Cara Melacak iPhone Melalui GPS

Sebagai antisipasi untuk mencegah iPhone kalian hilang, terjatuh atau dicuri, maka penting sekali memahami cara melacak iPhone melalui GPS. Mengingat iPhone termasuk barang berharga yang nilainya sangat fantastis, jadi wajar jika perangkat ini sering menjadi bulan-bulanan si pencuri dengan memanfaatkan kesempatan saat pemilik iPhone lengah.

Ponsel pintar premium yang hanya dimiliki masyarakat di kalangan menengah ke atas ini telah menyematkan fitur menarik dan canggih yang mampu memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Bahkan pada iOS 15 sebagai versi teranyarnya, telah membawa banyak perubahan dengan peningkatan berbagai macam fitur yang mumpuni.

Read More

Fitur-fitur Terbaru iOS 15

Ada beberapa fitur yang disematkan, diantaranya kemampuan dalam membagikan link atau tautan video call untuk Facetime, pembaruan pada Apple Maps, kehadiran Live Text untuk menyalin teks pada gambar, dan fitur lainnya.

1. Kemampuan Melacak AirPods Max dan AirPods Pro Jika Hilang

Para pengguna iOS 15 saat ini dapat melacak posisi lokasi keberadaan AirPods Max atau AirPods Pro terakhir kali saat hilang. Dengan mengandalkan koneksi bluetooth saja, pengguna dapat mengetahui lokasi AirPods berada menggunakan bantuan suara.

2. Focus Up

Melalui Focus UP ini, para pengguna bisa menyortir pemberitahuan masuk, seperti SMS, panggilan telepon, email, atau yang lainnya sesuai profil focus. Para pengguna bisa mengatur berbagai jenis notifikasi terlebih dahulu yang bisa ditampilkan atau bahkan ditolak di tiap profil focus.

Terkait:  Cara Cek iPhone Ori

3. FaceTime untuk Android dan Windows

Fitur FaceTime yaitu sebuah fitur iOS yang memungkinkan para pengguna non iOS bisa bergabung ke sistem panggilan video dengan Facetime pada ekosistem iOS. Awalnya sebelum kehadiran iOS 15, fitur ini hanya dapat dipakai di perangkat Apple.

Para pengguna yang bukan iOS dapat bergabung ke dalam FaceTime lewat Web. Para pengguna Facetime ini nantinya dapat menyalin link atau tautan ruangan, mirip seperti mekanisme untuk  share virtual room di layanan Zoom Meeting.

Sebenarnya masih banyak fitur-fitur terbaru iOS 15, namun kita tidak bisa membahasnya satu persatu disini.

Jika kalian telah memilih perangkat iPhone yang disematkan dengan sistem operasi terbaru ini, sayang sekali jika hilang atau terjatuh begitu saja. Oleh karena itu, kalian bisa mencoba cara melacak iPhone dengan GPS.

Cara Melacak iPhone dengan GPS

Cara Melacak iPhone Melalui GPS
Melacak iPhone Melalui GPS

Melacak perangkat iPhone yang hilang menggunakan GPS adalah cara termudah yang bisa dilakukan, kalian hanya perlu menggunakan GPS atau Google Maps. Opsi ini bisa dipakai saat iPhone yang ingin kalian temukan tidak mengaktifkan layanan send last location dan Find My iPhone.

Akan tetapi, untuk menggunakan cara melacak iPhone dengan GPS, harus aktifkan layanan Location history di iPhone yang kalian cari terlebih dahulu. Karena nantinya kalian akan menggunakan location history untuk melacak perangkat iPhone.

Di bawah ini, ada beberapa langkah cara melacak iPhone dengan GPS yang dapat dicoba, yaitu :

  • Buka browser dan akses Google Maps.
  • Login memakai akun Google yang sudah terhubung pada iPhone yang hilang.
  • Tekan Menu.
  • Klik Your Timeline.
  • Selanjutnya, kalian akan melihat riwayat lokasi iPhone di Google Maps atau GPS.

Tutorial Melacak iPhone Lainnya

Selain cara melacak iPhone dengan GPS, kalian juga bisa mencoba beberapa metode pelacakan iPhone di bawah ini :

Terkait:  Cara Beli iPhone di iBox

1. Menggunakan Find My iPhone

Syarat untuk menggunakan metode pelacakan melalui Find My iPhone adalah kalian sebelumnya harus sudah mengaktifkan layanan Find My iphone di perangkat yang hilang. Ini ulasannya :

  • Kunjungi situs web dari iCloud terlebih dahulu.
  • Masuk atau login memakai akun Apple ID, pastikan akun yang dimasukkan sama seperti pada perangkat iPhone yang hilang.
  • Masuk ke Find My iPhone.
  • Apabila iPhone yang dicari dalam kondisi mati, bahkan tidak terhubung pada jaringan internet, fitur ini biasanya langsung memberitahukan. Contoh iPhone milik Mita (Offline).

