Cara Kerja GPS Motor

Bagaimana cara kerja GPS motor? GPS motor atau GPS tracker ialah sebuah sistem navigasi untuk menentukan posisi dan keberadaan kendaraan. Dimana alat ini biasanya diletakkan di barang bergerak atau armada/kendaraan agar dapat selalu dipantau sepanjang waktu. Karena itulah GPS Tracker termasuk alat navigasi terpenting untuk melindungi kendaraan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti aksi pencurian dan lainnya.

Cara kerja GPS motor ini secara sederhananya dapat melacak kendaraan kesayanganmu yang dapat terhubung ke dalam perangkat atau device yang Kamu pakai seperti smartphone. Karenanya dapat mempermudah pelacakan keberadaan atau lokasi kendaraan kesayanganmu.

Read More

Manfaat dan Kegunaan GPS Tracker Untuk Motor

Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa Kamu dapatkan jika memasang alat GPS pada kendaraanmu, berikut ini :

1. Dapat Melindungi Kendaraan

Jika Kamu memasang alat GPS tracker di kendaraanmu, tentu saja alat ini sangat membantu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada kendaraan, seperti aksi pencurian. GPS tracker ini nantinya melakukan pelacakan lokasi atau keberadaan motor kesayanganmu, mengecek histori perjalanan dan bisa mematikan mesin motor dalam jarak jauh.

2. Dapat Mengawasi Karyawan atau Anggota Keluarga

Memakai GPS motor juga dapat berguna sebagai alat untuk mengawasi karyawan atau anggota keluarga. Kamu bisa mengecek lokasi maupun histori perjalanan dengan mudah ketika kendaraanmu dipakai oleh karyawan atau anggota keluargamu.

Cara Kerja GPS Motor

Cara Kerja GPS Motor
Bagaimana Cara GPS Motor Bekerja?

Sistem Kerja GPS Motor

Untuk memahami cara kerja GPS motor kesayanganmu, ada beberapa hal yang perlu Kamu pahami berikut ini :

  • GPS motor menerima informasi posisi dan lokasi kordinat bumi pada 3 satelit.
  • GMS yang terdapat dalam GPS motor mengirimkan sinyal jaringan GPRS melalui tower operator/seluler ke server GPS.
  • Kemudian pada server selanjutnya seluruh posisi kendaraan akan diproses terlebih dahulu untuk menerima informasi selengkap-lengkapnya, mulai dari lokasi/posisi, tanda peringatan maupun informasi yang lainnya.
  • Setelah itu, data posisi selanjutnya dapat dilihat melalui web broser, mobile klien, aplikasi desktop, aplikasi mobile maupun peragkat lain tergantung pada jenis dan merek GPS itu sendiri.

Jadi kurang lebih cara kerja GPS motor seperti langkah-langkah di atas. GPS tracker untuk kendaraan bermotor juga dapat merekam data mengenai titik-titik lokasi koordinat dalam periode waktu tertentu. Kemudian data tersebut disimpan pada RAM atau On-board Flash Memory yang ditampilkan pada peta.

Mengetahui Lokasi Kendaraan Bermotor Menggunakan GPS Tracker

Untuk mengetahui keberadaan atau lokasi motormu berada memakai GPS tracker, ada 2 cara yang dapat dilakukan berikut ini :

  • Melalui smartphone, baik dengan panggilan telepon atau via pesan singkat (SMS).
  • Menggunakan website atau situs tracking yang telah disediakan oleh alat GPS itu sendiri.

Untuk mengetahui keberadaan motor memakai GPS tracker diperlukan biaya pulsa atau koneksi internet.

Cara Pasang GPS Motor Dengan Benar

Setelah mengetahui cara kerja GPS motor di atas, sebaiknya Kamu tinggal persiapkan GPS handal yang akan Kamu pakai dan dipasang pada kendaraanmu. Sebenarnya harga GPS saat ini cukup bervariasi, tapi biasanya GPS dibanderol mulai dari harga Rp. 1 jutaan. Kamu bisa pilih alat ini sesuai dengan kebutuhan.

Jika sudah mendapatkan GPS yang tepat untuk kendaraan bermotormu, kini saatnya Kamu memasang GPS motor dengan langkah-langkah berikut :

1. Mendaftarkan Kartu SIM dan Paket Internet

Memakai GPS tracker tentu saja membutuhkan paket kuota internet. Oleh karena itu, sebelum Kamu memasang GPS alangkah baiknya mempersiapkan operator atau SIM Card beserta paket internet yang telah tersedia untuk digunakan dalam memonitoring. Pakai layanan operator dengan sinyal yang kuat, agar ketika motr masuk ke wilayah pelosok atau pedesaan tetap dapat dipantau keberadaannya.

