Cara Pasang GPS di Motor

Cara Pasang GPS di Motor

Cara pasang GPS di motor sebenarnya tak bisa sembarangan. Terlebih lagi, jika Kamu berniat memasangnya sendiri. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk memasang GPS motor. Namun sebelum kita membahasnya, Kamu harus tahu dulu ada beberapa jenis perangkat GPS yang digunakan di motor. Simak ulasannya di bawah!

Jenis-Jenis Perangkat GPS Motor

Sama halnya dengan GPS mobil, ada 2 jenis GPS motor yang harus Kamu ketahui. Diantaranya GPS tracker dan GPS navigasi. Keduanya tentu saja memiliki ciri khas dan kelebihannya masing-masing. Berikut ulasannya :

Read More

1. GPS Navigasi

Berdasarkan namanya, GPS navigasi adalah jenis GPS yang kerap dijadikan navigator. Adapun ciri khas dari navigasi ini yaitu peta digital untuk memberitahukan keberadaan lokasi motormu. Untuk memaksimalkannya, Kamu hanya perlu memasukkan lokasi atau alamat yang akan dituju ke dalam peta digital GPS.

Pada beberapa produknya, perangkat GPS navigasi telah dilengkapi oleh fitur suara. Dimana fitur yang satu ini dapat membantumu menentukan arah yang mesti diambil. Sehingga Kamu bisa mengetahui kemana saja kendaraan tersebut pergi tanpa perlu melihat GPS terlebih dahulu.

Jika Kamu menginginkan GPS navigas dengan fitur suara, sebaiknya beli GPS navigasi lokal. Tujuannya supaya Kamu memiliki GPS navigasi dengan fitur suara menggunakan bahasa Indonesia.

2. GPS Tracker

Jenis GPS motor ini memiliki fungsi utama untuk mengamankan kendaraanmu. Kekuatan utama dari GPS jenis ini yaitu sinyalnya berbasis jaringan GPRS atau GSM. Selain untuk dapat mengamankan motor, GPS jenis ini juga dapat digunakan untuk berbagai hal.

Adapun 2 diantaranya yaitu menyadap suara dan mematikan mesin kendaraan dalam jarak jauh. Keunggulan tersebut tentu saja tak terlepas dari fitur penyadapan suara serta sistem GPS dari SMS.

Jika ingin mematikan mesin kendaraan bermotor melalui GPS, Kamu perlu mengirimkan pesan SMS dari hpmu. Untuk selanjutnya, GPS akan langsung merespon SMS dan mematikan mesin kendaraanmu. Bagaimana, canggih kan?

Cara Pasang GPS di Motor

Cara Pasang GPS di Motor
Pasang GPS di Motor Mudah

Panduan Memasang GPS di Motor

Jika Kamu sudah mengetahui jenis-jenis GPS di motor, kini Kamu tinggal mencoba cara pasang GPS di motor. Berikut ini langkah-langkah mudah memasang GPS di kendaraan roda dua :

1. Pastikan Perangkat GPS Telah Terpasang Kartu SIM

Kehadiran kartu SIM sebenarnya sangat krusial untuk GPS motor. Karena tanpa hal ini, GPS tak akan mempunyai sinyal. Dengan demikian, tidak dapat membantumu melacak keberadaan motormu. Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu SIM Card telah terpasang di perangkat GPS sebaai cara yang mesti dilakukan pertama kali.

2. Memasang GPS di Area Strategis

Cara pasang GPS di motor selanjutnya, jika SIM Card sudah terpasang, Kamu bisa langsung memasang perangkat GPS yang dimiliki ke motor. Silahkan pasang GPS di area yang strategis di motor. Bagian yang sangat direkomendasikan untuk dipasangi GPS ialah di dashboard motor. Sinyal GPS di bagian dashboard motor biasanya akan terpancar kuat dan sulit dilacak maling. Asalkan harus bisa menyamarkan keberadaan perangkat GPS-nya.

Tak hanya tempat, keberadaan perangkat GPS pun harus diperhatikan. Sebainya pastikan memasang perangkat GPS yang posisinya sedikit miring serta menghadap ke arah bawah. Melalui posisi inilah, perangkat GPS dapat menghasilkan sinyal dengan kuat. Agar GPS dapat terpasang kuat di posisi tersebut, Kamu dapat menempeli perangkat GPS menggunakan perekat kuat yang berwarna gelap. Tujuannya supaya GPS dapat tersamarkan keberadaannya.

