Cara Melacak GPS Mobil

  • Whatsapp

Setiap mobil keluaran terbaru kini sudah dilengkapi oleh piranti canggih, selain fitur kenyamanan juga sudah dipersenjatai oleh sistem keamanan terbaik. Sebut saja ada kontrol sistem, ABS, dan Airbag canggih sampai sistem GPS untuk melacak kendaraan. Sistem GPS pada kendaraan terutama pada mobil, sebenarnya sangat penting, terlebih untuk melacak keberadaan mobil yang hilang. Karena itulah penting sekali mengetahui cara melacak GPS mobil.

Selain untuk melacak keberadaan mobil yang hilang, sistem GPS pada kendaraan roda empatj juga berguna bagi Kamu yang memiliki jasa rental mobil. Dengan cara melacak GPS mobil, Kamu bisa memberikan keamanan ekstra untuk kendaraan.

Tentang Sistem GPS

GPS ialah kependekan dari Global Private Security  sebagai sebuah teknologi terkini yang memungkinkan para penggunanya bisa melacak sesuatu, tak terkecuali melacak kendaraan. Terlebih kini hal tersebut telah dikombinasi oleh berkembangnya teknologi smartphone yang membuat semuanya lebih mudah.

Teknologi GPS juga bisa dikatakan sebagai satelit penerima sinyal dari pemancar GPS itu sendiri. Selanjutnya receiver akan menerima data. Hanya dengan melihatnya, teknologi GPS memungkinkan Kmau untuk menentukan lokasi, kecepatan, aktivitas yang sesuai seperti menutup atau membuka pintu mobil.

Cara Melacak GPS Mobil

Cara Melacak GPS Mobil
Melacak Mobil Dengan GPS

Melacak Mobil yang Hilang Dengan GPS

Kini komponen dengan teknologi pelacakan mobil, biasanya berisi alat pelaack GPS. Alat ini bisa dipasang dengan mudah ke dalam kendaraanmu dan tak bisa diidentifikasi pencuri mobil dengan mudah. Cara melacak GPS Mobil ini tentu saja sangat berguna. Karena mereka juga tidak bisa menonaktifkan perangkat GPS dengan mudah pada kendaraanmu.

Terkait:  Cara Melacak Mobil

Ada sistem pemancar GPS yang juga selalu mengirimkan sinyal menuju arah pemantauan. Perangkat server GPS selanjutnya menangani proses penerimaan sinyal atau data sekaligus menyimpannya secara aman. Sampai mereka hanya bisa mneyediakna data ketika dibutuhkan. Di samping itu, antarmuka GPS atau sistem kontrol GPS akan meminta alarm saat mobil Kamu sudah diambil, dengan memfasilitasi sistem pelacakan segera.

Apalagi sistem pelacakan kendaraan roda mobil dalam cara melacak GPS mobil sudah bisa dioperasikan lewat jaringan seluler atau grup satelit. Walaupun hanya beberapa pabrikan mobil global tertentu yang menyatukan sistem perangkat integral pada kendaraan.

Adapun yang diberikan oleh pabrikan mobil ini tak lain untuk memberikan klien kebebasan dalam memilih tarif sistem berlangganan pada layanan mereka. Tidak hanya itu, fitur lain juga sudah dimasukkan pada GPS pelacak mobil. Sama halnya dnegan skema respons yang bertindak dengan otomatis serta bantuan navigasi terintegrasi yang memanfaatkan teknologi serupa.

Maka dari itu, sudah jelas jika sistem pelacakan kendaraan roda empat penting sekali untuk dijadikan sistem keamanan pada kendaraanmu. Terutama kini saat pencuri sudah semakin maju bahkan ada saja kasus yang terjadi setiap hari, maka penting sekali meningkatkan trik permainanmu.

Melacak Posisi Kendaraan Roda Empat Lewat Android

Setelah mengetahui pembahasan tentang sistem pelacakan GPS kendaraan roda empat di atas, kini Kamu harus tahu bagaimana cara melacak GPS mobil di perangkat android. Untuk lebih jelasnya, simak panduan di bawah ini!

1. Tutorial Melacak GPS Mobil di Aplikasi ID Track

Idtrack server GPS merupakan platform tracking dari Indonesia yang menawarkan banyak keunggulan terkait GPS online. Aplikasi ini dibuat guna meningkatkan sistem keamanan pada mobil hanya lewat android. Adapun cara pemakaiannya ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka web browser di ponsel Kamu.
  • Kemudian kunjungi web Idtrack server GPS.
  • Setelah itu, Kamu bisa melakukan registrasi akun terlebih dahulu, tapi bisa juga menggunakan akun Gmail-mu.
  • Selanjutnya lakukan verifikasi perizinan supaya dapat mengakses sistem ID track.
  • Unduh aplikasi ID Track di Google Play Store.
  • Jika sudah, buka lalu jalankan aplikasinya.
  • Masuk ke halaman utama, tinggal pilih opsi real time tracking.
  • Inputkan informasi mobil yang terdaftar.
  • Selanjutnya tunggu hingga proses pencarian selesai.
  • Ketuk “Navigate” kemudian mengikuti instruksinya.
Terkait:  Cara Melacak Hp Hilang Lewat Whatsapp