2. Masukkan SIM Card ke GPS

Jika Kamu sudah memilih kartu SIM yang tepat dan di dalamnya sudah terisi paket internet, langkah berikutnya ialah masukkan SIM card tadi ke GPS. Tapi ingat, ketika Kamu memasukkan kartu SIM sebaiknya pastikan GPS kondisinya sedang off, baru kemudian sesudah dimasukkan kartu SIM bisa nyalakan kembai GPS-nya. Lalu cek keberadaan sinyal operator tersebut.

3.  Masukkan GPS ke Dalam Kendaraan

Untuk memaksimalkan cara kerja GPS motor, saat pemasangan sebaiknya Kamu baca buku panduan untuk memasang alat GPS seperti pada motor sport, matic atau motor bebek. Tapi Kamu bisa coba cara mudah dan praktis untuk memasangnya. Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan ialah mengambil 2 buah kabel pada perangkat GPS. Biasanya kabel tersebut berupa kabel minus dan kabel plus. Kemudian Kamu dapat meyambungkan perangkat kabel minus GPS pada kabel minus di aki motor. Sementara kabel plus pada GPS dihubungkan pada kabel plus pada aki motor.

Supaya posisi dari alat GPS tak gampang diketahui, Kamu dapat memasangnya agak berjauhan dari posisi aki motor. Adapun tempat paling aman yang tidak gampang diketahui si pencuri motor ialah di bagasi motor.

4. Cek Posisi Dengan Memakai GPS

Agar Kamu bisa mengecek keberadaan kendaraan bermotor yang telah terpasang oleh GPS, selanjutnya Kamu bisa memakai telepon atau SMS. Tapi beberapa alat GPS baru telah menawarkan fitur aplikasi secara khusus untuk memantau keberadaan motor hanya memakai aplikasi saja.

Nah, itulah cara pasang GPS motor dengan benar agar tidak diketahui oleh pihak atau orang yang akan kita lacak keberadaannya.

Siapa Saja yang Memerlukan GPS Tracker?

GPS tracker sering disebut juga sebagai GPS tracking yang memanfaatkan teknologi Automated Vehicle Locater atau AVL yang bisa melacak lokasi armada atau kendaraan dengan cara real time. Adapun teknologi yang dipakai oleh GPS tracking adalah gabungan antara teknologi GSM dan GPS untuk menampilkan koordinat objek untuk kemudian diinterpretasikan melalui peta digital.

Adapun beberapa bidang usaha yang memerlukan cara kerja GPS motor atau mobil itu sendiri, diantaranya :

1. Jasa Ekspedisi

salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh masyarakat sekarang ini ialah berbelanja online. Maka dari itu, kebutuhan akan jasa ekspedisi sangat diperlukan oleh banyak marketplace. Selain itu, untuk keamanan pengiriman paket dari jasa ekpedisi dari berbagai resiko seperti paket hilang dan tak dapat dilacak, tentu saja jasa pengiriman membutuhkan yang namanya GPS tracking. Dengan memakai GPS tracker sediri, kendaraan operasional jasa pengiriman bisa dipantau.

2. Perusahaan Jasa Rental Kendaraan

Selain jasa ekspedisi, perusahaan lain yang membutuhkan GPS motor adalah jasa sewa kendaraan. Kendaraan yang tak dilengkapi oleh GPS motor atau mobil tentu saja akan sulit untuk dilacak apabila ada hal-hal tertentu yang tak diinginkan.

Dengan maraknya pencurian motor atau mobil membuat para pemilik jasa rental selalu waspada terhadap berbagai kemungkinan. Tentu saja GPS tracker harus dimiliki oleh setiap kendaraan.

3. Perusahaan Dengan Kendaraan Inventaris

Setiap perusahaan tentunya mempunyai kendaraan inventaris, entah itu mobil, motor, truk, maupun yang lainnya. Dimana kendaraan milik perusahaan adalah aset yang wajib dirawat dan dijaga.

Demikianlah ulasan tentang cara kerja GPS motor dan cara memasang GPS motor dengan benar. Semoga bermanfaat!

Related posts