Cara Mengaktifkan GPS di HP OPPO

cara mengaktifkan gps di hp oppo
cara mengaktifkan gps di hp oppo

Pada masa sekarang ini perkembangan teknologi terjadi semakin pesat, hal ini terjadi diberbagai bidangĀ  dan salah satunya adalah untuk handphone atau saat ini lebih dikenal dengan istilah smartphone. OPPO merupakan salah satu brand handphone yang banyak digunakan oleh masyarakat, jika kamu pengguna OPPO penting rasanya untuk mengetahui cara mengaktifkan GPS di HP OPPO.

Jika beberapa tahun kebelakang handphone OPPO belum dibekali dengan GPS, namun berbeda sekarang ini. Karena saat ini hampir semua smartphone sudah memiliki fitur GPS didalamnya.

Read More

Fitur GPS ini memiliki banyak fungsi penting untuk penggunanya, dan jika kamu pengguna aplikasi transportasi online tentunya mengetahui jika hanya dengan GPS ini pengemudi ojek Online bisa mengetahui lokasi kamu.

Tidak hanya saat menggunakan layanan ojek online saja, dengan adanya GPS ini orang lain juga bisa mengetahui lokasi kamu saat kamu membagikan lokasi milikmu kepada orang tersebut.

Untuk yang belum mengetahui GPS, GPS adalah kependekan dari Global Positioning System yang memiliki arti sistem berbasis satelit yang dapat digunakan untuk melakukan navigasi, sistem ini dapat dipergunakan diberbagai perangkat. Dengan adanya GPS ini dapat melacak posisi dari suatu objek tertentu dan memetakannya dalam sebuat peta digital.

Dengan hadirnya fitur GPS ini dapat kamu gunakan untuk menuju lokasi yang kamu inginkan dari lokasi kamu sekarang ini. Namun sebelum kamu bisa menggunakan fitur GPS pada smartphone OPPO, kamu perlu mengaktifkan fitur GPS ini terlebih dahulu.

Cara mengaktifkan GPS di HP OPPO sangat mudah untuk dilakukan, ada beberapa cara yang dapat digunakan oleh pengguna smartphone OPPO jika ingin mengaktifkan fitur GPS di smartphone mereka salah satunya adalah melalui menu pengaturan. Akan tetapi ada cara yang tidak kalah cepat dan mudah.

Untuk itu kamu bisa menyimak cara-cara yang akan dibahas dalam artikel ini supaya kamu bisa menghidupkan fitur GPS dan menggunakannya untuk kepentinganmu seperti menuju lokasi yang diinginkan atau supaya orang lain dapat menemukan lokasi milikmu.

Mengenal Apa Itu GPS di HP Android ?

Sebelum kamu bisa melangkah ke pembahasan mengenai cara untuk menghidupkan GPS, ada baiknya jika kamu mengenal apa itu GPS di handphone Android terlebih dahulu.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika GPS yang merupakan singkatan dari Global Positioning System adalah sistem yang digunakan dengan tujuan untuk mencari posisi dengan koordinat melalui bantuan satelit.

Sekarang ini menggunakan GPS adalah hal yang sudah biasa, berbeda dengan dulu dimana penggunaan GPS jarang dilakukan kecuali untuk tujuan tertentu. Keberadaan GPS pada masa ini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat khususnya untuk mencari lokasi yang ingin dituju.

GPS sudah banyak dipasang dialat elektronik dan salah satunya adalah di HP Android. Selain yang udah disebutkan GPS juga memiliki banyak fungsi lainnya. Kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini untuk mengetahui fungsi-fungsi dari GPS.

Fungsi-fungsi Dari GPS

Setelah kamu mengenal apa itu GPS, kamu juga perlu mengetahui fungsi-fungsi penting dari keberadaan GPS ini. Seperti yang kamu ketahui jika fungsi utama dari GPS adalah untuk melacak suatu posisi dengan bantuan koordinat satelit. Dan sistem ini banyak digunakan dan bahkan menjadi fitur wajib bagi setiap smartphone Android, salah satunya adalah HP OPPO.

Selain itu GPS juga memungkinkan kamu untuk menemukan arah sesuai dengan keinginan dan informasi yang lebih mendetail. Dan bahkan GPS sekarang ini tidak hanya bisa mencati arah dari suatu lokasi, akan tetapi juga sudah dilengkapi dengan teknologi 3D.