Aplikasi Idtrack ini menawarkan berbagai fitur unggulan, diantaranya akan memberikan informasi dan data selama 5-10 detik dengan cara real time. Di samping itu, Google Maps sudah terkoneksi dan terintegrasi secara langsung lewat live Trafic. Di samping itu, kamu juga dapatmelakukan pengecekan histori perjalanan dan petunjuk arah.

2. Tutorial Melacak GPS Mobil di Aplikasi MyCar Locator Free

Untuk melacak keberadaan mobil lewat android selanjutnya ialah melalui platform MyCar locator Free. Dimana platform yang satu ini bisa membantumu mengetahui keberadaan mobil secara realtime. Adapun langkah cara melacak GPS Mobil dengan aplikasi MyCar Locator Free adalah sebagai berikut :

  • Unduh MyCar Locator Free Apps.
  • Kemudian daftarkan akunnya lebih dulu.
  • Inputkan data atau informasi tentang kendaraan pribadimu.
  • Masuk memakai akun yang telah terdaftar sebelumnya.
  • Lalu pilih layanan apa yang akna dipakai.
  • Apabila Kamu ingin melacak keberadaan mobilmu, ketuk “Search“.
  • Masukkan informasi kendaraan dan tunggu sampai proses pencarian selesai.

Tak hanya dipakai untuk pelacakan posisi kendaraan secara mobile, memakai MyCar Locator Free pun sangat berguna bagi kepentingan lainnya untuk kondisi tertentu. Kamu bisa menggunakannya untuk mencari tempat parkir, SPBU, restoran dan hotel.

Melacak Kebaradaan Mobil via Google Maps

Tak hanya berguna untuk menampilkan arah jalan ketika berkendara, Google Maps juga berguna untuk melacak posisi kendaraan. Selain itu, cara melacak GPS mobil juga tak terlalu sulit. Kamu hanya memerlukan smartphone yang menunjang sistem Google Maps sekaligus memasang perangkat GPS di kendaraanmu. Selain itu, untuk pelacakan juga diperlukan jaringan internet stabil.

Jika sudah menyediakan semua perangkat GPS dengan lengkap di mobil, ini dia langkah-langkah pelacakan mobil memakai GPS, berikut ini :

Terkait:  Cara Melacak Mobil

1. Sambungkan GPS Pada Smartphone

Karena biasanya Google Maps sudah menjadi fitur bawaan bagi kebanyakan produk ponsel pintar, jadi kita tidak akan mengunduhnya lagi. Jadi Kamu bisa langsung saja melakukan registrasi di akun Google Maps. Inputkan password dan username jika sudah mempunyai akun Gmail. Selain itu, biasanya GMaps secara otomatis akan mendeteksi akun Gmail milikmu.

Jika sudah masuk pada aplikasi GMaps, hubungkan perangkat GPS ke Google Maps. Setelah itu, kamu bisa mengaktifkan mode searching atau pencari supaya GMaps bisa mendeteksi perangkatmu. Tambahkan alat GPS lalu pilih jenis kendaraan di akunmu. Di samping itu, Kamu pun dapat memberi nama ke perangkat GPS supaya lebih gampang dikenali.

2. Share Lokasi Mobil

Jika sambungan sudah berhasil terhubung, Kamu akan menerima notifikasi dna langsung ditampilkan pada sistem. Ketika membuka aplikasi Google Maps di ponsel pintar, Kamu bisa menemukan titik lokasi keberadaan mobil.

Apabila ingin melacak keberadaan mobil, ketuk ikon lingkaran berukuran kecil dan berwarna biru di samping kanan. Jika Kamu mengetuk ikon tersebut, maka posisi GPS pun bisa diketahui segera. Setelah itu, Kamu bisa membagikan lokasi GPS mobil secara otomatis mengingat alat GPS beserta perangkat smartphone sudah terdaftar di Google Maps.

4. Pengaturan Detail Pelacakan

Selanjutnya lakukan pengaturan detail lain, berupa durasi waktu berbagi lokasi. Dimana pengaturan tersebut akan membantumu menentukan lamanya durasi proses share lokasi online atau real time. Namun sebelum memakai fitur ini, kamu harus memastikan jika GPS di smartphone-mu sudah aktif.

Demikianlah ulasan cara melacak GPS Mobil yang bisa Kamu coba untuk melacak keberadaan saat mobil hilang atau ketika Kamu menyewakan kendaraanmu kepada orang lain. Semoga bermanfaat!

Related posts