3. Memasang Antena GPS di Area yang Tepat

Di samping GPS, Kamu juga harus memasang antena GPS di area yang tepat. Tujuannya supaya antena tersebut dapat membantu GPS agar menghasilkan sinyal kuat. Area penyimpanan antena GPS yang tepat sendiri ialah di jok motor dan tidak jauh dari lokasi aki motor. Selain itu, pastikan jok motor tersebut minim unsur logam. Sebab terlalu banyak material atau unsur logam biasanya dapat membuat antena GPS menjadi kesulitan memperoleh sinyal.

Kelebihan Pasang GPS Motor

Setelah membahas cara pasang GPS di motor, Kamu juga harus tahu bahwa ada beberapa kelebihan memasang GPS di motor. Berikut diantaranya yaitu :

  • Lebih ringkas dan mudah dipakai jika dibandingkan memakai peta konvensional.
  • Dapat melacak keberadaan kendaraan dengan mudah dan cepat.
  • Dapat meningkatkan sistem keamanan sekaligus kenyamanan motormu.

Bagaimana Cara Memilih GPS Motor?

Selanjutnya, jika Kamu kebingungan saat dihadapkan dengan pemilihan GPS motor, ada beberapa trik yang harus diikuti untuk memilih GPS motor berikut ini :

1. Pilih yang Memiliki Fitur Lengkap

Dari seluruh jenis GPS yang tersedia, sebaiknya pilih GPS motor dengan fitur lengkap. Mempunyai GPS yang berfitur lengkap dapat membantumu dalam berbagai hal. Seperti pelacakan keberadaan kendaraan bermotor, dapat mematikan mesin dalam jarak jauh dan membatasi kecepatan kendaraan.

2. Memilih GPS yang Sudah Mempunyai Server Sendiri

Tak hanya berfitur lengkap, Kamu juga harus memilih GPS yang telah mempunyai server sendiri. Perangkat GPS dengan server sendiri mempunyai kuota yang lebih baik dan rajin mengupdate servernya sendiri. Hal tersebut sudah pasti memberikan keuntungan tersendiri.

3. Pilih yang Menawarkan Fitur Real Time

Walaupu bukan termasuk fitur utama, tapi adanya fitur real time sangat penting dalam memilih sebuah GPS. Jika Kamu menemukan perangkat GPS motor dengan fitur real time, tak ada salahnya untuk membeli GPS pilihanmu tersebut segera.

4. Pilih yang Memiliki Prosesor Berkualitas

Sama halnya seperti membeli perangkat komputer, dalam pemilihan GPS motor juga tetap harus memperhatikan prosesor GPS itu sendiri. Silahkan pilih GPS dengan prosesor berkualitas. Adapun ciri=cirinya ialah tidak mudah ngehang ketika GPS dipakai. Ada sejumlah kelebihan yang dapat Kamu peroleh jika memiliki GPS yang prosesornya berkualias, diantaranya ialah mempermudahmu menemukan sekaligus memilih jalur tertentu yang ingin dituju.

5. Pilih GPS yang Mempunyai Service Center

Ini juga cukup penting diperhatikan. Karena kehadiran layanan service center sangat penting untuk perangkat GPS-mu. Melalui layanan inilah, memungkinkanmu untuk membawa perangkat GPS jika ada kerusakan atau hal-hal tertentu yang tak diinginkan. Seperti kesulitan menangkap sinyal, atau terjadi kerusakan GPS akibat dirusak atau terjatuh.

Tak hanya itu saja, pastikan pula service center yang ditawarkan perangkat GPS gampang dihubungi. Sehingga Kamu dapat menghubunginya kapanpun jika benar-benar membutuhkan.

6. Pastikan Perangkat GPS Motor yang Dibeli Bisa Menangkap Sinyal satelit

Sinyal satelit sebenarnya sangat penting untuk perangkat GPS motor. Karena dengannya, perangkat GPS motor dapat mengirimkan informasi tertentu yang akan diterima oleh pemilik motor. Oleh sebab itulah, Kamu sebaiknya memastikan perangkat motormu dapat menangkap sinyal dengan baik. Dengan semakin optimal menangkap sinyal, maka perangkat GPS semakin mudah dalam mengirimkan informasi saat digunakan.

Jika ingin memperoleh GPS ini, Kamu bisa coba meminta rekomendasi GPS dari temanmu yang memahami teknologi GPS.

Itulah beberapa ulasan terkait cara pasang GPS di motor dan tips untuk memilih GPS terbaik untuk kendaraan bermotormu. Semoga bermanfaat!

Related posts