Hal yang perlu dilakukan saat mengetahui iPhone yang sedang dicari offline yaitu dengan menunggunya sampai perangkat iPhone online kembali.

Jadi tugas kalian hanya perlu bersabar menunggu hingga iPhone kembali aktif. Akan tetapi, apabila iPhone kalian hilang akibat sulit dijangkau dan jatuh, misalnya saja jatuh ke sungai atau pantai mungkin. Fitur tersebut hanya akan menampilkan lokasi keberadaan ponsel terakhir kali yang terdeteksi.

Namun, bagaimana jika iPhone kembali aktif? Sudah tentu, fitur tersebut bisa langsung memberitahukan kepada kalian tentang lokasi terbarunya. Caranya adalah tekan tombol action.

Apabila iPhone ternyata berada tidak jauh dari tempat kalian, fitur ini langsung membuat perangkat mengeluarkan suara untuk mempermudah kalian menemukannya.

2. Melacak iPhone Dengan Android

Cara ini sebenarnya sangat umum digunakan, namun bisa bekerja untuk menemukan iPhone kalian. Kalian dapat melakukan panggilan via WA atau dengan mengirimkan pesan lewat ponsel android teman. Cek apakah pesan atau chat yang dikirim via WA sudah terkirim ataukah tidak dengan melihat status centang duanya.

Kalian harus ingat-ingat lagi, apakah data seluler iPhone aktif ataukah tidak saat terakhir kali kalian memegangnya. Apabila data internetnya aktif, kemudian status pengiriman pesan centang satu. Dapat dipastikan, iPhone kalian sudah diambil seseorang, lalu ia mengubah jaringan data seluler jadi non aktif.

Terkait:  Cara Backup Whatsapp Android ke iPhone

Sama halnya ketika menelpon, jika kalian mendengar notifikasi atau pesan suara Nomor Tidak Aktif atau Tidak Bisa Dijangkau. Maka hal tersebut bukan pertanda baik. Tapi jangan panik, kalian masih bisa mencoba opsi lain.

3. Melacak iPhone Lewat IMEI

Melakukan pelacakan iPhone melalui IMEI bisa dikatakan cukup sulit jika dibandingkan aplikasi tracking perangkat lainnya.

Teknik pelacakan iPhone yang bisa digunakan cukup akurat dengan IMEI ini ialah menggunakan triangulasi BTS. Maksudnya yaitu dikarenakan untuk melakukan pelacakan posisi iPHone dibutuhkan 3 unit tower BTS dan tentu saja sudah terhubung pada iPhone di waktu bersamaan.

Namun sebelum kalian bisa melacak lokasinya, pelacakan juga memerlukan data sensitif seperti CID, IME, dan LAC yang berguna untuk melakukan identifikasi perangkat sekaligus menentukan lokasi pencarian. Sehingga untuk pelacakan sendiri bisa dilakukan hanya memakai nomor IMEI.

4. Melacak iPhone Memakai Email

Selain cara melacak iPhone melalui GPS, kalian juga dapat mencarinya via email. Berikut ulasannya :

  • Silahkan buka Google Find My Device, masuk ke Gmail yang sudah diaktifkan di hp yang hilang.
  • Kalian akan diarahkan pada lokasi iPhone di peta. Apabila iPhone hilang dengan status nonaktif, maka kalian dapat mendeteksi lokasi terakhir.
  • Kalian juga bisa memilih Amankan Perangkat, yang dapat digunakan untuk melakukan penguncian layar hp sekaligus memberi pesan pada layar iPHone.
  • Jika iPhone belum juga ditemukan, kalian tetap bisa menyelamatkan data-data di iPhone tersebut dengan mengklik Hapus Perangkat.

5. Hubungi Operator Seluler

Apabila iPhone yang hilang menggunakan paket internet atau kartu SIM tertentu, kalian bisa melaporkan operator kartu SIM tersebut. Silakan minta bantuan operator untuk menonaktifkan akun untuk mencegah pesan, panggilan serta penggunaan data.

Memang tidak mudah untuk menemukan perangkat iPhone yang hilang, apalagi jika sudah jatuh ke tangan orang tak bertanggung jawab. Namun setidaknya kalian masih bisa mencoba cara melacak iPhone melalui GPS. Siapa tahu peluang ditemukannya iPhone lebih besar.

 

Related posts