Cara Mengaktifkan GPS di HP OPPO

cara mengaktifkan gps di hp oppo
cara mengaktifkan gps di hp oppo

Jika kamu ingin menggunakan fiur GPS pada handphone OPPO tentu saja kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Mungkin masih ada diantara pengguna OPPO yang masih bingung mengenai cara mengaktifkan GPS di HP OPPO ini, caranya sangat mudah dan praktis.

Apabila kamu ingin mengetahui langkah-langkahnya simak cara-cara yang akan dibahas berikut ini, dan pilih salah satu cara ini untuk mengaktifkan fitur GPS di handphone OPPO milikmu. Cara ini dapat kamu terapkan pada handphone OPPO tipe apapu. Simak penjelasannya!.

1. Cara Mengaktifkan GPS di HP OPPO Melalui Menu Pengaturan

Cara pertama yang dapat kamu coba untuk menghidupkan fitur GPS di handphone adalah dengan melalui menu pengaturan atau setting. Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskanĀ  berikut ini:

  • Langkah pertama adalah buka menu Pengaturan (Settings) yang ada HP OPPO kamu terlebih dahulu.
  • Jika kamu sudah masuk ke menu Pengaturan maka langkah berikutnya adalah pilih opsi Keamanan dan Lokasi.
  • Setelah itu kamu bisa scroll ke bawah dan temukan opsi Lokasi (Location).
  • Langkah berikutnya adalah tekan opsi Lokasi supaya kamu bisa mengaktifkan GPS.
  • Lalu pastikan jika keterangan GPS Aktif sudah muncul.
  • Selesai.

Selain menggunakab cara diatas, kamu juga bisa mengaktifkan lokasi di handphone OPPO dengan langkah dibawah ini jika di handphone kamu tidak ada menu Keamanan dan Lokasi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan (Settings) yang ada di handphone kamu.
  • Selanjutnya kamu bisa memilih opsi Location.
  • Langkah berikutnya untuk menghidupkan GPS tekan tombol toggle location sampai menyala.
  • Setelah itu GPS secara otomatis akan aktif dengan sendirinya.
  • Selesai, selain itu kamu juga bisa menambahkan tingkat akurasi GPS dengan mengaktifkan fitur WIFi and Bluetooth Scanning.

Itulah cara pertama untuk menghidupkan fitur GPS yang ada di handphone OPPO sebelum digunakan.

2. Cara Mengaktifkan GPS di HP OPPO Melalui Quick Menu

Berikutnya ada cara kedua yang dapat kamu coba jika ingin menghidupkan fitur GPS tanpa harus melalui menu pengaturan. Cara kedua ini bisa menghidupkan fitur GPS lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan menu Pengaturan.

Karena cara kedua ini kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah saja, berikut ini penjelasannya:

  • Pertama-tama kamu bisa membuka kunci layar pada handphone OPPO milikmu.
  • Setelah itu pada halaman Home Screen kamu bisa mengusap atau swipe dari bagian atas handphone kebawah sampai akhirnya muncul Quick Menu.
  • Selanjutnya pada bagian Quick Menu kamu bisa mencari fitur Location.
  • Dan untuk menghidupkan GPS kamu hanya perlu menekan tombol Location tersebut hingga berubah warna.
  • Selesai.

Itu dia cara kedua yang dapat kamu ikuti supaya berhasil mengaktifkan dan menggunakan fitur handphone Android yang satu ini. Cukup mudah bukan ?

Cara Menonatifkan GPS di HP OPPO

Selain mengetahui cara menghidupkan ada baiknya jika kamu juga mengetahui cara menonaktifkan GPS di HP OPPO. Berikut ini langkah-langkah untuk mematikan fitur GPS pada handphone OPPO, simak!.

  • Langkah pertama buka menu Pengaturan yang ada dihandphone OPPO kamu.
  • Setelah itu kamu bisa memilih opsi Keamanan dan Lokasi.
  • Lalu untuk mematikan GPS kamu bisa geser toogle kearah kiri hingga fitur GPS mati.
  • Selesai.

Demikianlah informasi seputar cara mengaktifkan GPS di HP OPPO yang dapat kamu coba dan ikuti. Pilih salah satu cara diatas untuk menghidupkan fitur GPS ini. Selamat mencoba.

Related posts