa juga log in dengan mengakses alamat email atau nomor telepon. Setidaknya simpanlah username kalian baik melalui hp atau ditulis langsung pada kertas.

  • Password

Selain username, kalian juga harus menyimpan password baik-baik, entah itu secara onine ataupun melalui catatan di kertas. Tujuannya, supaya kalian bisa mengaksesnya kembali keitka suatu saat lupa password atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana, cara mengembalikan akun Facebook yang dinonaktifkan di atas sangat mudah, kan? Kini kalian tidak perlu khawatir lagi jika akun FB diblokir sepihak. Sebagai antisipasinya, jangan melakukan hal-hal yang melanggar kebijakan Facebook.

 

Related posts